Pengenalan Huruf Hiragana


hiragana

Sudah menjadi rahasia umum jika belajar bahasa Jepang, huruf hiragana adalah fondasi yang paling penting. Karena itu, mari kita mulai dengan pengenalan huruf hiragana.

Hiragana adalah cara menulis berbagai kata di bahasa Jepang. Sama seperti alfabet bahasa Indonesia, hiragana terdiri dari karakter-karakter yang menggambarkan suara. Ada sekitar 46 karakter hiragana, yang meliputi vokal dan konsonan dengan fonetik yang berbeda-beda.

Salah satu cara untuk mengenali huruf hiragana adalah dengan menulisnya. Mari kita mulai dengan lima karakter hiragana pertama, yaitu あ (a), い (i), う (u), え (e), dan お (o). Mari kita pelajari satu per satu.

Karakter pertama, あ (a), terlihat seperti huruf “a” dalam alfabet bahasa Indonesia. Untuk menulis huruf ini, mulailah dari atas dan turun ke bawah dengan melengkung di ujung kiri dan kanan. Karakter kedua adalah い (i), kurang lebih mirip seperti huruf “i” dalam alfabet Indonesia, namun hanya bagian yang bawah yang perlu dihubungkan dengan garis melengkung. Karakter ketiga, う (u), sedikit mirip dengan karakter あ dengan garis yang melengkung sedikit lebih lama. Karakter keempat, え (e), terlihat seperti kepala huif “e” namun tanpa batang lurus dan digambar dengan garis melengkung. Dan karakter terakhir, お (o), adalah sebuah lingkaran yang dihubungkan dengan garis lurus dari atas sampai ke tengah.

5 huruf awal hiragana

Sekarang kamu sudah mengenal lima karakter hiragana! Lanjutkan belajar hiragana dengan mencari lebih banyak sumber belajar, baik offline maupun online. Dalam waktu yang singkat, kamu akan dapat menulis 46 karakter hiragana dengan mudah.

Berikut ini beberapa tips sederhana untuk membantu kamu belajar hiragana dengan lebih mudah:

  1. Belajar pelafalan suara setiap karakter dengan benar
  2. Belajar menuliskan masing-masing karakter hiragana secara repetitif
  3. Latihan membaca kata-kata dengan hiragana yang berbeda
  4. Perbanyak kosakata untuk memperluas kosakata kamu

Sampai bertemu pada artikel berikutnya, yaitu cara membaca hiragana dengan pelafalan yang benar. Jangan lupa selalu berlatih dan selalu semangat!

Pengucapan Huruf Hiragana


Hiragana adalah salah satu aksara Jepang yang digunakan untuk menulis kata-kata dengan pengucapan yang tidak terlalu sulit. Aksara ini sangatlah penting bagi orang yang ingin belajar bahasa Jepang, baik untuk membaca tulisan-tulisan di Jepang maupun untuk menulis. Ketika hendak membaca huruf hiragana, tidak ada bedanya apakah huruf tersebut ditulis besar atau kecil. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempelajari pengucapan masing-masing huruf agar bisa membaca kata Jepang dengan benar.

1. Pengucapan Huruf Hiragana dasar

Seperti halnya dengan bahasa lain, pengucapan huruf Hiragana dasar juga sangatlah mudah. Beberapa contohnya adalah :

  • a digunakan dengan pengucapan seperti pada kata apa
  • i digunakan dengan pengucapan seperti pada kata ini
  • u digunakan dengan pengucapan seperti pada kata ubur-ubur
  • e digunakan dengan pengucapan seperti pada kata emas
  • o digunakan dengan pengucapan seperti pada kata orang

2. Pengucapan huruf khusus Hiragana

Ada beberapa huruf khusus dalam Hiragana yang pengucapannya berbeda dengan huruf dasarnya. Pembacaan huruf khusus ini harus kita perhatikan agar bisa membaca kata Jepang dengan benar. Beberapa huruf khusus tersebut antara lain:

  • shi digunakan dengan pengucapan seperti syi pada kata syalom
  • chi digunakan dengan pengucapan seperti chi pada kata cheese
  • tsu digunakan dengan pengucapan seperti atsu pada kata atsunori
  • fu digunakan dengan pengucapan seperti fu pada kata fun
  • ya digunakan dengan pengucapan seperti ya pada kata yayasan
  • yu digunakan dengan pengucapan seperti yu pada kata yummy
  • yo digunakan dengan pengucapan seperti yo pada kata yoroshiku

3. Huruf n khusus dalam Hiragana

Hiragana juga mempunyai huruf khusus untuk huruf n. Huruf ini ditulis dengan tanda seperti gambar oke di SMS. Sehingga, ketika hendak membaca kata Jepang yang terdapat huruf n, kita harus mengucapkannya dengan memanjangkan suara n tersebut.

4. Akhiran huruf Hiragana

Setelah kita memahami pengucapan huruf Hiragana, penting bagi kita untuk mempelajari akhiran huruf Hiragana. Sebagai contoh, apabila sebuah kata Jepang diakhiri dengan huruf Hiragana “o” maka seharusnya pengucapannya adalah “uo”. Ada dua aturan umum dalam membaca akhiran huruf ini, yaitu:

  1. Apabila huruf akhiran diikuti huruf vokal, maka huruf tersebut harus dibaca.
  2. Apabila huruf akhiran diikuti huruf konsonan, maka huruf tersebut tidak perlu dibaca.

Dengan memahami pengucapan huruf Hiragana dan akhirannya, kita akan memperoleh kemampuan membaca dan menulis kata-kata Jepang yang lebih baik.

Kombinasi Hiragana dalam Tulisan Bahasa Jepang


Kombinasi Hiragana dalam Tulisan Bahasa Jepang

Apabila latihan menulis Hiragana dasar dirasa sudah cukup, maka selanjutnya pelajari kombinasi Hiragana. Kombinasi Hiragana adalah kombinasi dua (atau lebih) huruf hiragana pada satu suku kata membentuk bunyi baru yang sama sekali berbeda dengan bunyi dasar. Kombinasi ini membantu untuk memperluas kosa kata Anda supaya lebih banyak lagi dan membuat Anda lebih mudah untuk membaca apa pun dalam bahasa Jepang.

Berikut adalah tiga kategori utama kombinasi Hiragana:

1. Katakana dan Hiragana Ganda dalam Tulisan Bahasa Jepang


Katakana dan Hiragana Ganda dalam Tulisan Bahasa Jepang

Katakana dan Hiragana ganda bisa terdiri dari dua atau tiga huruf, dan juga membentuk suara yang berbeda dari huruf asal. Misalnya, kata “Nihon” (Jepang) ditulis dengan hiragaa にhi和haオroーn, yang merupakan kombinasi dari ni + hon. Huruf Ni + Hon bersama-sama membentuk bunyi nihon. Contoh lainnya adalah kata “Ocha” (teh) atau “Sakura” (bunga sakura).

2. Kombinasi Hiragana dengan Panjang Vokal dalam Tulisan Bahasa Jepang


Kombinasi Hiragana dengan Panjang Vokal dalam Tulisan Bahasa Jepang

Kombinasi huruf Hiragana yang dekat dengan bentuk pengucapan Bahasa Jepang, sehingga bunyi tersebut diucapkan dengan lebih panjang. Misalnya, kombinasi i + i pada kata “Kawaii” (lucu). Huruf i ketika ditulis dua kali akan menjadi i + i (可愛い), yang terdengar lebih panjang dari i. Contoh lainnya adalah kata “Nii-san” (kakak laki-laki).

3. Kombinasi Hiragana dengan Tanda Baca dalam Tulisan Bahasa Jepang


Kombinasi Hiragana dengan Tanda Baca dalam Tulisan Bahasa Jepang

Tanda baca dalam Bahasa Jepang sangat penting. Tanpa tanda baca yang benar, kalimat bisa menjadi sulit dipahami. Kombinasi Hiragana dengan tanda baca lainnya membantu menentukan bunyi kata. Misalnya, kata “Kaasan” (ibu) dapat ditulis dengan huruf Hiragana かあさん. Tanda panah kecil “tsu” (つ) sesudah huruf ka (か) mengindikasikan bahwa bunyi kata berikutnya haruslah diucapkan “sangat singkat” sehingga kata Kaasan terdengar seperti Kassan. Contoh lainnya adalah kata “Sampai jumpa” yang ditulis “Mata Ashita” (また明日) dengan tanda pemisah yang menyasar ke kanan.

Dengan mempelajari kombinasi Hiragana ini, kosa kata bahasa Jepang Anda akan semakin bertambah dan membantu memudahkan Anda membaca tulisan bahasa Jepang.

Contoh Penggunaan Hiragana dalam Kalimat Bahasa Jepang


hiragana

Ketika belajar bahasa Jepang, salah satu dasar yang harus dipelajari dan dipahami adalah huruf Hiragana. Dalam bahasa Jepang, terdapat tiga jenis huruf dan satu di antaranya adalah Hiragana. Huruf Hiragana terdiri dari 46 karakter dan digunakan untuk menulis hampir semua kata dalam bahasa Jepang. Hiragana merupakan dasar dalam membaca dan menulis kalimat dalam bahasa Jepang. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan Hiragana dalam kalimat bahasa Jepang.

1. Hiragana dalam menyebutkan huruf


menyebutkan huruf

Hiragana digunakan untuk menyebutkan huruf dalam bahasa Jepang. Misalnya, jika ingin menyebutkan huruf ‘A’, maka tulisan huruf ‘A’ dalam Hiragana adalah あ. Begitu juga dengan huruf lainnya, contohnya huruf ‘I’ dalam Hiragana adalah い, huruf ‘U’ adalah う, huruf ‘E’ adalah え, dan huruf ‘O’ adalah お. Kita juga bisa menggunakan Hiragana untuk menyatakan ‘n’ seperti ん yang merupakan konsonan dalam bahasa Jepang.

2. Hiragana dalam pengucapan suku kata


pengucapan suku kata

Hiragana juga digunakan untuk membantu pengucapan suku kata dalam bahasa Jepang. Misalnya, jika ingin mengucapkan huruf ‘K’, kita bisa menambahkan Hiragana di belakangnya untuk membantu pengucapan suku kata. Contohnya, suku kata ‘Ka’ dalam Hiragana adalah か, suku kata ‘Ki’ adalah き, suku kata ‘Ku’ adalah く, suku kata ‘Ke’ adalah け dan suku kata ‘Ko’ adalah こ.

3. Hiragana dalam menulis kata benda


menulis kata benda

Hiragana juga digunakan untuk menulis kata benda dalam bahasa Jepang. Seperti yang kita tahu, bahasa Jepang menggunakan huruf Kanji sebagai simbol atau gambar yang menyatakan kata benda tertentu. Namun, ketika menulis kata benda yang belum tahu huruf Kanji nya, Hiragana bisa digunakan sebagai gantinya. Misalnya, kata benda ‘Tas’ dalam bahasa Jepang adalah ‘Kaban’ dan dalam penulisan Huruf Hiragana adalah かばん.

4. Hiragana dalam penggunaan kata sapaan


penggunaan kata sapaan

Hiragana juga digunakan untuk penggunaan kata sapaan dalam bahasa Jepang. Sapaan adalah kata-kata yang digunakan pada awal kalimat untuk menentukan siapa atau seperti apa pembicaraan atau obrolan yang akan diucapkan. Ada tiga macam kata sapaan dalam bahasa Jepang yaitu あ・an, い・i, dan ううん。Kata sapaan ‘あ’ atau ‘an’ digunakan dalam situasi yang santai dan akrab, kata sapaan ‘い’ atau ‘i’ digunakan dalam situasi formal, dan kata sapaan ‘ううん’ digunakan dalam arti membenarkan atau tidak membenarkan pernyataan.

Itulah beberapa contoh penggunaan Hiragana dalam kalimat bahasa Jepang. Tak cukup sampai di situ saja, masih banyak lagi penggunaan Hiragana dalam pembelajaran bahasa Jepang. Dalam mempelajari bahasa Jepang, kita harus bersabar dan semangat dalam belajar. Selamat mencoba ya.

Menguasai Huruf Hiragana dengan Mudah dan Cepat

Hiragana dan Katakana

Setelah sebelumnya kita bahas tentang pengenalan bahasa Jepang dan huruf kanji, kini kita akan membahas huruf hiragana. Kebanyakan orang yang ingin belajar bahasa Jepang, pasti hendak mempelajari jenis huruf ini yang relatif mudah untuk dipelajari dan dipahami. Hiragana terdiri dari 46 karakter dengan membaca dan menuliskannya dari kiri ke kanan.

Asal-usul Hiragana

Asal-usul Hiragana

Hiragana pertama kali diturunkan dari kanji dengan menghapus beberapa bagian dari kanji tersebut dan mempertahankan bunyi dari kanji yang telah dihapus, seperti suara “wo” dan “yi”. Hiragana berkembang pesat di kalangan wanita dan kelas menengah pada zaman Heian (794-1185) dan banyak digunakan untuk menulis surat dan catatan sehari-hari.

Kelebihan Hiragana

Kelebihan Huruf Hiragana

Hiragana memiliki banyak keuntungan dalam penulisan bahasa Jepang, antara lain:

  • Mudah Dipelajari: Hiragana mudah dipelajari dan dipahami, membuat orang awam yang tidak memiliki pengetahuan bahasa Jepang untuk mempelajari huruf ini dengan cepat.
  • Menyenangkan: Bagi sebagian orang, belajar huruf hiragana adalah hal yang menyenangkan, terbukti dengan adanya game untuk mempermudah dalam mempelajari huruf ini.
  • Meningkatkan Pengertian: Hiragana membantu meningkatkan pemahaman terhadap bahasa Jepang, terlebih ketika menyimak atau membaca kebiasaan orang Jepang.

Cara Menguasai Hiragana dengan Cepat

Cara Menguasai Huruf Hiragana

Ada beberapa tips dan trik untuk dapat menguasai huruf hiragana dengan cepat, diantaranya:

  1. Pemahaman pada Katakana: Sebelum belajar Hiragana, pastikan kamu sudah menguasai Katakana. Dalam bahasa Jepang, kata-kata yang sering digunakan seperti nama merk atau nama asing ditulis dalam katakana. Jadi, menguasai Katakana dapat membantu kamu dalam memahami bahasa Jepang secara keseluruhan.
  2. Mengapa Hiragana Penting: Pahami mengapa huruf Hiragana penting bagi pembelajaran bahasa Jepang. Hiragana merupakan huruf dasar dalam bahasa Jepang, kamu akan menggunakannya hampir setiap waktu ketika kamu ingin menulis kalimat.
  3. Memulai Pembelajaran Dari Dasar: Jangan langsung berusaha untuk menguasai semua huruf Hiragana. Mulailah dengan belajar 5 huruf dasar, kemudian tambahkan 5 huruf baru dan begitu seterusnya. Dengan belajar sedikit demi sedikit akan mempermudah kamu dalam memahami dan mengingat huruf tersebut.
  4. Praktik Setiap Hari: Praktik menuliskan huruf hiragana setiap hari bisa membantumu mempercepat pembelajaran. Coba manfaatkan kertas khusus Hiragana yang dapat kamu download di situs-situs tertentu.
  5. Gunakan Aplikasi yang Tersedia: Saat ini, sudah banyak aplikasi yang tersedia untuk mempelajari huruf Hiragana. Salah satu aplikasi populer yaitu Duolingo. Selain itu, kamu juga bisa mencari aplikasi lainnya yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Dengan belajar dengan cara yang tepat serta cukup kerja keras, kamu akan mudah mendapatkan kemampuan untuk membaca dan menuliskan huruf Hiragana. Ingat, kunci untuk menguasai bahasa Jepang adalah dengan sering berlatih.

Iklan