Jenis-Jenis Masakan Jepang


Jenis-Jenis Masakan Jepang

Ketika Anda berbicara tentang masakan Jepang, mungkin yang pertama kali terbayang adalah sushi. Namun, sebenarnya ada banyak sekali jenis masakan Jepang yang lezat dan menyehatkan yang patut Anda coba. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Ramen

Ramen

Selain sushi, ramen juga populer di kalangan pecinta masakan Jepang. Mie ramen yang kenyal dan kuah yang kaya rasa adalah kombinasi yang sempurna untuk hidangan yang enak dan menyenangkan. Topping pada ramen biasanya bervariasi tergantung dari restoran, namun biasanya terdiri dari potongan daging, nori, jamur, dan sayuran.

Donburi

Donburi

Donburi adalah hidangan nasi Jepang yang disajikan dengan topping berupa daging, ikan, atau sayuran. Salah satu donburi yang paling terkenal adalah gyudon, yang terdiri dari potongan daging sapi yang dimasak dengan bawang dan disajikan di atas nasi. Ada juga donburi lain seperti kaisendon (donburi dengan irisan ikan mentah) dan tempuradon (donburi dengan potongan tempura).

Yakiniku

Yakiniku

Yakiniku adalah hidangan daging yang dipanggang atau dibakar di atas panggangan kecil. Daging yang biasanya digunakan adalah daging sapi, namun ada juga yang menggunakan daging babi atau ayam. Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus yakiniku yang manis dan sedikit pedas.

Takoyaki

Takoyaki

Takoyaki adalah bola-bola kecil yang terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan potongan gurita. Takoyaki biasanya disajikan dengan saus okonomiyaki, mayones, dan daun nori. Hidangan ini sangat cocok untuk camilan atau makanan ringan.

Okonomiyaki

Okonomiyaki

Okonomiyaki adalah hidangan pancake Jepang yang terdiri dari adonan tepung, kol, telur, dan berbagai macam topping seperti potongan daging, makanan laut, keju, dan sayuran. Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus okonomiyaki, mayones, dan daun nori. Okonomiyaki mudah ditemui di berbagai tempat makan di Jepang, terutama di daerah Osaka.

Itulah beberapa jenis masakan Jepang yang patut Anda coba. Selain lezat, masakan Jepang juga sangat menyehatkan karena biasanya menggunakan bahan-bahan segar dan sehat. Selamat mencoba!

Makanan Tradisional Jepang yang Wajib Dicoba


makanan jepang tradisional

Indonesia dan Jepang memiliki kesamaan yakni memiliki beragam makanan yang lezat. Beberapa makanan tradisional Jepang yang menjadi populer di Indonesia antara lain sushi, ramen, dan takoyaki. Namun, di balik itu semua masih banyak makanan tradisional Jepang yang belum banyak dikenal oleh orang Indonesia. Berikut beberapa makanan tradisional Jepang yang wajib dicoba:

1. Soba


soba jepang

Soba merupakan mi gandum yang populer di Jepang. Makanan ini biasanya disajikan dengan kuah panas atau dingin dan dilengkapi dengan irisan daun bawang dan wasabi. Soba sendiri ada berbagai macam jenis, salah satunya adalah soba yang terbuat dari campuran soba dan wijen hitam yang disebut Zaru soba. Makanan yang satu ini sangat cocok dinikmati saat cuaca sedang panas, karena sering disajikan dingin.

2. Yakitori


yakitori jepang

Yakitori merupakan potongan kecil daging ayam yang ditanam pada tusuk sate kemudian dipanggang di atas bara api. Kecuali ayam, ada juga jenis-jenis yakitori yang dibuat dari daging sapi, babi, atau jenis-jenis seafood. Makanan ini biasanya disajikan dengan gara-gara yang terdiri dari kecap manis, cabai, dan bumbu-bumbu lainnya. Di Jepang, Yakitori sering disajikan di lokasi-lokasi seperti pusat kota atau festival musim panas.

3. Okonomiyaki


okonomiyaki jepang

Okonomiyaki adalah jenis pancake Jepang yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur, kubis, dan bahan lainnya, tergantung pada variasi okonomiyaki yang disajikan. Setelah campuran dimasak, pancake akan disajikan dengan tumpukan nori, kecap manis, mayones, katsuobushi, dan saus Worcestershire. Di Jepang, Okonomiyaki juga sering disajikan di restoran seperti izakaya atau street food.

4. Oden


oden

Oden bisa disebut sebagai sup kuah hangat yang terbuat dari berbagai macam bahan seperti kikil sapi, tahu, telur, atau daging ikan. Makanan ini sangat cocok disantap saat cuaca sedang dingin. Oden biasanya disajikan di dalam mangkuk atau gelas besar dan disajikan dengan kuah hangat. Di Jepang, Oden sering disajikan di pusat kota atau lokasi wisata di musim dingin.

5. Mochi


mochi

Mochi adalah kue tradisional Jepang yang terbuat dari tepung ketan, dari proses memasaknya kue ini bisa berbentuk bundar atau segi enam. Selain itu, Mochi juga bisa diisi dengan berbagai bahan, seperti kacang merah, stroberi, dan cokelat. Di Indonesia sendiri, Mochi sudah cukup populer, bahkan banyak yang menjadikan Mochi sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Jepang.

Itulah beberapa makanan tradisional Jepang yang patut dicoba. Dari padang rumput hijau Jepang hingga ke bunga sakura, Jepang memang sangat identik dengan makanan-makanan tradisionalnya yang beraneka ragam dan sangat lezat. Jangan lupa mampir ke restoran Jepang di Indonesia dan cobalah beberapa makanan tradisional Jepang tersebut!

Perbedaan Sushi dan Sashimi


Sushi dan Sashimi

Mungkin bagi sebagian orang sushi dan sashimi terlihat sama, tapi sebenarnya kedua hidangan asal Jepang tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Sushi biasanya dibuat dari nasi yang dicampur dengan cuka beras, garam, dan gula, kemudian diletakkan di atas sepotong ikan atau sayuran yang sudah dipotong-potong. Sementara itu, sashimi adalah irisan ikan mentah yang dihidangkan tanpa nasi atau bahan lainnya. Berikut ini perbedaan dari kedua hidangan tersebut:

1. Nasi sebagai bahan dasar
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sushi menggunakan nasi sebagai bahan dasarnya. Nasi tersebut nantinya akan dicampurkan dengan cuka beras, garam, dan gula agar memberikan rasa yang lebih enak. Sementara itu, sashimi hanya terdiri dari potongan ikan mentah yang disajikan tanpa bahan lain di dalamnya. Oleh karena itu, sashimi terlihat lebih simple jika dibandingkan dengan sushi.

2. Tekstur
Kedua hidangan tersebut juga memiliki perbedaan di dalam teksturnya. Sushi memiliki tekstur yang lembut karena adanya nasi di dalamnya. Sementara itu, sashimi memiliki tekstur yang lebih kenyal karena daging ikan yang dipotong tipis dan mentah. Biasanya, untuk memperoleh tekstur yang lebih enak, ikan yang dipilih untuk sashimi harus segar dan berkualitas tinggi.

3. Cara penyajian
Perbedaan yang paling mencolok dari sushi dan sashimi adalah cara penyajiannya. Sushi biasanya dihidangkan di atas sepotong nori atau daun selada, sedangkan sashimi disajikan di atas piring kecil atau mangkuk. Selain itu, sushi juga biasanya dihidangkan dengan saus dan rempah sebagai pelengkap, seperti miso soup, wasabi, dan soy sauce. Sementara itu, sashimi hanya disajikan dengan wasabi dan soy sauce yang biasanya ditaruh di sisi piring atau mangkuk.

Dalam memilih antara sushi dan sashimi, semuanya kembali pada selera masing-masing. Namun, bagi sebagian orang yang masih awam dengan kedua hidangan tersebut sebaiknya mencoba untuk memahami perbedaan yang terdapat di dalamnya. Sushi lebih cocok untuk orang yang belum terlalu terbiasa dengan ikan mentah, karena adanya nasi yang memberikan rasa yang lebih cenderung manis. Sedangkan sashimi lebih cocok untuk orang yang sudah terbiasa dengan ikan mentah dan yang ingin menikmati rasa alami dari daging ikan tersebut.

Daftar Bahan Makanan Utama dalam Masakan Jepang


Masakan Jepang

Masakan Jepang selalu memukau pencintanya dengan keunikan dan kelezatan rasa. Dalam masakan Jepang, biasanya terdiri dari beberapa bahan makanan utama yang menjadi menu andalan. Berikut daftar bahan makanan utama dalam masakan Jepang:

Soba


Soba

Soba adalah salah satu jenis mie dari Jepang yang terbuat dari tepung soba. Rasa soba sangat enak dan biasanya disajikan dengan kuah atau dimakan dalam keadaan kering bersama dengan irisan daun bawang. Supaya lebih lezat, soba biasanya diberi tambahan kamaboko, telur, dan nori di atasnya. Sobanya juga terkenal dengan khasiatnya yang baik untuk kesehatan.

Unagi


Unagi

Unagi adalah ikan air tawar yang biasa disajikan dengan cara dipanggang. Pemanggangan inilah yang membuat unagi menjadi terasa renyah di luar namun lembut di dalam. Untuk menikmati unagi, biasanya disajikan dengan saus yang manis. Di Jepang, unagi biasanya juga disajikan dalam bentuk nigiri di restoran sushi.

Ramen


Ramen

Ramen adalah makanan asal Jepang yang sangat terkenal. Ada banyak jenis ramen yang bisa ditemukan di Jepang. Biasanya, ramen terdiri dari mie, kuah kaldu, telur, nori, dan topping seperti irisan daging sapi atau ayam. Rasa kuahnya yang gurih serta mie yang kenyal membuat ramen disukai oleh banyak orang, bahkan oleh turis asing yang berkunjung ke Negara Sakura.

Sashimi


Sashimi

Sashimi adalah potongan ikan segar yang disajikan dalam keadaan mentah. Ikan yang terpilih biasanya adalah jenis ikan laut yang berkualitas tinggi. Biasanya potongan-potongan ikan tersebut disajikan dengan irisan mentimun, daun ketumbar, dan saus wasabi. Tekstur serta rasa ikan yang segar melengkapi kenikmatan makan sashimi.

Takoyaki


Takoyaki

Takoyaki adalah salah satu makanan khas dari Osaka. Makanan ini terdiri dari bola-bola kecil yang terbuat dari tepung terigu dan dicampur dengan irisan gurita, scallion, jahe, dan telur. Takoyaki kemudian dibolak-balik hingga matang serta terasa renyah di luar namun tetap lembut dan kenyal di dalam. Takoyaki juga diberi topping dengan saus, mayones, dan irisan rumput laut.

Tempura


Tempura

Tempura adalah masakan asli Jepang yang terdiri dari makanan yang digoreng dalam tepung khusus. Biasanya tempura terbuat dari makanan laut, seperti udang atau ikan. Ada juga tempura yang terbuat dari kentang, jamur, atau sayuran lainnya. Tekstur gurih dan renyah tepung tempura berpadu dengan kelezatan makanan yang digoreng di dalamnya.

Itulah daftar bahan makanan utama dalam masakan Jepang. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang masakan Jepang.

Tips Memesan Makanan di Restoran Jepang


Restoran Jepang

Ketika berkunjung ke restoran Jepang, memilih menu makanan dapat menjadi bingung jika bahasanya tidak kita pahami. Selain itu, cara penyajiannya yang unik dan cara makan yang berbeda dengan restoran lain dapat membuat kita merasa asing. Oleh karena itu, simak tips memesan makanan di restoran Jepang berikut ini.

Pesan Sushi Berdasarkan Nigiri dan Maki


Sushi

Sushi adalah salah satu menu populer di restoran Jepang. Penting bagi kita untuk mengetahui perbedaan antara maki dan nigiri. Maki sushi dibuat dengan cara membungkus nasi dan isian makanan dalam rumput laut. Sedangkan nigiri sushi berupa potongan nasi yang di atasnya diberi isian makanan seperti ikan mentah atau makanan laut lainnya. Jika ingin memesan sushi, pastikan kita sudah mengetahui jenis yang diinginkan dan silahkan berkonsultasi dengan pelayan restoran.

Cara Makan Noodles


Noodles

Noodles adalah hidangan yang sangat umum di restoran Jepang. Cara makan noodles umumnya dengan cara menghisaplah mie panjang dengan api yang cepat. Selain itu, saat memesannya, kita akan diberikan dua jenis saus yaitu teriyaki dan shoyu. Teriyaki adalah saus manis sedangkan shoyu adalah saus asin yang terbuat dari kedelai. Biasanya, saus ini dituangkan terlebih dahulu di dalam mangkuk, baru setelah itu noodles dan isian lainnya ditambahkan.

Cara Makan Wasabi dan Gari


Wasabi dan Gari

Wasabi dan Gari sering ditemui di restoran Jepang dan sering disajikan sebagai teman sushi. Wasabi adalah pasta hijau yang sangat pedas dan gari adalah irisan jahe merah muda yang memiliki rasa manis segar. Ketika ingin makan sushi, ambillah isian sushi, letakkan di atas wasabi sedikit lalu makan bersama dengan gari. Biasanya, wasabi dan gari dihidangkan dalam piring kecil.

Pahami Saji dan Sumpit


Saji dan Sumpit

Saji dan sumpit adalah alat makan yang digunakan di restoran Jepang. Saji adalah sendok kecil yang digunakan untuk mengambil kuah dan sisa makanan yang masih tersisa di dalam mangkuk. Sumpit atau hashi adalah alat makan yang biasanya terbuat dari kayu atau plastik. Ketika makan dengan sumpit, jangan bercampur dengan sendok dan garpu karena di restoran Jepang belum tentu tersedia.

Itulah tips memesan makanan di restoran Jepang. Dengan mengetahui tata cara penyajian dan cara makan, kami yakin kunjungan ke restoran Jepang akan lebih menyenangkan. Selamat mencoba!

Iklan