Sejarah dan Arti Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Jepang


Bahasa Jepangnya Selamat Ulang Tahun Dalam Bahasa Jepang Artinya

Setiap negara memiliki cara tersendiri untuk merayakan hari lahir atau dalam bahasa Indonesia disebut ulang tahun. Sama halnya dengan Indonesia yang memiliki ucapan selamat ulang tahun, Jepang pun punya cara sendiri dalam memberi ucapan itu. Bahasa Jepangnya Selamat Ulang Tahun adalah tanjoubi omedetou gozaimasu atau bisa juga ditulis dengan 段際大変お誕生日おめでとうございます. Apa arti dari ucapan tersebut?

Sejarahnya, bahasa Jepangnya Selamat Ulang Tahun sendiri diambil dari kata-kata Cina yang masuk ke Negeri Matahari Terbit itu pada abad ke-7. Pada masa itu, bahasa Cina dianggap sebagai bahasa ilmiah dan dijadikan bahasa baku dalam berbagai hal, termasuk merayakan ulang tahun. Hal ini tercermin dalam Chinese Classic Book yang dinilai memiliki pengaruh besar terhadap bahasa Jepang. Saat para pendeta Buddha dari China dan Korea datang ke Jepang, mereka membawa pengetahuan tentang memperingati hari kelahiran, perlunya ucapan selamat ulang tahun dan bahasa yang tepat untuk diucapkan.

Oleh karena itu, tidak heran jika ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jepang terkesan kaku dan formal, seiring dengan pengaruh bahasa Sino-Jepang yang makin kuat. Selain itu, di Jepang sendiri tradisi merayakan ulang tahun baru populer setelah Perang Dunia II, ketika budaya Barat mulai masuk ke dalam masyarakat Jepang.

Namun, menyadari bahwa ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jepang yang panjang kadang sulit dirangkai, akhirnya lebih banyak digunakan bahasa Jepangnya Selamat Ulang Tahun pendek yang disingkat menjadi otanjoubi omedetou saja. Ukuran kata yang lebih pendek membuat ucapan ini lebih mudah diucapkan dan diingat.

Adapun arti dari ucapan bahasa Jepangnya Selamat Ulang Tahun sendiri adalah selamat ulang tahun atau congratulation for your birthday. Dalam budaya Jepang sendiri, ucapan ini terkesan formal dan sopan, dan lebih sering digunakan dalam situasi resmi seperti saat berbicara dengan klien atau rekan kerja. Namun, ketika berbicara dengan teman atau keluarga, orang Jepang lebih sering memakai ungkapan yang lebih akrab seperti tanjoubi omedetou atau otanjoubi omedetou gozaimasu.

Kosakata yang Digunakan dalam Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Jepang


selamat ulang tahun in Japanese

Bahasa Jepang adalah bahasa yang indah dan unik. Dalam bahasa Jepang, banyak ucapan yang digunakan untuk memberikan selamat atas suatu peristiwa, salah satunya adalah selamat ulang tahun. Jika kamu ingin memberikan ucapan selamat ulang tahun pada teman atau kerabatmu yang sedang belajar bahasa Jepang, simak dulu kosakata yang digunakan dalam ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jepang berikut ini!

1. Otanjoubi Omedetou: Kata ini adalah ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jepang yang paling populer. Kata ini berarti “Selamat Ulang Tahun” dalam Bahasa Indonesia. Kata ini bisa kamu ucapkan dengan suara rendah atau dalam nada tinggi dan ceria saat memberikan ucapan selamat ulang tahun.

2. Saisho Ni Shiawase Na Kinenbi O: Kata ini memiliki arti “Selamat memperingati hari ulang tahun yang penuh kebahagiaan untuk pertama kalinya”. Kata-kata ini sering digunakan ketika seseorang merayakan ulang tahunnya untuk pertama kalinya, seperti bayi yang baru saja lahir atau ketika seseorang merayakan ulang tahunnya pada usia 1 tahun.

3. Toushin Doitsu Ni Nyougou Wo Ojirarenai You Ni: Kata-kata ini memiliki arti “Semoga kamu selalu sehat dan senang tinggal di Jerman”. Toushin adalah singkatan dari kata “Toukyou Shinbun” yang berarti koran Tokyo. Kata ini sering digunakan sebagai ucapan selamat ulang tahun untuk seseorang yang baru saja pindah ke Jerman atau yang sedang belajar di Jerman.

4. Kono Isshou Mo Issho Ni: Kata-kata ini biasanya diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai “Sekali hidup, hiduplah bersama-sama selamanya”. Kata ini digunakan untuk menyatakan keinginan agar hubungan persahabatan atau hubungan romantis dapat bertahan sepanjang hidup.

5. Okagesama De Otanjoubi Kokkuri: Kata-kata ini memiliki arti “Semoga kamu memiliki hari ulang tahun yang indah berkat bantuan orang lain”. Kata “Okagesama” mengacu pada orang-orang yang telah membantu atau memberikan dukungan pada seseorang, dan memberikan rasa terima kasih pada saat seseorang merayakan ulang tahunnya.

6. Kyou Wa Anata No Tanjoubi Desu: Kata-kata ini bisa kamu artikan menjadi “Hari ini adalah hari ulang tahunmu”. Frasa ini merupakan bentuk pengenalan ketika kamu menyadari bahwa hari ini adalah hari ulang tahun seseorang. Ungkapan ini begitu sederhana tetapi sangat efektif dalam mengucapkan selamat ulang tahun.

7. Omedetou Gozaimasu: Kata-kata ini biasanya diterjemahkan menjadi “Selamat” dalam bahasa Indonesia. Frasa ini bisa digunakan ketika kamu ingin memberikan selamat atas berbagai macam acara, termasuk ketika kamu memberikan selamat atas ulang tahun seseorang.

8. Issho Ni: Kata-kata ini memiliki arti “Bersama-sama”. Ungkapan ini bisa kamu gunakan untuk mengekspresikan rasa syukur atas persahabatan atau hubungan romantis yang telah terjalin selama ini dan mengharapkan agar hubungan tersebut selalu bertahan.

9. Anata Wa Watashi Ni Totte Taisetsu Desu: Kata-kata ini berarti “Kamu selalu penting bagiku”. Ungkapan ini merupakan bentuk ucapan terima kasih atas kehadiran seseorang dalam kehidupan kita.

10. Otanjoubi Ni Sashite Okunasinatte Omedetou: Kata ini digunakan untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada seseorang yang bertambah usianya. Kata-kata ini berarti “Selamat atas bertambah satu usiamu”. Kata-kata ini bisa diucapkan dengan nada yang ceria dan memberikan semangat baru bagi seseorang yang merayakan ulang tahunnya.

Kosakata di atas bisa kamu gunakan untuk memberikan selamat ulang tahun dalam bahasa Jepang. Berikan ucapan selamat yang terbaik untuk teman atau kerabatmu yang merayakan ulang tahun dalam bahasa Jepang, yuk!

Cara Menyampaikan Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Budaya Jepang


ucapan selamat ulang tahun jepang

Ucapan selamat ulang tahun merupakan hal yang tidak dapat terpisahkan dari perayaan hari kelahiran seseorang. Di Jepang, budaya memberikan ucapan selamat ulang tahun memiliki beberapa tradisi tersendiri yang harus diperhatikan. Sebelum memberikan ucapan selamat ulang tahun, penting bagi kita untuk memahami tradisi dan budaya yang ada.

Berikut ini adalah cara menyampaikan ucapan selamat ulang tahun dalam budaya Jepang:

1. Ucapan Tepat Waktu

ucapan selamat ulang tahun tepat waktu

Di Jepang, memberikan ucapan selamat ulang tahun tepat waktu sangatlah penting. Tepat waktu di sini artinya memberikan ucapan selamat ulang tahun pada hari ulang tahun orang tersebut. Jangan sampai terlambat memberikan ucapan karena bisa dianggap tidak menghargai perasaan orang yang berulang tahun. Selain memberikan ucapan pada hari ulang tahun, kita juga bisa memberikan hadiah sebagai tanda penghormatan kita.

2. Bentuk Ucapan yang Tepat

bentuk ucapan selamat ulang tahun jepang

Di Jepang, bentuk ucapan selamat ulang tahun haruslah tepat, tidak terlalu formal atau informal. Orang Jepang cenderung menghindari gaya bahasa yang terlalu ramah atau bahasa yang terlalu sopan. Oleh karena itu, kita perlu memilih kata-kata yang sopan dan cocok agar suasana perayaan ulang tahun tetap meriah dan ceria. Kata-kata yang digunakan untuk memberikan ucapan bisa berbeda-beda tergantung pada hubungan Anda dengan orang yang berulang tahun. Misalnya, untuk teman sebaya bisa menggunakan ucapan yang bersifat informal, namun untuk bos atau orang yang lebih tua sebaiknya menggunakan ucapan yang lebih formal.

3. Bentuk Kado yang Diberikan

bentuk kado ulang tahun jepang

Selain memberikan ucapan, memberikan hadiah juga merupakan bagian dari budaya perayaan ulang tahun di Jepang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan hadiah di Jepang, misalnya warna kemasan hadiah dan isi hadiah yang diberikan. Seringkali, hadiah tersebut dikemas dalam kotak berwarna merah atau putih, dan kertas kado yang digunakan untuk membungkus hadiah juga berwarna merah atau putih. Hal ini dilakukan karena merah dan putih dianggap sebagai warna yang paling beruntung dalam budaya Jepang. Selain itu, berikan hadiah yang sesuai dengan selera orang yang berulang tahun. Jangan sampai hadiah yang diberikan membuat orang tersebut tidak nyaman atau canggung.

Dalam budaya Jepang, memberikan ucapan dan hadiah merupakan tanda penghormatan dan kasih sayang kita pada orang yang berulang tahun. Oleh karena itu, sebelum memberikan ucapan dan hadiah, pertimbangkanlah tradisi dan budaya yang ada di Jepang agar perayaan ulang tahun menjadi lebih berkesan.

Lagu Ulang Tahun dalam Bahasa Jepang yang Populer


Lagu Ulang Tahun dalam Bahasa Jepang yang Populer

Merayakan ulang tahun adalah momen yang sangat penting dan spesial. Baik itu untuk diri sendiri maupun untuk orang yang kita sayangi. Saat merayakan ulang tahun, biasanya jangan lupa untuk menyanyikan lagu ulang tahun. Sebagai penggemar budaya Jepang, tentu saja kita bisa merayakan ulang tahun dengan cara yang berbeda! Salah satunya adalah dengan menyanyikan lagu ulang tahun dalam bahasa Jepang.

Lagu ulang tahun dalam bahasa Jepang tentunya berbeda dengan lagu ulang tahun pada umumnya. Lagu ulang tahun dalam bahasa Jepang terdengar lebih merdu dan terkesan penuh semangat. Tidak hanya itu, lagu ulang tahun dalam bahasa Jepang dikemas dengan lirik yang unik dan berbeda dari lagu ulang tahun pada umumnya. Beberapa lagu ini pun sempat menjadi hits di Jepang. Berikut adalah beberapa lagu ulang tahun dalam bahasa Jepang yang populer:

1. Happy Birthday by Kyu Sakamoto

Happy Birthday by Kyu Sakamoto

Lagu ini dinyanyikan oleh Kyu Sakamoto dalam bahasa Jepang. Walaupun sudah lebih dari 30 tahun sejak dirilis pertama kali, namun lagu ini masih sangat populer di Jepang hingga saat ini. Lagu ini memiliki lirik yang sederhana dan mudah diingat, serta irama yang merdu dan ceria. Cocok sekali untuk meriahkan acara ulang tahun kita.

2. Otanjoubi Omedetou Gozaimasu by Angela Aki

Otanjoubi Omedetou Gozaimasu by Angela Aki

Lagu ini dinyanyikan oleh Angela Aki dan memiliki lirik yang sangat menggambarkan rasa syukur pada momen ulang tahun kita. “Otanjoubi” atau “otanjoubi omedetou” berarti selamat ulang tahun dalam bahasa Jepang, sementara “gozaimasu” menunjukkan penghormatan dan kesopanan. Dengan melantunkan lagu ini, kita bisa merayakan ulang tahun dengan suasana yang meriah dan positif.

3. Ame no Orchestra by Hello Sleepwalkers

Ame no Orchestra by Hello Sleepwalkers

Lagu ini memiliki lirik yang ceria dan energik, cocok untuk merayakan momen ulang tahun dengan semangat dan keceriaan. Selain itu, lirik tersebut mengandung makna bahwa hujan dan angin pun tidak bisa menghentikan semangat dalam merayakan ulang tahun.

4. Watashi wa Anata no Koto ga Suki Desu by Miwa Yoshida

Watashi wa Anata no Koto ga Suki Desu by Miwa Yoshida

Lagu ini dinyanyikan oleh Miwa Yoshida dan menggambarkan perasaan cinta dan sayang pada seseorang yang kita cintai. Lagu ini cocok untuk menyatakan perasaan dengan cara yang unik dan berbeda pada momen ulang tahun kita.

Semua lagu dalam bahasa Jepang yang di atas memiliki lirik yang unik dan ceria, serta irama yang merdu dan penuh semangat. Memilih salah satu lagu tersebut untuk menyambut moment ulang tahun pastinya akan membuat moment tersebut menjadi lebih meriah dan berkesan. Sehingga, ulang tahun dapat meriahkan dan bahagia bersama orang-orang yang kita cintai.

Perayaan Ulang Tahun yang Unik di Jepang dan Tradisi yang Berbeda dari Indonesia


perayaan ulang tahun jepang

Perayaan ulang tahun sangat beragam di seluruh dunia, dari yang sederhana hingga meriah. Dan di Jepang, perayaan ulang tahun memiliki tradisi yang unik dan berbeda dengan Indonesia. Berikut adalah beberapa tradisi yang biasa dilakukan saat ulang tahun di Jepang dan apa yang berbeda dari Indonesia:

1. Kue Ulang Tahun Jepang (Okinawan Donuts)


kue ulang tahun jepang

Kue kecil bernama Okinawan Donuts adalah kue ulang tahun yang populer di Jepang. Kue ini terbuat dari tepung, gula, telur, susu, dan minyak sayur, dengan teknik penggorengan yang khusus. Selain rasa yang lezat, kue ini memiliki bentuk yang imut dan cantik sehingga cocok disajikan di acara ulang tahun. Kue ulang tahun di Indonesia biasanya disajikan dalam bentuk kue tart atau bolu dengan hiasan yang meriah seperti bunga-bunga dan tulisan ucapan.

2. Kado Ulang Tahun


kado ulang tahun jepang

Memberikan kado saat ulang tahun adalah tradisi umum yang dilakukan di seluruh dunia. Namun, tradisi memberikan kado ulang tahun di Jepang sedikit berbeda dengan di Indonesia. Di Jepang, orang yang berulang tahun lah yang memberikan kado kepada orang lain sebagai ungkapan terima kasih karena telah mendukung dan membantu selama satu tahun terakhir. Sedangkan di Indonesia, tradisi memberikan kado biasanya dilakukan oleh teman atau keluarga untuk merayakan hari spesial seseorang.

3. Shodo (Seni Kaligrafi)


shodo jepang

Shodo atau seni kaligrafi Jepang, adalah seni menulis menggunakan kuas dan tinta warna hitam pada kertas tipis. Shodo sering dikaitkan dengan budaya dan tradisi Jepang karena memiliki nilai estetika yang tinggi dan kerap digunakan sebagai hiasan atau pemandangan dalam acara keagamaan, festival dan lain-lain. Oleh karena itu, di Jepang, shodo sering dijadikan sebagai hadiah ulang tahun oleh salah satu keluarga atau teman dekat.

4. Tradisi Mie Ulang Tahun


mie ulang tahun jepang

Salah satu tradisi unik dari Jepang saat merayakan ulang tahun yaitu dengan menyantap mie pada saat acara ulang tahun. Walaupun ada berbagai jenis mie, mie yang paling banyak dikonsumsi saat perayaan ulang tahun di Jepang adalah soba, somen, dan udon. Sedangkan di Indonesia, hidangan yang biasa disediakan pada acara ulang tahun adalah nasi kuning atau nasi tumpeng dengan lauk pendamping seperti ayam goreng, sate, atau sayur lodeh.

5. Zatouichi, Film Klasik Ulang Tahun


zatouichi

Di Jepang, menonton film klasik selama perayaan ulang tahun merupakan tradisi yang cukup populer dilakukan. Salah satu film klasik yang sering ditonton adalah Zatouichi, film samurai yang sangat terkenal sejak tahun 1960. Film ini menceritakan kisah seorang samurai buta yang memiliki kemampuan pedang yang sangat diakui. Sedangkan di Indonesia, menonton film tidak terlalu sering dijadikan tradisi saat ulang tahun. Beberapa keluarga Indonesia mungkin memilih menonton film biasa untuk merayakan ulang tahun seseorang atau memilih menonton film sesuai dengan kegemaran yang bersangkutan.

Itulah beberapa tradisi unik dan berbeda saat merayakan ulang tahun di Jepang dan Indonesia. Kebaikan dan kebersamaan yang menjadi inti perayaan ulang tahun tetap sama di kedua negara ini, hanya saja terdapat perbedaan kebiasaan dan lingkungan yang mempengaruhi bentuk perayaannya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca yang ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang tradisi perayaan ulang tahun di Jepang dan Indonesia.

Iklan