Cara Screenshot di Laptop atau Komputer PC 

Cara Screenshot di Laptop atau Komputer PC 

Cara Screenshot di Laptop atau Komputer PC

 

 

Cara Screenshot di Laptop atau Komputer PC. Screenshoot atau yang disebut juga screen capture merupakan suatu kegiatan mengambil gambar dari suatu perangkat melipti komputer, Smartphone,Tablet dan sebagainya. Screenshot dapat juga berupa desain lain yang kita inginkan.tujuan mutlak dari pengambilan gambar screenshot ialah untuk memperlihatkan informasi yang ada pada gambar tersebut berupa fhoto ataupun tulisan.

Bicara mengenai Cara Screenshot di Laptop atau Komputer dimana jika kita kita telusuri sesungguhnya ada banyak sekali cara yang bisa kita gunakan dalam melakukan hal ini diantaranya adalah bisa dengan menggunakan aplikasi Light Shot, Capture Webpage Screenshot atau yang paling praktis adalah dengan menggunakkan tombol Prt Scr yang ada pada keyboard Pc ataupun Laptop.

 

Dan disini saya akan menjelaskan satu persatu mengenai Cara Screenshot di Laptop atau Komputer dengan beberapa cara sebagai berikut :

1. Cara mengambil Screenshoot dengan tombol Prt SCr

Untuk mengambil screenshoot dengan menggunakan tombol ini sebenarnya cukup sederhana adapun langkah langkahnya sebagai berikut

  • Pertama tama Sorot gambar yang ingin di Screenshoot
  • Tekan tombol Prt Scr
  • Buka Aplikasi Microsoft Word atau paint
  • Lal tekan Ctrl dan V

Perlu di catat bahwa anda tidak dapat mengambil dua screenshot dalam satu waktu dimana kita harus bolak balik mencari gambar yang ingin di screenshot lalu pastekan ke Microsoft word ataupun paintntuk melakukan proses editing dan menyimpanya dengan format yang anda inginkan.

2. Snipping Tool

Di windows, ada aplikasi yang namanya Snipping Tool. Aplikasi ini berguna untuk mngambil Screenshot dan membuat anotasinya. untuk menemukan aplikasi ini, kita harus mencari melalui Cortana (windows) 10 atau buka Start dan Ketik Snipping Tool setelah aplikasi tersebut berhasil ditemukan dan dibuka anda tidak lagi mengubah tampilan layar komputer, oleh karena itu sebelum membukanya anda set dahulu posisi mana yang ingin anda lakukan screnshoot.

3. Menggunakan Lightshot

Lightshot adalah perangkat lnak freeware alias gratisan untuk melakukan Screenshoot yang nantinya gambar tersebut dapat anda edit seperti menambahkan tulisan, Coretan, danlain lain. Untuk menggunakan Lightshoot, terlebih dahulu anda harus mengunduhnya dan cara memakai Lightshot sendiri yaitu dengan cara tekan prnt Scrn terus tentukan area yang ingin di simpan gambarnya,dan anda dapat melakkan editing pada saat pengambilan gambar tersebut, seperti menampilkan garis petunjuk, menambahkan tulisan, menambah warna dan lain lain silakan lakukan sesuka hati anda. Dan bila sudah selesai anda klik Simpan.

Itulah beberapa Cara Screenshot di Laptop atau Komputer PC yang saya ketahui dan dapat anda pelajari seta gunakan dan berbagi bersama pengguna lain yang belum dan baru mengetahui tentang Cara Screenshot di Laptop atau Komputer.

 

Baca Artikel Tekno Lainnya Di Link berikut ini https://www.rinidesu.com/category/tekno

Iklan