Pengenalan Kosakata Bahasa Jepang Sehari-Hari


Kosakata Bahasa Jepang Sehari-Hari

Kosakata bahasa Jepang menjadi sangat populer di Indonesia. Saat ini, banyak sekolah dan kegiatan di Indonesia yang memasukkan bahasa Jepang sebagai pelajaran atau hobi bagi para pelajar atau masyarakat. Di samping itu, Jepang juga menjadi tujuan wisata favorit bagi masyarakat Indonesia. Belajar kosakata bahasa Jepang sehari-hari akan sangat membantu Anda untuk dapat berkomunikasi dengan baik dengan penduduk lokal di Jepang atau orang Jepang di Indonesia.

Bahasa Jepang terdiri dari dua jenis karakter, yaitu hiragana dan katakana, serta karakter jenis kanji yang diadaptasi dari bahasa Tionghoa. Dalam mengetahui kosakata bahasa Jepang sehari-hari, Anda perlu belajar pada jenis karakter hiragana dan katakana, yang merupakan karakter asli bahasa Jepang. Berikut adalah beberapa kosakata bahasa Jepang sehari-hari yang dapat memperkaya pengetahuan Anda:

  • Konnichiwa (こんにちは) – Halo / Selamat siang
  • Arigatou (ありがとう) – Terima kasih
  • Oyasumi nasai (おやすみなさい) – Selamat malam / Selamat tidur
  • Ohayou gozaimasu (おはようございます) – Selamat pagi
  • Moshi-moshi (もしもし) – Halo (digunakan saat menelepon)
  • Eigo (英語) – Bahasa Inggris
  • Kudasai (ください) – Tolong / Silakan
  • Gomen nasai (ごめんなさい) – Maaf
  • Sayonara (さようなら) – Sampai jumpa
  • Anata (あなた) – Kamu / Anda (hormat)
  • Watashi/Watakushi (私) – Saya

Saat berkomunikasi menggunakan bahasa Jepang, Anda juga harus mengenal beberapa kosakata yang umum digunakan dalam percakapan. Berikut adalah kosakata bahasa Jepang sehari-hari yang mungkin bisa digunakan dalam percakapan:

  • Sumimasen (すみません) – Permisi / Maaf
  • Chotto matte kudasai (ちょっとまってください) – Mohon tunggu sebentar
  • Daijoubu desu ka? (大丈夫ですか?) – Apakah kamu baik-baik saja?
  • Mou ichido ittekudasai (もう一度言ってください) – Tolong ulangi sekali lagi
  • Onegai shimasu (お願いします) – Tolong
  • Wakarimasen (わかりません) – Tidak mengerti
  • Hai (はい) – Ya
  • Iie (いいえ) – Tidak
  • Oki ni iri no mono wa arimasu ka? (お気に入りのものはありますか?) – Apakah ada barang favorit kamu?
  • Ano.. (あの。。) – Hmm.. (digunakan saat berpikir atau ragu-ragu)

Bahasa Jepang juga memiliki beberapa ungkapan atau idiom yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Ungkapan tersebut sering diinterupsi atau diselingi oleh kata-kata yang memiliki makna mendalam dan filosofis. Berikut adalah beberapa ungkapan atau idiom bahasa Jepang:

  • Mata ashita (また明日) – Sampai besok (dalam arti menunda permasalahan yang harusnya diputuskan hari ini)
  • Ashita wa ashita no kaze ga fuku (明日は明日の風が吹く) – Besok tak ada yang tahu (dalam arti tidak perlu terlalu memikirkan masa depan)
  • Asakusa-no bashi de meguri-au (浅草の橋でめぐり逢う) – Mencari pasangan hidup yang sesuai (dalam arti pernikahan dianggap sebagai pengiriman untuk saling mencari)
  • Yoroshiku onegaishimasu (よろしくお願いします) – Hormat saya / Jangan bersedih hati (digunakan ketika meminta bantuan atau pertolongan)
  • Chiri mo tsumoreba yama to naru (ちりも積もれば山となる) – Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit (dalam arti pelajaran kecil yang dipejari secara terus-menerus, lama-kelamaan akan menjadi keahlian besar)
  • Shizen-no-so-no youni (自然の草のように) – Seperti rumput liar (dalam arti gaya hidup seorang individu sangat alami dan lebih memilih bergerak sendiri tanpa bergabung dengan kelompok)

Jangan malu untuk sering berlatih kosakata bahasa Jepang sehari-hari di sekitar Anda. Jangan lupa untuk selalu menambahkan ungkapan hormat dalam setiap percakapan sehingga dapat menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan baru dalam belajar kosakata bahasa Jepang sehari-hari.

Kosakata dasar untuk menyapa orang di Jepang


Japanese greeting

Bahasa Jepang memiliki banyak kosakata yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam situasi yang melibatkan pertemuan dengan orang baru maupun orang yang sudah dikenal. Berikut ini adalah beberapa kosakata dasar yang dapat digunakan untuk menyapa orang di Jepang.

  • Kon’nichiwa (こんにちは) – Halo, selamat siang. Kata ini biasanya dipakai di antara pukul 11.00 pagi hingga sore hari.
  • Ohayou gozaimasu (おはようございます) – Selamat pagi. Kata ini biasanya dipakai di pagi hari hingga sekitar jam 10.00 pagi.
  • Konnbanwa (こんばんは) – Selamat malam. Kata ini biasanya dipakai setelah matahari terbenam.
  • Sayounara (さようなら) – Sampai jumpa lagi. Kata ini biasanya dipakai ketika ingin mengucapkan selamat tinggal untuk waktu yang lama.
  • Arigatou gozaimasu (ありがとうございます) – Terima kasih. Kata ini digunakan untuk mengucapkan terima kasih secara resmi.
  • Doumo arigatou gozaimasu (どうも ありがとうございます) – Terima kasih banyak. Kata ini digunakan untuk mengucapkan terima kasih secara lebih formal.
  • Gomen nasai (ごめんなさい) – Maaf. Kata ini digunakan untuk meminta maaf di situasi yang bersifat formal maupun informal.
  • Sumimasen (すみません) – Maaf, permisi, atau tolong. Kata ini digunakan dalam situasi yang lebih santai dibandingkan dengan gomen nasai.
  • Ogenki desu ka? (おげんきですか?) – Apa kabar? Kata ini digunakan untuk menanyakan kabar seseorang.
  • Hai, genki desu (はい、げんき です) – Ya, baik-baik saja. Jawaban ini dapat diberikan sebagai respons dari pertanyaan ogenki desu ka?.
  • Itadakimasu (いただきます) – Terima kasih (sebelum makan). Kata ini digunakan sebagai rasa syukur atas makanan yang akan dikonsumsi.
  • Gochisousama deshita (ごちそうさまでした) – Terima kasih (setelah makan). Kata ini digunakan sebagai rasa syukur atas makanan yang telah dikonsumsi.

Japanese people bowing

Pada umumnya, orang Jepang cenderung menghargai adab sopan santun seperti memberikan salam dan membungkukkan badan. Namun, tidak semua orang Jepang menyapa dengan cara yang sama. Hal tersebut tergantung pada situasi dan konteks yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kosakata dasar yang telah disebutkan di atas merupakan dasar-dasar dalam budaya sopan santun di Jepang.

Bagi para wisatawan ataupun pebisnis yang berkunjung ke Jepang, menguasai kosakata dasar di atas sangatlah penting. Setelah mempelajari kosakata dasar menyapa orang di Jepang, kita dapat memulai percakapan dengan bahasa yang sopan dan mendapatkan respon yang positif dari lawan bicara kita.

Kosakata untuk meminta dan memberikan informasi


informasi bahasa jepang

Jepang adalah negara dengan budaya yang unik dan menarik. Bagi Anda yang tertarik untuk mengenal lebih dalam tentang Jepang, Anda bisa memulainya dengan belajar bahasa Jepang. Ada beberapa kosakata dalam bahasa Jepang sehari-hari yang biasa digunakan untuk meminta dan memberikan informasi. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Apa?

Kata “apa” dalam bahasa Jepang adalah “nani”. Kata ini sangat sering digunakan dalam percakapan sehari-hari untuk meminta informasi. Misalnya, jika Anda tidak mengerti dengan apa yang rekan Anda katakan, Anda bisa bertanya “Nani?”

2. Siapa?

“Siapa” dalam bahasa Jepang adalah “dare”. Ketika Anda ingin menanyakan tentang identitas seseorang, Anda bisa menggunakan kata ini. Misalnya, jika Anda ingin menanyakan nama seseorang, anda bisa bertanya “Sono hito wa dare desu ka?” yang berarti “Siapa nama orang tersebut?”

3. Dimana?

dimana bahasa jepang

Kata “dimana” dalam bahasa Jepang adalah “doko”. Kata ini sering digunakan saat Anda ingin mengetahui lokasi atau tempat yang ingin Anda tuju. Misalnya, jika Anda ingin menanyakan arah ke suatu tempat, Anda bisa bertanya “Eki wa doko desu ka?” yang berarti “Dimana stasiunnya?”

Selain istilah-istilah di atas, masih banyak lagi kosakata dalam bahasa Jepang yang bisa digunakan untuk meminta dan memberikan informasi. Penting untuk diingat bahwa bahasa Jepang memiliki aturan tata bahasa yang cukup unik, sehingga Anda perlu lebih berhati-hati saat menggunakan kata-kata tersebut agar tidak salah dalam penggunaannya. Oleh karena itu, terus berlatih dan belajarlah bahasa Jepang agar lebih lancar dan mahir dalam membicarakan bahasa ini.

Kosakata untuk berbelanja di Jepang


berbelanja di jepang

Japan is known worldwide as a shopper’s paradise. From fashion to food, technology to stationery, Japan has it all. However, recognizing what you’re purchasing and communicating with the seller can be quite challenging, particularly if you don’t know the language. Here are beberapa kosakata bahasa jepang sehari hari for shopping in Japan that you should know before going there:

1. Arigatou gozaimasu (terima kasih) – This term is commonly used in daily conversation to express gratitude and show good manners. A thank you note should be used when purchasing something

2. Sumimasen (maafkan saya) – This term is used when you need to ask something or service from the shop assistant politely. When looking for a specific product, or if you want to ask if they have a particular item in stock, this term is used to get the shop assistants’ attention.

3. Iidesu ka? (Bisa saya membantu?) – Would you like some assistance or help? This is one of the most often used phrases when entering a store or asking the shop assistant for help or advice.

4. Kaishan (pengembalian barang) – If you want to return any items or exchange them for something else, you must tell the shop assistant “Kaishan” for pengembalian barang. If the item is damaged, you must say it as well.

5. Mise ni meguri masu (lihat-lihat toko) – If you wish to browse around the shop or window shop, this term can be used.

6. Ikura desu ka? (Berapa harganya?) – This is questioning for the price of an item. Use it politely if you don’t want to be misunderstood.

7. Kore wa nan desu ka? (Apa ini?) – If you’re looking for something particular, or if you haven’t seen an item before, use this sentence to enquire. It’s like asking “What’s this?” in Indonesian.

8. Kono masu wa ikura desu ka? (Berapa harganya untuk ikan ini?) – Japan is known for its fresh fish, so if you’re buying fish or seafood, for example, this phrase comes in handy.

9. Kesaippai (habis dijual pagi ini) – Always ask the shop assistant about the fresh arrival of produce or products. To make sure you get the best quality in your basket, this term comes in very handy.

10. Kaado wa tsukaemasu ka? (Bisa membayar dengan kartu kredit?) – Credit cards can be used in Japan, and many stores will accept them. This question is very useful to ask before deciding to make a purchase.

Now you have become more familiar with several kosakata bahasa jepang sehari hari that you can use when shopping in Japan. To be able to enjoy the shopping experience to the fullest, it is important to have an understanding of the language. Not only it will make communication easier for you, but it will also enhance your overall shopping experience.

Kosakata untuk memesan makanan dan minuman di Jepang


makanan dan minuman di jepang

Indonesia dan Jepang memang mempunyai perbedaan dalam hal bahasa dan budaya, namun ketika berbicara tentang makanan dan minuman, pasti banyak kesamaannya. Jepang dikenal dengan hidangan unik dan lezatnya yang menjadikannya sebagai negara kuliner terkenal di dunia. Inilah beberapa kosakata bahasa Jepang sehari-hari yang dapat membantumu saat memesan makanan dan minuman ketika kamu berada di Jepang.

1. O-mawari-san, menunya ada?

o-mawari-san, menunya ada?

Setelah melihat-lihat menu atau ketika kamu ingin memesan makanan, panggil pelayan dan gunakan kosakata ini. “O-mawari-san” artinya pelayan atau waiters/waitresses. Penggunaan beberapa istilah dalam bahasa Jepang juga sering menggunakan akhiran -san sebagai tanda hormat.

2. Osusume wa nanidesu ka?

osusume wa nanidesu ka?

Artinya, “Apa rekomendasinya?” Jangan ragu untuk menanyakan pelayan atau siapapun di restoran tempat kamu makan, untuk rekomendasi terbaik mereka.

3. Kore kudasai!

kore kudasai!

Artinya, “Silakan berikan ini.” Ketika kamu memesan di restoran di Jepang, kamu harus memberikan pesanan secara spesifik dalam bahasa Jepang dan tidak bisa berbicara dalam bahasa Inggris. Untuk memesan makanan atau minuman tertentu, gunakan “Kore kudasai!”

4. Onegaishimasu

onegaishimasu

Artinya, “Silakan.” Ketika memesan minuman, kamu bisa menggunakan kosakata ini untuk meminta air mineral biasa. Kamu bisa berkata, “Mizu onegai shimasu” yang artinya “Air tolong.”

5. Kakkoi! Oishi!

kakkoi oishi

Setelah memesan makanan atau minuman, coba ucapkan, “Kakkoi!” yang artinya keren. Hal ini biasa dilakukan ketika kamu merasa senang atau terkesan dengan makanan atau minuman yang kamu pesan. Selain itu, juga akan memberi kesan baik pada pelayan dan membuat mereka senang. Kamu juga bisa mengatakan, “Oishi!” yang berarti enak.

Ketika memesan makanan dan minuman di Jepang, pastikan kamu sudah mengetahui kosakata yang tepat supaya lebih mudah saat berkomunikasi dengan panggilan pelayan. Selamat mencoba!

Iklan