Pengucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Jepang


bahasa jepangnya selamat ulang tahun

Menjelang ulang tahun seseorang, biasanya kita akan memberikan selamat kepada mereka. Selain dengan bahasa Indonesia, selamat ulang tahun juga dapat diucapkan dalam banyak bahasa, termasuk bahasa Jepang. Namun, untuk kalian yang belum paham, bagaimana ya cara mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa Jepang? Yuk, simak artikel di bawah ini untuk mengetahuinya!

Dalam bahasa Jepang, selamat ulang tahun diucapkan dengan kalimat “Otanjoubi omedetou”. Kalimat ini berasal dari bahasa Jepang yang artinya adalah “Selamat ulang tahun”. Lalu, apa saja cara atau variasi dalam mengucapkannya?

– “Otanjoubi omedetou gozaimasu” adalah cara yang lebih formal untuk mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa Jepang. Ungkapan “gozaimasu” menandakan bentuk sopan dan sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti saat berbicara dengan orang yang lebih tua atau saat berdiskusi dengan atasan.

– Jika ingin mengucapkan selamat ulang tahun dengan cara yang lebih kasual, kalian dapat menggunakan frasa singkat “Tanjoubi omedetou”. Ungkapan ini sangat umum digunakan oleh orang-orang Jepang sehari-hari, terutama dari teman atau kolega sebaya.

– Selain “Otanjoubi omedetou”, kalian juga dapat mengucapkan kata “omedetou” untuk membuat singkat. Biasanya, kata ini digunakan apabila sudah dekat dengan orang tersebut dan üsingkatan digunakan sebagai ekspresi positif atau memberikan pujian atau pernyataan seperti “omedetou gozaimasu” atau “omedetou ne”.

– Di dalam bahasa Jepang, ekspresi selamat ulang tahun juga bisa diubah dengan menggunakan kata “tanjoubi”. Sebagai contoh, “Tanjoubi niwa nani wo moraimashita ka”, yang sebenarnya artinya “Apa yang kauw dapatkan di hari kelahiranmu?”

Oleh karena itu, pengucapan “Otanjoubi omedetou” menjadi bentuk pengucapan resmi dalam bahasa Jepang. Selain itu, perlu juga diingat bahwa dalam budaya Jepang, tidak hanya cara mengucapkan selamat ulang tahun saja yang perlu diperhatikan, tetapi juga cara memberikan hadiah dan kartu ucapan selamat ulang tahun. Selain itu, kartu ucapan selamat ulang tahun yang diberikan oleh orang tua atau orang yang lebih tua biasanya mengandung ucapkan yang lebih formal dengan harapan bahwa ulang tahun mereka akan berjalan dengan lancar.

Demikianlah cara mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa Jepang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mengucapkan selamat kepada teman atau kolega yang berulang tahun dengan cara yang berbeda.

Tradisi Ulang Tahun di Jepang


Japanese birthday traditions

Ulang tahun merupakan momen yang istimewa bagi setiap orang di dunia. Setiap negara punya cara dan tradisi yang berbeda dalam merayakannya. Begitu pula dengan Jepang yang memiliki tradisi unik dalam merayakan ulang tahun.

Salah satu tradisi unik yang dimiliki Jepang adalah saat merayakan ulang tahun, orang Jepang mengucapkan “Omedetou Gozaimasu” atau “Otanjoubi Omedetou”. Dalam Bahasa Indonesia, “Omedetou Gozaimasu” berarti “Selamat” atau “Selamat Berbahagia”. Sedangkan “Otanjoubi Omedetou” dapat diartikan sebagai “Selamat Ulang Tahun”.

Tidak hanya itu, saat seseorang merayakan ulang tahun, orang Jepang juga memberikan hadiah berupa uang dan benda-benda berharga lainnya. Selain itu, orang Jepang juga memberikan hadiah berupa untaian kue kecil yang disebut “Chitose-ame”. Chitose-ame memiliki arti “Permen Abadi” yang memiliki harapan agar sang penerima selalu sehat dan hidup dalam kebahagiaan yang abadi.

Di Jepang, saat merayakan ulang tahun, tidak hanya keluarga atau teman dekat saja yang diundang, tetapi juga rekan kerja dan kenalan dekat. Orang Jepang cenderung menjaga hubungan baik dengan orang-orang di sekitarnya, termasuk dalam merayakan ulang tahun.

Selain itu, di Jepang juga terdapat tradisi memotong kue ulang tahun yang unik. Orang Jepang biasanya membeli kue ulang tahun berukuran besar yang dilengkapi dengan lilin sesuai umur sang penerima. Ketika sang penerima kue telah meniup lilin, orang-orang yang hadir di sekitarnya akan bersorak “kanpai” yang artinya “salam tubuh”. Setelah itu, kue akan dipotong dan dibagi kepada semua yang hadir dalam acara tersebut.

Bagi orang Jepang, merayakan ulang tahun bukan hanya sekedar menjalani tradisi, melainkan juga untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada orang-orang dekat yang telah selalu mendukung dan membantunya sepanjang tahun.

Perayaan Ulang Tahun Anak-anak Jepang


Perayaan Ulang Tahun Anak-anak Jepang

Perayaan ulang tahun merupakan saat yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Hal tersebut juga berlaku di Jepang. Perayaan ulang tahun di Jepang memiliki ciri khas tersendiri yang tentu saja mempertahankan tradisi dan budayanya. Beberapa tradisi perayaan ulang tahun di Jepang mungkin sedikit berbeda dengan perayaan di Indonesia.

Di Jepang, perayaan ulang tahun anak-anak biasanya diadakan di tempat-tempat yang khusus atau di rumah. Pada saat perayaan tersebut, anak-anak akan diberi kesempatan untuk bermain dengan teman-temannya. Mereka akan dilengkapi dengan kostum-kostum panda atau kucing yang lucu. Tampaknya, mengenakan kostum seperti itu di Jepang merupakan hal yang biasa untuk memeriahkan perayaan ulang tahun.

Selain bermain, anak-anak juga akan diberikan kesempatan untuk membuat kue. Biasanya, kue yang dibuat sangat unik dan mencirikan kekayaan kuliner Jepang. Kue tersebut akan disajikan pada saat pesta ulang tahun dan dimakan bersama teman-teman.

Tak hanya itu, di Jepang, saat menyanyikan lagu ulang tahun, tidak diperbolehkan menggunakan kata-kata yang sama dengan lagu ulang tahun di Indonesia. Lagu ulang tahun di Jepang biasanya dinyanyikan dengan menggunakan bahasa Jepang yang khas dan lagunya pun lebih cenderung menyenangkan dan ceria.

Tidak lupa, di Jepang, anak-anak juga akan diberikan hadiah pada saat perayaan ulang tahunnya. Hadiah tersebut bisa berupa mainan, buku, atau bahkan uang. Dalam hal ini, orang tua Jepang sangat serius dalam memilih hadiah untuk anak-anaknya.

Tradisi perayaan ulang tahun di Jepang memang sangat berbeda dengan budaya perayaan di Indonesia. Namun, meski berbeda, keduanya tetap menyimpan makna yang sama, yakni memperingati ulang tahun seseorang dan memberikan kebahagiaan.

Kado Ulang Tahun Khas Jepang


Kado Ulang Tahun Khas Jepang

Ulang tahun adalah salah satu hari yang paling spesial dalam hidup seseorang. Hal ini pun tidak berbeda di Jepang, di mana kemudian muncul berbagai jenis kado ulang tahun khas Jepang. Berikut beberapa kado ulang tahun yang bisa kamu berikan:

1. Buku Komik


Buku Komik

Buku komik atau manga adalah salah satu produk hasil karya anak bangsa Jepang yang sangat terkenal secara internasional, termasuk di Indonesia. Kamu bisa memberikan beberapa judul manga legendaris yang pasti disukai oleh penggemar, seperti One Piece, Naruto, atau Dragon Ball. Selain itu, kamu bisa juga mencari beberapa buku komik buatan lokal Jepang yang populer dan cukup banyak peminatnya.

2. Kit Kat


Kit Kat

Kit Kat bukan produk asli Jepang, tapi di Jepang, Kit Kat menjadi salah satu kudapan yang sangat populer. Bahkan, Kit Kat di Jepang hadir dengan berbagai macam rasa yang sangat unik dan beragam, seperti rasa teh hijau, stroberi, dan bahkan wasabi! Kamu bisa membeli Kit Kat dengan beberapa varian rasa untuk bingkisan ulang tahun

3. Matcha


Matcha

Matcha adalah minuman teh khas Jepang yang sempat menjadi tren beberapa waktu lalu, dan masih diminati hingga saat ini. Kamu bisa membeli beberapa bungkus matcha yang sudah dikemas khusus untuk dijadikan hadiah, atau membuat sendiri bungkusan yang lebih personal dengan pilihan teh matcha yang kamu sukai.

4. Origami


Origami

Origami adalah seni melipat kertas ala Jepang yang telah menjadi bagian dari budaya Jepang selama berabad-abad. Kamu bisa membuat berbagai bentuk origami yang cantik dan menarik seperti bunga sederhana atau bahkan hewan favorit sang penerima kado. Kado ini akan sangat spesial karena terlihat sangat personal dan terasa lebih istimewa dan bernilai.

5. Happi Coat


Happi Coat

Happi coat adalah pakaian tradisional Jepang yang memiliki ciri khas lengkap dengan motif khas Jepang. Kado ini mungkin terlihat sedikit mahal, tapi hadiah ini sangat tepat untuk orang yang sangat penting bagi kamu dan seorang yang tengah merayakan ulang tahun ke21.

6. Lucky Cat


Lucky Cat

Maneki-neko atau Lucky cat adalah patung kucing yang populer dan bisa ditemukan di banyak tempat di Jepang. Konon, jika kamu menyentuh patung ini maka kamu akan beruntung. Kamu bisa memberikan Lucky cat sebagai hadiah ulang tahun yang sangat menarik dan unik.

Itulah beberapa kado ulang tahun khas Jepang yang bisa kamu berikan sebagai hadiah pada hari spesial seseorang. Dengan memilih hadiah khas Jepang, kamu tidak hanya memberikan kado, tapi juga memperkenalkan budaya Jepang pada teman atau keluarga kamu.

Iklan