Mengenal Angka Jepang dari 1-10


Angka Jepang 1-10

Jika kamu belajar bahasa Jepang, salah satu pembelajaran dasar yang harus kamu kuasai adalah mengenali angka Jepang. Angka Jepang memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dengan angka Arabic yang lazim kita kenal sehari-hari. Salah satu yang uniknya, angka Jepang memiliki dua cara pembacaan yaitu cara pembacaan Sino (Onyomi) dan cara pembacaan Jepang (Kunyomi).

Untuk angka yang termasuk ke dalam kategori angka Sino, biasanya berakhir dengan bunyi “ji”. Sementara angka yang termasuk ke kategori angka Jepang, biasanya berakhir atau disertai huruf “tsu”. Agar kamu lebih mudah memahami, di bawah ini adalah cara pengucapan untuk angka Jepang dari 1-10.

1. いち (ichi)

Angka pertama dalam bahasa Jepang adalah ichi. Angka ini dibaca dengan cara kunyomi. Pada kata ini, huruf “i” diucapkan dengan cukup cepat dan pendek. Sebagai tambahan, huruf “h” pada kata ini bisa terdengar seperti huruf “s” di beberapa dialek yang digunakan di daerah tertentu di Jepang. Jadi, bisa saja kamu lebih sering mendengar pengucapan “isi” dari pada “ichi”.

2. に (ni)

Angka dua dalam bahasa Jepang adalah ni. Angka ini dibaca dengan cara kunyomi. Saat mengucapkan angka ini, kamu harus mematikan suara di akhir pengucapan sehingga suara “i” terdengar pendek. Selain itu, kamu juga harus mengucapkan “n” pada kata ini dengan kepala sedikit menunduk untuk membuat suara lebih bulat dan lembut.

3. さん (san)

Angka tiga dalam bahasa Jepang adalah san. Angka ini adalah angka kunyomi yang paling mudah dan paling sering digunakan sehari-hari. Kamu hanya perlu mengucapkan “sa” dengan sedikit memperpanjang vokal “a” dan menambahkan bunyi “n” di akhir kata.

4. し (shi)

Angka empat dalam bahasa Jepang adalah shi. Angka ini adalah angka onyomi dan merupakan angka onyomi yang paling mudah di antara angka onyomi yang lain. Bisa juga kamu menemukan pengucapan “yon” untuk angka empat ini. Namun, pengucapan “shi” harus dihindari. Hal ini terkait dengan bunyi “shi” yang dianggap sebagai bunyi buruk di Jepang karena bunyi “shi” merupakan bunyi dari kata “shinu” yang berarti “mati”.

5. ご (go)

Angka lima dalam bahasa Jepang adalah go. Angka ini adalah angka kunyomi yang mudah dipahami. Kamu hanya perlu mengucapkan “go” dengan memperpanjang vokal “o” di akhir kata.

6. ろく (roku)

Angka enam dalam bahasa Jepang adalah roku. Angka ini adalah angka kunyomi yang sedikit lebih sulit daripada angka-angka sebelumnya dalam daftar ini karena terdapat beberapa pengucapan yang berbeda di beberapa daerah tertentu di Jepang. Namun secara umum, pengucapan yang benar adalah dengan mengucapkan “ro” dengan vokal “o” tidak begitu panjang dan menambahkan bunyi “ku” pada akhir kata.

7. しち (shichi)

Angka tujuh dalam bahasa Jepang adalah shichi. Angka ini adalah angka yang cukup sulit dalam hal pengucapan dan pelafalannya. Kamu harus lebih memperpanjang vokal “i” pada akhir kata dan menambahkan bunyi “chi” yang harus diucapkan dengan sopan dan tidak terlalu keras.

8. はち (hachi)

Angka delapan dalam bahasa Jepang adalah hachi. Angka ini adalah angka kunyomi yang mudah untuk diucapkan. Kamu hanya perlu mengucapkan “ha” dengan cepat dan memperpanjang vokal “i” pada akhir kata. Jangan lupa untuk menambahkan bunyi “chi” di akhir kata.

9. きゅう (kyuu)

Angka sembilan dalam bahasa Jepang adalah kyuu. Angka ini adalah angka kunyomi yang diucapkan dengan memperpanjang suara vokal “u” pada akhir kata. Selain itu, kamu juga harus mengucapkan huruf “k” cukup lama dan memperpendek huruf “y” yang mengikuti setelahnya.

10. じゅう (jyuu)

Angka terakhir dalam kategori angka Jepang adalah jyuu. Angka ini diucapkan dengan mengucapkan “ju” dengan cukup cepat. Setelah itu, kamu harus memperpanjang suara huruf “u” pada akhir kata dengan menambahkan bunyi “u” pada akhir kata. Penting untuk diingat bahwa huruf “j” diucapkan hampir mirip dengan huruf “zh” sehingga bunyinya terdengar lebih lembut.

Dengan mempelajari dan menguasai angka Jepang, maka kamu akan lebih mudah beradaptasi dan berkomunikasi dalam bahasa Jepang. Selain itu, kamu juga akan lebih mudah dan cepat belajar hal-hal lain dalam bahasa Jepang. Lanjutkan belajar dan pelajari pengucapan angka Jepang hingga mampu menguasainya dengan baik.

Angka Jepang 11-20 dan Cara Membacanya


Angka Jepang 11-20 dan Cara Membacanya

Sudah paham sekarang cara membaca angka jepang 1-10 kan? Sekarang, sebelum kita masuk ke angka jepang 11-20, ada baiknya kita review kembali cara membaca angka jepang. Misalkan angka 9, jika diterjemahkan ke dalam bahasa jepang menjadi “Kyu”. Untuk angka 10, kita sebutkan sebagai “Juu”. Gabungkan kata “Kyu” dan “Juu”, sehingga membentuk angka jepang yang selanjutnya yaitu “Juu Kyu”. Bagaimana, mudah bukan? Nah, kita akan lanjut dan membahas angka jepang 11-20.

Untuk membaca angka jepang 11, kita bisa menggabungkan kata “Ju” dari angka 10 dan “Ichi” yang artinya satu. Sehingga angka jepang 11 diucapkan sebagai “Ju-Ichi”. Kata “Ichi” sebenarnya merupakan angka 1, namun diucapkan menjadi “Ichi” untuk senada dan lebih mudah dilafalkan. Contoh lainnya, angka jepang 15 terdiri dari kata “Ju” dan “Go”. “Go” berarti 5, sehingga pelafalan angka jepang 15 adalah “Ju-Go”.

Bagaimana cara membaca angka jepang 16-19? Untuk membaca angka jepang 16-19 sebenarnya menyimpan pola yang sama. Kita akan menggabungkan kata “Ju” dari angka 10 dengan angka yang berurutan 6, 7, 8 atau 9. Berikut ini contohnya:

  • Angka jepang 16 = Ju-Roku (“Roku” artinya 6)
  • Angka jepang 17 = Ju-Shichi (“Shichi” artinya 7)
  • Angka jepang 18 = Ju-Hachi (“Hachi” artinya 8)
  • Angka jepang 19 = Ju-Kyu (“Kyu” artinya 9)

Jadi, ketika Anda menemukan kata “Ju” pada angka jepang 11-19, artinya angka tersebut selalu diiringi oleh angka berikutnya yang bermakna 1-9 pada struktu pembacaan angka jepang.

Sekarang, Anda sudah tahu cara membaca angka jepang 11-20 dari “Ju-Ichi” sampai “Ju-Kyu”. Sebuah awalan “Ju” menyatakan bahwa sebuah bilangan sudah melampaui 10. Istilah bilangan jepang untuk angka berikutnya juga dapat dipelajari dengan mudah jika Anda memahami cara membaca angka jepang dasar dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda memahami angka jepang dengan lebih baik lagi.

Belajar Menghitung Angka Jepang 21-50


Belajar Menghitung Angka Jepang 21-50

Angka Jepang merupakan salah satu kosakata penting yang harus dikuasai ketika mengunjungi Jepang. Bahasa ini merupakan bagian dari budaya bangsa Jepang yang lekat dengan nilai-nilai tradisional yang dimilikinya. Namun, karena sistem angka Jepang berbeda dengan sistem angka internasional, menjadi hal yang perlu dipelajari terlebih dahulu.

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas cara menghitung angka Jepang dari 21 hingga 50, agar kamu bisa lebih mudah menggunakan bahasa Jepang di masa depan. Berikut ulasannya:

21


21 Angka Jepang

Angka 21 dalam bahasa Jepang disebut dengan “nijūichi”. Yang terdiri dari dua kosakata yaitu “nijū” yang berarti dua puluh dan “ichi” yang berarti satu. Jadi, ketika kamu ingin mengucapkan angka 21 dalam bahasa Jepang, akan menjadi “nijūichi”.

30


30 Angka Jepang

Selanjutnya, untuk angka 30 dalam bahasa Jepang, disebut dengan “sanjū”. Kosakata “san” berarti tiga, sedangkan “jū” berarti sepuluh. Jadi, ketika ingin mengucapkan “30” dalam bahasa Jepang, kamu hanya perlu menggabungkan keduanya, yaitu “sanjū”.

40


40 Angka Jepang

Berikutnya, untuk mengucapkan angka 40 dalam bahasa Jepang, kamu bisa menggunakan kosakata “yonjū”. “Yon” adalah kata untuk empat, sedangkan “jū” masih sama dengan sepuluh. Jadi, ketika ingin mengucapkan “40” dalam bahasa Jepang, kamu akan mengucapkan “yonjū”.

50


50 Angka Jepang

Terakhir, untuk angka 50 dalam bahasa Jepang, kamu bisa mengucapkannya dengan “gojū”. Kata “go” berarti lima dan “jū” seperti sebelumnya, berarti sepuluh. Jadi, ketika ingin mengucapkan “50” dalam bahasa Jepang, kamu hanya perlu menggabungkan “go” dan “jū”, yaitu “gojū”.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menghitung angka Jepang dari 21 hingga 50. Sangat mudah bukan? Dengan mempelajari kosakata angka di atas, diharapkan kamu menjadi semakin familiar dengan bahasa Jepang dan mampu menggunakannya lebih lancar di masa depan.

Angka Jepang 51-100 dan Penggunaannya


Angka Jepang 51-100 dan Penggunaannya

Bagi yang sudah mulai belajar bahasa Jepang pasti sudah familiar dengan angka-angka yang umum digunakan sehari-hari, seperti angka Jepang 1-10. Namun, jika ingin menghitung lebih dari itu, tetap perlu mempelajari angka-angka lainnya. Artikel ini akan membahas tentang angka Jepang 51-100 dan penggunaannya.

Seperti yang kita tahu, angka-angka Jepang memiliki sebutan khusus yang berbeda dengan angka-angka dalam bahasa Indonesia. Oleh karena itu, bagi yang belum mengenalnya, berikut adalah daftar angka Jepang 51-100:

  1. 51 – gojuu ichi
  2. 52 – gojuu ni
  3. 53 – gojuu san
  4. 54 – gojuu yon
  5. 55 – gojuu go
  6. 56 – gojuu roku
  7. 57 – gojuu nana
  8. 58 – gojuu hachi
  9. 59 – gojuu kyuu
  10. 60 – rokujuu
  11. 61 – rokujuu ichi
  12. 62 – rokujuu ni
  13. 63 – rokujuu san
  14. 64 – rokujuu yon
  15. 65 – rokujuu go
  16. 66 – rokujuu roku
  17. 67 – rokujuu nana
  18. 68 – rokujuu hachi
  19. 69 – rokujuu kyuu
  20. 70 – nanajuu
  21. 71 – nanajuu ichi
  22. 72 – nanajuu ni
  23. 73 – nanajuu san
  24. 74 – nanajuu yon
  25. 75 – nanajuu go
  26. 76 – nanajuu roku
  27. 77 – nanajuu nana
  28. 78 – nanajuu hachi
  29. 79 – nanajuu kyuu
  30. 80 – hachijuu
  31. 81 – hachijuu ichi
  32. 82 – hachijuu ni
  33. 83 – hachijuu san
  34. 84 – hachijuu yon
  35. 85 – hachijuu go
  36. 86 – hachijuu roku
  37. 87 – hachijuu nana
  38. 88 – hachijuu hachi
  39. 89 – hachijuu kyuu
  40. 90 – kyuujuu
  41. 91 – kyuujuu ichi
  42. 92 – kyuujuu ni
  43. 93 – kyuujuu san
  44. 94 – kyuujuu yon
  45. 95 – kyuujuu go
  46. 96 – kyuujuu roku
  47. 97 – kyuujuu nana
  48. 98 – kyuujuu hachi
  49. 99 – kyuujuu kyuu
  50. 100 – hyaku

Setelah mengenal angka-angka Jepang 51-100, terdapat beberapa penggunaan yang perlu diketahui.

1. Menghitung Bilangan (数える – kazoeru)


Menghitung Bilangan

Penggunaan yang pertama adalah untuk menghitung bilangan. Misalnya, untuk menghitung jumlah buku yang dimiliki sebanyak 59, bisa menggunakan sebutan “gojuu kyuu-satsu no hon” (buku sebanyak 59).

Contoh lainnya adalah saat menghitung usia seseorang. Misalnya saat seseorang berusia 54 tahun, bisa menggunakan sebutan “54-sai” (gojuu yon-sai).

2. Penggunaan Jam (時間 – Jikan)


Penggunaan Jam

Penggunaan yang kedua adalah untuk penggunaan jam. Saat menggunakan bahasa Jepang, seringkali angka-angka Jepang digunakan untuk menyebut waktu. Misalnya saat menyebutkan waktu tepat jam 5, bisa menggunakan sebutan “go-ji” (jam 5).

Contoh lainnya adalah saat menyebutkan waktu 10 menit setelah jam 6 sore, bisa menggunakan sebutan “yokujitsu roku-ji juppun” (hari kerja, jam 6.10 sore).

3. Menyebutkan Harga (値段 – nedan)


Menyebutkan Harga

Penggunaan yang ketiga adalah saat menyebutkan harga. Di Jepang, penggunaan angka-angka Jepang seringkali digunakan saat menyebutkan harga sebuah barang atau produk.

Contoh penggunaan angka-angka Jepang dalam menyebutkan harga barang adalah seperti “rokujuu go-en” yang artinya 650 yen.

4. Penggunaan dalam Kalimat


Penggunaan dalam Kalimat

Penggunaan angka-angka Jepang 51-100 juga dapat digunakan dalam kalimat. Penggunaannya sama seperti huruf-huruf dan angka pada umumnya, yang digunakan untuk menyampaikan suatu informasi.

Contohnya adalah dalam kalimat “Kelas ini terdiri dari 75 siswa” bisa menggunakan sebutan “kyuujuu go-nin no seito ga sonzai shite iru” (terdapat 75 siswa di kelas ini).

Dari beberapa penggunaan di atas, dapat disimpulkan bahwa pentingnya mengetahui angka-angka Jepang 51-100 sebagai bagian pembelajaran bahasa Jepang. Dengan mengetahuinya, kita dapat memahami penggunaannya dalam komunikasi sehari-hari dan meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang secara keseluruhan.

Tips dan Trik Mudah Menghafal Angka Jepang 1-100


Tips dan Trik Mudah Menghafal Angka Jepang 1-100

Angka Jepang 1-100 sering digunakan di dunia anime dan manga, sehingga tak heran banyak orang yang tertarik untuk belajar menghafalnya. Meskipun terdengar sulit bagi yang belum terbiasa, dengan tips dan trik yang tepat, kamu bisa mengingat angka tersebut dengan mudah. Simak beberapa tips dan trik mudah menghafal angka Jepang 1-100 berikut ini!

1. Membagi Angka Menjadi Empat Grup


Membagi Angka Menjadi Empat Grup

Salah satu tips mudah menghafal angka Jepang 1-100 adalah dengan membagi angka tersebut menjadi empat grup. Setiap grup terdiri dari sepuluh angka, yakni 1-10, 20-90 (dengan interval 10), 100, dan 1000. Dengan begitu, kamu bisa menghafal setiap angka dalam satu grup secara bersamaan untuk memudahkan mengingatnya.

2. Menggabungkan Angka dalam Satu Kelompok


Menggabungkan Angka dalam Satu Kelompok

Cara ini hampir sama dengan tips pertama, namun dalam kelompok yang sama kamu bisa menggabungkan dua angka atau lebih, misalnya 34 yang terdiri dari 30 (san-ju) dan 4 (shi). Dengan cara ini, kamu tinggal menggabungkan dua kata tersebut menjadi san-ju-yon yang artinya 34.

3. Menghubungkan Lagu atau Rhyme


Menghubungkan Lagu atau Rhyme

Menghubungkan lagu atau rhyme bisa membantumu menghafal angka Jepang 1-100 secara cepat. Kamu bisa membuat lagu atau rhyme dengan kata-kata dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang memiliki arti sama dengan angka tersebut. Contohnya untuk angka 29 kamu bisa membuat lagu atau rhyme dengan kata “itu tujuannya nyolong” yang artinya kira-kira sama dengan niju kyu atau 29.

4. Membiasakan Diri Berlatih dengan Flashcards


Membiasakan Diri Berlatih dengan Flashcards

Flashcards merupakan kartu atau kertas kecil yang digunakan untuk membantu mengingat sesuatu seperti angka dengan menunjukkan gambar atau kata-kata. Kamu bisa membuat flashcards untuk angka Jepang 1-100 dan mempraktekkannya secara berkala untuk melatih daya ingatmu. Dengan cara ini, kamu bisa menghafal angka tersebut dengan lebih cepat dan mudah.

5. Membuat Kelompok Kata dengan Kesamaan Bunyi


Membuat Kelompok Kata dengan Kesamaan Bunyi

Cara ini berkaitan dengan rima atau ayat dengan kata-kata yang terdengar sama. Kamu bisa membuat kelompok kata dengan kesamaan bunyi. Misalnya, angka 68 yang terdiri dari roku-ju-hachi bisa kamu hubungkan dengan kata rokumon no hachi yang artinya kira-kira sama dengan 68.

Dengan beberapa tips dan trik mudah menghafal angka Jepang 1-100 di atas, kamu bisa lebih cepat dan mudah untuk mengingat angka tersebut. Yang penting, kamu harus berlatih secara rutin agar daya ingatmu lebih baik dan semakin terbiasa dengan cara menghafal yang tepat. Selamat mencoba!

Iklan