Sejarah perayaan ulang tahun di Jepang


Sejarah perayaan ulang tahun di Jepang

Sejarah perayaan ulang tahun di Jepang sebenarnya tidak terlalu panjang atau kaya akan tradisi. Bahkan di Jepang sendiri, perayaan ulang tahun baru menjadi hal yang lazim sejak pertengahan abad ke-20. Sebelum itu, tradisi perayaan ulang tahun tidak terlalu diindahkan oleh masyarakat Jepang.

Dalam tradisi Jepang kuno, kelahiran bukanlah hal yang dirayakan, tetapi kemudian diadaptasi dari budaya asing. Perayaan ulang tahun pertama pun tidak diadakan sampai akhir abad ke-19 yang dipengaruhi oleh tradisi barat.

Pada saat itu, hanya orang-orang kaya yang bisa merayakan ulang tahun, karena merayakan ulang tahun memerlukan biaya yang sangat mahal. Baru pada tahun 1929, pemerintah melakukan kampanye untuk merayakan ulang tahun sebagai bagian dari memajukan negara. Hal ini dilakukan untuk memotivasi orang untuk memiliki keberhasilan dalam hidup, serta untuk meningkatkan kecintaan terhadap negara.

Namun, perayaan ulang tahun di Jepang cenderung berbeda dengan perayaan di negara lain. Di Jepang, perayaan ulang tahun lebih bersifat pribadi, bukan hal yang umum untuk diperingati di publik atau di tempat umum. Perayaan ulang tahun di Jepang diadakan di rumah atau restoran. Kadang-kadang, keluarga atau teman akan membelikan hadiah sebagai tanda perayaan tersebut.

Selain itu, perayaan tepat saat seseorang mengalami ulang tahun juga bukanlah budaya umum di Jepang. Terkadang keluarga akan merayakan beberapa hari sebelum atau beberapa hari setelah tanggal ulang tahun, tergantung dari kesibukan seseorang atau memang secara keseluruhan lebih cocok bagi orang yang merayakannya.

Karakteristik lain dari perayaan ulang tahun di Jepang adalah adat jepang untuk bersedekah. Orang yang merayakan ulang tahun akan menjadi orang yang menyediakan makanan dan minuman untuk para tamu yang datang ke rumah mereka. Ini sebagai simbol toleransi dan rasa syukur atas bertambahnya usia seseorang.

Di era modern yang semakin maju, Jepang kini juga mengadopsi tradisi barat dalam perayaan ulang tahun. Sekarang sudah lazim bagi masyarakat Jepang untuk membuat kue ulang tahun, biasanya dalam bentuk kue berbentuk persegi panjang dan dihiasi dengan lilin yang jumlahnya sama dengan usia orang yang berulang tahun. Orang yang merayakan ulang tahun juga akan menerima ucapan selamat ulang tahun dari keluarga atau teman, atau menerima hadiah dari orang-orang terdekatnya.

Dalam akhir-akhir ini, Jepang juga memberikan keistimewaan bagi mereka yang merayakan ulang tahun ke-60, yang dikenal sebagai Kanreki atau Shuchu-riki. Kanreki adalah merayakan seorang individu yang tetap hidup selama enam siklus dari dua belas shio, atau selama 60 tahun menjalani kehidupan orang Jepang. Lalu, Shuchu-riki dilakukan ketika seorang wanita mencapai usia 33 tahun dan pria mencapai usia 42 tahun. Kedua tradisi di dalam Jepang melambangkan kedewasaan, kesuksesan, dan masuk ke dalam pekerjaan baru.

Itulah sejarah perayaan ulang tahun di Jepang. Meskipun memiliki sejarah yang tidak terlalu panjang, tradisi dan budaya perayaan ulang tahun di Jepang tetaplah unik dan khas dengan adanya budaya bersedekah yang menjadi karakteristik khas di Jepang.

Tradisi ulang tahun yang unik di Jepang


Tradisi Ulang Tahun di Jepang

Di Jepang, ulang tahun adalah perayaan yang sangat penting dan dihargai. Meskipun terdapat beberapa tradisi yang mirip dengan tradisi ulang tahun yang diadakan di dunia Barat, tetapi ada juga beberapa tradisi yang benar-benar unik dan khas Jepang.

Salah satu tradisi ulang tahun yang unik di Jepang adalah Hadiah Ulang Tahun yang disebut “Okinawa Chinsuko”. Okinawa Chinsuko adalah kue tradisional Okinawa yang terbuat dari tepung terigu, mentega, dan gula. Kue ini sangat populer di kalangan anak-anak. Namun, tidak seperti kebanyakan hadiah ulang tahun yang diberikan di negara lain, dalam budaya Jepang, hadiah ulang tahun ini lebih sering diberikan oleh orang yang merayakan ulang tahunnya daripada oleh orang yang memberi hadiah. Jadi, ketika seseorang merayakan ulang tahun, dia akan memberi hadiah Okinawa Chinsuko kepada keluarga dan teman-temannya sebagai ungkapan rasa terima kasih atas dukungan dan kehadiran mereka.

Dimulai dari zaman Heian (794-1185), orang Jepang menyediakan makanan yang disebut “Chitose-ame” pada hari ulang tahun. Chitose-ame merupakan permen yang terbuat dari gula, mentega dan protein, dibulatkan dan dibungkus kertas emas. Permen ini dilambangkan dengan doa untuk kesehatan anak-anak dan harapan hidup panjang. Saat ini, chitose-ame tidak hanya disediakan pada ulang tahun, namun juga berbagai acara seperti pernikahan dan nama anak. Bahkan, sebagian besar orang Jepang menganggap tidak lengkap jika tidak menyertakan Chitose-ame dalam perayaan tersebut.

Di Jepang, ada juga tradisi yang disebut “kuyou” atau “memperingati” di mana orang merayakan ulang tahun genius. Di mana perayaan ini melibatkan doa dan sesi meditasi, juga dipadukan dengan pertunjukan musik dan tarian tradisional Jepang, diikuti dengan pemberian “Oseibo” atau hadiah sebagai tanda menghargai dan rasa syukur terhadap keluarga dan teman-temannya. “Oseibo” adalah hadiah tradisional Jepang seperti camilan, wine, perhiasan atau pakaian yang sengaja diberikan selama musim dingin untuk mengekspresikan rasa terima kasih. Untuk itu, di Jepang, bila dikatakan “Menjadi Genius”, berarti seseorang merayakan ulang tahun ke 60 tahun.

Selain itu, bagi orang Jepang yang sudah berusia 88 tahun, terdapat tradisi khusus untuk merayakan ulang tahun ini. Merupakan tradisi “Sekku” yang secara harfiah memiliki arti festival Jepang tradisional. Yang kadang-kadang juga disebut Gojuu-no Sekku, yang berarti “Lima Puluh Hari Setelah Sekku Yang Lainnya”. Tradisi ini terdiri dari beberapa upacara, termasuk makanan dan pendaftaran di kuil untuk mendapatkan tenda merah “Kotatsu” dan mengenakan “Chanchanko” sebagai simbol kehidupan yang panjang. Perayaan diadakan pada tanggal 26 September setiap tahunnya.

Itulah beberapa tradisi ulang tahun yang unik di Jepang. Meski didominasi oleh makanan dan kado, tradisi ini memiliki makna dan tujuan yang mulia, yaitu menghargai orang-orang yang berjasa dalam hidup kita dan mengungkapkan rasa syukur atas tumbuh besarnya tahun depan.

Kata-kata Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Jepang


Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Jepang

Selamat ulang tahun! Merayakan momen spesial ini tidak hanya dilakukan di Indonesia, tetapi juga di Jepang. Dalam bahasa Jepang, ucapan selamat ulang tahun disebut dengan “otanjoubi omedetou” atau “tanjoubi omedetou”.

Tidak hanya itu, terdapat pula beberapa jenis ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jepang yang biasa digunakan di berbagai situasi, seperti untuk sahabat, keluarga, pasangan, dan lain sebagainya. Berikut beberapa kata-kata ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jepang:

1. Otanjoubi omedetou

Otanjoubi omedetou

Ucapan “otanjoubi omedetou” merupakan ucapan selamat ulang tahun paling umum dan biasa digunakan di Jepang. Ucapan ini cocok untuk digunakan kepada siapapun, mulai dari keluarga, teman, atasan, dan lain-lain. Dalam bahasa Jepang, “otanjoubi” berarti ulang tahun dan “omedetou” berarti selamat atau congratulation.

2. Otanjoubi omedetou gozaimasu

Otanjoubi omedetou gozaimasu

Ucapan “otanjoubi omedetou gozaimasu” sama dengan “otanjoubi omedetou”, tetapi penambahan kata “gozaimasu” menunjukkan tingkat keformalan atau kesopanan yang lebih tinggi. Ucapan ini cocok digunakan untuk atasan atau orang yang lebih tua.

3. Otanjoubi omedetou shinnen omedetou

Otanjoubi omedetou shinnen omedetou

Ucapan “otanjoubi omedetou shinnen omedetou” adalah gabungan dari ucapan selamat ulang tahun dan selamat tahun baru. Ucapan ini cocok digunakan pada orang yang lahir di awal tahun baru, seperti pada bulan Januari. “Shinnen” berarti tahun baru.

4. Totsuzen no tanjoubi omedetou

Totsuzen no tanjoubi omedetou

Ucapan “totsuzen no tanjoubi omedetou” digunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun secara tiba-tiba. Ucapan ini cocok digunakan ketika kita bertemu dengan seseorang yang sedang berulang tahun di luar dugaan. “Totsuzen” berarti tiba-tiba atau mendadak.

5. Omedetou gozaimasu, hageshikatta deshou

Omedetou gozaimasu, hageshikatta deshou

Ucapan “omedetou gozaimasu, hageshikatta deshou” digunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada seseorang yang telah melewati tahun yang berat. Ucapan ini cocok digunakan untuk teman atau kerabat yang sedang mengalami kesulitan.

Itulah beberapa contoh ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jepang. Ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jepang memiliki banyak varian dan dapat disesuaikan dengan situasi dan hubungan yang terjalin dengan orang yang berulang tahun. Namun, yang terpenting adalah kita mengucapkan selamat ulang tahun dengan tulus dan penuh kasih sayang.

Hadiah ulang tahun yang populer di Jepang


Hadiah ulang tahun di Jepang

Bahasa Jepangnya selamat ulang tahun menjadi kata yang umum diucapkan untuk merayakan hari spesial seseorang di Jepang. Selain ucapan selamat ulang tahun, hadiah ulang tahun juga menjadi bentuk ucapan yang kerap diberikan orang di sana. Seperti halnya di Indonesia, pemberian hadiah ulang tahun di Jepang juga jadi bagian dari tradisi yang tak lekang oleh waktu. Meski setiap perayaan memiliki tradisi yang berbeda-beda, berikut ini adalah beberapa hadiah ulang tahun yang populer di Jepang:

1. Bunga


Bunga

Di Jepang, bunga adalah hadiah ulang tahun yang umum diberikan orang kepada teman, kerabat, atau pasangan. Perhatian dan keceriaan tersirat dalam warna dan arti dari masing-masing jenis bunga yang diberikan. Bunga melambangkan harapan kesuksesan, kebahagiaan, dan kesehatan bagi sang penerimanya.

2. Kek


Kue

Hadiah ulang tahun yang populer di Jepang selanjutnya adalah kue. Kue ulang tahun di Jepang punya varian yang beragam, mulai dari kue tart, kue yang mirip roti, hingga kue tradisional. Biasanya, nama dan usia si penerima akan dituliskan di atas kue sebagai bentuk perayaan yang lebih khusus.

3. Kotak berisi makanan atau minuman


Kotak makanan atau minuman

Kotak berisi makanan atau minuman juga menjadi hadiah ulang tahun yang populer di Jepang. Biasanya kotak-kotak ini diisi dengan jenis makanan maupun minuman yang spesial. Isian dalam kotak-kotak kado tergantung selera dari si penerima hadiah, misalnya cokelat, minuman khas Jepang, atau barang-barang kecil lain yang memiliki nilai sentimental bagi si penerima.

4. Hadiah yang praktis


Hadiah yang praktis

Hadiah ulang tahun yang populer di Jepang selanjutnya adalah hadiah yang praktis. Biasanya ini adalah hadiah yang bisa digunakan dalam aktivitas sehari-hari, seperti produk kecantikan, aksesori, atau benda-benda kecil lain yang memiliki daya guna dan praktisitas. Hadiah praktis ini juga bisa menjadi bentuk perhatian yang baik karena kegunaannya.

Menjaga kesopanannya saat memberikan hadiah

Mungkin terlihat sepele, namun cara memberikan hadiah di Jepang juga penting. Di Jepang, memberikan hadiah dengan cara yang tepat penting agar perasaan si penerima tidak tersinggung. Salah satunya dengan cara memberikan hadiah menggunakan dua tangan, sambil membungkukkan badan sebagai bentuk penghormatan dan kesopanan pada si penerima. Selain itu, saat membuka hadiah, di Jepang juga biasa untuk menyimpan bungkus kado dan kotak sebagai bentuk nilai cinta kasih dan simbolik.

Nah, itulah beberapa ide hadiah ulang tahun yang populer di Jepang. Jika kamu ingin menunjukkan rasa sayangmu pada seseorang dengan cara lain, kamu juga bisa memberikan hadiah berbentuk pengalaman atau kegiatan yang menyenangkan bersama teman atau keluarga. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasanmu tentang tradisi perayaan ulang tahun di Jepang.

Tempat Merayakan Ulang Tahun di Jepang Yang Direkomendasikan


Tempat Merayakan Ulang Tahun di Jepang Yang Direkomendasikan

Jepang dikenal sebagai salah satu negara dengan banyak tradisi. Salah satu tradisi yang seringkali dilakukan oleh masyarakat Jepang adalah merayakan ulang tahun. Meski terdapat perbedaan dengan cara merayakan ulang tahun yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, namun merayakan ulang tahun di Jepang akan membawa suasana berbeda yang menarik. Berikut adalah beberapa tempat merayakan ulang tahun di Jepang yang direkomendasikan.

1. Restoran Khas Jepang


Restoran Khas Jepang

Jika Anda ingin merayakan ulang tahun secara tradisional, datanglah ke restoran khas Jepang. Di restoran Jepang, makanan disajikan dalam porsi kecil yang disebut asakusa. Dalam makanan tersebut terdapat bahan-bahan yang memiliki beragam rasa dan tekstur. Selain makanan, restoran khas Jepang juga menawarkan suasana Jepang yang asli.

2. Wisata Alam


Wisata Alam Di Jepang

Untuk Anda yang gemar dengan alam dan hiking, merayakan ulang tahun di pegunungan atau pantai Jepang sangat cocok. Di Jepang terdapat banyak tempat wisata alam yang menawarkan pemandangan yang indah dengan segala keunikan yang dimilikinya, seperti Gunung Fuji, Yoshino, atau Danau Kawaguchi. Anda juga dapat berkemah dan merayakan ulang tahun dengan menghirup udara segar dan tenang di alam terbuka.

3. Karaoke Room


Karaoke Room

Jepang merupakan negara asal karaoke yang sangat terkenal di seluruh dunia. Hampir setiap sudut kota di Jepang terdapat karaoke room dengan beragam tema, mulai dari yang mewah hingga yang sederhana. Merayakan ulang tahun di karaoke room sangat menyenangkan karena dapat bernyanyi bersama teman-teman dan keluarga, membawa kue ulang tahun, dan menikmati makanan dan minuman yang disediakan.

4. Kafe Unik


Kafe Unik Di Jepang

Jepang terkenal dengan kafe yang unik dan beragam. Di sana terdapat kafe yang hanya berisi kucing, kafe dengan tema anime, kafe dengan tema karakter kartun, kafe dengan karya seni yang menakjubkan, dan masih banyak lagi. Merayakan ulang tahun di salah satu kafe unik ini akan sangat menghibur dan memuaskan. Anda dan keluarga serta teman-teman dapat menikmati makanan dan minuman dan,terkadang, dapat membeli berbagai souvenir unik yang akan menjadi kenangan tersendiri.

5. Ryokan


Ryokan

Jika Anda ingin merayakan ulang tahun dengan penuh ketenangan dan kedamaian, datanglah ke ryokan. Ryokan adalah penginapan tradisional Jepang yang mengusung konsep minimalis dan seringkali terletak di kaki gunung ataupun dekat dengan aliran sungai. Di sana Anda dapat menikmati mandi air panas (onsen), makanan khas Jepang, dan suasana tradisional yang menyejukkan.

Nah, itulah beberapa tempat yang dapat dipilih untuk merayakan ulang tahun di Jepang. Pilihlah yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Selamat merayakan ultah, dan jangan lupa mengabadikan momen spesial ini dengan foto-foto indah!

Iklan