Kartu Ucapan: Cara Mengantri Ungkapkan Perasaan


Kartu Ucapan dalam Bahasa Jepang

Ada banyak cara untuk mengungkapkan perasaan kepada orang lain, salah satunya dengan menggunakan kartu ucapan. Kartu ucapan menjadi pilihan banyak orang karena selain mudah dan praktis, kartu ucapan juga dapat mengungkapkan perasaan secara lebih spesifik dan mendalam.

Di Jepang, kartu ucapan atau yang disebut “hagaki” merupakan cara yang umum digunakan untuk mengucapkan selamat dalam berbagai kesempatan. Kartu ucapan dalam bahasa Jepang biasanya terdiri dari gambar atau pola cantik dengan kalimat atau ungkapan pendek yang mencerminkan perasaan si pengirim. Karena budaya Jepang yang sangat menghargai etika dan sopan santun, penggunaan kartu ucapan dalam bahasa Jepang juga memiliki aturan dan cara yang khusus.

Jenis-jenis Kartu Ucapan Dalam Bahasa Jepang

Jenis-jenis Kartu Ucapan Dalam Bahasa Jepang

Jenis-jenis kartu ucapan yang umum digunakan di Jepang antara lain kartu ucapan ulang tahun, kartu ucapan selamat, kartu ucapan Hari Valentine, dan kartu ucapan Tahun Baru. Setiap jenis kartu ucapan tersebut memiliki gambar atau pola yang berbeda sesuai dengan tema yang diangkat. Misalnya, untuk kartu ucapan Tahun Baru, biasanya terdapat gambar atau pola bunga-bunga plum yang melambangkan kebahagiaan dan kesuksesan di tahun yang baru.

Cara Mengantri Menggunakan Kartu Ucapan

Antrian mengirim kartu ucapan di Jepang

Mengirim kartu ucapan di Jepang tidak semudah seperti membeli kartu ucapan di toko dan kemudian mengirimkannya ke penerima. Di Jepang, banyak orang mengantri untuk membeli kartu ucapan dan mengirimkannya di pos kantor atau toko pos. Antrian untuk membeli dan mengirim kartu ucapan di hari-hari besar seperti Hari Valentine, Hari Natal atau Tahun Baru bisa sangat panjang dan memakan waktu berjam-jam.

Selain itu, kartu ucapan dalam bahasa Jepang memiliki aturan etika yang harus dipatuhi. Misalnya, mengirim kartu ucapan pada Saat-saat tertentu harus dilakukan dengan waktu yang tepat, tidak boleh terlambat lebih dari beberapa hari. Selain itu, pemilihan kata atau ungkapan harus dilakukan dengan hati-hati untuk memperlihatkan rasa hormat dan sopan santun.

Dalam hal ini, banyak orang di Jepang yang memberikan perhatian yang serius terhadap cara menyampaikan kartu ucapan. Mereka akan memikirkan desain kartu ucapan, pemilihan kata-kata, serta tanggal dan waktu yang tepat untuk mengirim kartu ucapan yang sesuai dengan kesempatan. Pengiriman kartu ucapan menjadi bukti antara pengirim dan penerima tentang rasa hormat, kasih sayang, atau bahkan ungkapan rasa terima kasih.

Kartu ucapan dalam bahasa Jepang bukan sekadar selembar kertas bergambar. Kartu ucapan menjadi media pengungkapan perasaan yang kaya makna dan nilai serta melambangkan etika dan budaya orang Jepang. Kartu ucapan adalah cara yang menyenangkan untuk mengungkapkan perasaan positif dan menghargai orang lain.

Jenis Kartu Ucapan yang Berbeda-beda di Jepang


Japanese greeting cards

Kartu ucapan di Jepang bukan hanya sekedar sebuah ucapan, melainkan juga menunjukkan etika dan sopan santun terhadap penerima kartu ucapan tersebut. Tidaklah aneh jika kartu ucapan di Jepang memiliki berbagai jenis dan motif yang berbeda-beda. Berikut jenis-jenis kartu ucapan yang ada di Jepang:

1. Nengajo (年賀状)
Kartu ucapan yang paling populer dan sering digunakan di Jepang adalah Nengajo atau kartu ucapan tahun baru. Nengajo biasanya dikirim menjelang atau pada saat tahun baru, dengan harapan saling berbagi kebahagiaan, kesuksesan, dan kesehatan di awal tahun. Nengajo biasanya memiliki desain kartu yang unik dan menarik, dengan gambar binatang yang mewakili tahun tersebut di dalamnya.

2. Omedetou (おめでとう)
Omedetou adalah ucapan selamat, seringkali digunakan ketika seseorang merayakan ulang tahun, menikah atau mendapatkan keberuntungan lainnya. Kartu ucapan Omedetou berbeda dari Nengajo karena dapat digunakan sepanjang tahun dan tidak terikat pada perayaan tertentu. Biasanya, kartu ucapan Omedetou memiliki grafik yang lebih sederhana dan beberapa karangan bunga sebagai hiasan.

3. Ulang tahun (誕生日)
Sama halnya dengan di negara lain, kartu ucapan ulang tahun cukup populer di Jepang. Kartu ucapan ini memiliki berbagai macam desain mulai dari gambar karikatur hingga bunga yang indah. Kartu ulang tahun sering dikirimkan sebagai ungkapan kasih sayang dan ketulusan hati seseorang untuk menyambut hari penting seseorang, seperti ulang tahun.

4. Ayah & Ibu (父の日・母の日)
Sebuah bentuk penghormatan dan rasa cinta kepada orang tua yang pada masa-masa tertentu memiliki hari perayaannya sendiri di Jepang. Kartu ucapan Ayah & Ibu atau di Jepang dikenal dengan Hari Ayah atau Hari Ibu, sering dikirimkan untuk mengekspresikan rasa cinta atau ucapan terima kasih kepada orang tua, dan saling berharap agar mereka selalu sehat dan bahagia.

5. Syukuran atau kondangan (内祝い・引き出物)
Syukuran atau kondangan adalah upacara adat Jepang yang biasanya dilakukan pada acara pernikahan atau kelahiran anak, di mana tamu memberikan barang sebagai tanda ucapan selamat. Sesuai dengan tradisi, si pengantin atau keluarga yang telah melahirkan menjawab dengan memberikan ucapan terima kasih dan hadiah balasan dalam bentuk ulang tahun atau kartu ucapan Syukuran atau kondangan.

Itulah beberapa jenis kartu ucapan yang berbeda-beda di Jepang. Semua jenis kartu ucapan di atas sangatlah penting karena mampu mengungkapkan perasaan kekeluargaan, kesan dan etika yang baik. Jika Anda berkunjung ke Jepang dan ingin mengirimkan kartu ucapan kepada orang terdekat, pastikan Anda memilih kartu yang sesuai dengan perayaan atau acara yang akan dihadiri.

Bahasa dan Ungkapan yang Biasa Tercantum pada Kartu Ucapan Jepang


Bahasa dan Ungkapan yang Biasa Tercantum pada Kartu Ucapan Jepang

Kartu ucapan merupakan salah satu cara untuk menyampaikan ucapan selamat, terima kasih, simpati, atau bahkan permintaan maaf. Di Jepang, kartu ucapan disebut “hagaki” atau “postkaado” dan memiliki ragam bentuk dan kegunaan yang berbeda.

Ketika Anda ingin memberikan kartu ucapan dalam bahasa Jepang, maka sangat penting untuk mengenal beberapa ungkapan dan bahasa yang biasa tercantum dalam kartu ucapan tersebut. Berikut ini adalah beberapa bahasa dan ungkapan yang biasa tercantum pada kartu ucapan Jepang:

1. おはようございます (Ohayou Gozaimasu)
Ungkapan ini berarti “Selamat Pagi” dan biasanya tercantum pada kartu ucapan yang dikirimkan saat hari pertama tahun baru atau saat seseorang kembali bekerja setelah liburan panjang.

2. おめでとうございます (Omedetou Gozaimasu)
Ungkapan ini berarti “Selamat” dan sering kali terdapat pada kartu ucapan yang dikirim saat acara pernikahan, kelahiran bayi, atau ketika seseorang berhasil mencapai suatu prestasi.

3. ありがとうございます (Arigatou Gozaimasu)
Ungkapan ini berarti “Terima Kasih” dan biasanya tercantum pada kartu ucapan sebagai ungkapan rasa terima kasih atas kiriman hadiah atau dukungan dari orang lain.

Ketika mengirim kartu ucapan dalam bahasa Jepang, disarankan untuk menulis kalimat dengan bahasa formal. Hal ini karena budaya menghormati orang yang lebih tua atau di atas kita masih sangat kuat di Jepang.

Selain itu, disarankan juga untuk menghindari penggunaan kata-kata yang terlalu emosional atau berlebihan dalam kartu ucapan. Penggunaan bahasa yang sederhana dan to-the-point akan lebih baik dalam konteks ini.

Terkadang, pada kartu ucapan Jepang juga terdapat gambar yang menggambarkan hubungan yang dijalin antara pengirim dan penerima. Selain itu, terdapat juga beberapa bunga atau warna tertentu yang biasa dipakai untuk memberikan kesan tulus dan ramah.

Terakhir, jangan lupa untuk menulis nama pengirim pada kartu ucapan tersebut. Hal ini sangat penting agar penerima bisa mengetahui siapa pengirimnya.

Dengan mengenal beberapa ungkapan dan bahasa yang biasa tercantum pada kartu ucapan Jepang, diharapkan dapat membantu Anda dalam menyampaikan pesan dengan baik dan benar. Selain itu, dengan mengirimkan kartu ucapan berbahasa Jepang, dapat menunjukkan penghormatan dan kepedulian Anda terhadap orang yang menerima kiriman tersebut.

Tradisi Berbagi Kartu Ucapan di Jepang


Kartu Ucapan di Jepang

Kartu ucapan atau “hagaki” adalah sebuah medium untuk mengekspresikan perasaan baik atau ucapan selamat pada berbagai kesempatan. Bukan hanya dalam bahasa Jepang, kartu ucapan sudah menjadi budaya bagi banyak negara di seluruh dunia. Di Jepang, kartu ucapan sudah menjadi tradisi bagi masyarakatnya untuk menyampaikan ucapan selamat, syukur, maupun permohonan maaf. Beragam model kartu ucapan tersedia di Jepang, mulai dari yang tradisional sampai yang modern.

Sejarah Kartu Ucapan di Jepang


Sejarah Kartu Ucapan di Jepang

Kartu ucapan pertama di dunia dibuat oleh seorang seniman Inggris yang bernama John Horsley pada tahun 1843. Kartu ucapan tersebut ia buat untuk rayakan Natal. Sedangkan di Jepang, sejarah kartu ucapan bermula dari adanya tradisi “nengajo”. “Nengajo” adalah kartu ucapan yang dikirimkan pada pergantian tahun untuk menyatakan harapan dan ucapan selamat tahun baru. Ditulis dalam huruf kanji, kartu yang dikirimkan biasanya berisi bentuk dan gambar hewan berdasarkan Shio dalam China zodiac. Di zaman sekarang, “nengajo” tetap menjadi tradisi, meski bentuk dan gambar dari kartu tersebut telah berubah setiap tahunnya.

Pentingnya Kartu Ucapan di Jepang


Pentingnya Kartu Ucapan di Jepang

Kartu ucapan mengandung arti yang penting bagi masyarakat di Jepang. Kartu ucapan bukan semata-mata sebuah pesan ringan, namun bisa mengandung makna yang sangat mendalam bagi pemiliknya atau penerimanya. Dalam sebuah kartu ucapan terdapat kelembutan perasaan, saling penghargaan, dan penghormatan terhadap lawan bicara. Kartu ucapan juga sering disebut sebagai wujud rasa hormat seorang seseorang terhadap orang yang dituju.

Jenis-jenis Kartu Ucapan di Jepang


Jenis-jenis Kartu Ucapan di Jepang

Beragam jenis kartu ucapan tanpa batas tersedia di Jepang. Mulai dari yang tradisional sampai yang modern, mulai dari kartu ucapan dengan bentuk yang lucu hingga kartu ucapan yang berisi slogan-slogan berkelas. Ada jenis kartu ucapan untuk berbagai acara yang penting, seperti ulang tahun, hari valentine, wisuda, bahkan ada kartu ucapan untuk memberikan dukungan dan semangat.

Kartu ucapan yang biasanya ditemukan di Jepang sangat berbeda dari jenis kartu yang biasa kita temukan di pasaran. Ada kartu ucapan dengan desain yang unik dan artistik, ada juga kartu ucapan dengan gambar karakter anime populer di kalangan remaja Jepang, hingga kartu ucapan dengan gambar-gambar halus atau dapat disebut kartu ucapan terapan.

Jenis-jenis kartu ucapan juga bervariasi, dari segi pembuatannya, mulai dari “nengajo” yang dibuat dari kertas yang lebih kaku hingga kartu ucapan dengan embossing atau foil yang dihasilkan dari teknik percetakan modern. Selain itu, “nengajo” juga terlihat sangat unik dan menarik karena terdapat ‘sangatsu-daruma’, shoji, sampai dengan sudut bunga sakura yang membuat siapa pun yang menerima selalu merasa senang dan bahagia.

Kartu ucapan juga menjadi penyambung hubungan antara pengirim dan penerima. Walaupun orang tersebut jauh, dengan kartu ucapan mereka dapat mengekspresikan perasaannya secara mendalam dan baik. Di Jepang, kartu ucapan hingga saat ini masih menjadi tradisi yang dipertahankan.

Momen Spesial yang Dijadikan Alasan untuk Mengirim Kartu Ucapan di Jepang


Hanami Japan

Di Jepang, budaya mengirim kartu ucapan merupakan hal yang dianggap sangat penting untuk mengekspresikan perasaan. Tidak hanya di hari-hari besar seperti Natal dan Tahun Baru, namun juga di momen-momen spesial lainnya. Berikut adalah beberapa momen spesial yang menjadi alasan untuk mengirim kartu ucapan di Jepang:

1. Hanami


Hanami Japan

Hanami merupakan momen spesial yang menjadi alasan untuk mengirim kartu ucapan di Jepang. Hanami adalah tradisi Jepang yang dilakukan pada saat mekar bunga sakura pada musim semi. Pada momen ini, orang-orang biasanya berkumpul di bawah pohon sakura untuk menikmati keindahan bunga sakura sambil mengadakan pesta kecil-kecilan. Momen ini menjadi tepat untuk mengirim kartu ucapan kepada teman atau keluarga sebagai bentuk penghormatan kepada keindahan bunga sakura dan momen spesial tersebut.

2. Ulang Tahun


Birthday in Japan

Ulang tahun juga menjadi momen spesial yang tepat untuk mengirim kartu ucapan di Jepang. Ulang tahun di Jepang memiliki makna yang lebih dalam dari sekedar merayakan usia. Ulang tahun juga diartikan sebagai hari kelahiran atau awal dari seseorang untuk memulai perjalanan dalam hidupnya. Oleh karena itu, mengirim kartu ucapan pada momen ini menjadi cara yang baik untuk menyampaikan doa dan harapan baik kepada orang yang berulang tahun.

3. Wisuda


Graduation in Japan

Wisuda merupakan momen spesial yang menjadi alasan untuk mengirim kartu ucapan di Jepang. Wisuda di Jepang sangat dihargai dan dianggap sebagai momen penting dalam kehidupan seseorang. Momen ini menjadi tepat untuk mengirim kartu ucapan sebagai bentuk apresiasi kepada orang yang telah menyelesaikan pendidikan dan juga untuk memberikan semangat untuk memulai perjalanan hidup yang baru.

4. Pernikahan


Wedding in Japan

Pernikahan juga menjadi momen spesial yang tepat untuk mengirim kartu ucapan di Jepang. Pernikahan di Jepang memiliki makna yang lebih dalam dari sekedar mengucapkan selamat. Pernikahan diartikan sebagai ikatan spiritual dan sosial antara dua keluarga, sehingga mengirim kartu ucapan pada momen ini menjadi bentuk penghormatan dan pengakuan terhadap sejarah dan nilai-nilai tradisional yang terkandung pada pernikahan.

5. Sebelum Pergi ke Luar Negeri


Traveling in Japan

Pergi ke luar negeri menjadi momen spesial yang menjadi alasan untuk mengirim kartu ucapan di Jepang. Pergi ke luar negeri di Jepang diartikan sebagai momen untuk memperluas wawasan dan mengeksplorasi dunia luar. Momen ini menjadi tepat untuk mengirim kartu ucapan sebagai bentuk doa dan harapan baik agar perjalanan ke luar negeri berjalan dengan lancar dan sukses.

Iklan