Budaya Buang Air Besar di Jepang


Budaya Buang Air Besar di Jepang

Di Jepang, budaya yang ketat tentang kebersihan sanitasi sangat penting dan hal tersebut juga berlaku pada saat buang air besar (BAB). Bahkan, ketika berada di WC umum seperti di restoran atau stasiun kereta api, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi agar tidak mengganggu orang lain dan mempertahankan kebersihan toilet yang baik.

Salah satu peraturan yang sangat penting dalam budaya buang air besar di Jepang adalah dengan menggunakan toilet duduk yang merupakan jenis toilet yang sangat umum ditemukan di negara tersebut. Kursi di atas lubang toilet ditempatkan pada ketinggian yang lebih rendah sehingga pengguna harus membungkuk saat menggunakan toilet tersebut. Selain itu, toilet duduk Jepang juga dilengkapi dengan fitur bidet atau semprotan air untuk membantu membersihkan diri. Hal ini memperlihatkan bahwa Jepang sangat menjaga kebersihan toilet dan sanitasi setiap pengguna.

Di beberapa toilet umum, ada sangat sedikit atau bahkan tidak ada tisu toilet. Biasanya, pengguna harus membawa tisu mereka sendiri untuk membersihkan diri. Jadi, saat berkunjung ke toilet umum di Jepang, selalu lebih aman untuk membawa tisu sendiri atau membelinya di toko kelontong terdekat.

Selain itu, toilet dipandang sebagai ruangan yang sangat intim di Jepang dan secara tradisional, orang Jepang cenderung membicarakannya secara sopan dan terbatas. Oleh karena itu, saat di toilet umum, sangat penting untuk menjaga suara saat buang angin atau ketika membuang kotoran. Jika membuang angin yang keras dan suaranya keluar, maka orang yang berada di sebelah ruangan tersebut akan merasa sangat tidak nyaman. Hal yang sama juga berlaku ketika berkumur-kumur saat menyikat gigi di wastafel umum di Jepang.

Di beberapa tempat umum, seperti stasiun atau taman, terkadang didirikan toilet dengan konsep unik dan kekinian. Ada beberapa toilet yang di beri tulisan di depan pintu masuk menggunakan kalimat yang kreatif agar pengunjung tertarik untuk menggunakannya. Selain itu, pengguna akan disuguhkan dengan toilet yang sangat nyaman dan teknologi yang canggih.

Jadi, bagi traveler yang berkunjung ke Jepang, penting untuk mengikuti aturan toilet dan menjaga kebersihan. Menggunakan toilet duduk, membawa tisu toilet sendiri, menjaga ketenangan, dan mengembangkan rasa kebersihan dan sanitasi adalah cara terbaik untuk menjaga supaya kebersihan toilet tetap terjaga di Jepang.

Toilet Premium ala Jepang


Toilet Premium ala Jepang

Di Jepang, kebersihan sangat dihargai dan dijunjung tinggi. Hal itu tidak hanya terlihat dalam keseharian, tetapi juga pada fasilitas umum seperti toko, restoran, dan toilet. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya akan toilet yang bersih, nyaman, dan lengkap dengan fasilitas canggih, Jepang mempunyai toilet premium yang sangat mewah dan modern.

Toilet premium ala Jepang merupakan inovasi teknologi toilet yang berkembang pesat sejak pertengahan abad ke-20 di Jepang. Di mana, inovasi ini terus dikembangkan dan menghasilkan toilet yang dilengkapi dengan segala fitur yang mungkin sulit ditemukan di tempat lain. Toilet ini mempunyai fitur canggih yang bisa membuat penggunanya merasa lebih nyaman, seperti dudukan toilet yang dapat bergerak, pembersih otomatis, hingga pengharum udara.

Toilet premium ala Jepang tersedia di banyak tempat umum seperti pusat perbelanjaan, bandara, hotel, dan area wisata. Jepang menganggap toilet publik adalah cerminan standar kebersihan masyarakatnya, oleh karena itu tempat-tempat umum pun menyediakan toilet yang berkelas dan sangat bersih.

Tidak hanya menyediakan toilet yang bersih, toko, restoran, dan hotel di Jepang juga memiliki toilet premium yang sangat mewah dan lengkap dengan penampilan yang elegan. Biasanya toilet ini terpisah dari toilet umum dan hanya bisa digunakan oleh tamu atau pengunjung VIP. Toilet ini dilengkapi dengan fasilitas berkelas seperti sepatu rajut, pengharum udara, dispenser tisu toilet, dan dudukan toilet yang dapat bergerak.

Jangan kaget jika, di beberapa toilet premium ala Jepang juga dilengkapi dengan teknologi canggih seperti elektronik pintar. Misalnya, adalah teknologi flush otomatis. Ketika pengguna telah selesai, toilet akan otomatis menyiramnya. Bahkan, beberapa toilet premium mahal memiliki teknologi yang terkoneksi dengan telepon genggam pengguna. Jadi, pengguna dapat mengontrol banyak fitur toilet menggunakan aplikasi di telepon mereka.

Di Indonesia pun, terdapat beberapa toilet publik yang sudah mengaplikasikan toilet premium ala Jepang. Biasanya toilet ini terdapat di restoran Cina atau Jepang, hotel berbintang lima, dan pusat perbelanjaan. Toilet Jepang di Indonesia ini mengusung standar kebersihan yang sangat tinggi dan dilengkapi dengan teknologi canggih untuk memuaskan kebutuhan penggunanya.

Toilet premium ala Jepang memang sangat terkenal dengan inovasi teknologi yang jumlahnya sangat banyak. Tetapi, dengan kemampuan untuk menyediakan kebersihan, kenyamanan, dan fitur canggih yang memadai, kini banyak orang di Indonesia yang lebih mempertimbangkan toilet premium ala Jepang saat berpergian atau keluar rumah.

Bahasa Jepang Spesifik untuk Buang Air Besar


Bahasa Jepang Spesifik untuk Buang Air Besar

Mungkin tidak semua orang tahu, bahasa Jepang memiliki banyak frasa atau kata-kata spesifik yang digunakan dalam niat buang air besar.

Kalau di Indonesia, biasanya kita hanya mengucapkan “mau ke kamar mandi” atau “mau buang air besar”. Namun, di Jepang, mereka punya beberapa frasa unik seperti ichi-kai en ni iku (satu kali pergi ke toilet) atau o-shiri o kakaru (mulai duduk di toilet).

Namun, terkadang, beberapa frasa buang air besar spesifik bahasa Jepang ini bisa menimbulkan kebingungan bagi orang yang mempelajarinya atau bahkan bisa mengundang tawa karena tidak biasa di dengar dalam keseharian. Apalagi jika tidak belajar bahasa ini secara formal.

Di sisi lain, bahasa Jepang juga memiliki beberapa istilah yang biasanya jarang diketahui oleh orang Indonesia, seperti “washlet,” yang merupakan toilet yang sudah dilengkapi dengan teknologi canggih seperti pemanas dan shower atau “turu toire” yang dapat diartikan menjadi “toilet portabel.” Hal ini mungkin bisa mengedukasi orang pada keunikan budaya di Jepang yang berbeda dengan Indonesia.

Maka dari itu, ada baiknya jika kita sebagai pelajar bahasa Jepang memperhatikan dan belajar beberapa frasa atau kata spesifik untuk buang air besar ini agar tidak salah persepsi dan bisa menyesuaikan diri dengan kebudayaan di Jepang.

Toilet Umum Ramah dan Bersih di Jepang


Toilet Umum Ramah di Jepang

Bagi kita, kebersihan toilet pasti menjadi hal yang penting. Di Jepang sendiri, kebersihan toilet umum juga merupakan hal yang sangat penting dan mereka sangat memperhatikan kualitas dan kebersihan dari toilet umum yang mereka sediakan. Toilet umum yang ada di Jepang dikenal dengan sebutan Toire atau Toiretto.

KARAKTERISTIK TOILET UMUM DI JEPANG

Kebersihan dan kualitas dari toilet umum di Jepang memang terjamin dan sangat istimewa dibanding negara lain. Beberapa karakteristik tersebut antara lain:

1. Ditata Rapi

Di Jepang, toilet umum dibangun dengan rapi dan teratur. Semua perlengkapan yang ada di dalamnya diatur dengan rapi sehingga membuat pengunjung merasa nyaman saat menggunakan.

2. Dilengkapi dengan Peralatan Canggih

Di toilet umum di Jepang, kita akan menemukan toilet dengan sistim otomatis yang canggih. Contohnya adalah toilet yang dapat menghangatkan tempat duduk, mengatur tekanan air, dan lain-lain. Ada bahkan toilet yang dilengkapi dengan bidet dan pengering. Hal ini membuat toilet di Jepang sangat nyaman digunakan.

3. Dilengkapi dengan Papan Informasi

Setiap toilet umum di Jepang dilengkapi dengan papan informasi yang berisi petunjuk cara menggunakan toilet tersebut. Misalnya, seperti cara menggunakan bilik yang didesain untuk tuna daksa, peringatan agar tidak membuang sampah pada toilet, dan cara membersihkan toilet apabila terkena kotoran.

4. Disediakan oleh Pemerintah Setempat

Toilet umum di Jepang disediakan oleh pemerintah setempat. Hal ini membuat toilet umum tersebar di seluruh wilayah Jepang, baik di kota maupun di pedesaan.

5. Dijaga dengan Ketat

Toilet umum di Jepang dijaga dengan ketat oleh petugas kebersihan yang bertugas membersihkan toilet secara berkala dan menyediakan perlengkapan di toilet yang dijaganya. Petugas kebersihan tersebut juga selalu siap membantu pengguna toilet jika memerlukan bantuan.

6. Ramah Lingkungan

Kebersihan dan keindahan toilet umum di Jepang dipertahankan tidak hanya dari segi kecanggihan teknologi dan pengawasan, tetapi juga melalui program gerakan ramah lingkungan. Toilet di Jepang dirancang dengan memperhatikan penghematan air dan pengolahan air limbah sehingga membuat toilet umum di Jepang menjadi sangat ramah lingkungan.

CONTOH TOILET UMUM DI JEPANG

Berikut ini adalah contoh toilet umum yang ada di Jepang:

Toilet Umum Jepang

1. Toilet Umum di Stasiun Kereta

Di stasiun kereta di Jepang, kita akan menemukan toilet umum yang dilengkapi dengan perlengkapan canggih seperti pengering rambut, tempat duduk yang dilengkapi dengan pemanas, dan lain-lain. Toilet tersebut juga dilengkapi dengan kursi untuk orang tua atau ibu hamil.

2. Toilet Umum di Tempat Wisata

Di tempat wisata seperti taman atau kuil, kita juga akan menemukan toilet umum yang sangat bersih dan terjaga kualitasnya. Toilet di tempat wisata juga biasanya dilengkapi dengan alat pengering tangan dan sabun cuci tangan.

3. Toilet Umum di Ruang Publik

Toilet umum di ruang publik seperti dalam mal atau pusat perbelanjaan biasanya sangat luas dan terdiri dari beberapa bilik, sehingga dapat menampung pengunjung yang ingin menggunakan toilet sekaligus.

4. Toilet Umum di Sekolah

Toilet yang ada di sekolah juga sangat bersih dan terawat. Petugas kebersihan biasanya sangat ketat dalam menjaga kebersihan toilet di sekolah. Ada fasilitas wastafel dan juga tempat sampah yang memudahkan siswa dalam menjaga kebersihan toilet.

5. Toilet Umum di Restoran atau Cafe

Toilet di restoran atau cafe biasanya terletak di luar ruangan, tetapi tidak menurunkan kualitas dan kebersihan dari toilet tersebut. Toilet di kedai makanan atau restoran juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti tempat sampah dan alat pengering tangan yang mendukung kebersihan toilet tersebut.

Kesimpulannya, toilet umum yang ada di Jepang selalu menjadi perhatian penting untuk kualitas dan kebersihannya. Bagi wisatawan, bisa menjadi pengalaman yang asing, sambil menikmati perbedaan yang berbeda dari toilet umum di negeri mereka.

Iklan