Perkenalan

Halo, Pembaca rinidesu.com! Hari ini, kita akan membahas tentang Syahadat Syiah. Syahadat Syiah adalah syahadat yang diterapkan oleh penganut Syiah saat berdoa dan salat. Syiah memiliki perbedaan dalam pengucapan syahadat dibandingkan dengan penganut Islam lainnya.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu Syiah, Syiah adalah salah satu cabang dari agama Islam yang mempunyai pemikiran dan pandangan yang berbeda dengan Sunni. Pada intinya, Syiah menganggap bahwa Ali bin Abi Thalib merupakan khalifah pertama setelah Nabi Muhammad SAW dan dianggap sebagai Imam. Hal ini berbeda dengan Sunni yang menganggap bahwa Abu Bakar yang merupakan khalifah pertama setelah Nabi Muhammad SAW dan dianggap sebagai Khalifah Rashidin pertama.

Kelebihan Syahadat Syiah

1️⃣ Syahadat yang lengkap: Syahadat Syiah mempunyai tambahan kalimat yang menjelaskan mengenai hak imam keempat (Ali) setelah Nabi Muhammad. Hal ini memberikan kesan bahwa Syiah mempunyai kecintaan dan pengagungan yang lebih kepada Ahlul Bait.

2️⃣ Mempererat Hubungan dengan Ahlul Bait: Salah satu kelebihan dari Syiah adalah berusaha mempererat dan menguatkan hubungan dengan keluarga Rasulullah yakni Ahlul Bait. Hal inilah yang diwujudkan Syiah dalam ikrar syahadat mereka.

3️⃣ Lebih Akurat dalam Pengucapan: Syahadat Syiah dianggap lebih akurat dalam pengucapan jika dibandingkan dengan syahadat Sunni karena tata cara pengucapan Syahadat Syiah lebih detail.

4️⃣ Menghargai Ahlul Bait: Syahadat Syiah memanggil nama Ali, Fatimah, Hasan, dan Husain dengan sebutan “Al Musiwaat”. Panggilan yang sama adalah penghormatan atas keutamaan serta peran penting dalam sejarah Islam.

5️⃣ Meningkatkan Kualitas Doa: Syahadat Syiah bisa meningkatkan kualitas sholat dan doa seseorang dalam kecintaan dan penghormatan kepada Ahlul Bait.

6️⃣ Ikrar Yang Jelas: Syahadat Syiah dianggap memiliki ikrar yang jelas dan detail untuk mengindikasikan keimanan pada kemarahan Alloh, Yakni ” Lan Jund Men Jaale Awalya Maala Alien Walayah.” Menunjukkan Sikap setia dan taat pada Imam Ali sebagai imam pertama.

7️⃣ Menjauhkan dari Syirik. Syahadat Syiah mengandung kalimat yang cukup membantu penganut Syiah menjauhkan diri dari kegiatan keagamaan yang berafiliasi dengan banyak bentuk syirik seperti ziarah kubur, berdoa kepada manusia yang sudah meninggal dan still….

Kekurangan Syahadat Syiah

1️⃣ Penyimpangan: Syiah dianggap menyimpang dari konsep dasar Islam, salah satunya hal ini berlaku untuk pengucapan Syahadat yang jelas berbeda dengan pengucapan Sunni.

2️⃣ Menyelewengkan Terhadap Asas Tafsir Alquran : Beberapa tawassul yang dilakukan Syiah bertentangan dengan metodologi yang benar, misalnya Tawassul dengan Imamah.

3️⃣ Menganggap Orang Lain Kafir: Salah satu kekurangan dari Syiah adalah cenderung mengeksklusi siapa saja yang tidak mengikutinya sebagai kafir, bahkan pada sesama muslim yang pandangan tidak sesuai dengan paham Syiah.

4️⃣ Menggambarkan Hussein Sebagai Tuhan: Beberapa orang yang ekstrem dalam beraliran Syiah menganggap Hussein sebagai Tuhan, padahal dalam Islam penyembahan hanya dilakukan kepada Allah SWT

5️⃣ Brutal dalam Bertindak: Pada suatu waktu, terdapat kelompok Syiah yang melakukan aksi kekerasan seperti pembunuhan yang tidak beralasan atas datangnya perayaan Maulid Nabi a.s.

6️⃣ Kekerasan dan Menyalahkan Orang Lain: Kadang kala terdapat sebagian kelompok Syiah yang menyalahkan kelompok lain dengan menganggap kelompok lain sebagai tidak benar atau sebaliknya. Hal ini membuat munculnya konflik yang sulit diprediksi.

7️⃣ Mempertahankan Perbedaan: Ada di antara kelompok Syiah yang cenderung mempertahankan pandangan meskipun sebenarnya pandangan tersebut salah dalam argumen keagamaannya.

Informasi Lengkap Syahadat Syiah

Pengertian Syahadat Syiah
Tata Cara Pengucapan Aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang pantas disembah selain Allah dan Ali adalah wali Allah
Imam yang dipercaya Imam Ali
Makna Syahadat memberikan keterangan mengenai keterkaitan antara tuhan dengan pemimpin suci umat manusia.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Bagaimana cara mengucapkan Syahadat Syiah?

Cara pengucapan Syahadat Syiah adalah; Aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang pantas disembah selain Allah dan Ali adalah wali Allah.

2. Apa tujuan dari Syahadat Syiah?

Tujuan dari Syahadat Syiah adalah untuk membuktikan kecintaan dan penghormatan pada Ahlul Bait.

3. Apa bedanya Syahadat Syiah dengan Syahadat Sunni?

Perbedaan Syahadat Syiah dan Sunni terdapat pada tambahan kalimat yang menjelaskan mengenai hak imam keempat (Ali) setelah Nabi Muhammad.

4. Siapakah Imam yang dipercaya oleh Syiah?

Imam yang dipercaya oleh Syiah adalah Imam Ali sebagai khalifah pertama setelah Nabi Muhammad.

5. Apakah pengucapan Syahadat Syiah diakui dalam Islam?

Iya, Syahadat Syiah diakui dalam Islam.

6. Apa saja kelebihan dan kekurangan Syahadat Syiah?

Kelebihan Syahadat Syiah adalah: syahadat yang lengkap, mempererat hubungan dengan Ahlul Bait, lebih akurat dalam pengucapan, menghargai Ahlul Bait, meningkatkan kualitas doa, ikrar yang jelas, dan menjauhkan dari syirik. Sementara itu, kekurangannya adalah: penyimpangan, menyelewengkan terhadap asas tafsir Alquran, menganggap orang lain kafir, menggambarkan Hussein sebagai Tuhan, brutal dalam bertindak, kekerasan dan menyalahkan orang lain, dan mempertahankan perbedaan.

7. Adakah aturan khusus bagi penganut Syiah dalam beribadah?

Ada beberapa aturan khusus bagi penganut Syiah dalam melakukan ibadah seperti ziarah kubur, menyembah Ahlul Bait, dan beberapa sikap yang seringkali dianggap bertentangan dengan pada sebagian kelompok Muslim lainnya.

8. Bagaimana sejarah Syahadat Syiah?

Sejarah Syahadat Syiah dimulai sejak Khalifah Ketiga Ustman merintah. Ustman sendiri dianggap sebagai khalifah yang zalim dan melanggar aturan-aturan Islam.

9. Bagaimana dampak dari perbedaan Syiah dan Sunni di dalam Islam?

Perbedaan antara Sunni dan Syiah di dalam Islam telah mengakibatkan perselisihan umat Muslim. Ini dikhawatirkan dapat mengurangi rasa persatuan dalam Islam.

10. Apakah Syahadat Syiah merupakan sekte dalam Islam?

Syahadat Syiah dianggap sebagai salah satu sekte yang berasal dari dalam Islam.

11. Kenapa ada penganut Islam yang beralih menjadi Syiah?

Beragam faktor yang mempengaruhi seseorang untuk beralih menjadi Syiah, diantaranya perbedaan pandangan tentang khalifah, perbedaan pandangan tentang Ahlul Bait dan sebagainya.

12. Bagaimana sikap umat Islam terhadap Syiah?

Masing-masing pihak mempunyai perspektif yang berbeda terhadap Syiah. Ada yang menerima keberadaan Syiah dalam Islam, ada yang menolak.

13. Apakah Syiah diakui di Indonesia?

Iya, Syiah diakui sebagai salah satu agama resmi di Indonesia.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan mengenai Syahadat Syiah di atas, dapat disimpulkan bahwa Syahadat Syiah mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda dibandingkan dengan Syahadat Sunni. Namun, selain menyimpan kelebihan dan kekurangan, Syahadat Syiah tetap diakui dalam Islam dan menjadi bagian dari ajarannya. Terlepas akan penilaian masyarakat pada Syiah, hal terpenting adalah menjaga kedamaian dan ukhuwah di antara sesama umat Islam.

Bagi mereka yang ingin mempelajari Syiah lebih dalam, harus memahami segala perbedaan pandangan dan kelaziman yang dimiliki Syiah.

Hal yang harus dilakukan setelah membaca artikel ini

Setelah membaca artikel ini, Anda sebaiknya mengevaluasi pandangan Anda terhadap Syiah dan menilai secara objektif. Selain itu, Anda bisa menambahkan wawasan mengenai Syiah dan memperlajari seluk beluk ajaran tersebut dari sumber yang terpercaya.

Disclaimer

Artikel ini harus dibaca sebagai pandangan umum. Tujuan utama dari artikel ini adalah untuk memberikan informasi bermanfaat bagi pembaca. Penulis tidak membela atau menganjurkan paham tertentu yang ada dalam agama islam. Pembaca harus melakukan riset sendiri dan mendiskusikan perspektifnya masing-masing.

Syahadat Syiah

Iklan