10 Rekomendasi Kamera DSLR Murah Terbaik untuk Pemula 

Rekomendasi Kamera DSLR Murah Terbaik untuk Pemula 
Rekomendasi Kamera DSLR Murah Terbaik untuk Pemula 

Rekomendasi Kamera DSLR Murah Terbaik untuk Pemula

Rekomendasi Kamera DSLR Murah Terbaik untuk Pemula – Fotorgrafi merupakan hobi yang sangat menyenangkan dan salah satu hobi yang menghasilkan. Dengan begitu penggunaan kamera DSLR (Digital Single-Lens Reflex) yang tepat dapat menunjang kebutuhan fotografi sobat. Tidak hanya untuk kebutuhan professional saja, penggunaan kamera DSLR juga dapat digunakan untuk berbagai kegiatan lain, misalnya ketika travelling untuk menangkap momen-momen terbaik ketika jalan-jalan.

 

Bacaan Lainnya

Memang dalam penggunaannya, kamera jenis DSLR cukup rumit dan juga memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan kamera yang lainnya. Kamera jenis ini juga memiliki banyak sekali model serta rentang harga yang mungkin sobat akan bingung ketika memilihnya. Banyak sekali merk di luar sana yang memiliki produk kamera DSLR dengan kualitas yang bagus lho sobat. Misalnya Canon, Nikon, Sony, Fujifilm, Lumix dan lain sebagainya.

Sebelum kita masuk ke dalam daftar rekomendasi kamera DSLR murah terbaik, ada baiknya sobat simak terlebih dahulu poin-poin penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli sebuah kamera DSLR ini.

Tips memilih kamera DSLR yang tepat

 

Kamera DSLR memang memiliki fitur yang lebih banyak, mungkin jika sobat memang baru ingin terjun ke dunia fotografi, kami sarankan untuk memilih kamera DSLR yang entry level terlebih dahulu. Hal ini penting sekali, karena dengan penyesuaian level dan juga skill sobat, akan memudahkan sobat dalam penggunaannya. Memang segala hal perlu dimulai dari bawah terlebih dahulu, begitu juga dalam fotografi, sebelum menggunakan kamera yang lebih tinggi, ada baiknya sobat mulai dari kamera entry  level terlebih dahulu agar terbiasa dalam penggunaannya.

Pilih kamera sesuai dengan kebutuhan

 

Pemilihan kamera yang tepat memang sangat penting agar lebih maksimal dan sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya, ketika sobat sedang travelling, pastinya sobat lebih memilih untuk membawa kamera yang ringkas agar mudah untuk dibawanya. Dengan begitu, kebutuhan kamera memang perlu disesuaikan dengan scene dan juga tujuan sobat dalam bidang fotografi. Berikut kami jabarkan satu persatu hal penting dalam pemilihan kamera berdasarkan tujuan fotografinya.

Memiliki autofocus yang tinggi

Kamera yang memiliki kecepatan tinggi pada autofocus nya, sangat cocok dengan sobat yang suka mengambil gambar objek yang cepat. Misalnya dalam bidang otomotif, olahraga, bahkan menangkap gambar hewan yang sedang bergerak. Dengan begitu, pengambilan gambar juga akan lebih sempurna karena objek yang bergerak tersebut tetap dapat diambil gambarnya dengan jelas berkat autofocus yang cepat ini

Memiliki scene detection system

Fitur ini memang sudah banyak ditemui pada smartphone jaman sekarang. Namun tetap saja, fitur ini sangat penting hadir di kamera DSLR ini. Kamera yang memiliki fitur ini dapat menganalisa scene yang akan diambil gambarnya kemudian akan menyesuaikan tingkat kecerahan, kontras, pergerakan hingga jarak objek dan memfokuskannya dengan cepat sesuai keadaan saat itu.

Sensitivitas ISO tinggi

ISO merupakan hal penting ketika sobat akan mengambil gambar pada kondisi kurang cahaya. Jika nilai ISO rendah, maka sensitivitas pada cahayanya akan rendah juga. Begitu juga jika nilai ISO tinggi, maka cahaya yang dapat diambil akan semakin tinggi juga. Penggunaan ISO yang tinggi memang memudahkan sobat dalam mengambil gambar low light dan akan tetap terlihat bagus.

Memiliki lensa kit pada paket penjualannya

Biasanya pada kamera DSLR kelas entry, sudah tersedia 3 set pada paket penjualannya. Biasanya terdapat bodi kameranya, lensa kit atau double zoom kit. Dengan begitu sobat tidak perlu membeli sebuah lensa tambahan lagi, setidaknya hingga sudah sangat menguasai mengenai kamera.

Daftar Rekomendasi Kamera DSLR Murah Terbaik

Jika hal di atas sudah sobat pahami, maka langkah selanjutnya adalah untuk memilih kamera yang tepat dengan kebutuhan sobat. Berikut ini akan kami berikan beberapa daftar kamera yang dapat sobat pilih.

Kamera DSLR Canon EOS 1300D

Canon EOS 1300D

Kamera DSLR dari Canon ini masuk ke dalam kamera yang dikhususkan untuk pemula yang baru akan masuk ke dunia fotografi. Ukuran yang dimiliki Canon EOS 1300D ini juga tidak terlalu besar dan sangat cocok untuk sobat gunakan. Pada paket penjualannya, sobat akan mendapatkan bodi kamera DSLR Canon EOS 1300D ditambah dengan lensa kit 18-55mm. Dengan begitu sobat tidak perlu untuk membeli lensa tambahan lagi, karena lensa bawaan juga sudah cukup mumpuni untuk digunakan.

Untuk melihat hasil dari foto yang sobat ambil, Canon EOS 1300D ini memiliki layar LCD 3 inci yang dapat menghasilkan gambar yang cukup baik juga. Bagian sensor yang dimiliki sudah menggunakan CMOS APS-C dan memiliki resolusi 18MP, sehingga gambar yang dihasilkan juga sudah cukup bagus kok sobat. Meskipun harganya terjangkau, namun fitur yang dimiliki kamera DSLR Canon EOS 1300D ini cukup lengkap lho. Kamera DSLR ini sudah dilengkapi dengan Wi-Fi dan juga NFC yang dapat sobat gunakan untuk dihubungkan dengan perangkat lainnya.

Harga: Rp 3.650.000

Kamera DSLR Canon EOS 3000D

Canon EOS 3000D

Kamera DSLR murah dari Canon ini memang diperuntukkan bagi pemula yang baru saja terjun pada dunia fotografi. Bagi sobat yang juga baru mau terjun ke dunia fotografi, kami rekomendasikan untuk memilih Canon EOS 3000D ini. Kamera pada Canon EOS 3000D sudah dibekali dengan sensor APS-C CMOS dan beresolusi 18MP. Sehingga gambar yang dihasilkan sudah cukup tajam meskipun pad kondisi kurang cahaya sekalipun.

Nah untuk sobat yang ingin membuat vlog, kamera ini sudah dapat merekam hingga resolusi 1080p atau full HD pada 30 fram per second. Fitur lainnya yang dimiliki adalah terdapat layar berukuran 2.7 inci yang dapat memperlihatkan preview dari foto atau video yang sudah sobat ambil, sayangnya layar tersebut bersifat ifixedi yang berarti angle dari layar tidak dapat diatur. Dukungan Wi-Fi juga sudah tersedia lho sobat, sehingga memudahkan sobat untuk memindahkan foto maupun video, bahkan kamera ini juga dapat dioperasikan via smartphone sobat dengan aplikasi Canon Camera Connect.

Harga: Rp 3.850.000

Kamera DSLR Nikon D3300

Nikon D3300

Selanjutnya pada daftar kamera DSLR murah terbaik adalah Nikon D3300. Kamera Nikon D3300 merupakan penerus dari Nikon D3200. Nikon memang merupakan merk kamera yang cocok untuk sobat yang ingin memulai belajar fotografi. Antar muka yang dimiliki Nikon D3300 ini juga cukup mudah untuk dipelajari dan mudah juga untuk digunakan.

Kamera DSLR murah terbaik ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur yang cukup canggih. Misalnya seperti pada lensanya, sudah memiliki resolusi 24MP CMOS EXPEED 4 sensor. Pada bagian ISO, rentang yang dimiliki juga cukup tinggi lho sobat, bisa mencapai 25600 (Boost) dan sudah cukup baik untuk digunakan dalam kondisi kurang cahaya sekalipun. Fitur lainnya adalah kemampuan untuk melakukan continuous shoot hingga 5 frame per second. Pada bagian perekaman video, kamera DSLR Nikon D3300 sudah dapat merekam dengan resolusi Full HD pada 60 frame per second, tentunya ini sudah sangat cukup untuk digunakan untuk merekam.

Tentunya kamera DSLR Nikon D3300 ini memang sudah sangat cocok untuk sobat yang ingin memulai fotografi. Dengan user interface yang mudah dipahami dan digunakan, serta harga yang relatif murah tentunya menjadikan Nikon D3300 ini menjadi salah satu kamera terbaik untuk pemula.

Harga: Rp 4.000.000

Kamera DSLR Canon EOS Rebel T6

Canon Rebel T6

Kamera DSLR Canon EOS Rebel T6 ini sudah menggunakan sensor APS-C CMOS dengan resolusi 18MP yang juga dipadukan dengan prosesor DIGIC 4+. Meski memiliki resolusi lensa hanya 18MP, namun gambar yang dihasilkan juga sudah sangat bagus. Untuk mengambil gambar pada kondisi kurang cahaya, kamera ini sudah memiliki sensitivitas ISO mulai dari 100 hingga 6400 yang masih dapat ditingkatkan lagi hingga 12800. Jadi sobat sudah sangat bisa mengambil gambar pada cahaya yang redup dan tetap mendapatkan gambar yang bagus.

Lanjut ke sektor layar, kamera ini juga sudah memiliki layar dengan luas 3 inci dengan 920 dot yang dapat menghasilkan preview pada foto maupun video dengan cukup jernih. Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh kamera DSLR Canon EOS rebel T6 ini adalah hadirnya fitur Wi-Fi dan juga NFC yang dapat digunakan untuk menghubungkan kamera dengan perangkat lainnya.

Harga: Rp 4.150.000

Kamera DSLR Nikon D3400

Nikon D3400

Masih dengan merk Nikon, kali ini adalah Nikon 3400 yang menjadi salah satu kamera DSLR entry level yang memiliki body yang cukup ringkas dan juga praktis untuk dibawa kemana saja. Kamera DSLR ini juga sudah dilengkapi dengan sensor 24MP CMOS image processor EXPEED 4 dan juga sudah memiliki rentang ISO yang cukup tinggi yaitu hingga 25.600.

Sama halnya dengan kamera DSLR Nikon D3300, Nikon D3400 ini juga sudah memiliki fitur seperti kemampuan continuous shoot 5fps dan perekaman video full HD pada 60fps. Kamera DSLR ini juga sudah dilengkapi dengan layar 3.0 inci LCD 921k-Dot. Karena kamera ini sudah menggunakan APS-C CMOS sensor dengan EXPEED 4 image processor, Nikon D3400 ini juga sudah memiliki 11-point autofocus system sehingga gambar yang dihasilkan akan menjadi lebih jelas dan jernih pastinya. Sayangnya, kamera ini belum memiliki dukungan Wi-Fi, tapi sobat jangan khawatir, karena kamera ini juga sudah dilengkapi dengan Bluetooth LE yang dapat digunakan untuk mentransfer gambar maupun video dari kamera ini ke smartphone sobat dengan aplikasi “SnapBridge”.

Harga: Rp 4.300.000

Kamera DSLR Nikon D5200

Nikon D5200

Buat sobat yang suka vlogging, ada rekomendasi kamera DSLR murah yang dapat sobat miliki nih. Kamera DSLR Nikon D5200 ini dapat digunakan sobat untuk membuat vlog, karena layar pada kamera ini dapat diputar sehingga memudahkan sobat dalam mengambil gambar. Luas layar yang dimiliki juga cukup standar, yakni 3 inci dan sudah dapat menampilkan hasil gambar maupun video dengan cukup baik.

Lanjut ke bagian sensor, kamera ini sudah menggunakan sensor CMOS DX-Format dan memiliki resolusi 24MP. Gambar yang dihasilkan juga sudah sangat baik untuk kamera DSLR 4 jutaan, dengan harga yang terjangkau ini, kamera DSLR ini cocok untuk sobat yang akan memulai berbagai video vlog. Kekurangan yang dimiliki pada kamera ini adalah bobotnya yang terbilang cukup berat dan memiliki grip yang terasa kecil sehingga genggaman pada kamera butuh penyesuaian lagi. Untuk kontrol yang dimiliki kamera ini juga cukup rumit, karena kamera DSLR ini memiliki banyak tombol dan sobat harus mengetahui fungsi masing-masing tombol tersebut.

Harga: Rp 4.500.000

Kamera  DSLR Nikon D3500

Nikon D3500

Selanjutnya  adalah penerus dari Nikon D3400 yang sudah kami bahas sebelumnya dan menjadi salah satru kamera DSLR terbaik dari Nikon. Pada kamera Nikon D3500 ini sudah menggunakan sensor CMOS APS-C dengan resolusi 24MP, namun masih belum memiliki Optical Low Pass Filter. Untuk kebutuhan fotografi low light, tingkatan ISO yang dimiliki mulai dari 100 hingga 25.600 yang juga dapat mengambil gambar hingga kecepatan 5 frame per second tanpa berhenti sekalipun.

Untuk bagian perekaman juga sudah cukup baik, karena kamera DSLR Nikon D3500 ini dapat melakukan perekaman video hingga resolusi full HD, tentunya ini sudah sangat cukup untuk sobat gunakan. Bentuk dan ukuran  dari kamera DSLR ini juga simple dan juga ringkas. Bobot yang dimiliki juga tidak terlalu berat, hanya 365 gram saja, sehingga memudahkan sobat untuk membawanya ketika berpergian. Layar berukuran 3 inci juga hadir untuk memberikan tampilan akan foto dan video yang sudah sobat ambil. Fitur Bluetooth juga sudah tersedia sehingga sobat dapat mengirim gambar dan video dengan lebih mudah.

Harga: Rp 5.100.000

Kamera DSLR Canon EOS 750D

Canon EOS 750D

Kamera DSLR ini adalah salah satu kamera yang sangat populer di antara kebanyakan orang. Canon EOS 750D ini sudah dibekali dengan sensor  APS-C (22.3 x 14.9 mm) dan juga memiliki resolusi 24MP. Dengan begitu, foto yang dihasilkan dari kamera ini sudah sangat bagus dengan kualitas yang jernih juga. Layar yang dimiliki kamera ini juga sudah fleksibel, sobat dapat mengatur angle dari kamera ini dan menyesuaikannya agar lebih mudah dalam pengambilan gambar.

Dalam keadaan kurang cahaya, kamera ini sudah sangat sanggup untuk digunakan lho sobat. Hal ini karena kamera Canon EOS 750D ini memiliki rentang ISO yang cukup tinggi, mulai dari 100 hingga 12.800 dan masih bisa ditingkatkan lagi hingga 25.600. Untuk mengambil gambar objek yang bergerak cepat juga sudah cukup mumpuni, pada shutter speed dapat diatur hingga 1/4000 detik sampai maksimal 30 detik. Fitur pendukung lainnya seperti Wi-Fi dan NFC juga sudah tersedia, sehingga sobat dapat memindahkan hasil foto dan video dengan lebih mudah.

Harga: Rp 6.100.000

Kamera DSLR Canon EOS 200D

Canon 200D

Selanjutnya adalah kamera DSLR Canon EOS 200D yang juga memiliki nama lain Canon Rebel SL2. Pada kamera ini sudah menggunakan sensor APS-C CMOS dengan resolusi 24.2MP. Pada bagian prosesor yang digunakan sudah DIGIC 7 dan sudah memiliki tingkat sensitivitas ISO yang sangat tinggi, yaitu 51.200 dan juga mampu untuk mengambil gambar burst mode dari 4fps hingga 5fps. Namun untuk perekaman video, kamera ini hanya dapat melakukan perekaman hingga resolusi 1080p saja.

Bagian konektivitas juga sudah cukup lengkap kok, sudah tersedia Wi-Fi, NFC dan juga Bluetooth, dengan begitu sobat dapat menghubungkan perangkat lain dengan mudah. Menariknya, kamera DSLR ini sangat user friendly banget sobat, apalagi untuk pengguna baru, Canon sangat memperhatikan hal ini dan kamera ini juga sudah cukup mudah untuk dioperasikan. Harga yang tidak terlalu mahal juga membuat kamera DSLR ini cukup banyak dicari oleh orang-orang.

Harga: Rp 6.450.000

Kamera DSLR Canon EOS 250D

Canon EOS 250D

Sebagai penerus dari Canon EOS 200D yang juga memiliki nama lain Canon Rebel SL3, Canon EOS 250D ini termasuk dalam kamera DSLR dengan bobot paling ringan, ringkas dan paling kecil yang pernah ada. Keunggulan utama yang dimiliki adalah dari sisi perekamannya, dengan harga 7 jutaan saja, kamera DSLR ini sudah dapat merekam hingga resolusi 4K lho sobat. Kamera DSLR Canon EOS 250D ini juga termasuk kamera beginner sehingga sudah cocok untuk sobat yang memiliki budget lebih dan ingin terjun ke dunia fotografi.

Sensor yang digunakan pada kamera ini adalah APS-C CMOS dengan resolusi 24.1MP dan sudah menggunakan prosesor yang cukup canggih yaitu DIGIC 8. Untuk autofocus, kamera DSLR ini juga sudah dilengkapi dengan 9-point phase detection yang memudahkan sobat dalam mengambil gambar, sehingga foto yang dihasilkan menjadi lebih jelas tanpa adanya blur yang mengganggu. Untuk pengambilan gambar pada kondisi low light juga sudah sangat mumpuni, tingkat sensitivitas ISO mulai dari 100 hingga 25.600 dan dapat ditingkatkan lagi hingga 51.200. Keunggulan lainnya terdapat pada layar yang berukuran 3 inci dan dapat diatur angle nya sesuai dengan kebutuhan sobat dan sudah touchscreen lho, sehingga memudahkan sobat untuk mengoperasikan kamera ini. Konektivitas juga sudah cukup lengkap dengan memiliki fitur Wi-Fi dan juga Bluetooth.

Harga: Rp 7.550.000

Penutup

Kamera DSLR memang masih menjadi primadona bagi banyak orang karena fitur dan fungsinya. Kamera DSLR juga cukup mudah untuk dioperasikan bagi pemula karena memang ada tingkatan dari kamera DSLR itu sendiri, jadi pastikan sobat memilih yang sesuai dengan kebutuhan sobat ya, sehingga yang dipilih sudah sangat tepat dengan kebutuhannya. Merk Nikon dan Canon memang yang paling terkenal di kalangan beginner photographer karena mereka menyediakan kamera DSLR dengan harga yang relative terjangkau jika dibandingkan dengan merk lainnya.

Demikian artikel mengenai Rekomendasi Kamera DSLR Murah Terbaik untuk Pemula. Semoga dapat memberikan referensi baru untuk sobat yang ingin membeli sebuah kamera DSLR yang cocok untuk semua kebutuhan sobat. Nantikan terus artikel terbaru dari kami yang akan membahas mengenai teknologi dan juga berbagai rekomendasi barang lainnya, hanya di Rinidesu.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.