Uniknya Ejaan Hangeul dalam Bahasa Jepang Kamu


Ejaan Hangeul dalam Bahasa Jepang

Apakah kamu tahu bahwa bahasa Jepang memiliki banyak istilah dan kata yang berasal dari bahasa Korea? Tak hanya asal kata saja, ejaan dalam bahasa Jepang pun terkadang menggunakan aksara hangul, atau yang sering kita kenal sebagai hangeul, aksara Korea yang dirancang oleh Raja Sejong pada abad ke-15.

Tentu saja, penggunaan aksara hangul dalam bahasa Jepang tidak umum dilakukan dalam pemakaian sehari-hari. Namun, terdapat beberapa kata yang ejaannya menggunakan aksara ini, yang sayangnya beberapa orang salah memahami penggunaannya. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas beberapa penggunaan aksara Hangeul dalam ejaan beberapa kata di bahasa Jepang.

1. チキン(kanji: 鶏肉 / Chìkìn; artinya: daging ayam)

Mungkin kata “チキン” sudah tidak asing lagi bagi kita. Kata ini sangat umum digunakan dalam bahasa Jepang dan merupakan kata Serapan dari bahasa Inggris. Namun, beberapa orang salah mengartikan penggunaan aksara Hangeul dalam kata ini. Contohnya adalah ejaan “チきん” atau “chi kin”. Padahal, seharusnya ejaan kata ini ialah “チキン” atau “chi kin”.

Meskipun terdapat aksara hangul dalam kata ini, pengucapan kata “チキン” tetap sama seperti diucapkan dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, disarankan untuk mengucapkannya dengan benar agar tidak salah dalam penggunaannya.

2. パクチー(kanji: 香菜 / Pakuchi; artinya: sejenis peterseli)

Sama seperti kata “チキン”, kata “パクチー” juga sudah populer di kalangan masyarakat Jepang. Namun, penggunaan aksara Hangeul dalam kata ini juga kerap dipahami dengan salah. Beberapa contoh kesalahan ejaan dari kata ini di antaranya adalah “パクチ”, “パクチウ”, dan “パクチーン”. Padahal, ejaan yang benar seharusnya ialah “パクチー” atau “pakuchii”.

Penggunaan “ハングル” atau “hanguru” dalam ejaan kata “パクチー” memang cukup membingungkan untuk beberapa orang. Namun, sebaiknya diingat bahwa pengucapan kata “パクチー” itu sendiri tidak menggunakan aksara Hangeul, melainkan lebih mirip dengan pengucapan karakter “ch” pada kata “Petersili”. Oleh karena itu, disarankan untuk mengikuti ejaan yang tepat, yaitu “パクチー”, bukan “パクチ” atau varian lainnya.

3. キムチ(kanji: 韓国漬け / Kimuchi; artinya: asinan khas Korea)

Sebagai makanan khas Korea yang terkenal di seluruh dunia, penulisan kata “キムチ” dalam bahasa Jepang juga terdapat penggunaan aksara Hangeul, yaitu “キムチ” atau “kimuchi”. Meskipun pengucapannya sendiri mirip dengan ejaan bahasa Korea, namun untuk penggunaan aksara Hangeul dalam bahasa Jepang sendiri cenderung lebih umum menggunakan “ハングル”

Begitu juga dengan penggunaan aksara hangul dalam kata “キムチ”, sebaiknya diingat bahwa pengucapannya terdengar lebih mirip dengan pengucapan kata “kimchi” dalam bahasa Korea. Namun, dalam bahasa Jepang sendiri, kata “キムチ” menjadi lebih akrab dipanggil dengan ejaan “kimuchi”.

Itulah beberapa kata dalam bahasa Jepang yang penggunaannya memerlukan penggunaan aksara Hangeul. Meskipun penggunaannya tidak terlalu sering dalam pemakaian sehari-hari, namun disarankan untuk memahami pengucapan dan ejaannya dengan benar agar tidak salah dalam penggunaannya.

5 Kata Bahasa Jepang Sehari-hari yang Perlu Kamu Tahu


Makanan Jepang

Bicara soal Jepang, tentu tidak lepas dari bahasa Jepang. Bahasa Jepang merupakan bahasa yang cukup menantang, tetapi sangatlah penting untuk dikuasai jika kamu memiliki rencana untuk berkunjung ke negara Sakura. Selain itu, memiliki pengetahuan bahasa Jepang juga akan memudahkan kamu dalam berinteraksi dengan orang Jepang dan memahami budaya mereka. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas 5 kata bahasa Jepang sehari-hari yang perlu kamu tahu, diantaranya:

1. Konnichiwa (こんにちは)


Konnichiwa

Konnichiwa atau dalam bahasa Indonesia artinya “selamat siang” adalah ucapan sapaan yang paling umum digunakan orang Jepang ketika bertemu dengan orang lain pada siang hari. Biasanya kata ini digunakan pada jam 11 siang hingga sore hari. Kamu juga dapat menggunakan kata ini ketika bertemu dengan teman atau rekan kerja di pagi hari.

2. Arigatou gozaimasu (ありがとうございます)


Terima Kasih Jepang

Ketika menerima bantuan atau pelayanan dari orang lain, baik dalam situasi formal maupun informal, kamu perlu mengucapkan terima kasih atau arigatou gozaimasu dalam bahasa Jepang. Ungkapan ini dapat menunjukkan rasa terima kasih dan penghargaanmu pada orang yang membantu kamu. Kamu dapat menggunakan kata ini di akhir percakapan untuk mengekspresikan rasa terima kasihmu. Untuk situasi yang lebih santai, kamu dapat menggunakan kata arigatou saja.

Namun, perlu diperhatikan bahwa dalam budaya Jepang terdapat variasi tingkat keformalan, sehingga kamu perlu menyesuaikan penggunaan kata terima kasih sesuai dengan situasi dan hubunganmu dengan orang yang kamu ucapkan.

3. Sumimasen (すみません)


Maaf Jepang

Jepang dikenal memiliki budaya sopan santun yang cukup tinggi. Oleh karena itu, jika kamu merasa melakukan kesalahan atau ingin meminta maaf dalam situasi tertentu, kamu dapat menggunakan kata sumimasen. Sumimasen memiliki arti “maaf”, dan dapat digunakan untuk mengekspresikan permintaan maaf dalam situasi yang formal maupun informal. Kamu juga dapat menggunakan kata ini ketika ingin meminta tolong atau menanyakan sesuatu dalam situasi yang sopan.

4. Doomo arigatou gozaimashita (どうもありがとうございました)


Doomo Arigatou Gozaimashita

Kata doomo arigatou gozaimashita memiliki arti “terima kasih banyak”. Ungkapan ini biasanya digunakan dalam situasi formal seperti mengucapkan terima kasih setelah menghadiri acara penting atau diberikan hadiah. Dalam situasi informal, kamu dapat menggunakan kata arigatou saja.

5. Sayounara (さようなら)


Sayounara

Sayounara memiliki arti “sampai berjumpa lagi” dan sering digunakan sebagai ucapan selamat tinggal dalam bahasa Jepang. Biasanya kata ini digunakan ketika kamu akan meninggalkan seseorang untuk waktu yang cukup panjang atau berpisah secara permanen. Kamu juga dapat menggunakan kata matane sebagai pengganti kata sayounara, yang memiliki arti “sampai jumpa”. Namun, kata matane lebih sering digunakan dalam situasi yang tidak terlalu formal.

Itulah 5 kata bahasa Jepang sehari-hari yang perlu kamu tahu. Perlu diingat, penggunaan bahasa Jepang harus disesuaikan dengan situasi dan hubunganmu dengan orang yang kamu ajak bicara. Oleh karena itu, kamu perlu belajar dan memahami struktur tata bahasa dan budaya Jepang.

Bagaimana Memulai Belajar Kanji untuk Pemula


kanji

Mempelajari bahasa Jepang tidak lengkap jika belum mengetahui huruf Kanji. Huruf ini merupakan salah satu elemen penting dalam bahasa Jepang karena dapat membantu orang untuk memahami arti dari suatu kata secara akurat. Oleh karena itu, untuk bisa berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Jepang, sebaiknya kamu memulai belajar Kanji dengan benar. Berikut adalah beberapa tips belajar Kanji untuk pemula.

1. Mengetahui Arti dari Radikal

kanji radical

Kanji sendiri terdiri dari beberapa elemen yang berbeda, ada yang dinamakan dengan Radikal. Radikal ini akan sangat membantu kamu dalam membedakan antara satu Kanji dengan Kanji yang lainnya. Dalam mempelajari Radikal, pastikan kamu memahami artinya terlebih dahulu agar kamu bisa dengan mudah mengingat bentuk serta arti Kanji tersebut.

2. Mempelajari Pola Tulisan dari Kanji

kanji pola

Setelah memahami arti dari Radikal, kamu juga harus memahami bagaimana pola tulisan dari Kanji tersebut. Setiap Kanji memiliki bentuk dan pola tulisan yang berbeda-beda. Lewat memahami pola tulisan dari Kanji, kamu bisa dengan mudah mengingat cara menulisnya. Tentunya Cara ini akan semakin membantu kamu dalam membedakan antara satu Kanji dengan Kanji lainnya.

3. Belajar Mengingat Kanji

kanji flashcard

Banyak cara untuk mengingat Kanji, salah satunya dengan membuat Flashcard. Dengan membuat Flashcard, kamu bisa mengulang dan menghafal Kanji dengan mudah. Setiap Kanji biasanya terdiri dari Radikal serta tambahan bentuk tulisan, kamu bisa membuat Flashcard dengan memasukkan Radikal dan tambahan bentuk tulisan Kanji. Flashcard sendiri bisa kamu buat dengan menggunakan kertas atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi di smartphone.

4. Berlatih Menulis

kanji writing

Setelah kamu memahami pola tulisan dari Kanji, jangan lupa untuk sering berlatih menulisnya. Proses menulis Kanji membutuhkan ketelitian yang tinggi, dengan sering menulis kamu bisa membantu memperbaiki penulisan secara bertahap. Kamu bisa mencari buku latihan menulis Kanji atau bisa menggunakan aplikasi yang akan memberikan tes menulis Kanji untuk melatih kemampuanmu.

5. Berdiskusi dan Berbicara dengan Orang Jepang

japanese conversation

Jangan takut untuk berdiskusi dan berbicara dengan orang Jepang, karena dengan berbicara kamu bisa mengasah kemampuanmu dalam berkomunikasi dan belajar banyak dari lawan bicaramu. Belajar praktikum juga bisa membantumu untuk memahami cara menggunakan Bahasa jepang dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa mengajukan pertanyaan dan meminta mereka untuk memberikan kamu saran dalam memahami Bahasa Jepang lebih baik.

Dengan memahami serta menguasai tips di atas, kamu bisa lebih mudah dalam mempelajari Bahasa Jepang, terutama untuk belajar kepada penggunaan Radikal dalam Bahasa Kanji. Kamu perlu latihan dan berlatih setiap hari, untuk memperbaiki serta meningkatkan kemampuanmu memahami Bahasa Jepang. Selamat belajar!

7 Restoran Jepang Paling Terkenal di Jakarta

Restoran Jepang Paling Terkenal di Jakarta

Restoran Jepang di Jakarta semakin banyak dan semakin berkembang pesat, dari mulai restoran sushi standar hingga restoran Jepang modern, semuanya berkompetisi memperebutkan perhatian pelanggan. Berikut adalah 7 restoran Jepang paling terkenal di Jakarta yang wajib dikunjungi oleh pecinta makanan Jepang.

1. Sushi Masa

Sushi Masa - Jakarta

Sushi Masa telah dikenal oleh banyak orang sebagai restoran sushi terbaik di Jakarta. Dengan lokasi di atas gedung dan suasana yang elegan, menjadikan Sushi Masa menawarkan pengalaman makan sushi yang khas.

Sushi Masa menyajikan sushi yang penuh dengan cita rasa dan pengalaman unik, serta menyediakan banyak jenis saus dan topping yang merangsang selera makananmu. Selain dari sushi, terdapat menu makanan ‘ala carte yang disajikan dengan kualitas terbaik dan beragam minuman yang menggoda.

2. Sushi Tei

Sushi Tei - Jakarta

Sushi Tei merupakan salah satu restoran Jepang paling terkenal yang menawarkan keunikan dalam setiap hidangan Jepang. Restoran ini telah mengembangkan sayapnya dan membuka cabang di seluruh Indonesia.

Sushi Tei sangat memperhatikan kualitas makanan dan memberikan kepuasan bagi pelanggannya. Dari makanan ala carte hingga set menu, Sushi Tei memberikan pengalaman makan yang istimewa dan berkesan.

3. Sumobo Japanese Restaurant

Sumobo Japanese Restaurant - Jakarta

Restoran Jepang yang satu ini menawarkan menu unik Jepang yang berbeda dari restauran Jepang lainnya. Sumobo Japanese Restaurant menawarkan hidangan burgushi, yaitu makanan burger yang dilapisi dengan nori dan isian sushi.

Tidak hanya itu, Sumobo Japanese Restaurant juga menawarkan jenis makanan Jepang lainnya seperti sushi, katsu dan sate daging Jepang yang sangat lezat dan berkesan.

4. Katsusei Japanese Restaurant

Katsusei Japanese Restaurant

Katsusei Japanese Restaurant menawarkan hidangan tonkatsu yang tak tertandingi di Jakarta. Tonkatsu adalah hidangan Jepang berupa daging babi yang digoreng dengan tepung. Katsusei Japanese Restaurant menjadi satu-satunya restoran Jepang di Jakarta yang menggunakan babi Wagyu sebagai bahan utama tonkatsu.

Selain tonkatsu, terdapat pula hidangan Jepang lainnya yang sangat lezat dan tentunya menyajikan pengalaman makan Jepang yang unik.

5. Hanamasa

Hanamasa - Jakarta

Restoran Jepang yang satu ini menawarkan konsep all-you-can-eat dengan harga terjangkau. Hanamasa menawarkan hidangan sushi, sashimi, dan makanan Jepang lainnya yang sangat lezat dan jarang ditemukan di restoran lain dengan harga yang sangat murah.

Terdapat banyak cabang Hanamasa di Jakarta yang tersebar di berbagai sudut kota. Restoran ini tentunya menjadi favorit untuk menikmati makanan Jepang dengan harga terjangkau.

6. Basara Japanese Restaurant

Basara Japanese Restaurant

Restoran Jepang dengan konsep modern yang sangat terkenal di Jakarta. Basara Japanese Restaurant menawarkan berbagai hidangan Jepang dengan bahan-bahan yang sangat segar dan berkualitas.

Basara Japanese Restaurant menawarkan sushi yang sangat lezat dan unik, selain itu terdapat juga hidangan Jepang lainnya seperti soba, udon, dan teriyaki yang sangat lezat dan memuaskan selera makanmu.

7. Tenjin Japanese Restaurant

Tenjin Japanese Restaurant

Tenjin Japanese Restaurant menyajikan hidangan Jepang authentic yang sangat lezat dan berkualitas. Restoran ini menawarkan menu Jepang yang beraneka ragam dan memberikan pengalaman makan Jepang yang terbaik di Jakarta.

Dari sushi hingga makanan Jepang ala carte lainnya, Tenjin Japanese Restaurant selalu menawarkan kualitas hidangan yang terbaik dan pelayanan yang ramah untuk membuat pengalaman makanmu menjadi istimewa.

Itulah 7 restoran Jepang yang paling terkenal di Jakarta yang wajib kamu kunjungi untuk mencicipi makanan Jepang berkualitas tinggi. Selamat mencoba!

Menjelajahi Wisata Kuliner Jepang di Osaka, Negeri Sakura

1. Ramen, Masakan Populer Jepang


Ramen Osaka

Siapa yang tidak suka ramen? Ini adalah makanan yang berasal dari Jepang dan sekarang sudah menyebar ke seluruh dunia. Kota Osaka, Negeri Sakura, adalah tempat asal makanan yang populer ini. Osaka memiliki beberapa restoran dengan ramen terbaik yang bisa kamu cicipi.

Suatu hal yang menarik dari ramen adalah bagaimana proses pembuatannya bisa berbeda dari satu tempat ke tempat lain, membuat rasa dari makanan ini berbeda. Di Osaka, ramen biasanya terbuat dari kaldu tulang babi yang asam, berpadu dengan mie gandum yang tebal dengan tambahan potongan daging babi yang empuk. Minim tidak mengunjungi salah satu restoran ramen Osaka ketika kamu berkunjung ke Jepang.

2. Okonomiyaki, Makanan Unik di Osaka


Okonomiyaki Osaka

Jika destinasi kuliner kamu mencari makanan unik, maka jangan lewatkan Okonomiyaki Osaka! Ini adalah masakan khas dari Jepang, biasanya terbuat dari adonan tepung, telur, sayuran, dan potongan daging atau makanan laut, lalu dicampur dan dipanggang di atas sebuah panci datar.

Di Osaka, okonomiyaki dikenal dengan panggilan Kansai-style dan bisa memuaskan selera kamu yang sedang mencari makanan dengan citarasa kuat. Kamu bisa menambahkan mayones, saus, dan bumbu lainnya sesuai dengan selera kamu. Ada banyak warung makan di Osaka yang menjual okonomiyaki, jadi tidak sulit untuk menemukannya.

3. Sushi, Kuliner Jepang Terkenal


Sushi Osaka

Kuliner Jepang terkenal memang tidak lengkap kalau tidak mencicipi sushi. Sama seperti ramen, sushi kini juga sudah menjadi makanan internasional yang terkenal.

Sushi terdiri dari nasi yang dicampur dengan cuka, diberi potongan ikan mentah di atasnya, serta bumbu dan saus yang beragam. Ada banyak restoran sushi di Osaka yang bisa kamu pilih. Kamu bisa menikmati pemandangan kota Osaka sambil menikmati sushi dengan rasa yang enak dan segar.

4. Yakitori, Sajian yang Cocok untuk Makan Siang


Yakitori Osaka

Jika kamu mencari sesuatu yang cocok untuk makan siang, kamu bisa menyicipi Yakitori. Ini adalah makanan asal Jepang yang terdiri dari potongan daging, sayuran, atau makanan laut yang ditusuk dengan tusuk sate dan dipanggang di atas arang atau api. Biasanya, Yakitori disajikan dengan saus teriyaki atau kecap asin.

Di Osaka, Yakitori adalah makanan yang sering disajikan di jalanan. Makanan ini cocok untuk dijadikan bekal saat kamu sedang perjalanan. Kamu bisa mencicipi makanan ini di beberapa warung makanan di Osaka atau di pasar malam.

5. Takoyaki, Jajanan Khas Osaka


Takoyaki Osaka

Kuliner Jepang yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Takoyaki adalah jajanan yang terbuat dari adonan tepung, sayuran, gurita kecil, dan bumbu lainnya. Makanan ini menjadi salah satu jajanan khas Osaka yang tidak boleh dilewatkan.

Takoyaki mudah ditemukan di pusat perbelanjaan maupun pusat kuliner Osaka. Biasanya, makanan ini disajikan di atas piring dengan saus Worcestershire, mayones, dan katsuobushi sebagai toppingnya.

Selain lima makanan diatas, ada banyak lagi kuliner Jepang yang bisa kamu cicipi. Seperti teppanyaki, tempura, dan aneka macam minuman yang segar. Osaka sangat ramah terhadap wisatawan dan siap membuat kamu merasakan pengalaman kuliner yang tak terlupakan!

Iklan