Arti Shigatsu dalam Bahasa Jepang


Shigatsu Artinya

Shigatsu dalam bahasa Jepang berarti “April”. Bulan April dianggap sebagai bulan yang penting dalam budaya Jepang, karena selain menjadi awal musim semi, bulan ini juga memiliki banyak perayaan yang disebut sebagai “shunki-sai” atau festival musim semi.

Tahun-tahun terdahulu, shigatsu dianggap sebagai awal dari tahun baru Jepang, yang disebut “shinshun”. Itulah mengapa, selama bulan April, orang Jepang melakukan berbagai aktivitas untuk mengawali tahun barunya, seperti menyapu rumah, berkunjung ke kuil, memotong rambut, dan membersihkan diri untuk memulai tahun yang baru dengan baik.

Tidak hanya itu, di Jepang, bulan April juga menjadi bulan awal sekolah. Di bulan ini, sekolah dan universitas di seluruh Jepang mulai memasuki semester baru. Karena itu, April juga dikenal dengan “bulan kebangkitan” atau “bulan awal”.

Pada musim semi di Jepang, bunga sakura atau cherry blossom sedang mekar dengan indahnya. Karena itu, bunga sakura menjadi simbol penting musim semi di Jepang, yang dianggap sebagai momen yang penting dalam kehidupan orang-orang. Banyak acara sakura yang diadakan, seperti pesta hanami yang merupakan acara piknik di bawah pohon sakura.

Tidak hanya menjadi momen kebahagiaan, shigatsu dalam budaya Jepang juga mencakup momen sedih. Terdapat peribahasa Jepang yang mengatakan “shigatsu wa tsugou ga warui”, yang artinya “bulannya buruk karena keadaannya”. Peribahasa ini bermakna bahwa, meskipun bulan April bisa menjadi awal baru yang cerah, kadang-kadang juga bisa membawa kesulitan dalam kehidupan seseorang.

Jika kamu pernah menonton anime “Shigatsu wa Kimi no Uso” (Your Lie in April), mungkin kamu sudah mencari arti dari kata shigatsu dalam bahasa Jepang. Film tersebut mengisahkan tentang seorang pianis muda yang kehilangan hasratnya untuk bermain piano setelah ibunya meninggal dan kemudian ia bertemu dengan seorang gadis penggerak biola violin yang mengubah hidupnya. Film ini sangat menyentuh dan terkenal di Jepang dan di Indonesia.

Jadi, shigatsu dalam bahasa Jepang memiliki banyak arti dan makna yang berbeda, dari momen kebahagiaan hingga kesulitan dan kesedihan. Namun, yang pasti, bulan ini selalu dianggap penting dan menjadi awal yang spesial bagi banyak orang di Jepang.

Makna Budaya di Balik Shigatsu


Shigatsu artinya in Indonesia

Shigatsu artinya April dalam bahasa Jepang. Tetapi, dalam budaya populer Jepang, istilah shigatsu lebih mengacu pada sebuah kisah percintaan atau drama yang terjadi pada bulan April.

Kisah cinta pada masa remaja yang diceritakan dalam anime atau manga memang cukup populer di Jepang. Shigatsu wa Kimi no Uso, salah satu anime romantis yang berlatar belakang musik ini, tak luput dari menjadi salah satu kisah cinta musim semi yang diadaptasi menjadi film layar lebar.

April in japanese harigami types

Di balik arti shigatsu yang secara harfiah merujuk pada bulan April, terdapat fakta menarik lainnya tentang makna budaya yang melekat pada istilah shigatsu. Beberapa makna budaya di balik shigatsu antara lain:

1. Musim Semi

Bulan April menandakan musim semi di Jepang. Musim semi adalah musim yang dinanti dan dirayakan oleh masyarakat Jepang karena dianggap sebagai simbol awal keindahan alam yang baru. Warna-warni bunga Sakura yang mekar di jalan-jalan tak hanya membuat suasana hati menjadi ceria, tetapi juga membuat suasana cinta semakin terasa di udara.

shigatsu wa kimi no uso

2. Seni Musik Klasik

Dalam anime Shigatsu wa Kimi no Uso, hubungan antara tokoh utama Arima Kosei dan Miyazono Kaori tidak hanya ditunjukkan dalam hubungan percintaan yang romantis. Tetapi, juga melalui rasa cinta keduanya yang mendalam terhadap musik klasik.

Di Jepang, seni musik klasik memiliki nilai artistik yang sangat tinggi dan dipuja oleh penggemarnya. Seni musik klasik dianggap sebagai bagian dari warisan budaya Jepang yang tak ternilai harganya. Hal ini membuat Shigatsu wa Kimi no Uso menjadi sebuah kisah cinta yang juga memperlihatkan nilai kecintaan masyarakat Jepang terhadap seni musik klasik.

sakura budaya indonesia

3. Perubahan

Jika musim semi di Jepang identik dengan keindahan alam dan kehidupan yang baru, maka kata shigatsu juga memberikan makna perubahan. Bulan April merupakan awal tahun ajaran baru di Jepang. Di bulan ini, para siswa Jepang mengalami perubahan dalam kehidupannya, seperti pindah ke sekolah yang baru atau memulai kehidupan baru di kota lain.

Perubahan adalah bagian dari proses hidup yang harus dijalani oleh setiap orang. Konsep perubahan ini secara tidak langsung tertuang dalam cerita cinta yang diadaptasi menjadi anime ataupun manga di Jepang. Seperti tokoh-tokoh dalam Shigatsu wa Kimi no Uso yang harus melewati beberapa perubahan hidup dan menghadapi kenyataan pahit dalam kehidupannya.

Dalam kesimpulannya, di balik arti kata shigatsu yang sangat sederhana, terdapat makna budaya yang cukup kompleks di Jepang. Bulan April di Jepang memang bukan hanya sekadar bulan keempat dalam kalender, tetapi lebih dari itu, ia memiliki makna penting sebagai awal dari sejumlah perubahan dalam kehidupan setiap orang yang tinggal di Jepang.

Pengaruh dan Populeritas Shigatsu di Indonesia


Shigatsu wa Kimi no Uso

Dalam beberapa tahun terakhir, anime Shigatsu wa Kimi no Uso, yang juga dikenal dengan judul Your Lie in April, telah menjadi sangat populer di Indonesia. Anime ini bercerita tentang seorang pemain piano genius yang kehilangan kemampuan untuk mendengar suara musik setelah ibunya meninggal. Suatu hari, dia bertemu dengan seorang gadis yang akan mengubah hidupnya dan menginspirasinya untuk kembali ke dunia musik.

Sudah ada banyak faktor yang membantu Shigatsu menjadi populer di Indonesia. Mungkin salah satunya adalah bahwa cerita yang mengharukan dengan lagu-lagu klasik menghasilkan kombinasi yang sempurna untuk penggemar musik di Indonesia. Pancaran kecerdikan dalam animenya menghidupkan cerita ke dalam kepala kita. Penggemar anime juga memuji karakterisasi yang penuh emosi dan kontras warna yang mencolok pada animenya. Tidak mengherankan kalau animenya memikat hati banyak orang.

Konser Musik Langsung


Shigatsu wa Kimi no Uso

Tidak cukup hanya menjadi anime populer, Shigatsu juga menghasilkan konser musik langsung di Indonesia yang menjadi populer dan banyak diminati penggemar anime di seluruh negeri. Konser yang dimulai 2016 dan berakhir tahun 2018 diikuti dengan antusias oleh banyak penggemar di Jakarta. Konser itu menyusul kesuksesan acara anime lainnya di Indonesia seperti JKT48, Anime Festival Asia, dan lain-lain. Konser ini juga semakin meningkatkan kepopuleran anime tersebut di Indonesia. Beberapa penggemar merasa bahwa konser musik langsung ini menjadi pengalaman berharga dalam hidup mereka. Mereka juga menemukan diri mereka lebih terhubung dengan cerita dan lagu anime setelah menonton konser tersebut.

Konser ini juga menjadi platform bagi penggemar untuk bersama-sama merayakan kecantikan anime dengan fokus pada genre musik. Konser ini sangat dinikmati oleh banyak penggemar, terutama mereka yang menginginkan lebih dari sekadar menonton acara di bioskop. Berpartisipasi dalam konser ini memungkinkan penggemar untuk merasa lebih dekat dengan karakter mereka. Mereka juga dapat menikmati soundtrack dan skenario orisinal yang berbeda dengan yang ditampilkan di televisi. Konser musik langsung ini juga memberikan kesempatan bagi para musisi profesional untuk memberikan penampilan mereka di depan penggemar anime. Penggemar dapat menyaksikan musik animenya di dunia nyata dan merasakan emosi yang terkandung di dalamnya secara langsung.

Permainan Video Shigatsu


Shigatsu wa Kimi no Uso

Selain adaptasi anime, Shigatsu juga dirilis sebagai permainan terbaru yang berisi soundtrack, animasi orisinal, dan mode permainan yang dapat dimainkan penggemar di rumah mereka. Game ini memberikan kesempatan bagi penggemar untuk terlibat secara aktif dalam dunia Shigatsu wa Kimi no Uso dan merasakan emosi dari game yang ada di dalamnya. Game tersebut melibatkan karakter utama dalam cerita yang dirancang untuk menguji kemampuan penggemar dalam memainkan musik dan menikmati lagu klasik. Dalam game ini, karakter utama akan menghadapi tantangan dalam mengambil bagian dalam kompetisi untuk membuktikan bakatnya dalam bidang musik. Game ini hanya dirilis di beberapa negara, termasuk di Indonesia, dengan harapan dapat menjadi cara bagi penggemar untuk menikmati cerita Shigatsu yang lebih mendalam.


Shigatsu wa Kimi no Uso telah menjadi salah satu anime yang paling populer di Indonesia. Pengaruh anime diperlihatkan oleh permainan video yang dirilis dan konser musik langsung yang digelar di Indonesia yang telah berhasil memperbesar fokus musik dan menampilkan karakter yang sangat emosional. Shigatsu wa Kimi no Uso adalah anime yang berharga bagi banyak penggemar di seluruh dunia dan di Indonesia. Kepercayaan diri dan kemampuan yang dikembangkan oleh anime ini mampu menyentuh hati banyak orang melalui musik.

Karakteristik Musik Shigatsu yang Membuatnya Unik


Shigatsu artinya in Indonesia

Shigatsu wa Kimi no Uso atau lebih dikenal dengan judul “Your Lie in April” adalah anime yang memiliki karakteristik musik yang sangat kuat dan berbeda dari anime-anime lainnya. Shigatsu memiliki latar belakang cerita yang memang berkisah tentang musik klasik, namun pengaruh musik klasik dalam anime ini lebih dari sekadar sebuah backsound atau pengantar cerita. Berikut adalah beberapa karakteristik dari musik Shigatsu yang membuat animenya unik.

1. Klasik dan Modern

Your Lie in April music

Musik Shigatsu merupakan perpaduan antara musik klasik dan modern. Walaupun tema utama anime ini adalah musik klasik, namun penggunaan alat musik modern seperti piano, biola, dan gitar membuat suasana musiknya lebih modern dan mudah dinikmati oleh khalayak yang lebih luas. Musik khas Jepang yang digabungkan dengan musik klasik Eropa juga memberikan warna yang lebih mencolok pada animenya.

2. Musik Sebagai Bahasa Ekspresi

Your Lie in April music expression

Dalam Shigatsu, musik bukan hanya sebuah hiburan atau kegiatan belaka, namun juga dijadikan sebagai bahasa ekspresi. Karakter-karakter dalam anime ini mengungkapkan emosi dan perasaannya melalui musik klasik yang dimainkan. Hal ini menghasilkan keindahan tersendiri dalam cerita, di mana penonton dapat lebih memahami jalan cerita dan perasaan karakter yang disampaikan dalam bentuk musik.

3. Soundtrack yang Emosional

Shigatsu wa Kimi no Uso soundtrack

Soundtrack Shigatsu dikenal memiliki nuansa emosional yang mendalam. Soundtrack yang dihasilkan oleh Masaru Yokoyama menghadirkan suasana musik klasik yang penuh dengan nuansa melancholy dan sentimental. Suara piano, gitar, biola dan alat musik klasik lainnya dicampur dengan suara instrument modern seperti drum yang berhasil menghadirkan nuansa musik yang indah dan penuh makna.

4. Karakter Pemain Musik

Shigatsu wa Kimi no Uso pemain musik

Karakter-karakter dalam Shigatsu dihadirkan sebagai pemain musik. Dalam setiap episodenya, penonton dapat bersama-sama belajar tentang musik klasik yang dimainkan oleh karakter-karakter utamanya. Setiap karakter memiliki gaya bermain dan bahasa musik yang berbeda-beda. Ini memberikan gambaran bervariasi tentang dunia musik dan jalan cerita yang lebih memikat.

Kesimpulannya, karakteristik musik Shigatsu yang membuatnya unik sangat erat kaitannya dengan karakter pemain musiknya, menggabungkan antara musik klasik dan modern, dan juga memberikan ruang bagi musik untuk dijadikan sebagai bahasa ekspresi. Selain itu, soundtrack yang dibuat oleh Masaru Yokoyama juga berhasil menghadirkan kesan emosional mendalam bagi penonton yang berhasil menambah kedalaman cerita Shigatsu.

Wisata Terkait Shigatsu: Mengunjungi Lokasi Inspirasi di Jepang


Shigatsu Artinya in Indonesia

Jepang selalu menjadi surga bagi para penggemar anime di seluruh dunia dan membuat banyak penggemar ingin mendapatkan pengalaman di tempat yang sama seperti tokoh anime favorit mereka. Bahkan, anime yang berjudul Shigatsu wa Kimi no Uso (‘Your Lie in April‘) menjadi satu di antara banyak anime yang memberikan inspirasi bagi banyak penggemar yang ingin mengunjungi lokasi-lokasi yang menginspirasi keindahan cerita dalam anime tersebut.

1. Taman Sakura


Taman Sakura

Taman Sakura di Kota Tokyo yang diperlihatkan dalam anime Shigatsu wa Kimi no Uso di mana Arima Kosei dan teman-temannya tampil. Dalam cerita anime tersebut, taman tersebut dihiasi oleh bunga sakura yang mekar dan menari-nari di atas air mancur. Pengunjung dapat merasakan keindahan mekarnya bunga sakura dan mencoba naik perahu untuk melihat pemandangan yang menakjubkan di sekitar Taman Sakura.

2. Gedung Konser Suntory Hall


Gedung Konser Suntory Hall

Gedung Konser Suntory Hall bisa dibilang menjadi ikon yang paling diingat dalam anime Shigatsu wa Kimi no Uso, karena menjadi tempat penting dalam cerita anime tersebut. Gedung Konser Suntory Hall adalah tempat di mana Arima Kosei dan Kaori Miyazono tampil di hadapan penonton untuk pertama kalinya selama kompetisi musik. Para pengunjung dapat merasakan pengalaman konser musik yang seperti dalam anime ketika mengunjungi gedung ini.

3. Taman Inokashira


Taman Inokashira

Taman Inokashira adalah tempat di mana Kaori Miyazono dan Arima Kosei berkencan dalam anime Shigatsu wa Kimi no Uso. Taman ini terkenal dengan keindahan danau yang ada di dalamnya, dengan suasana yang tenang dan damai. Di taman ini, terdapat bermacam-macam atraksi seperti kincir ria dan juga perahu dayung yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

4. Kafe Close to You


Kafe Close to You

Dalam anime Shigatsu wa Kimi no Uso, Kafe Close to You merupakan tempat tempat Kaori dan Arima biasa menghabiskan waktu sambil menikmati musik. Warna cat kafe yang didominasi dengan pink memberikan nuansa yang ramah dan nyaman, membuat para pengunjung dapat merasakan kesan seperti dalam anime.

5. Universitas Toho Gakuen


Universitas Toho Gakuen

Universitas Toho Gakuen adalah salah satu pilihan bagi pengunjung yang ingin mengunjungi lokasi yang menampilkan aura keindahan kampus universitas dalam anime Shigatsu wa Kimi no Uso. Dalam anime ini, Universitas Toho Gakuen menjadi tempat di mana banyak kisah-kisah cinta bermula. Atmosfer kampus universitas yang hijau dan indah menambah keindahan cerita dalam anime tersebut. Universitas ini terletak di Tokyo, sehingga mudah dijangkau oleh para pengunjung yang ingin merasakan keindahan yang tersaji dalam anime.

Jika kamu adalah penggemar anime Shigatsu wa Kimi no Uso, mengunjungi lokasi yang menjadi inspirasi dalam anime tersebut akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Setelah membaca daftar lokasi yang menawan di atas, apakah kamu ingin merasakan keindahannya di dunia nyata? Yuk, planing perjalananmu ke Jepang sekarang juga!

Iklan