Festival Musim Panas di Jepang


Festival Musim Panas di Jepang

Jepang memang terkenal dengan tradisi dan budayanya yang kaya dan unik. Hampir setiap musim di Jepang memiliki festival khas yang diadakan di seluruh penjuru negeri. Ketika musim panas tiba, festival-festival seru dengan berbagai atraksi dan kegiatan menarik siap menyambut wisatawan dan warga setempat yang ingin merayakan musim panas. Berikut ini adalah beberapa festival musim panas di Jepang yang wajib dikunjungi saat liburan musim panas.

Gion Matsuri Festival


Gion Matsuri Festival

Gion Matsuri Festival adalah festival musim panas terbesar di Jepang. Festival ini berlangsung di Kyoto, yang merupakan kota bersejarah di Jepang. Festival ini telah diadakan sejak abad ke-9 dan menjadi salah satu festival budaya Jepang yang paling terkenal di dunia. Festival ini berlangsung pada bulan Juli, dan berlangsung selama satu bulan. Terdapat parade di jalan-jalan utama kota, seperti Jalan Kawaramachi, dan dihiasi dengan berbagai benda seperti lentera dan kereta kuda tradisional. Festival ini juga menampilkan atraksi budaya Jepang yang klasik dan menarik seperti pertunjukan seni kabuki dan gerak dansa tradisional.

Tanabata Festival


Tanabata Festival

Tanabata Festival adalah festival musim panas yang dirayakan pada tanggal 7 Juli setiap tahunnya. Festival ini berasal dari legenda kuno Jepang tentang pasangan bintang Vega dan Altair, yang hanya dapat bertemu sekali dalam setahun pada malam Tanabata. Festival ini biasanya diadakan di Tohoku, daerah utara Jepang, dan memiliki banyak atraksi menarik seperti parade karnaval, pertunjukan rakugo, serta dekorasi jelajah sungai dengan lampion. Selama festival ini, pengunjung dapat menuliskan permintaan mereka pada kertas berwarna terang yang kemudian diikatkan ke dalam bambu. Hal ini dipercayai dapat membantu mewujudkan keinginan mereka.

Obon Festival


Obon Festival

Obon Festival adalah festival musim panas yang diadakan di seluruh Jepang. Festival ini berlangsung selama tiga hari dan biasanya jatuh pada bulan Agustus. Festival ini dikenal sebagai festival untuk menghormati dan menghormati leluhur yang meninggal. Selama festival, keluarga merayakan dengan menghiasi rumah dan memasang lentera di lampu jalan, serta membakar dupa untuk melihat jiwa leluhur yang sedang pulang ke rumah selama festival. Selain itu, festival ini juga menampilkan banyak atraksi menarik seperti parade karnaval, pesta makanan, dan pertunjukan tarian tradisional seperti Bon Odori.

Nebuta Festival


Nebuta Festival

Nebuta Festival adalah festival musim panas yang diadakan di Aomori, sebuah kota di utara Jepang. Festival ini dirayakan selama tiga hari pada awal Agustus. Selama festival, pengunjung dapat melihat parade lampion raksasa yang dibuat dari kertas tradisional Jepang yang dihiasi dengan gambar-gambar pahlawan sejarah dan karakter populer. Beberapa lampion memiliki tinggi sampai 5 meter, dan ditangani oleh beberapa orang yang memakai kostum tradisional samurai. Selain parade lampion, festival ini juga menampilkan acara karnaval dengan musik dan tarian tradisional Jepang.

Tradisi Menghadapi Suhu Panas


Tradisi musim panas di Jepang

Setelah memasuki musim panas, Jepang menjadi kepanasan, karena panasnya bisa mencapai 30-40 derajat Celsius. Menjaga kesehatan pada musim panas menjadi sangat penting untuk menghindari kondisi dehidrasi dan panas. Berikut adalah beberapa tradisi menghadapi suhu panas di Jepang.

1. Menggunakan Yukata


Yukata

Yukata adalah pakaian resmi yang cukup populer di Jepang yang banyak dipakai selama musim panas. Yukata terbuat dari kain katun tipis dan tidak menyerap keringat, yang membuat orang tetap nyaman. Yukata biasanya dipakai untuk perayaan-perayaan, seperti festival musim panas.

2. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Dingin


Makanan dan minuman dingin

Mengonsumsi makanan dan minuman dingin menjadi hal yang sangat penting pada musim panas. Ada banyak makanan dan minuman segar yang cocok dinikmati pada musim panas, seperti es krim, es buah, dan minuman dingin seperti ocha (teh) dan ramune (minuman soda). Penting untuk mengonsumsi air dan elektrolit untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dan mencegah terjadinya dehidrasi.

3. Berendam di Onsen


Onsen

Onsen adalah pemandian air panas yang terdapat di seluruh penjuru Jepang. Berendam di onsen sangat cocok pada musim panas karena dapat membantu menghilangkan rasa lelah dan memberikan efek menenangkan tubuh sekaligus menyegarkan jiwa. Onsen memiliki banyak manfaat kesehatan seperti membantu meredakan stress dan mengobati kondisi kulit tertentu.

4. Mandi Uap dengan Yuzu


Mandi uap dengan yuzu

Mandi uap dengan yuzu adalah salah satu tradisi pengobatan yang populer di Jepang selama musim dingin, namun pada musim panas orang juga bisa menikmati manfaat yuzu. Yuzu adalah jenis jeruk kecil yang dikenal dengan wangi yang menyegarkan dan sangat cocok digunakan untuk membuat mandi uap yang memberikan efek menyegarkan dan menenangkan tubuh.

5. Shaved Ice


Shaved ice

Pada musim panas, minuman segar yang paling dicari adalah shaved ice. Shave ice adalah sajian tradisional khas Jepang yang berupa es parut yang disajikan dengan sirup rasa dan topping, seperti kacang merah dan matcha (teh hijau). Shave ice sangat cocok dijadikan teman berbuka di musim panas.

Itulah beberapa tradisi menghadapi suhu panas di Jepang. Selain itu, penting juga untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh dengan membawa alat-alat pribadi seperti tissue basah dan hand sanitizer.

Gaya hidup musim panas di Jepang


Musim panas di Jepang

Musim panas di Jepang dimulai sekitar bulan Juni hingga Agustus setiap tahunnya dan menjadi waktu yang dinanti-nantikan oleh masyarakat untuk berbagai kegiatan. Gaya hidup pada musim panas di Jepang sangat berbeda dengan musim lainnya. Adapun beberapa kegiatan dan tradisi yang sering dilakukan masyarakat Jepang di musim panas antara lain:

1. Matsuri (Festival)


Japanese Festival

Matsuri atau festival sangat populer di Jepang, terutama pada musim panas. Banyak kota dan desa di seluruh Jepang mengadakan festival dengan nuansa yang berbeda-beda, mulai dari festival bunga matahari, festival kembang api, hingga Bon-Odori, festival untuk menghormati orang yang sudah meninggal dunia. Pada festival ini, masyarakat berdandan dengan yukata dan menikmati makanan tradisional seperti yakisoba, takoyaki, dan kaki-gori.

2. Berenang di pantai dan kolam renang


Pantai Jepang

Salah satu kegiatan yang paling menyenangkan pada musim panas di Jepang adalah berenang di pantai dan kolam renang. Meski Jepang tidak terkenal dengan pantainya, banyak tempat wisata di Jepang yang menawarkan pantai dan resor untuk menikmati keindahan alam Jepang. Selain itu, banyak kolam renang umum dan pemandian air panas (onsen) yang menjadi pilihan untuk meredakan panas di musim panas.

3. Hanabi (kembang api)


Hanabi di Jepang

Hanabi atau kembang api adalah tradisi yang sangat populer di Jepang pada musim panas. Kembang api sering menjadi bagian dari festival Matsuri dan banyak diselenggarakan pada malam hari. Warga dari seluruh kota berbondong-bondong ke tempat-tempat tertentu untuk menyaksikan keindahan kembang api. Ada beberapa tempat populer untuk melihat kembang api, seperti di pantai Sumida di Tokyo, Sungai Shitamachi di Tokyo, dan juga di Yokohama.

Musim panas di Jepang menawarkan segudang kegiatan yang menyenangkan untuk masyarakat Jepang dan wisatawan. Menikmati festival, berenang, dan melihat kembang api adalah kegiatan yang menjadi tradisi pada musim panas di Jepang.

Makanan dan Minuman Musim Panas di Jepang


Makanan dan Minuman Musim Panas di Jepang

Musim panas di Jepang selalu terasa sangat identik dengan makanan dan minuman segar yang sangat menyejukan. Terlebih lagi, makanan dan minuman musim panas di Jepang memiliki rasa yang sangat unik dan otentik dari negara matahari terbit. Kita pun bisa menikmati makanan dan minuman yang sama di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman musim panas yang sangat populer di Jepang:

1. Kakigori


Kakigori

Kakigori adalah salah satu minuman dingin khas musim panas di Jepang. Minuman yang sering ditemukan di festival musim panas ini terbuat dari es serut yang disiram dengan sirup manis. Biasanya kakigori disajikan dengan berbagai macam rasa seperti matcha, stroberi, dan lemon. Selain itu, sering juga dihidangkan dengan tambahan topping seperti kacang merah dan jelly.

2. Ramune


Ramune

Ramune adalah minuman ringan bersoda khas Jepang yang sangat populer di musim panas. Biasanya minuman ini dijual di festival-festival atau toko konvenien. Ramune disajikan dalam botol berbentuk bola dengan botolnya yang unik dan berwarna-warni. Anda akan menemukan bola kaca kecil di dalam botol, dan harus menekan bola tersebut untuk membuka tutup botol. Minuman ini memiliki beberapa rasa seperti lemon, jeruk, anggur, jeruk nipis, apel, dan masih banyak lagi.

3. Matcha Soft Cream


Matcha Soft Cream

Matcha soft cream adalah kudapan krim dingin yang sangat populer di Jepang, terutama di musim panas. Kudapan ini terbuat dari susu segar dengan tambahan bubuk matcha. Rasa manis dari susu dan pahit dari matcha sangat cocok di lidah dalam cuaca yang panas. Banyak sekali kedai di Jepang yang menyajikan matcha soft cream ini. Kudapan ini sering kali dihidangkan dengan topping lain, seperti kacang merah, jelly, atau wafer.

4. Hiya Yakko


Hiya Yakko

Hiya Yakko adalah makanan segar dan mudah disajikan selama musim panas di Jepang. Makanan ini terbuat dari tahu dan dihidangkan dalam bentuk dadu kecil. Biasanya disajikan dengan irisan bawang dan kecap. Hiya Yakko sering kali dihidangkan dalam bentuk hidangan pembuka di restoran-restoran Jepang. Tahu yang sangat dingin ini sangat menyegarkan dan cocok disantap di saat cuaca sangat panas.

5. Somen


Somen

Somen adalah salah satu hidangan mi dingin musim panas Jepang yang sangat populer. Hidangan mi ini terbuat dari tepung terigu dan disajikan dalam potongan yang sangat halus dan tipis. Mi somen biasanya disajikan dengan kuah dingin khas Jepang, disiram dengan air es untuk mendapatkan sensasi yang lebih dingin. Biasanya dihidangkan dengan memakai piring dan sepasang sumpit. Somen dapat menjadi hidangan yang sangat menyegarkan di musim panas yang sangat panas.

6. Seminggu

Seminggu

Seminggu adalah minuman tradisional khas musim panas di Jepang. Minuman ini terbuat dari campuran sari buah lemon yang segar dengan tambahan sedikit garam. Campuran tersebut kemudian disimpan dalam botol keramik dan diberikan es batu. Seminggu mempunyai rasa yang asam dan sedikit asin. Hal itulah yang menyegarkan di tenggorokan ketika minuman ini diminum.

Itulah beberapa makanan dan minuman musim panas yang sangat populer di Jepang. Semua hidangan tersebut sangat cocok untuk dinikmati pada suhu yang panas di Indonesia. Jangan takut untuk mencoba sendiri di rumah. Selamat menikmati sajian unik dari Jepang di musim panas ini!

Destinasi Liburan Musim Panas di Jepang


Destinasi Liburan Musim Panas di Jepang

Musim panas di Jepang dimulai sekitar bulan Juni hingga Agustus. Jepang adalah destinasi wisata yang unik dan menarik, dengan budaya dan pemandangan yang indah, serta tempat-tempat wisata yang harus dikunjungi di musim panas. Di bawah ini adalah beberapa destinasi liburan musim panas di Jepang yang menjadi favorit di antara wisatawan.

1. Tokyo DisneySea


Tokyo DisneySea

DisneySea adalah taman hiburan bertema maritim yang sangat populer di Jepang. Dibuka pada tahun 2001, tempat ini menarik pengunjung dengan atraksi dan tampilan yang spektakuler. Di musim panas, DisneySea menawarkan atraksi yang unik dan menarik seperti pengalaman melihat pemandangan apung dan malam tema petualangan di laut.

2. Gunung Fuji


Gunung Fuji

Gunung Fuji adalah gunung tertinggi dan paling terkenal di Jepang, dengan puncak setinggi hampir 4.000 meter. Di musim panas, pendakian Gunung Fuji menjadi aktivitas yang populer. Jalan mendaki biasanya dibuka dari Juli hingga awal September, dengan jalur paling ramai pada akhir pekan pertama Agustus untuk merayakan Festival Kawaguchi Asama.

3. Osaka Aquarium Kaiyukan


Osaka Aquarium Kaiyukan

Osaka Aquarium Kaiyukan adalah akuarium terbesar di dunia yang menampung lebih dari 30.000 hewan laut dari berbagai jenis. Di musim panas, tempat ini menawarkan acara khusus, seperti pertunjukan air dan pameran bunga khas Jepang. Ada juga kolam renang di luar ruangan yang memungkinkan pengunjung berenang bersama berbagai jenis ikan.

4. Hokkaido


Hokkaido

Hokkaido adalah pulau terbesar di Jepang yang dikenal dengan pemandangan dan alam yang indah. Di musim panas, Hokkaido menawarkan keanekaragaman aktivitas luar ruangan, termasuk berkemah, hiking, memancing, dan bersepeda. Ada juga Festival Bunga Lavender di Furano yang menempatkan Hokkaido di peta liburan musim panas di Jepang.

5. Enoshima


Enoshima

Enoshima adalah pulau kecil yang terletak di lepas pantai dekat Tokyo. Pulau ini menawarkan pemandangan laut yang indah, pantai berpasir berkilau, dan kuil bersejarah di atas bukit. Di musim panas, pulau ini menjadi tempat populer untuk berenang, berselancar, dan menikmati makanan laut segar di berbagai restoran yang ada.

Jepang menawarkan banyak destinasi liburan musim panas yang spektakuler. Dari taman hiburan bertema dan keliling Jepang untuk menikmati bentang alam yang indah hingga pilihan berkemah dan hiking, pasti ada destinasi liburan musim panas yang cocok untuk semua orang!

Iklan