Resep Kue Rambutan Takaran Gelas: Cara Mudah Membuat Kue Rambutan Sederhana di Rumah

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Kue Rambutan Takaran Gelas


Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Kue Rambutan Takaran Gelas

Sebelum memulai proses membuat kue rambutan takaran gelas, pastikan terlebih dahulu bahannya sudah tersiapkan. Agar lebih mudah, berikut ini daftar bahan-bahan yang harus dipersiapkan:

  • 4 butir telur ayam
  • 4 gelas tepung terigu
  • 1/2 gelas gula pasir
  • 1/2 gelas susu cair
  • 1/2 gelas minyak goreng
  • 1 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh essens vanila
  • 1 sendok makan rambutan yang sudah dicincang
  • 1/2 sendok teh pewarna makanan merah

Pastikan semua bahan telah disiapkan dan diukur dengan takaran gelas yang sama untuk mendapatkan proporsi yang tepat.

Bahan-bahan


resep kue rambutan takaran gelas

Untuk membuat kue rambutan takaran gelas, sebaiknya Anda menyiapkan semua bahan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

  • 1 gelas tepung terigu
  • 1 gelas gula pasir
  • 4 butir telur
  • 1/2 gelas margarin cair
  • 1/2 gelas rambutan segar, sudah dicincang halus
  • 3/4 gelas susu cair
  • 1 sdt baking powder

Disarankan untuk menggunakan gelas yang sama untuk mengukur semua bahan agar takaran lebih presisi.

Tepung terigu yang digunakan bisa menggunakan tepung terigu protein rendah atau sedang. Ada baiknya juga jika tepung terigu sebelum digunakan, disaring terlebih dahulu agar lebih halus dan tidak bergerindil.

Gula pasir yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera. Apabila Anda suka kue yang tidak terlalu manis, bisa mengurangi takaran gula pasirnya.

Telur yang digunakan harus dalam keadaan segar. Jangan digunakan telur yang sudah melebihi tanggal kedaluwarsanya atau sudah terlihat busuk.

Margarin yang digunakan bisa diganti dengan mentega, namun takarannya harus disesuaikan karena mentega lebih padat daripada margarin.

Rambutan segar yang sudah dicincang halus bisa diganti dengan rambutan kalengan atau rambutan yang sudah diolah sebelumnya. Namun, pastikan rambutan yang digunakan tidak terlalu basah, agar kue tidak jadi lembek.

Terakhir, susu cair sebaiknya menggunakan susu segar. Bila tidak tersedia, susu sachet juga bisa digunakan sebagai pengganti.

Baking powder sebaiknya disaring terlebih dahulu sebelum digunakan agar adonan kue tidak menggumpal.

Cara Membuat Kue Rambutan Yang Enak


Resep Kue Rambutan

Siapa yang tidak suka dengan rambutan, buah yang berair dan manis ini sering menjadi favorit selain mangga dan durian. Seiring perkembangan zaman, rambutan juga sudah diperkenalkan dalam berbagai jenis makanan dan minuman. Salah satu yang populer adalah kue rambutan.

Kue rambutan sangat cocok disajikan ketika berkumpul dengan keluarga dan teman, atau bahkan bisa dijadikan menu hidangan saat hari raya seperti Lebaran. Berikut adalah cara membuat kue rambutan yang enak dan lezat untuk disajikan.

Bahan-bahan:

1. 1 setengah gelas tepung terigu.

2. Setengah gelas gula pasir.

3. Setengah sendok teh baking powder.

4. 2 butir telur ayam.

5. Setengah gelas margarin.

6. Setengah gelas susu cair.

7. 1 gelas daging buah rambutan, pisahkan dari bijinya.

8. Sedikit margarin untuk melumuri loyang.

9. Tepung sedikit untuk menabur loyang.

Langkah Membuat Kue Rambutan:

1. Siapkan wadah, taruh tepung terigu, gula pasir, dan baking powder di dalam wadah. Kemudian aduk rata menggunakan spatula atau sendok.

2. Ambil dua butir telur ayam dan pisahkan antara putih dan kuning telur. Kocok kuning telur bersama dengan margarin yang telah dilelehkan, aduk rata.

3. Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit ke dalam adonan telur sambil diaduk rata menggunakan spatula. Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga merata dan adonan kental.

4. Selanjutnya, pompa daging buah rambutan dari bijinya. Jangan terlalu banyak menggosok-gosok buah rambutan, agar tidak terlalu banyak serat yang masuk. Campurkan daging buah rambutan ke dalam adonan kue dan aduk rata menggunakan spatula.

5. Siapkan loyang (ukuran kue sesuai dengan selera) dengan melumuri sedikit margarin lalu taburkan tepung sedikit untuk membuat kue tidak lengket. Tuang adonan kue rambutan ke dalam loyang, ratakan permukaannya menggunakan spatula.

6. Panaskan oven dengan suhu 180°C (Suhu ini dapat berbeda tergantung pada oven yang digunakan). Masukkan loyang yang berisi adonan ke dalam oven dan panggang selama 30-40 menit. Cek kematangan dengan menusuk adonan menggunakan tusuk gigi pada bagian tengah. Jika tusuk gigi bersih artinya adonan sudah matang.

7. Keluarkan loyang dari oven dan biarkan agak dingin sebelum dipotong-potong dan dijadikan hidangan. Kue rambutan siap disajikan dengan bersama teman dan keluarga.

Panduan Lainnya:

– Pastikan suhu oven konsisten agar kue merata ketika dipanggang.

– Pemilihan tepung terigu yang tepat akan membuat tekstur kue menjadi lebih lembut dan enak.

– Jika tidak suka dengan rasa manis, kadar gula dapat dikurangi sesuai dengan selera.

– Penambahan parutan kulit jeruk nipis atau vanili akan memberikan aroma yang wangi dan harum pada kue rambutan.

– Jangan lupa untuk memotong adonan sedikit lebih kecil dari ukuran loyang, agar kue rambutan bisa naik dengan maksimal dan menghasilkan kue yang lezat.

Resep Kue Rambutan

Penyajian


Resep Kue Rambutan

Setelah kue rambutan selesai dipanggang di oven dengan suhu yang tepat, keluarkan dari oven dan biarkan dingin selama beberapa menit sebelum membuka cetakan. Pastikan kue tidak terlalu panas karena bisa melukai bibir dan lidah saat di makan.

Setelah kue rambutan dingin, lepaskan kue dari dalam cetakan dengan hati-hati agar tidak merusak bentuk kuenya. Kue rambutan biasanya memiliki tekstur yang lembut dan empuk sehingga harus di handel dengan lembut agar tidak hancur.

Jika sudah berhasil mengeluarkan kue dari cetakan, kue rambutan sudah siap untuk di potong-potong kecil sesuai selera. Anda bisa memotong kue rambutan dengan menggunakan pisau yang tajam agar hasil potongannya rapi dan enak dipandang.

Kue rambutan bisa di sajikan di atas piring atau nampan yang indah agar terlihat lebih menarik. Anda juga bisa menambahkan hiasan seperti irisan buah-buahan segar atau saus karamel di atas kue rambutan tersebut.

Untuk kesan yang lebih spesial, suguhi kue rambutan dengan teh, kopi atau minuman yang lainnya. Kue rambutan sangat nikmat di santap saat bersantai bersama keluarga, teman, atau saat mengunjungi saudara anda.

Inilah cara mudah menyajikan kue rambutan lumer yang lezat di rumah anda. Anda bisa membuatnya sendiri dan menikmatinya kapan saja menggunakan resep kue rambutan takaran gelas. Selamat mencoba!

Iklan