Sejarah Rambut Pendek di Jepang


Rambut Pendek Jepang

Rambut pendek di Jepang sudah menjadi budaya yang lekat dalam kehidupan sosial masyarakat. Di setiap festival atau acara, kita bisa melihat wanita dan remaja putri Jepang memakai gaya rambut pendek namun memiliki ciri khas yang berbeda dibandingkan dengan rambut pendek wanita di negara lain. Tapi tahukah Anda bagaimana sejarah rambut pendek dimulai di Jepang dan apa arti yang terkandung di balik rambut pendek yang banyak dikenal sebagai rambut “boyish” bagi wanita Jepang?

Rambut pendek mulai menyebar di Jepang pada periode Heian, sekitar tahun 794-1185 Masehi. Pada saat itu, wanita bangsawan Jepang dikenal dengan gaya rambut panjang mereka yang sangat indah dan melambangkan kecantikan. Namun, pada akhir periode Heian, beberapa wanita mulai mengikat rambut mereka dan membuat model rambut dengan panjang yang lebih pendek.

Selama periode Edo, sekitar tahun 1603-1868, rambut pendek menjadi lebih populer. Wanita mulai memotong pola rambut pendek dan membiarkan rambut depan lebih panjang, terinspirasi oleh pengambilan aspek dari gaya rambut pria. Gaya rambut ini kemudian dikenal sebagai “meidai”. Meidai adalah gaya rambut dalam gaya polos dengan rambut depan yang panjang dan runcing, dan rambut belakang yang dipotong pendek.

Saat Jepang modernisasi pada abad ke-19, rambut panjang mulai dianggap kurang praktis di antara kelompok wanita yang lebih aktif dalam dunia kerja. Pekerjaan industri memberikan pengaruh besar terhadap perubahan gaya rambut hingga banyak wanita memutuskan untuk mengganti model rambut mereka ke model yang lebih pendek agar lebih mudah dikelola.

Namun, hanya pada 1920-an, Meidai mulai dikenal sebagai gaya ikonik dari kecantikan wanita Jepang, dan menjadi salah satu gaya rambut yang paling populer. Meidai dianggap sebagai wujud dari kecantikan alami seorang wanita, sifat feminin yang mudah dikenali, dan kekuatan dari gaya rambut pria yang memberikan kenyamanan.

Ada satu periode di mana rambut panjang kembali menjadi tren di Jepang, yaitu selama tahun 1970-an. Namun, rambut pendek kembali menjadi tren di Jepang setelah tahun 1980-an dengan pengaruh dari selebriti Jepang seperti Hikari Yasuoka yang memopulerkan rambut pendek gaya impian wanita modern dari Jepang. Sejak saat itu, rambut pendek Meidai menjadi gaya rambut yang diminati oleh wanita muda di seluruh Jepang.

Arti dari rambut pendek Meidai pada masa sekarang adalah sebuah representasi dari modernisasi dan meningkatnya kekuatan perempuan modern yang mengubah definisi kecantikan tradisional di Jepang. Wanita Jepang lebih memilih rambut pendek karena menganggap gaya rambut ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk menemukan serta mengekspresikan identitas mereka yang kuat dan mandiri. Gaya rambut pendek Meidai menjadi bukti bahwa perempuan Jepang telah berada dalam posisi yang jauh lebih kuat dalam sosial dan budaya Jepang dalam kurun dua dasawarsa terakhir.

Gaya Rambut Pendek Jepang yang Lagi Trendy


Gaya Rambut Pendek Jepang yang Lagi Trendy

Gaya rambut pendek Jepang menjadi populer di seluruh dunia. Wanita di Indonesia juga tertarik dengan gaya rambut pendek yang khas Jepang ini. Apalagi, tren rambut pendek asal Jepang selalu berkembang dan menyertakan inovasi yang tidak pernah terduga sebelumnya.

Berikut adalah beberapa gaya rambut pendek Jepang yang lagi trendy di Indonesia:

Bob Pendek dengan Poni


Bob Pendek dengan Poni

Bob pendek dengan poni khas Jepang menjadi pilihan favorit bagi para wanita di Indonesia. Gaya rambut yang simpel dan mudah dipelihara ini cocok untuk wanita yang memiliki aktifitas yang padat. Poni yang menyentuh alis memberikan tampilan yang elegan dan feminin. Gaya rambut ini juga cocok untuk semua jenis bentuk wajah dan tekstur rambut.

Pixie Cut


Pixie Cut

Jika Anda ingin gaya rambut pendek lebih ramping, pixie cut adalah pilihan yang tepat. Gaya rambut pendek Jepang ini menjadi favorit karena simpel dan sangat mudah untuk dipelihara. Anda bisa memilih untuk memiliki bagian belakang yang lebih panjang atau memotong rambut menjadi sama panjang. Pixie cut juga cocok untuk semua jenis bentuk wajah dan tekstur rambut. Tampilan yang simpel dan elegant membuat gaya rambut ini menjadi favorit bagi banyak wanita di Indonesia.

Asymmetrical Cut


Asymmetrical Cut

Jika Anda ingin tampilan rambut pendek yang lebih edgy dan modern, asymmetrical cut bisa menjadi pilihan yang tepat. Gaya rambut pendek Jepang ini menjadi populer karena sisi potong rambut yang asimetris dan bisa memberikan volume pada bagian tertentu. Anda juga bisa memilih untuk memotong rambut menjadi lebih pendek di bagian belakang atau bagian samping, sementara bagian lainnya tetap panjang.

Gaya rambut pendek Jepang menjadi tren dan selalu berkembang di seluruh dunia. Wanita di Indonesia bisa memilih dari gaya rambut pendek yang simpel hingga yang edgy sesuai dengan selera dan gaya hidup masing-masing. Apapun pilihan Anda, pastikan rambut Anda selalu terlihat sehat dan terawat.

Inspirasi Gaya Rambut Pendek ala Selebriti Jepang


Rambut Pendek Selebriti Jepang

Rambut pendek kembali menjadi tren di Indonesia sejak beberapa tahun lalu, terutama di kalangan wanita. Para selebriti Jepang pun juga ikut mempopulerkan gaya rambut pendek di kalangan perempuan. Tidak hanya di Jepang, gaya rambut pendek ala selebriti Jepang pun mulai banyak ditiru oleh wanita di seluruh dunia. Berikut ini adalah tiga inspirasi gaya rambut pendek ala selebriti Jepang yang bisa kamu coba:

Gaya Rambut Pendek ala Yui Aragaki


Yui Aragaki Short Hair

Yui Aragaki merupakan seorang aktris, penyanyi, dan model asal Jepang yang terkenal cantik dengan rambut pendeknya. Gaya rambut pendek ala Yui Aragaki ini cocok untuk wanita yang ingin memiliki tampilan yang simpel dan elegan. Untuk mendapatkan gaya rambut ini, kamu hanya perlu memotong rambutmu pendek hingga sebahu, lalu tambahkan layer agar terlihat lebih bervolume dan teratur. Gaya rambut ini cocok untuk acara formal maupun casual.

Gaya Rambut Pendek ala Hikari Mori


Hikari Mori Short Hair

Hikari Mori seringkali tampil dengan rambut pendek ala garconne/bob. Gaya rambut ini dapat membuatmu terlihat lebih fresh dan berani. Cara memotong rambut ala Hikari Mori adalah dengan membuat ketahanan dan memilih gaya ala garconne atau bob. Dengan gaya rambut ini, kamu pun dapat lebih leluasa mengatur waktu untuk merawat rambutmu. Gaya rambut ini cocok untuk kamu yang berjiwa petualang dan ingin tampil beda.

Gaya Rambut Pendek ala Tao Tsuchiya


Tao Tsuchiya Short Hair

Tao Tsuchiya merupakan seorang aktris dan model Jepang yang sering tampil dengan rambut pendek bergaya messy cut. Gaya rambut ini dapat membuatmu terlihat lebih berani dan modern. Untuk mendapatkan gaya rambut ala Tao Tsuchiya, cukup memotong rambutmu pendek sebahu dengan memilih model bergaya messy cut agar terlihat lebih natural. Gaya rambut ini cocok untuk kamu yang ingin tampil lebih ekspresif.

Nah, demikian tiga inspirasi gaya rambut pendek ala selebriti Jepang yang bisa kamu coba. Ingat, sebelum mengganti model rambut, pastikan dulu bahwa penyayatannya sesuai pada jenis wajahmu yah! Yakinlah untuk mencoba sesuatu yang baru dan terlihat lebih percaya diri!

Tips Membersihkan Rambut Pendek yang Benar


Membersihkan Rambut Pendek

Rambut pendek memang lebih mudah dijaga dan dirawat. Namun, tetap saja rambut pendek memerlukan perawatan agar tetap sehat dan cantik. Salah satu perawatan dasar untuk rambut pendek adalah membersihkannya dengan benar. Berikut ini beberapa tips cara membersihkan rambut pendek yang benar:

1. Gunakan produk perawatan yang tepat

Cuci rambut pendek Anda dengan produk perawatan yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Pilihlah produk perawatan yang mengandung bahan-bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia yang keras yang dapat merusak rambut Anda. Untuk rambut pendek, gunakanlah produk softener atau conditioner secara merata di rambut Anda untuk menjaga kelembaban rambut.

2. Hindari menggosok rambut terlalu keras

Ketika sedang membersihkan rambut, jangan terlalu kasar dalam menggosoknya. Sikat atau gosok rambut Anda dengan lembut dan hindari menggosok rambut terlalu keras. Jangan menggunakan sikat bergigi rapat karena dapat merusak rambut Anda.

3. Bilas rambut hingga bersih

Setelah membersihkan rambut dengan shampoo, bilas rambut hingga bersih. Hindari meninggalkan sisa shampoo pada rambut karena bisa menyebabkan rambut lepek dan ketombean.

4. Hindari pengeringan rambut dengan tergesa-gesa

Hindari mengeringkan rambut dengan handuk dalam waktu yang tergesa-gesa. Oleskan hair serum atau hair oil pada rambut sebelum mengeringkan, gunakan hair dyer yang tidak terlalu panas dan jangan terlalu dekat dengan rambut. Pengeringan rambut yang tergesa-gesa bisa merusak tekstur rambut.

5. Lakukan perawatan olahraga

Melakukan olahraga seperti jogging, yoga, atau meditasi dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala, sehingga dapat membuat rambut tumbuh lebih sehat dan cantik. Sirkulasi darah yang baik pada kulit kepala juga akan membantu kelancaran tumbuhnya rambut.

Melakukan perawatan rambut pendek yang benar memang cukup mudah, namun dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam menjalankannya. Dengan melakukan perawatan yang benar, rambut pendek Anda akan selalu terlihat sehat dan cantik setiap saat.

Iklan