Sejarah gaya rambut Jepang


Sejarah gaya rambut Jepang

Gaya rambut Jepang memang sudah sangat terkenal bahkan di Indonesia. Tak hanya para wanita, namun para pria jepang juga dikenal sangat memperhatikan penampilannya, termasuk dalam hal memilih dan menata rambut. Gaya rambut ala Jepang ini memang selalu menjadi inspirasi bagi banyak orang, terutama di kalangan anak muda.

Tapi tahukah kamu, sebenarnya sejarah gaya rambut Jepang ini sudah ada sejak zaman dulu kala. Dalam banyak buku sejarah dan cerita lama Jepang, kita bisa menemukan bahwa gaya rambut dan cara menata rambut sudah menjadi bagian dari budaya Jepang sejak zaman kerajaan.

Pada zaman pemerintahan kaisar, rambut dianggap sebagai tanda ketinggian status sosial seseorang. Hanya orang-orang tertentu saja yang diizinkan menumbuhkan rambut panjang dan menata rambut sesuai dengan aturan tertentu. Misalnya saja, untuk para pejabat, mereka diwajibkan menumbuhkan rambut panjang dan menata rambut dengan poni di depan.

Gaya rambut lainnya adalah gaya rambut samurai yang melegenda. Selain menunjukkan ketinggian status, gaya rambut samurai juga menjadi ciri khas tentara Jepang. Gaya rambut ini menampilkan potongan rambut yang pendek di bagian belakang kepala namun panjang dan digulung ke atas di bagian atas kepala layaknya topi.

Namun, pada zaman modern, tren rambut Jepang mengalami perubahan dengan adanya pengaruh dari Barat. Gaya rambut yang sebelumnya terkesan klasik dan formal, kini bertransformasi menjadi lebih sederhana dan casual. Para remaja Jepang mulai berani berkreasi dengan model-model rambut yang lebih kreatif dan inovatif, serta lebih mudah untuk dipraktikkan sehari-hari.

Gaya rambut poni yang dipotong lurus atau jagged cut menjadi salah satu model rambut favorit di Jepang. Model rambut ini terlihat sangat simpel dan bisa dipadukan dengan hampir semua outfit. Bagi kamu yang ingin tampil berbeda dengan rambut yang simpel, kamu bisa memilih gaya rambut bob pendek atau gaya rambut medium-layer. Pilihan model rambut ini terlihat simpel namun tetap memberikan kesan modis.

Nah, begitulah sedikit cerita tentang sejarah gaya rambut Jepang dan tren rambut yang sedang populer saat ini. Bagi kamu yang ingin mencoba model rambut Jepang, kamu bisa mengunjungi salon-salon rambut yang menyediakan jasa tata rambut ala Jepang. Selain itu, kamu bisa juga browsing di internet untuk menemukan banyak inspirasi gaya rambut Jepang mumpuni yang bisa kamu coba sendiri. Selamat mencari inspirasi!

Rambut Panjang vs Pendek di Jepang


Rambut panjang vs pendek di Jepang

Di Jepang, rambut dapat dilihat sebagai pilihan gaya hidup, juga sebagai sebuah bentuk identitas sosial dan budaya. Oleh karena itu, sangat umum untuk menemukan orang yang memilih rambut panjang atau pendek di Jepang.

Rambut panjang biasanya dianggap sebagai simbol femininitas dan kelembutan di Jepang. Namun, seiring perubahan zaman, rambut panjang perlahan-lahan mulai ditinggalkan sebagian wanita yang lebih memilih rambut pendek yang lebih praktis dan mudah diatur.

Di sisi lain, rambut pendek sangat populer di kalangan pria Jepang. Ini biasanya dikaitkan dengan tampilan yang profesional dan sopan. Banyak pria Jepang memilih rambut pendek karena lebih mudah dipertahankan dan sering kali menunjukkan kemandirian dan keberanian.

Namun, pada akhirnya, pilihan antara rambut panjang dan pendek di Jepang sangat bergantung pada individu yang memakainya. Beberapa orang mungkin memilih rambut panjang karena menganggapnya sebagai gaya hidup yang unik dan orang lain lebih memilih rambut pendek karena praktis dan ramah-suara.

Kita tidak bisa membahas rambut panjang tanpa menyinggung budaya wanita Jepang yang dikenal sebagai Nihongami, yaitu variasi gaya rambut panjang tradisional yang biasanya dipakai oleh wanita Jepang untuk acara resmi dan formal. Gaya rambut panjang tersebut melibatkan banyak teknik styling dan penggunaan aksesori, seperti jepit rambut dan pita, untuk membentuk rambut menjadi sebuah karya seni yang indah dan elegan.

Sementara itu, rambut pendek di Jepang juga dapat dimanfaatkan menjadi sebuah karya seni. Gaya rambut pendek Jepang dikenal dengan nama Kawaii Style. Gaya rambut ini biasanya menjunjung tinggi mata, hidung dan perhatian pada aksen lucu pada rambut, sehingga sangat cocok untuk wanita dengan kepribadian optimis dan ceria.

Banyak gaya rambut pendek yang dapat dipilih, mulai dari keriting hingga lurus, tumpuk hingga bob sederhana. Gaya rambut pendek Jepang punya keunikan tersendiri. Kebanyakan model rambut pendek Jepang menggunakan pewarnaan rambut dengan warna-warna cerah, seperti merah, kuning, dan hijau. Gaya rambut pendek Jepang membawa nuansa kawaii atau imut, dan diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin tampil berbeda.

Dalam sebuah negara yang memperlihatkan keanekaragamannya yang hebat, selalu ada tempat bagi semua jenis gaya. Pilihan rambut panjang atau pendek di Jepang hanyalah salah satu contoh dari bagaimana orang bisa mengekspresikan diri mereka melalui penampilan yang mereka pilih.

Tren Rambut Populer di Jepang Saat Ini


rambut jepang

Orang Jepang dikenal dengan kreativitasnya dalam berpenampilan, termasuk dalam hal gaya rambut. Setiap tahunnya, tren rambut di Jepang selalu mengalami perubahan. Beberapa di antaranya menjadi populer dan menyebar ke seluruh dunia. Berikut adalah tren rambut populer di Jepang saat ini.

Shaggy Lob


shaggy lob hair

Shaggy Lob adalah gaya rambut lob (long bob) yang sangat populer di Jepang. Kuncinya adalah membuat rambut terlihat tidak beraturan dan acak-acakan. Gaya ini cocok bagi mereka yang ingin tampil santai tetapi tetap terlihat modis. Warna rambut yang paling sering digunakan adalah cokelat dan pirang dengan beberapa highlight tipis. Untuk mempertahankan tampilan acak-acakan, kamu hanya perlu menggemaskan rambut kamu dengan jari-jarimu.

Short Bob with Bangs


short bob with bangs japanese

Short Bob with Bangs merupakan tren rambut pendek yang terinspirasi dari gaya rambut bob klasik. Tren ini memadukan rambut pendek dengan poni atau layer yang mewarnai bagian depan rambut. Tren ini cocok untukmu yang ingin tampil cute atau kawaii. Penting untuk diingat bahwa poni kamu harus sering dipangkas supaya tidak tumbuh terlalu panjang dan terlihat tidak rapi. Warna yang cocok dipakai untuk tren ini adalah warna pirang cokelat atau warna hitam.

Natural Curls


natural curls japanese hair

Sejak beberapa tahun terakhir, tren rambut alami semakin populer di Jepang. Salah satunya adalah gaya rambut Natural Curls. Gaya ini memanfaatkan tekstur rambut kamu sendiri untuk memberikan efek curly yang alami dan cantik. Kamu hanya perlu memakai produk penata rambut yang ramah lingkungan seperti hair cream atau hair oil untuk membuat rambut lebih bersinar. Kamu juga bisa memberikan beberapa tekanan pada helai rambut menggunakan jari agar rambutmu terlihat lebih bervolume.

Extra Long Hair


extra long hair japanese

Ingin tampil beda? Coba tren Extra Long Hair yang sedang populer di Jepang. Gaya rambut ini mempertahankan rambutmu tetap panjang dan terlihat sehat. Namun, kamu perlu memperhatikan perawatan rambut untuk mempertahankan tekstur rambut yang benar-benar sehat. Ada beberapa teknik perawatan rambut yang bisa kamu coba, misalnya memakai obat penghalus rambut, meluruskan rambut secara permanen, atau menggunakan teknik pelurusan rambut tanpa panas. Warna rambut yang cocok untuk tren ini adalah cokelat dan pirang tua.

Bowl Cut


bowl cut japanese

Bowl Cut adalah tren rambut yang terinspirasi dari gaya rambut anak-anak zaman dahulu. Gaya ini mencuat lagi karena gaya fashion unisex yang sedang populer. Gaya ini cocok bagi kamu yang ingin tampil praktis dan mudah dalam menata rambut. Potongan rambut ini empat perempat, dengan layer yang di bawahnya lebih pendek. Biasanya, warna rambut yang cocok adalah warna-hitam atau pirang.

Curtain Bangs


curtain bangs japanese

Curtain Bangs atau Poni Tirai adalah tren rambut yang terkenal di era 70-an. Tren ini kembali ke permukaan karena dapat menyeimbangkan bentuk wajah lebih baik dan membuat penampilan kamu lebih feminin. Kamu hanya perlu memotong rambut pada bagian depan kepala dan gunakan hair iron agar rambut terlihat lebih smooth. Warna rambut yang cocok untuk tren ini adalah warna pirang cokelat dan cokelat muda.

Conclusion

Nah, itu dia beberapa tren rambut populer di Jepang saat ini. Untuk kamu yang ingin mencoba gaya rambut baru, kamu bisa pilih tren mana yang paling cocok dengan kepribadianmu. Selain itu, pastikan kamu menggunakan produk yang aman dan cocok untuk jenis rambut kamu serta perhatikan perawatan rambutmu sehingga kamu dapat tampil modis dan sehat setiap hari.

Bagaimana perawatan rambut di Jepang?


perawatan rambut jepang

Perawatan rambut di Jepang merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Orang Jepang sangat menjaga kesehatan rambut mereka dan sangat memperhatikan penampilan mereka. Biasanya untuk merawat rambut, orang Jepang menggunakan produk-produk berkualitas tinggi dan treatment terbaik yang dirawat oleh ahli terkemuka di salon-salon rambut. Berikut ini adalah beberapa tips perawatan rambut ala orang Jepang:

1. Rajin Memotong Rambut
Orang Jepang sangat rajin memotong rambut mereka setiap enam minggu sekali. Mereka percaya bahwa kebiasaan ini membantu mempertahankan kesehatan rambut dan membuat rambut lebih mudah diatur.

2. Gunakan Produk Berkualitas Tinggi
Produk perawatan rambut yang digunakan orang Jepang amatlah berkualitas tinggi. Mereka biasanya menggunakan produk-produk dari merek terkemuka yang terbuat dari bahan-bahan alami. Mereka juga menggunakan shampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut mereka.

3. Rutin Menggunakan Masker Rambut
Masker rambut adalah salah satu produk perawatan rambut yang paling disukai oleh orang Jepang. Mereka menggunakan masker rambut secara rutin untuk melembabkan rambut mereka, memperbaiki kerusakan rambut, dan membuat rambut lebih lembut dan halus.

4. Menghindari Alat Gaya Rambut yang Berlebihan
Orang Jepang sangat berhati-hati dalam menggunakan alat pengering rambut dan alat pengatur rambut berteknologi tinggi. Mereka menggunakannya dengan bijak dan tidak berlebihan, sehingga penggunaan alat tersebut tidak merusak rambut mereka. Mereka juga menggunakan pelindung panas untuk mengurangi kerusakan pada rambut.

5. Makan Makanan Sehat
Orang Jepang percaya bahwa makanan yang sehat dapat membantu merawat rambut mereka. Mereka mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dan vitamin, seperti ikan, sayuran hijau, dan buah-buahan. Selain itu, mereka juga minum air putih yang cukup dan menjauhi minuman beralkohol dan merokok.

6. Treatment di Salon
Orang Jepang sangat sering melakukan treatment di salon-salon rambut terkemuka. Mereka pergi ke salon untuk melakukan perawatan rambut seperti smoothing, perawatan rambut kering, dan color dan terapi secara teratur sesuai kebutuhan dan jenis rambut mereka.

Itulah beberapa tips perawatan rambut ala orang Jepang. Melalui perawatan yang baik dan teratur, rambut kamu akan selalu sehat, lembut, dan berkilau seperti rambut orang Jepang. Yuk mulai terapkan tips perawatan rambut ini agar rambut kamu selalu sehat, lembut, dan indah.

Mengapa beberapa perempuan Jepang memilih untuk memotong rambut mereka setelah menikah?


wanita jepang memotong rambut setelah menikah

Ada tradisi kuno di Jepang yang disebut sebagai tonsure shinto, yaitu tradisi pemotongan rambut panjang pada saat pernikahan. Oleh sebab itu, pemotongan rambut setelah menikah sudah menjadi budaya lama yang masih dilestarikan oleh beberapa perempuan Jepang hingga saat ini. Namun, meskipun tradisi ini sudah tidak sepopuler dulu, banyak juga orang yang memilih untuk memotong rambut pasca menikah dengan tujuan tertentu. Berikut adalah beberapa alasan mengapa beberapa perempuan Jepang memilih untuk memotong rambut mereka setelah menikah.

Menjaga penampilan agar tetap segar


wanita jepang memotong rambut setelah menikah

Merupakan suatu hal yang lazim bagi kebanyakan perempuan untuk merasa ingin terlihat segar dan cantik, terutama pada hari bahagia seperti hari pernikahan. Begitu pula dengan perempuan Jepang, memotong rambut setelah menikah sering dilakukan untuk menjaga penampilan agar tetap segar dan terlihat mempesona.

Tidak hanya itu, pemotongan rambut juga menjadi tanda awal dari perubahan besar dalam hidup perempuan tersebut, membuka lembaran baru bersama pasangannya. Oleh sebab itu, memori tentang potongan rambut pasca pernikahan sangatlah spesial bagi sebagian perempuan, dan sering terlihat dipamerkan bersama dengan foto pernikahan.

Menunjukkan kesiapan untuk menjadi seorang istri


wanita jepang memotong rambut setelah menikah

Beberapa perempuan percaya bahwa memotong rambut setelah menikah menunjukkan kesiapan mereka untuk menjadi seorang istri. Pemotongan secara simbolis diartikan sebagai perpisahan dengan masa lajang dalam hidup, dan sebuah tanda bahwa seorang perempuan siap untuk membangun keluarga sebagai seorang istri yang rajin dan patuh.

Hal ini seringkali sebagai bagian dari upacara memasuki kehidupan pernikahan dan menjunjung tinggi komitmen serta kesetiaan dalam pernikahan. Oleh sebab itu, tidak jarang pemotongan rambut pasca menikah berlaku pada saat upacara pernikahan, sebagai tanda komitmen dalam kehidupan rumah tangga yang baru.

Bentuk rambut yang praktis dan mudah diatur


wanita jepang memotong rambut setelah menikah

Beberapa perempuan memotong rambutnya setelah menikah karena ingin memiliki rambut yang lebih praktis dan mudah diatur, terutama saat mengurus anak dan melakukan pekerjaan rumah tangga sehari-hari. Biasanya, mereka memilih rambut yang lebih pendek dan mudah diatur agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Menunjukkan ketaatan terhadap mitra hidup


wanita jepang memotong rambut setelah menikah

Memotong rambut pasca menikah juga merupakan tanda ketaatan seorang istri terhadap pasangannya. Beberapa perempuan percaya bahwa ketika mereka menikah, berarti memulai kehidupan baru yang harus dijalani dengan pasangan di dalamnya. Oleh sebab itu, pemotongan rambut sebagai tanda ketaatan diartikan sebagai bentuk cinta dan rasa hormat terhadap pasangan hidup.

Bahkan, ketika pasangan menginginkan perubahan pada tubuh istri, seperti melakukan perubahan gaya rambut, perempuan Jepang setuju karena mereka percaya bahwa keinginan suami harus dihormati dan dilaksanakan. Meskipun demikian, pemotongan rambut juga menjadi simbol tegasnya batas atau garda dalam pernikahan yang harus dijaga, karena memutuskan rambut memerlukan pertimbangan yang hati-hati.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa beberapa perempuan Jepang memilih untuk memotong rambut mereka setelah menikah. Apapun alasan dan tradisi pemotongan rambut setelah menikah tersebut tentunya memiliki makna yang dalam bagi masyarakat Jepang, sering ditemani dengan ritual dan upacara bagi pasangan yang baru saja menikah. Selain itu, tradisi ini juga menjadi bagian dari warisan budaya yang masih dijaga dan dilestarikan hingga saat ini.

Iklan