Apa itu “Nihongo”?


Bahasa Jepang Nihongo

Banyak orang di Indonesia yang menganggap bahasa Jepang bukanlah bahasa yang mudah untuk dipelajari. Namun, dengan tekad dan usaha yang kuat, kamu dapat mempelajari bahasa Jepang atau Nihongo dengan baik.

Nihongo adalah bahasa yang berasal dari Jepang. Bahasa Jepang memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Bahasa ini juga merupakan bahasa resmi di Jepang dan dipakai oleh lebih dari 130 juta penduduk di negara tersebut.

Berbeda dengan bahasa-bahasa lain, Nihongo memiliki pembacaan yang unik dan berbeda dari tulisan nya sendiri. Hal ini dikarenakan bahasa Jepang menggunakan aksara Jepang (kanji) dan aksara kana, dimana masing-masing aksara memiliki cara baca yang berbeda. Sehingga, agar bisa memahami bahasa Jepang dengan baik, kamu harus bisa membaca kedua aksara tersebut.

Jika kamu ingin belajar bahasa Jepang, kamu dapat mulai dari mempelajari dasar-dasar bahasa tersebut seperti abjad Jepang, kosakata, tata bahasa, dan sebagainya. Meskipun terkadang sulit, tetapi jangan menyerah dan teruslah berusaha. Kamu dapat belajar sendiri menggunakan buku bahasa Jepang atau menggunakan aplikasi atau website yang dapat membantu memperlancar bahasa Jepang.

Saat ini, Nihongo telah berkembang secara global dan digunakan sebagai bahasa kedua di beberapa negara lainnya, termasuk Indonesia. Keberadaan bahasa Jepang tak hanya terlihat pada budaya pop, tetapi juga pada kegiatan kebudayaan, seperti manga, anime, cosplay, serta budaya tradisional Jepang.

Menjadi pelajar bahasa Jepang di Indonesia akan menjadi pengalaman yang menarik dan bermanfaat. Selain dapat mempelajari bahasa dan budaya Jepang, kamu juga dapat menambah skill untuk bersaing di pasar kerja saat ini.

Jangan takut untuk belajar bahasa asing, seperti Nihongo. Dengan fokus dan konsisten, kamu dapat mempelajari bahasa Jepang dan mengerti makna dalam setiap kalimat dan kata yang kamu pelajari.

Sejarah Bahasa Jepang


Sejarah Bahasa Jepang

Bahasa Jepang merupakan bahasa yang tak kalah menarik untuk dipelajari. Selain karena menjadi salah satu bahasa resmi di Jepang, bahasa tersebut juga kerap diasosiasikan dengan sastra, teknologi dan permusuhan masa lalu di Asia.

Meski identitas penggolongan bahasa Jepang masih menjadi misteri, namun sejarah bahasa Jepang diyakini telah dimulai pada kurun waktu sekitar 2.500 tahun yang lalu oleh para penduduk kepulauan Jepang. Bahasa Jepang biasanya ditulis dengan mennggunakan huruf kanji, hiragana dan katakana. Huruf kanji sendiri mengambil inspirasi dari bahasa Tionghoa.

Sekitar 400 Jepang menetap di Korea selama sebagian besar periode dinasti Gaya dan Silla. Para penduduk tersebut kembali ke pulau asal mereka pada abad ke-6, membawa serta beberapa benda-benda dari Korea sehingga membawa adopsi penggunaan karakter hanja pada logogram Jepang hiragana dan katakana. Perkembangan bahasa Jepang kemudian meluas di era Heian (794-1185), di mana pengaruh bahasa Tiongkok dan budaya yang besar diperkenalkan ke masyarakat Jepang.

Pada abad ke-16, Jepang terkena pengaruh cerita dari Eropa dan China. Kontak tersebut dengan bangsa Eropa dan China memunculkan kebutuhan akan penguasaan bahasa asing dalam komunikasi internasional. Oleh karena itu, pemerintah Tokugawa terdahulu kemudian membuat beberapa perguruan yang berfokus pada pemahaman bahasa Eropa dan China pada abad ke-19, seperti shouka sonjuku oleh Shoin Yoshida dan rangaku oleh Fukuzawa Yukichi.

Sampai saat ini, bahasa Jepang menjadi penanda kebanggaan masyarakat Jepang. Orang Jepang terkenal dengan cinta akan bahasa dan sastra, tidak heran jika anak-anak Jepang mulai belajar bahasa tersebut sejak usia dini.

Selain itu, Jepang menjadi salah satu negara yang eksportir terbesar di dunia. Kemajuan teknologi dan riset dalam bidang infrastruktur dan nanoteknologi membuat Jepang menjadi salah satu negara yang sangat esensial di beberapa sektor di bumi. Keterampilan bahasa Jepang membuka lapangan pekerjaan di bidang bisnis dan teknologi.

Dalam dunia mode, kecantikan dan ritual kecantikan, Jepang juga mengakui pengaruh budayanya. Para perempuan Jepang dikenal dengan ritual Kawai, di mana perempuan harus merawat kulit mereka dengan benar-benar menerapkan saja pelatihan dan mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang.

Kesimpulannya, sejarah bahasa Jepang sangat menarik untuk dikaji. Bahasa tersebut memiliki sejarah panjang yang berasal dari kebudayaan masyarakat Jepang kuno hingga saat ini. Selain mengasah pengetahuan sejarah, belajar bahasa Jepang juga memberikan tantangan tersendiri. Bahasa ini kurang lebih sah di Jepang dan otak Anda akan menjadi lebih kuat dengan mempelajari bahasa asing.

Pengaruh bahasa Cina pada bahasa Jepang


Pengaruh bahasa Cina pada bahasa Jepang

Bahasa Jepang berkembang pesat sejak dahulu kala, terutama dalam kaitannya dengan peradaban Tiongkok. Pada zaman kuno, Jepang seringkali mengunjungi Tiongkok untuk mempelajari segala hal yang bisa membantu negaranya menjadi lebih maju pada saat itu. Tentu saja, bahasa Jepang pada saat itu sangat dipengaruhi oleh bahasa Tiongkok, termasuk nihongo wa itsu desu ka.

Namun, tidak semua pengaruh Tiongkok pada bahasa Jepang sama. Khususnya, ada beberapa istilah yang sangat penting dalam bahasa Jepang, yang sebenarnya baru benar-benar berkembang dalam dekade terakhir ini. Istilah-istilah tersebut disebutkan sebagai kata-kata pinjaman asing dan datang dari bahasa Tiongkok.

Kata-kata pinjaman ini memiliki essence penting dalam budaya Jepang, dan sejumlah istilah yang cukup umum juga datang dari Tiongkok, seperti karate, manga, dan lain-lain. Penggunaan kata-kata ini dalam bahasa sehari-hari juga pertanda bahwa pengaruh Tiongkok pada bahasa Jepang sangatlah besar

Dalam bahasa Jepang, terdapat kosa kata yang bersumber dari bahasa Tiongkok sebanyak 60 hingga 70%. Namun, sebenarnya pengaruh Tiongkok pada bahasa Jepang sudah mulai hilang sejak abad ke-19 saat Jepang mulai membuka diri kepada dunia internasional yang lebih luas.

Sementara Jepang semakin terbuai dalam budaya Barat, pengaruh Tiongkok semakin merosot, karena bahasa Inggris mengambil peran penting dalam memperkenalkan dunia internasional ke Jepang. Tak hanya itu, bahasa Inggris juga mulai mempengaruhi bahasa Jepang melalui turisme dan bisnis. Termasuk kata-kata baru yang mulai diperkenalkan kepada masyarakat Jepang, seperti smartphone.

Meski demikian, bahasa Jepang tetap mempertahankan ciri khasnya. Walau pun terdapat pengaruh dari bahasa Cina, seperti dalam nihongo wa itsu desu ka, bahasa Jepang memiliki berbagai perbedaan dengan bahasa Tionghoa, karena penerapannya pada gramatika dan cara menyusun kalimat yang cukup unik.

Secara keseluruhan, pengaruh bahasa Tiongkok pada bahasa Jepang sangatlah penting, karena mampu memperkaya kosakata bahasa Jepang sendiri, serta memperluas wawasan penduduk Jepang pada saat itu. Kendati pengaruh itu kini tidak sebesar dulu, kata-kata pinjaman tersebut tetap menjadi bagian penting dari bahasa Jepang.

Perbedaan antara bahasa Jepang tulisan dan lisan


Perbedaan antara bahasa Jepang tulisan dan lisan

Bahasa Jepang merupakan bahasa yang menarik untuk dipelajari. Budaya populer seperti anime dan manga telah menjadikan bahasa ini sangat terkenal di Indonesia. Namun, belajar bahasa Jepang tidak hanya berkutat pada kosakata dan tata bahasa, tetapi juga mempelajari perbedaan antara bahasa Jepang tulisan dan lisan. Ini karena banyak perbedaan antara bahasa tulisan dan lisan di bahasa Jepang.

Seperti halnya bahasa lain di dunia, bahasa Jepang memiliki perbedaan signifikan antara pengucapan lisan dan tulisan. Masalahnya adalah bahwa bahasa Jepang yang ditulis menggunakan tiga bentuk aksara, yaitu hiragana, katakana, dan kanji. Kebanyakan orang mungkin sudah mengetahui hal ini, tapi ada di dalam bahasa Jepang yang dicerminkan dalam cara kata-kata diucapkan secara lisan.

Bentuk Bahasa Jepang Tulisan

Bentuk bahasa Jepang tulisan

Ada beberapa perbedaan antara bahasa Jepang tulisan dan lisan. Mari kita lihat beberapa contoh format bahasa Jepang tulisan. Pertama-tama, kita harus diingat bahwa bahasa Jepang tulisan dimaksudkan untuk digunakan dalam situasi formal. Memahami bahasa tulisan adalah penting jika Anda berencana untuk mempelajari bahasa Jepang dengan tujuan karier profesional, seperti di bisnis, hukum, atau politik. Bahasa tulisan melibatkan penggunaan kanji, hiragana, dan katakana untuk menciptakan kata-kata yang sempurna secara tata bahasa.

Perbedaan pertama antara bahasa Jepang tulisan dan lisan terletak pada kecermatan bahasa yang digunakan. Bahasa tulisan harus diucapkan dengan benar dan formatnya harus mengikuti aturan tata bahasa yang ketat. Maka itu, kata-kata sering kali dibuat dengan akurasi yang tinggi untuk menciptakan tulisan yang terlihat profesional. Bahasa tulisan juga harus digunakan dalam situasi resmi dan formal.

Bentuk Bahasa Jepang Lisan

Bentuk bahasa Jepang lisan

Perbedaan antara bahasa Jepang tulisan dan lisan juga bisa dilihat dalam bentuk lisan. Bahasa Jepang lisan adalah bentuk yang digunakan sehari-hari dalam komunikasi. Secara umum, bahasa Jepang lisan biasa dan akrab. Jadi, kamu akan melihat bahasa Jepang lisan digunakan dalam komunikasi personal, keluarga, atau teman-teman.

Perbedaan utama antara bentuk tulisan dan lisan adalah bahasa yang dibuat secara spontan. Berbeda dengan bahasa tulisan yang dibuat dengan ketelitian, bahasa lisan tidak serumit itu. Misalnya, dalam bahasa lisan, kata-kata seringkali disingkat menjadi beberapa bagian dalam rangka meningkatkan efisiensi dan kecepatan dalam berbicara. Terkadang suara bunyi seperti huruf ‘u’ dapat dihilangkan dalam kata untuk membuat bahasa ujaran lebih efisien dan pendek.

Jadi, jika kamu sedang belajar bahasa Jepang, penting untuk memahami perbedaan antara bahasa tulisan dan lisan. Dari sini, kamu bisa mulai mempelajari keduanya, dan dengan waktu dan pengalaman yang tepat, kamu bisa dengan mudah menguasai kedua bentuk bahasa Jepang. Jadi, ayo praktikkan bahasa Jepangmu sekarang dengan mencoba menggunakan kedua bentuk bahasa ini dalam komunikasi sehari-harimu.

Cara belajar bahasa Jepang secara efektif


belajar bahasa jepang secara efektif

Belajar bahasa Jepang bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan menarik, tetapi di sisi lain juga bisa menjadi tugas yang menantang. Bahasa Jepang sendiri terdiri dari banyak karakter dan struktur tata bahasa yang khas, sehingga bisa membingungkan bagi pemula. Namun, tidak perlu khawatir, karena dengan beberapa tips dalam belajar bahasa Jepang secara efektif, Anda bisa meningkatkan kemampuan bahasa Jepang Anda dengan cepat.

1. Menyatu dengan Budaya Jepang


budaya jepang

Menyatu dengan budaya Jepang adalah cara terbaik untuk belajar bahasa Jepang secara efektif. Apabila Anda berada di Jepang, bertemu dengan orang lokal dan berbicara dengan mereka adalah cara terbaik untuk mempraktikkan kemampuan bahasa Anda. Saat berbicara dengan orang Jepang, Anda akan diperkenalkan dengan kata-kata dan kosakata yang digunakan dalam tata bahasa Jepang yang sebenarnya. Selain itu, Anda juga akan merasakan bagaimana cara berkomunikasi di dalam kehidupan sehari-hari yang dilakukan oleh orang Jepang.

2. Bergabung dengan Kelas Bahasa Jepang


kelas bahasa jepang

Jika Anda ingin belajar bahasa Jepang secara efektif dan menerima pelajaran secara serius, bergabung dengan kelas bahasa Jepang bisa menjadi pilihan tepat. Kelas bahasa Jepang biasanya terdiri dari beberapa orang yang akan belajar bersama-sama. Dalam kelas, Anda akan dibimbing oleh guru dan akan ditempatkan dalam suasana belajar yang serius dan konsisten. Anda juga akan memiliki waktu yang cukup untuk berkonsultasi dengan guru apabila terdapat kesulitan dalam memahami materi.

3. Belajar Secara Online


belajar bahasa jepang online

Belajar bahasa Jepang secara online adalah cara yang efektif untuk mempelajari bahasa tersebut. Ada berbagai website dan aplikasi yang menawarkan pelajaran bahasa Jepang secara online. Anda bisa memilih pelajaran-pelajaran yang ingin Anda pelajari sesuai dengan level Anda. Setelah itu, Anda akan diberikan latihan soal yang bisa membantu Anda dalam menguasai bahasa Jepang dengan cepat. Pelajaran bahasa Jepang secara online juga bisa memangkas waktu Anda, karena Anda bisa mengambil pelajaran kapan saja dan di mana saja Anda berada.

4. Menonton Film dan Anime Jepang


anime jepang

Menonton film dan anime Jepang adalah cara yang menyenangkan untuk mempelajari bahasa Jepang. Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pendengaran Anda dalam memahami suara dan aksen orang Jepang. Kemampuan untuk memahami cara berbicara orang Jepang sehari-hari juga bisa dengan cepat Anda kuasai, karena Anda akan terbiasa mendengarkan cara berbicara orang Jepang.

5. Mencari Teman Belajar Bahasa Jepang


mencari teman belajar bahasa jepang

Mencari teman belajar bahasa Jepang bisa menjadi cara yang efektif dalam mempelajari bahasa tersebut. Teman belajar bahasa Jepang akan membantu Anda untuk mempraktikkan kemampuan bahasa Jepang Anda. Anda juga akan memiliki orang yang bisa diajak berbicara dan berlatih bahasa Jepang dengan cara yang tidak membosankan. Selain itu, teman belajar bahasa Jepang juga bisa memberikan beberapa tips dan trik dalam mempelajari bahasa Jepang dengan cara yang efektif.

Iklan