Selamat Sore


Selamat Sore Indonesia-Jepang

Selamat sore merupakan ucapan yang biasa digunakan oleh orang Indonesia jika bertemu pada sore hari. Di Jepang, kata-kata salam yang mirip dengan selamat sore adalah konnichiwa. Keduanya mengandung arti yang sama yaitu ucapan selamat datang. Karena itulah selamat sore dan konnichiwa bisa dikatakan memiliki persamaan sebagai ucapan salam ketika sore hari tiba.

Namun, persamaan antara Indonesia dan Jepang tidak berhenti sampai pada perbedaan bahasa dan salam yang digunakan saja, ada banyak hal lain yang membuat kedua negara tersebut memiliki kemiripan. Terlebih lagi, kedua negara ini sudah lama memiliki hubungan yang erat baik di bidang budaya, pendidikan, hingga ekonomi.

Di bidang budaya, Indonesia dan Jepang memiliki banyak kesamaan. Keduanya dikenal sebagai negara dengan keramahan tinggi terhadap orang asing. Selain itu, kedua negara juga sangat mendukung kemajuan industri kreatif seperti seni dan musik. Teknik origami dari Jepang juga banyak diadopsi ke dalam kebudayaan Indonesia. Bahkan, hingga kini aktivitas belajar karate yang berasal dari Jepang masih populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Bidang pendidikan juga menjadi hal yang memiliki banyak persamaan antara Indonesia dan Jepang. Baik Indonesia maupun Jepang sangat menjunjung tinggi pendidikan dan investasi di sektor ini selalu menjadi prioritas. Dalam sistem pendidikan, kedua negara ini juga menyadari pentingnya pendidikan karakter dan moral, seperti nilai-nilai sosial dan kebersamaan.

Selain pada bidang-bidang di atas, Indonesia dan Jepang juga memiliki kesamaan dalam sistem ekonomi. Jepang dan Indonesia keduanya memiliki sistem ekonomi yang konon cukup sukses dalam bidang perdagangan dan finansial. Pemerintah Jepang sangat berinvestasi di Indonesia dengan membukukan nilai investasi dari beragam bidang. Sementara itu, Indonesia juga mempelajari teknologi dan manajemen dari Jepang sesuai dengan pola pertumbuhan ekonomi di Jepang sebagai negara maju.

Hal-hal diatas menunjukkan bahwa ada banyak persamaan yang dimiliki oleh Indonesia dan Jepang. Persamaan ini tidak hanya terlihat secara simbolis, tapi juga sudah terjadi secara nyata. Kedua negara memiliki hubungan yang baik dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Hubungan ini tidak hanya di bidang diplomatik, tapi juga sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, persamaan antara Selamat Sore di Indonesia dengan Konnichiwa di Jepang hanya sebagian kecil dari banyak hal yang menjadi dasar hubungan baik antara kedua negara.

Kebudayaan yang Menarik di Sore Jepang


Kebudayaan yang Menarik di Sore Jepang

Selamat sore, Jepang! Banyak kebudayaan menarik di sore hari yang bisa kita jumpai di Jepang. Di mana pun kita berada di sana, pasti akan menemukan kebudayaan yang unik dan menarik, terutama saat sore tiba. Di artikel ini, kami akan membahas beberapa kebudayaan yang menarik di sore hari di Jepang. Mari kita mulai dari yang pertama, yaitu…

Sore adalah waktu untuk menikmati minuman tradisional

Saat sore tiba di Jepang, masyarakatnya cenderung memiliki waktu istirahat sejenak dari aktivitas mereka. Waktu ini juga menjadi waktu yang tepat untuk menikmati minuman tradisional yang disebut amazake, yaitu minuman yang terbuat dari beras ketan. Amazake merupakan minuman yang lezat dan terkenal di Jepang. Terlebih lagi, minuman ini juga dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu, amazake juga menjadi minuman yang cukup populer di kalangan turis. Jadi, jangan lupa untuk mencobanya saat berkunjung ke Jepang pada sore hari.

amazake

Menikmati keindahan sunset

Sore hari di Jepang juga menjadi waktu yang tepat untuk menikmati keindahan sunset. Negara ini memiliki banyak tempat indah yang bisa kita kunjungi untuk melihat sunset, seperti pantai atau pegunungan. Salah satu tempat terkenal untuk menikmati sunset adalah Danau Biwa. Danau ini merupakan danau terbesar di Jepang dan memiliki pemandangan yang indah untuk menikmati sunset. Tak hanya biwa, di Sapporo pun terdapat taman terkenal yang sangat cocok untuk melihat matahari terbenam. Namanya adalah Maruyama Park. Saat musim gugur tiba, pemandangan sunset menjadi sangat menawan dan memikat bagi pengunjung. Ada juga gunung tertinggi di Jepang, Gunung Fuji yang merupakan tempat terbaik untuk menikmati keindahan sunset. Keindahan sunset di atas Gunung Fuji dipercaya sebagai salah satu yang terbaik di dunia, di mana warna orange terlihat jelas di cakrawala.

Danau Biwa

Menikmati Jalan Sedekah

Sore hari di Jepang juga menjadi waktu yang tepat untuk menikmati Jalan Sedekah. Kegiatan ini dimulai pada periode Nanakusa dan New Year atau perayaan Tahun Baru. Jalan Sedekah merupakan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Jepang. Di Jalan Sedekah, masyarakat akan menjual barang-barang bekas yang masih layak pakai dan hasil dari keuntungan penjualannya akan diberikan kepada yayasan sosial atau yang membutuhkan. Selain menjual barang bekas, para penjual juga akan menawarkan makanan dan minuman lokal yang unik dan lezat.

Jalan Sedekah

Menikmati sesi Onsen di sore hari

Sesi Onsen di sore hari menjadi kegiatan yang sangat populer di Jepang. Onsen adalah pemandian air panas alami yang banyak ditemukan di pulau utama Jepang. Onsen biasanya dilengkapi dengan hotel atau penginapan yang akan memberikan Anda pengalaman menyenangkan sekaligus melepas lelah usai beraktivitas sepanjang hari. Dalam budaya Jepang, selama sesi onsen, para pengunjung diwajibkan untuk menggunakan keset kaki yang disediakan di tempat penyimpanan barang. Tak hanya itu, sebelum memasuki kolam onsen, pengunjung juga diharuskan mandi terlebih dahulu demi menjaga kebersihan serta kesehatan kolam. Kegiatan ini membantu tubuh Anda rileks dan melepas lelah usai aktivitas sepanjang hari.

Onsen

Nah, demikianlah beberapa kebudayaan menarik di sore hari yang bisa kita jumpai saat berkunjung ke Jepang. Tak hanya menarik, kebudayaan-kebudayaan tersebut juga bisa menjadi pengalaman yang unik dan bermanfaat bagi kita. Jadi, yuk planning liburan kita dan selamat menikmati kebudayaan-kebudayaan yang menarik dan unik di sore hari Jepang.

Menikmati Hidangan Malam di Jepang


Jepang Kuliner Malam

Jepang adalah salah satu negara dengan tradisi kuliner yang kaya dan beragam. Tak hanya siang hari, malam hari pun banyak hidangan lezat yang bisa dinikmati di sana. Berikut adalah beberapa rekomendasi hidangan malam di Jepang yang bisa Anda cicipi.

1. Kushikatsu (sate goreng)

Kushikatsu

Kushikatsu adalah sate goreng khas Jepang yang terdiri dari daging, sayuran, atau seafood yang ditusuk ke tusukan bambu, kemudian digoreng dalam minyak panas. Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus spesial yang pedas dan asin. Kushikatsu sangat populer di Osaka, dan ada banyak kedai yang menjual hidangan ini. Harga Kushikatsu mulai dari 100 sampai 300 yen per tusukannya.

2. Robatayaki (barbecue Jepang)

Robatayaki

Robatayaki adalah hidangan barbecue khas Jepang yang disajikan dengan cara menaruh daging atau seafood di atas panggangan yang terbuat dari kayu. Di beberapa restoran, para tamu akan duduk di sekitar panggangan dan memilih langsung makanan yang diinginkan, Kemudian makanan itu akan diolah langsung oleh chef yang keahlian dalam membuat hidangan ini. Harga Robatayaki mulai dari 2.000 hingga 5.000 yen per porsinya.

3. Ramen (mi kuah)

Ramen Jepang

Ramen adalah mi yang dimasak dalam kuah kaldu yang dibuat dari tulang babi atau ayam. Hidangan ini biasanya disajikan dengan telur, daging, rumput laut, dan bumbu-bumbu lainnya. Ramen adalah hidangan yang sangat populer di seluruh Jepang, dan setiap daerah memiliki jenis ramen yang berbeda-beda. Terdapat varian ramen pedas dan non-pedas. Harga Ramen mulai dari 500 hingga 1.500 yen per porsinya.

4. Yakiniku (grill Jepang)

Yakiniku

Yakiniku adalah hidangan grill khas Jepang yang terdiri dari daging sapi, domba, babi, dan jenis seafood lainnya. Hidangan ini disajikan dalam bentuk potongan kecil dan memiliki berbagai jenis saus untuk dipadu-padankan. Para tamu biasanya memasak sendiri hidangan ini di atas grill yang disediakan, sehingga mereka dapat mengontrol tingkat kematangan dan cita rasa daging tersebut. Harga Yakiniku mulai dari 2.000 hingga 5.000 yen per porsinya.

5. Okonomiyaki (pancake Jepang)

Okonomiyaki

Okonomiyaki adalah pancake gurih yang berasal dari Osaka, Jepang. Hidangan ini terbuat dari tepung, telur, kubis, daging, seafood, dan bahan-bahan lainnya. Biasanya dihidangkan dengan saus spesial dan mayones, serta rumput laut dan bonito flakes yang dihiasi di bagian atasnya. Okonomiyaki dapat ditemukan di hampir semua restoran yang menyajikan hidangan Jepang. Harga Okonomiyaki mulai dari 500 hingga 1.500 yen per porsinya.

Itulah beberapa rekomendasi hidangan malam di Jepang yang bisa Anda nikmati. Jangan lupa mencoba hidangan-hidangan tersebut saat berkunjung ke Jepang ya!

Gaya Hidup Sore di Jepang yang Unik dan Menarik


Sore di Jepang

Indonesia dan Jepang memiliki beberapa persamaan dari berbagai segi, seperti adab yang kaku dan tingkat disiplin yang tinggi. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah upacara sore di Jepang yang begitu kental dengan nilai-nilai kebersamaan.

Bagi masyarakat Jepang, sore adalah waktu untuk bersantai setelah lelah bekerja seharian. Selain itu bagi mereka, sore adalah waktu yang cocok untuk beristirahat, bersenda gurau dengan keluarga, atau sekedar bersantai di taman. Namun, ada beberapa kebiasaan unik dan menarik yang dilakukan oleh masyarakat Jepang saat sore hari tersebut, seperti:

1. Istirahat sejenak dengan Ochaya
Ochaya adalah tradisi minum teh hijau yang sangat kental dengan nilai-nilai kebersamaan warga Jepang. Di sore hari, kebanyakan warga Jepang akan beristirahat sejenak dengan minum teh hijau dan makanan kecil, seperti manisan atau kerupuk jagung di kedai teh tradisional atau bahkan di halaman rumah mereka. Dalam kebiasaan masyarakat Indonesia, juga memiliki tradisi serupa dengan minum teh bersama keluarga atau teman-teman dekat.

Ochaya

2. Menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam
Bagi warga Jepang, matahari terbenam adalah pemandangan yang begitu indah dan digandrungi. Ada banyak tempat yang dirancang khusus untuk menikmati keindahan matahari terbenam, seperti di pantai, sungai atau bahkan di jembatan. Di sana, warga Jepang bisa menikmati suasana sore yang indah sambil menikmati keindahan alam yang diberikan oleh sang pencipta.

Matahari terbenam

3. Memasak bersama-sama di dapur
Di sore hari, warga Jepang biasanya memasak bersama-sama di dapur. Kegiatan ini dilakukan bersama-sama seluruh anggota keluarga sebagai bentuk kebersamaan dan kerukunan keluarga. Dalam kebiasaan masyarakat Indonesia, juga dilakukan serupa seperti memasak bersama dan biasanya di akhir pekan bersama keluarga dan teman.

Memasak bersama-sama di dapur

4. Bermain game tradisional
Di sore hari, warga Jepang juga biasanya memainkan permainan tradisional, seperti Koi-Koi, Karuta dan Shogi. Dalam kebiasaan masyarakat Indonesia, juga dilakukan serupa seperti bermain game tradisional menggunakan kayu atau batu yang biasanya dilakukan saat musim penghujan tiba.

Game tradisional jepang

Dalam kegiatan sore hari, warga Jepang begitu kental dengan nilai-nilai kebersamaan dan kerukunan. Untuk itu bagi kita sebagai masyarakat Indonesia juga perlu menjadikan waktu sore sebagai waktu untuk bersantai dan menikmati hidup, untuk memupuk kerukunan keluarga dan mempererat hubungan sosial. Sebagai negara yang kaya akan budaya, perlu mempertahankan karena sejarah di masa lampau. Inti kegiatan ini tidak hanya menyenangkan saja, tetapi juga untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan dan persatuan.

Tips Berwisata di Jepang pada Waktu Sore Hari


Jepang pada malam hari

Jepang adalah salah satu destinasi wisata yang paling populer di dunia, dan tidak hanya terkenal karena keindahan alamnya atau bangunan-bangunan kuno yang terjaga dengan baik, tetapi juga karena budayanya yang beragam dan menarik. Salah satu waktu yang paling cocok untuk berwisata di Jepang adalah sore hari. Saat itu, suasana menjadi lebih tenang dan lebih dingin, sehingga memberikan pengalaman wisata yang lebih menyenangkan.

1. Menyaksikan Sunset di Pantai Zushi

Pantai Zushi

Pantai Zushi adalah tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat sore hari. Terletak di dekat kota Kamakura, pantai ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler dan udara laut yang segar. Di sini, Anda bisa duduk bersantai sambil menikmati pemandangan pantai, mendengarkan ombak laut, dan menikmati makanan lezat khas Jepang seperti Okonomiyaki atau Takoyaki.

2. Menjelajahi Taman Shinjuku Gyoen

Taman Shinjuku Gyoen

Taman Shinjuku Gyoen adalah salah satu taman terbesar di kota Tokyo. Taman ini merupakan tempat yang ideal untuk menikmati keindahan alam pada sore hari, karena pemandangan matahari terbenam yang luar biasa di sana. Selain itu, di taman ini juga terdapat kebun bunga yang indah, dan Anda bisa menjelajahi berbagai aliran air dan kolam ikan.

3. Berjalan-jalan di Kuil Fushimi Inari Taisha

Kuil Fushimi Inari Taisha

Kuil Fushimi Inari Taisha merupakan salah satu kuil yang terkenal di Jepang. Kuil ini terletak di Kyoto dan merupakan tempat yang ideal untuk berjalan-jalan pada sore hari. Dengan jumlah gerbang torii yang mencapai 10.000 buah, membuat kamu betah untuk berjalan-jalan. Kamu dapat menikmati indahnya matahari terbenam dan keindahan bangunan kuil tradisional Jepang.

4. Berbelanja di Pasar Seni Nakamise

Senso ji Nakamise

Pasasr Seni Nakamise terletak di kawasan Senso-ji di Asakusa. Tempat ini di ramaikan oleh ratusan pedagang, dan kamu dapat menemukan berbagai jenis pernak-pernik Jepang. Dari mainan tradisional Jepang, souvenirs khas Jepang hingga kain tradisional kimono tersedia di sini. Selain itu, di Nakamise juga terdapat berbagai toko makanan yang menjual makanan lezat seperti Imagawa yaki dan Kibidango.

5. Menikmati Makanan Malam di Kuil Yasaka

Kuil Yasaka

Saat gelap, dan malam pertama tiba, Biasanya, Kuil Yasaka akan dinyalakan pada sore hari merayakan ajang makanan, dan lampu hijau di atap kuil tersebut menyala menandakan kuil sudah buka. Disungguhkan berbagai makanan, seperti Okonomiyaki, Yakitori dan lain-lain sudah disajikan di sana. Ditemani dengan suasana malam yang hangat, kamu juga akan dihibur dengan tampilan festival Jepang dan musik live.

Jadi buruan jangan sampai ketinggalan untuk menjelajahi Jepang pada waktu sore hari. Berbagai pengalaman unik dan menarik menunggu kamu!

Iklan