Table of contents: [Hide] [Show]

Arti Makasih dalam Bahasa Jepang


makasih dalam bahasa jepang

Terima kasih atau makasih merupakan kata yang sering kita ucapkan sebagai ucapan rasa syukur atau penghargaan atas suatu perbuatan baik yang dilakukan oleh seseorang. Namun, tahukah kamu bahwa dalam bahasa Jepang, terdapat beragam cara untuk mengungkapkan rasa terima kasih? Berikut ini adalah beberapa ekspresi makasih dalam bahasa Jepang yang patut kamu pelajari:

1. Arigatou gozaimasu (ありがとう ございます)

arigatou gozaimasu

Arigatou gozaimasu merupakan kata-kata terima kasih dalam bahasa Jepang yang paling umum dan formal. Ekspresi ini biasanya digunakan ketika kamu ingin mengucapkan rasa terima kasih secara resmi dan sopan, seperti kepada atasan di tempat kerja atau kepada orang yang lebih tua.

Saat kamu mengucapkan arigatou gozaimasu, pastikan untuk menambahkan ekspresi kehormatan pada akhir kalimat dengan menyebutkan nama orang yang kamu ucapkan terima kasih. Contohnya adalah “Arigatou gozaimasu, Smith-san” yang artinya “terima kasih banyak, Pak Smith”.

Jangan lupa bahwa dalam bahasa Jepang, penambahan sufiks -san di akhir nama orang menunjukkan rasa hormat dan sopan santun.

2. Arigatou (ありがとう)

arigatou

Arigatou merupakan bentuk sederhana dari kata terima kasih yang lebih akrab dalam bahasa Jepang. Ekspresi ini lebih cocok digunakan untuk situasi informal atau santai seperti ketika kamu mengucapkan terima kasih kepada teman atau keluarga.

Meski penambahan ekspresi kehormatan seperti -san tidak diperlukan saat menggunakan kata arigatou, tetaplah memperhatikan situasi dan konteks saat mengucapkan kata ini agar tidak terkesan kurang sopan dan tidak disesuaikan dengan situasi yang tepat.

3. Domo arigatou gozaimasu (どうもありがとう ございます)

domo arigatou gozaimasu

Dalam bahasa Jepang, kata domo di depan arigatou menunjukkan rasa terima kasih yang lebih kuat dan intensif. Ungkapan ini mengandung makna “terima kasih yang sangat dalam” atau “terima kasih yang tak terukur”.

Domo arigatou gozaimasu lebih cocok digunakan dalam situasi di mana kamu merasa benar-benar terbantu dan terberkatilah dengan bantuan seseorang. Ekspresi ini juga umum digunakan pada saat perpisahan atau akhir pertemuan yang berlangsung lama.

4. Doumo arigatou (どうもありがとう)

doumo arigatou

Bentuk lain dari ekspresi makasih dalam bahasa Jepang adalah doumo arigatou. Kata doumo yang artinya “terima kasih” juga digunakan untuk mengekspresikan rasa syukur dan penghormatan, tetapi lebih akrab dan santai jika dibandingkan dengan domo arigatou gozaimasu.

Doumo arigatou biasanya digunakan untuk mengucapkan terima kasih kepada orang yang sama-status atau kurang formal seperti teman sebaya yang berada dalam lingkup teman atau keluarga dekat. Ungkapan ini juga mencakup makna “terima kasih banyak”, “terima kasih sebanyak-banyaknya” dan “terima kasih atas segalanya”.

5. Kansha shimasu (感謝します)

kansha shimasu

Kansha shimasu artinya “saya bersyukur” atau “saya sangat menghargai”. Ungkapan ini mengandung makna lebih dalam dan tegas, sehingga cocok digunakan saat kamu ingin mengekspresikan rasa terima kasih yang sangat dalam atas bantuan atau perbuatan baik seseorang.

Kata tsukue (meja) bisa dimasukkan sebagai objek dengan cara menambahkan kata no (yang berarti ‘milik’) seperti kansha shimasu no tsukue, yang berarti “saya sangat berterima kasih atas meja kamu” atau “saya sangat menghargai meja kamu”.

Nah, itulah beberapa ungkapan makasih dalam bahasa Jepang yang harus kamu ketahui. Ingatlah untuk memilih ekspresi terima kasih yang tepat sesuai dengan situasi dan konteks yang kamu hadapi agar kamu tidak terkesan tidak sopan atau kurang hormat. Semoga bermanfaat!

Makasih dalam Bahasa Jepang


Makasih dalam Bahasa Jepang

Makasih atau terima kasih adalah kata yang sangat sering kita ucapkan dalam keseharian kita sebagai pengucap rasa terimakasih. Tidak hanya di Indonesia saja, di seluruh dunia, mengucapkan terima kasih adalah suatu tanda sopan santun yang wajib dilakukan. Bahkan, di dalam bahasa Jepang sendiri, terdapat berbagai macam kata yang bisa digunakan untuk menyatakan rasa terimakasih. Mari kita bahas lebih lanjut tentang “makasih dalam bahasa Jepang”.

Arigatou Gozaimasu


Arigatou Gozaimasu

Salah satu kata yang paling sering digunakan dalam menyatakan terima kasih dalam bahasa Jepang ialah “Arigatou Gozaimasu”. Ungkapan “Arigatou Gozaimasu” terdengar formal dan sopan, sehingga umumnya dipakai dalam konteks situasi formal atau resmi seperti di kantor, rumah sakit, atau situasi resmi lainnya. Meskipun begitu, kata ini tetap bisa digunakan dalam situasi sehari-hari jika kamu ingin memberikan kesan yang lebih sopan dalam menyatakan terima kasih. Ungkapan “Arigatou Gozaimasu” juga sering kali digunakan dalam beberapa bahasa lainnya seperti dalam bahasa Korea, Vietnam, dan beberapa negara Asia lainnya.

Arigato


Arigato

Kata “Arigato” juga merupakan salah satu kata yang digunakan dalam bahasa Jepang untuk menyatakan rasa terimakasih. Kata “Arigato” terdengar lebih santai dan informal jika dibandingkan dengan “Arigatou Gozaimasu”. Kata “Arigato” biasanya digunakan dalam situasi yang lebih santai atau kekeluargaan untuk mengungkapkan rasa terimakasih. Misalnya, ketika kamu memberikan hadiah kepada teman baikmu di acara ulang tahun, kamu dapat mengucapkan “Arigato” dengan nada suara yang lebih kekeluargaan dan tidak terlalu formal.

Doumo Arigatou Gozaimashita


Doumo Arigatou Gozaimashita

Kata “Doumo Arigatou Gozaimashita” merupakan kata yang tidak asing bagi orang-orang yang telah belajar bahasa Jepang atau sering berinteraksi dengan orang Jepang. Ungkapan “Doumo Arigatou Gozaimashita” digunakan untuk mengungkapkan rasa terimakasih yang lebih mendalam dan sering digunakan dalam situasi yang membutuhkan rasa terima kasih yang lebih besar seperti ketika kamu mendapat pertolongan yang besar dari orang lain, atau ketika kamu ingin mengucapkan terima kasih yang mendalam untuk acara atau acara resmi. Kata “Doumo” dalam kalimat ini menyatakan bahwa kamu sangat bersimpati dan merasa sangat terbantu oleh tindakan orang yang kamu ucapkan terima kasih.

Kansha shimasu


Kansha shimasu

Kansha shimasu adalah salah satu kata yang digunakan dalam bahasa Jepang untuk menyatakan rasa terimakasih. Ungkapan “Kansha shimasu” terdengar lebih sopan dan formal dibandingkan dengan “Arigato”, namun tidak seformal dengan “Arigatou Gozaimasu”. Ungkapan ini bisa digunakan untuk mengungkapkan rasa terimakasih dalam situasi yang membutuhkan kesan yang lebih sopan dan resmi seperti dalam sebuah acara presentasi atau di dalam kelas bisnis.

Shitsurei shimasu


Shitsurei shimasu

Terakhir, kata “Shitsurei shimasu” juga bisa digunakan sebagai bentuk ucapan terima kasih dalam bahasa Jepang. Namun, penggunaannya tidak pada konteks ucapan terima kasih seperti yang kita ketahui. Kata ini lebih banyak digunakan untuk mengungkapkan sebuah permintaan maaf. Kata “Shitsurei” artinya adalah tindakan tidak sopan, sehingga penggunaan “Shitsurei shimasu” biasanya berarti bahwa kita meminta maaf untuk tindakan yang tidak baik atau tidak sopan yang telah kita lakukan. Contohnya, ketika kamu meminta izin untuk meninggalkan ruangan, kamu bisa mengucapkan “Shitsurei shimasu” sebagai bentuk permintaan maaf sebelum kamu keluar ruangan.

Itulah beberapa kata yang bisa digunakan untuk menyatakan rasa terimakasih dalam bahasa Jepang. Namun, saat kamu mengucapkan terima kasih, atau kata “Makasih”, tidak perlu khawatir tentang kata yang tepat untuk digunakan. Selalu ingat untuk mengucapkan kata-kata yang sopan dan sesuai dengan situasi yang dihadapi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mempelajari bahasa Jepang!

Berbagai Ungkapan Terima Kasih dalam Bahasa Jepang


Terima Kasih dalam Bahasa Jepang

Terima kasih, sebuah ungkapan kecil yang dapat menghasilkan banyak kebahagiaan dan rasa hormat diantara seseorang. Di Indonesia, kita terbiasa mengucapkan terima kasih dengan ucapan yang sederhana seperti “makasih” atau “salamat”. Namun di Jepang, terdapat berbagai jenis ungkapan terima kasih yang beragam dan memiliki makna yang berbeda-beda tergantung pada konteks dan situasi yang berlangsung. Berikut adalah beberapa ungkapan terima kasih dalam bahasa Jepang yang berbeda yang perlu Anda ketahui.

Arigatou Gozaimasu (ありがとう ございます)


Arigatou Gozaimasu

Ungkapan “Arigatou Gozaimasu” adalah bentuk terima kasih yang paling umum dan sering dipakai di Jepang. Ungkapan ini mengandung arti rasa terima kasih yang sangat dalam dan formal. Biasanya, ungkapan ini digunakan ketika kita ingin mengucapkan terima kasih kepada seseorang yang lebih senior, atau ketika kita ingin menunjukkan rasa hormat yang lebih tinggi terhadap seseorang.

Arigatou Gozaimashita (ありがとうございました)


Arigatou Gozaimashita

Ungkapan “Arigatou Gozaimashita” adalah bentuk terima kasih yang formal dan tepat waktu. Ungkapan ini biasanya digunakan setelah seseorang telah melakukan suatu hal yang membantu atau memberikan manfaat pada Anda. Dalam hal ini, ungkapan ini dapat diartikan sebagai “sudah cukup”, dan menunjukkan rasa terima kasih yang tulus atas bantuannya.

Doumo Arigatou Gozaimasu (どうも ありがとう ございます)


Doumo Arigatou Gozaimasu

Ungkapan “Doumo Arigatou Gozaimasu” adalah bentuk terima kasih yang formal. Ungkapan ini biasanya digunakan dalam situasi-situasi yang formal, seperti pada acara resmi atau pertemuan bisnis. Kata “Doumo” juga sama dengan kata “thank you ” dalam bahasa Inggris, sehingga ungkapan ini dapat diartikan sebagai “terima kasih banyak”.

Sumimasen Arigatou Gozaimasu (すみません ありがとう ございます)


Sumimasen Arigatou Gozaimasu

“Sumimasen Arigatou Gozaimasu” adalah bentuk terima kasih yang agak unik. Ungkapan ini sering digunakan ketika kita ingin mengucapkan terima kasih dan meminta maaf dalam satu kalimat. Hal itu dilakukan karena seseorang merasa terganggu atau merepotkan orang lain. Ungkapan “sumimasen” di sini diartikan sebagai permintaan maaf, sementara “Arigatou Gozaimasu” menunjukkan rasa terima kasih yang tulus.

Otsukaresama Deshita (お疲れ様でした)


Otsukaresama Deshita

Pada dasarnya, ungkapan “Otsukaresama Deshita” memiliki arti “Anda terlihat sudah lelah setelah bekerja keras” atau “Anda telah melakukan pekerjaan yang hebat”. Ungkapan ini biasanya digunakan untuk menyampaikan terima kasih pada seseorang yang telah melakukan pekerjaan yang sangat keras atau melelahkan, seperti pada rekan kerja atau staf yang bekerja di hotel.

Setiap negara memiliki adat dan cara tersendiri untuk memberikan ucapan terima kasih pada orang lain. Meskipun masing-masing ungkapan memiliki makna yang berbeda, namun inti dari ucapan terima kasih tersebut sama. Terima kasih bukan hanya sebuah kata, namun juga sebuah tindakan untuk menunjukkan rasa penghargaan dan menghargai seseorang. Jika kita mampu mengucap terima kasih dengan tulus, maka akan tumbuh rasa solidaritas dan persaudaraan yang harmonis antara satu dengan yang lainnya.

Makasih dalam Bahasa Jepang


Makasih dalam Bahasa Jepang

Makasih atau terima kasih, adalah sebuah ungkapan rasa apresiasi atau terima kasih yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua orang pasti sudah tahu dan sering menggunakan ungkapan ini. Namun, apakah kamu tahu bagaimana cara mengucapkan makasih dalam bahasa Jepang?

Konichiwa, Arigatou Gozaimasu!


Arigatou Gozaimasu

Salah satu cara mengucapkan makasih dalam bahasa Jepang adalah dengan mengatakan “Arigatou Gozaimasu”. Ungkapan ini merupakan ungkapan yang formal dan sangat sopan, jika kamu ingin mengucapkan terima kasih dalam situasi formal maka ungkapan ini sangat cocok untuk digunakan. Namun, apabila kamu ingin mengatakan terima kasih dalam situasi yang lebih santai maka kamu bisa menggunakan ungkapan “Arigatou” saja.

Terima Kasih dalam Situasi Lainnya


terima kasih

Selain dua ungkapan di atas, ada juga beberapa ungkapan lain yang dapat digunakan untuk mengucapkan terima kasih dalam bahasa Jepang, diantaranya adalah:

  1. Doumo Arigatou Gozaimasu, ungkapan ini memiliki makna yang sama dengan Arigatou Gozaimasu, namun digunakan untuk situasi yang lebih formal.
  2. Makoto ni Arigatou Gozaimasu, ungkapan ini memiliki arti terima kasih yang tulus dan sering digunakan dalam ucapan selamat atau ucapan terima kasih yang spiitual.
  3. Kansha Shimasu, ungkapan ini juga bermakna “terima kasih” namun lebih ditujukan untuk memberikan rasa hormat kepada orang yang telah memberikan bantuan atau dukungan.

Cara mengucapkan terima kasih dalam bahasa Jepang sangat mudah, cukup pelajari beberapa ungkapan di atas dan kamu sudah bisa mengucapkan terima kasih dengan sopan dan santun.


sikap

Menunjukkan rasa terima kasih tidak hanya dilakukan dengan mengatakan kata-kata, sikap juga sangat penting dalam menunjukkan rasa terima kasih. Dalam budaya Jepang, menunjukkan rasa terima kasih dengan sikap adalah hal yang sangat penting. Beberapa sikap yang dapat dilakukan untuk menunjukkan rasa terima kasih antara lain:

  1. Menundukkan kepala, hal ini menunjukkan rasa hormat dan menghargai lawan bicara.
  2. Menganggukan kepala, hal ini menunjukkan bahwa kamu memahami ucapan atau pertanyaan lawan bicara dan memberikan respon yang positif.
  3. Memasang senyum, hal ini menunjukkan bahwa kamu merasa senang atau berterima kasih.
  4. Memberikan hadiah, memberikan hadiah atau suvenir kecil juga menjadi salah satu cara untuk menunjukkan rasa terima kasih.

Dalam budaya Jepang, mengucapkan terima kasih dengan sopan dan menunjukkan sikap yang sopan dan santun sangat penting. Hal ini menunjukkan bahwa kamu menghargai dan menghormati orang lain.

Kapan tepat menggunakan kata makasih


Makasih dalam bahasa jepang

Makasih adalah kata yang sering kita gunakan dalam Bahasa Indonesia untuk mengungkapkan terima kasih atau apresiasi terhadap sesuatu yang diberikan atau dilakukan oleh orang lain. Bahasa Jepang juga memiliki kata yang serupa, yaitu arigatou gozaimasu. Namun, kapan tepatnya kita menggunakan kata makasih dalam Bahasa Indonesia?

Makasih gambar

Berikut adalah beberapa situasi atau momen yang tepat untuk menggunakan kata makasih:

1. Ketika diberi hadiah atau kado

Hadiah

Menerima hadiah atau kado dari orang lain merupakan momen yang menyenangkan. Ketika menerima hadiah atau kado dari orang lain, kita bisa mengucapkan terima kasih atau makasih untuk menunjukkan rasa terima kasih dan apresiasi kita terhadap mereka yang telah memberikan hadiah atau kado tersebut.

2. Ketika diberi bantuan

Bantuan gambar

Ketika kita membutuhkan bantuan dan ada seseorang yang bersedia membantu kita, mengucapkan makasih merupakan bentuk apresiasi dan rasa terima kasih kita terhadap bantuan yang diberikan.

3. Ketika menerima ucapan selamat atau dukungan

Ucapan selamat

Ucapan selamat atau dukungan yang diberikan oleh orang lain membuat kita merasa diperhatikan dan diapresiasi. Kita bisa mengucapkan terima kasih atau makasih sebagai bentuk rasa terima kasih kita atas dukungan dan doa yang diberikan oleh orang lain.

4. Ketika menerima pujian atau penghargaan

Pujian

Mendapatkan pujian atau penghargaan atas prestasi atau kerja keras yang kita peroleh merupakan momen yang membanggakan. Berterima kasih atau mengucapkan makasih merupakan bentuk rasa apresiasi kita terhadap penghargaan atau pujian yang diterima.

5. Setiap saat terkait dengan tindakan sopan

Sopan santun

Tindakan sopan santun, seperti memberi salam, meminta maaf, menjawab ucapan terima kasih, dan sebagainya, merupakan bagian dari budaya kita sebagai masyarakat Indonesia. Maka, mengucapkan terima kasih atau makasih juga menjadi bagian yang tidak boleh dilupakan dalam tindakan sopan santun tersebut.

Dalam kehidupan sehari-hari, pasti ada banyak momen dan situasi di mana kita bisa menggunakan kata makasih untuk menunjukkan rasa terima kasih dan apresiasi kita terhadap sesuatu yang diberikan atau dilakukan oleh orang lain. Namun, perlu diingat bahwa tidak hanya sebatas kata atau ucapan, tetapi tindakan nyata juga bisa menjadi bentuk terima kasih dan apresiasi kita terhadap orang lain.

Makasih dalam Bahasa Jepang


Makasih dalam Bahasa Jepang

Makasih atau terima kasih adalah kata yang sering kita ucapkan sebagai tanda terima kasih terhadap orang lain. Namun, masih banyak orang yang tidak tahu bahwa makasih juga bisa diucapkan dalam bahasa Jepang. Jangan khawatir, artikel ini akan membahas tentang makasih dalam bahasa Jepang dan bagaimana cara mengucapkannya dengan benar.

Pengertian Makasih dalam Bahasa Jepang


Pengertian Makasih dalam Bahasa Jepang

Makasih dalam bahasa Jepang adalah ありがとう (arigatou), yang berarti terima kasih. Makasih dapat diucapkan dalam berbagai situasi, seperti memberikan kado, membantu orang lain, atau saat diundang ke suatu tempat. Selain itu, terdapat juga kata terima kasih yang lebih formal yaitu ありがとうございます (arigatou gozaimasu).

Cara Mengucapkan Makasih dalam Bahasa Jepang


Cara Mengucapkan Makasih dalam Bahasa Jepang

Untuk mengucapkan makasih dalam bahasa Jepang, Anda bisa mengucapkan kata ありがとう (arigatou) dengan intonasi yang jelas dan tepat. Bentuk yang lebih formal yaitu ありがとうございます (arigatou gozaimasu). Sebaiknya, Anda mengucapkan arigatou gozaimasu dalam situasi formal, seperti ketika Anda menerima hadiah atau tanda terima kasih dari rekan kerja Anda.

Selain itu, terdapat juga cara lain untuk mengungkapkan rasa terima kasih dalam bahasa Jepang, yaitu dengan menggunakan kata どうもありがとう (doumo arigatou), yang berarti terima kasih banyak atau sangat. Doumo arigatou digunakan jika Anda merasa sangat berterima kasih atau ingin menunjukkan rasa terima kasih yang lebih besar dari biasanya.

Cara Menulis Makasih dalam Bahasa Jepang


Cara Menulis Makasih dalam Bahasa Jepang

Untuk menulis makasih dalam bahasa Jepang, Anda bisa menggunakan hiragana ありがとう atau huruf kanji 有難う. Namun, dalam kebanyakan kasus, orang Jepang lebih sering menggunakan hiragana. Bentuk yang lebih formal yaitu ありがとうございます (arigatou gozaimasu) dapat ditulis dengan hiragana ありがとう ございます atau dengan huruf kanji 有難うございます.

Bentuk-Bentuk Ungkapan Terima Kasih dalam Bahasa Jepang


Bentuk-Bentuk Ungkapan Terima Kasih dalam Bahasa Jepang

Seperti halnya di Indonesia, kata terima kasih dalam bahasa Jepang juga dapat diungkapkan dengan berbagai cara yang berbeda tergantung situasinya. Di bawah ini adalah beberapa bentuk ungkapan terima kasih dalam bahasa Jepang:

  1. どうもありがとう (doumo arigatou) – terima kasih banyak.
  2. ありがとうございます (arigatou gozaimasu) – terima kasih yang lebih formal.
  3. 助かりました (tasukarimashita) – sangat membantu.
  4. お世話になりました (osewa ni narimashita) – terima kasih atas bantuan Anda.
  5. 感謝します (kansha shimasu) – saya sangat bersyukur.
  6. お心遣いありがとうございます (oshinayari arigatou gozaimasu) – terima kasih atas perhatiannya.

Selain itu, terdapat juga ungkapan terima kasih yang lebih informal dan lebih akrab seperti ありがと (arigato) atau さんくす (sankusu) yang sering digunakan di kalangan muda-mudi Jepang.

Kesimpulan


Kesimpulan Makasih dalam Bahasa Jepang

Makasih dalam bahasa Jepang adalah ありがとう (arigatou) dan terdapat juga bentuk yang lebih formal yaitu ありがとうございます (arigatou gozaimasu). Cara mengucapkannya dengan benar adalah dengan intonasi yang jelas dan tepat. Terdapat juga bentuk-bentuk ungkapan terima kasih dalam bahasa Jepang yang dipakai dalam situasi yang berbeda-beda.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk lebih memahami tentang makasih dalam bahasa Jepang dan dapat mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari.

Ekspresi Wajah Saat Mengucapkan Makasih dalam Bahasa Jepang


Ekspresi Wajah Saat Mengucapkan Makasih dalam Bahasa Jepang

Mengucapkan terima kasih atau makasih sudah menjadi kebiasaan pada saat kita menerima bantuan atau pemberian dari orang lain. Meskipun terlihat sepele, namun ucapan terima kasih bisa berdampak positif pada hubungan antar manusia. Di dalam budaya Jepang, ungkapan terima kasih lebih ditekankan lagi, dan mereka memiliki beberapa ekspresi wajah yang berbeda saat mengucapkannya.

1. Arigatou Gozaimasu (ありがとうございます)


Arigatou Gozaimasu

Ini mungkin ungkapan terima kasih yang paling sering kita dengar, baik dalam drama Jepang maupun dalam hubungan sehari-hari. Ekspresi wajah yang tepat saat mengucapkan arigatou gozaimasu adalah dengan menundukkan kepala sambil memasang senyum yang hangat. Biasanya, ekspresi wajah ini menunjukkan rasa terima kasih yang tulus dan ikhlas, sehingga orang yang kamu ucapkan arigatou gozaimasu akan merasakan kehangatan dari ungkapanmu.

2. Doumo Arigatou Gozaimashita (どうもありがとうございました)


Doumo Arigatou Gozaimashita

Doumo arigatou gozaimashita hampir sama dengan arigatou gozaimasu, namun dengan menggunakan kata doumo di depannya menunjukkan rasa terima kasih yang lebih dalam. Biasanya, ungkapan ini digunakan ketika kamu mendapat bantuan atau kebaikan yang sangat berarti dan membutuhkan rasa terima kasih yang lebih mendalam. Ekspresi wajah yang cocok saat mengucapkannya adalah dengan menundukkan kepala sedikit lebih dalam, dan memasang senyum yang menyeluruh ke seluruh wajahmu, menunjukkan rasa terima kasih yang sangat mendalam.

3. Kansha Shimasu (感謝します)


Kansha Shimasu

Kansha shimasu berasal dari kata “kansha” yang berarti “bersyukur”. Ungkapan ini menunjukkan rasa terima kasih yang dalam dan tulus terhadap orang yang memberikan bantuan atau kebaikan. Ekspresi wajah yang tepat saat mengucapkannya adalah dengan menundukkan kepala sedikit, dan memasang senyum hangat. Ekspresi wajah ini akan menunjukkan rasa terima kasih yang mendalam dan harga diri yang tulus.

4. Osewa ni Natte Orimasu (お世話になっております)


Osewa ni Natte Orimasu

Osewa ni natte orimasu biasanya digunakan ketika kamu mendapat bantuan atau kebaikan dari seseorang, yang sudah memiliki hubungan yang baik denganmu. Ungkapan ini memiliki arti “saya sangat berterima kasih atas bantuanmu”, dan menunjukkan rasa penghargaanmu yang mendalam terhadap orang yang telah membantumu. Ekspresi wajah yang cocok saat mengucapkannya adalah dengan memasang senyum hangat dan melihat langsung ke arah orang yang kamu ucapkan, menunjukkan rasa penghargaan yang sangat berarti untuk mereka.

5. Okagesama de (お陰様で)


Okagesama de

Okagesama de memiliki arti “berkat bantuanmu”, dan biasanya digunakan ketika kamu berhasil meraih suatu hal yang diinginkan berkat bantuan seseorang. Ungkapan ini menunjukkan rasa terima kasih yang mendalam dan terharu atas bantuan yang diberikan oleh orang tersebut. Ekspresi wajah yang tepat saat mengucapkannya adalah dengan memasang senyum yang hangat dan menatap langsung ke arah orang tersebut, menunjukkan rasa terharu dan penghargaanmu yang sangat besar.

6. Itsumo Osewa ni Natte Orimasu (いつもお世話になっております)


Itsumo Osewa ni Natte Orimasu

Itsumo osewa ni natte orimasu berarti “terima kasih banyak atas bantuanmu yang selalu diberikan”. Ungkapan ini biasanya digunakan ketika kamu ingin menunjukkan rasa terima kasih yang sangat mendalam terhadap seseorang yang selalu membantumu. Ekspresi wajah yang tepat saat mengucapkannya adalah dengan menundukkan kepala, dan memasang senyum yang hangat dan menyeluruh. Ekspresi wajah ini akan menunjukkan rasa terima kasihmu yang sangat tulus dan mendalam.

7. Ojamashimasu (お邪魔します)


Ojamashimasu

Ojamashimasu memiliki arti “saya merepotkanmu”. Ungkapan ini biasanya digunakan ketika kamu berkunjung ke rumah seseorang atau meminta bantuan dari mereka. Meskipun terkesan rada menyusahkan, namun dengan mengucapkan ojamashimasu dapat menunjukkan rasa terima kasih dan penghargaanmu pada orang tersebut. Ekspresi wajah yang tepat saat mengucapkannya adalah dengan memasang senyum tebal dan menundukkan kepala sedikit, menunjukkan rasa terima kasih yang mendalam dan kehormatan terhadap orang yang kamu ucapkan.

Dalam budaya Jepang, ucapan terima kasih bukanlah hanya sekedar bahasa, namun juga harus disertai dengan ekspresi wajah yang tepat. Semua ungkapan terima kasih di atas juga perlu diberikan dengan pikiran dan hati yang tulus, sehingga orang yang kamu ucapkan akan merasakan rasa terima kasihmu yang sebenarnya. Jadi, ketika kamu ingin mengucapkan terima kasih atau makasih dalam bahasa Jepang, jangan lupa juga untuk menunjukkan ekspresimu yang hangat dan tulus.

Makasih Dalam Bahasa Jepang


Makasih dalam bahasa jepang

Makasih merupakan salah satu kata yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai ekspresi terima kasih. Namun tidak hanya di Indonesia saja, setiap negara memiliki cara dan bahasa sendiri dalam mengucapkan rasa terima kasih. Bahkan dalam bahasa Jepang pun terdapat berbagai macam kata dan ungkapan yang dapat digunakan untuk menyampaikan terima kasih.

Arigatou Gozaimasu


Arigatou Gozaimasu

Arigatou Gozaimasu adalah ungkapan terima kasih yang sangat umum di Jepang. Ungkapan ini merupakan cara formal untuk mengucapkan terima kasih dan biasanya digunakan dalam situasi resmi atau formal seperti di kantor atau saat menghadapi orang yang lebih senior daripada kita. Untuk menyimpan etika, ungkapan ini hendaknya diucapkan dengan nada dan sikap sopan kepada orang yang kita ucapkan terima kasih.

Arigatou


Arigatou

Sedangkan Arigatou sendiri memiliki arti terima kasih yang lebih santai. Ungkapan ini bersifat informal dan biasa digunakan dalam situasi sehari-hari seperti saat bertemu teman atau keluarga. Ungkapan ini juga dapat diucapkan dengan lebih cepat dan dengan nada yang lebih santai daripada Arigatou Gozaimasu.

Doumo Arigatou Gozaimasu


Doumo Arigatou Gozaimasu

Dalam bahasa Jepang terdapat ungkapan yang lebih panjang lagi yaitu “Doumo Arigatou Gozaimasu”. Ungkapan ini adalah cara yang paling formal untuk mengucapkan terima kasih. Biasanya, ungkapan ini digunakan dalam situasi yang sangat penting seperti ketika kita ingin mengucapkan terima kasih kepada seseorang yang telah membantu kita dalam situasi yang sulit dan membuat kita merasa sangat bersyukur.

Doumo Arigatou


Doumo Arigatou

Ungkapan ini memadukan antara kata Doumo yang berarti “terima kasih banyak” dan kata Arigatou yang berarti “terima kasih”. Kombinasi kata ini mencerminkan ungkapan rasa terima kasih yang sangat besar kepada orang yang telah membantu kita. Ungkapan ini biasanya digunakan dalam situasi yang bersahabat seperti ketika kita bertemu teman atau kerabat dekat kita.

Kansha Shimasu


Kansha Shimasu

Ungkapan ini merupakan cara lain yang dapat digunakan untuk mengucapkan terima kasih dalam bahasa Jepang. Kansha Shimasu memiliki arti yang lebih dalam daripada kata Arigatou karena mengimplikasikan rasa syukur dan penghargaan yang lebih dalam. Biasanya ungkapan ini digunakan dalam situasi formal seperti di kantor atau saat kita mengucapkan terima kasih kepada seseorang yang sangat penting.

Omatase Shimashita


Omatase Shimashita

Omatase Shimashita adalah ungkapan yang cukup sering kita dengar ketika kita memasuki sebuah restoran di Jepang. Ungkapan ini berarti “kami telah membuatmu menunggu lama” dan biasa digunakan untuk menunjukkan rasa terima kasih dan permintaan maaf atas kerumitan yang dialami oleh si pemberi ucapan. Ungkapan ini juga dapat digunakan dalam situasi yang lain, seperti ketika kita meminta seseorang untuk menunggu atau ketika kita ingin menyampaikan rasa terima kasih dalam situasi yang kurang formal.

Itadakimasu


Itadakimasu

Itadakimasu merupakan ungkapan terima kasih yang unik karena digunakan sebelum kita memulai makan di Jepang. Ungkapan ini berarti “saya akan memakan ini” dan merefleksikan rasa syukur kita atas makanan yang telah disediakan. Ungkapan ini dapat dianggap sebagai bentuk rasa terima kasih kepada orang yang telah menyediakan makanan tersebut sekaligus menunjukkan penghargaan kita atas makanan yang telah diberikan.

Sankyuu


Sankyuu

Sankyuu adalah kata dalam bahasa Jepang yang merupakan bentuk pengucapan dari kata “Thank You”. Kata ini sering digunakan oleh orang Jepang ketika mendapatkan hadiah atau bantuan dari seseorang dan merasa sangat berterima kasih. Meskipun bentuk kata ini tidak formal dalam penggunaannya, tapi kata ini cukup populer dan masyarakat Jepang sering menggunakan kata ini dalam kegiatan sehari-hari.

Dalam bahasa Jepang, terdapat banyak kata dan ungkapan yang dapat digunakan untuk menyampaikan rasa terima kasih. Mulai dari kata-kata yang formal hingga kata yang lebih santai dan tidak formal. Dalam menggunakan kata-kata tersebut, kita harus memperhatikan situasi dan kondisi yang kita hadapi serta orang yang kita ucapkan terima kasih.

Makasih dalam budaya Jepang

1. Apa Arti Makasih dalam Bahasa Jepang?


arigatou gozaimasu

Makasih dalam Bahasa Jepang disebut “Arigatou” atau “Arigatou Gozaimasu”. Makna dari kata “Arigatou”sendiri adalah terima kasih yang digunakan untuk ekspresi rasa terimakasih kepada seseorang yang telah melakukan sesuatu yang baik kepada kita atau saat kita diberikan hadiah. Sedangkan “Arigatou Gozaimasu” adalah bentuk lebih formal dari “Arigatou” yang dapat digunakan untuk situasi yang lebih formal atau di hadapan orang yang lebih senior.

2. Sejarah Asal Usul Penggunaan “Arigatou” dalam Bahasa Jepang


sejarah makasih dalam bahasa jepang

Asal usul penggunaan “Arigatou” dalam bahasa Jepang tidak diketahui secara pasti. Ada beberapa teori, salah satunya adalah berasal dari bahasa Tiongkok kuno “Gai Wu”. Gai Wu sendiri merupakan ekspresi rasa terima kasih yang sering digunakan pada waktu itu, kemudian munculah kata “Arigatai” yang berarti bersyukur dalam bahasa Jepang.

Pada abad ke-19, dengan berkembangnya budaya barat yang masuk ke Jepang, terjadi pergeseran makna terima kasih kedalam bahasa Jepang. Kala itu, ada pertukaran dagang yang banyak dilakukan antara Jepang dan Negara Barat. Selama pertukaran dagang, orang Jepang banyak mengucapkan “thank you” dalam bahasa Inggris, kemudian perlahan-lahan menjadi “Arigatou” dalam bahasa Jepang.

3. Unsur Budaya Jepang yang Terkandung dalam “Arigatou”


budaya makasih dalam bahasa jepang

Makasih dalam bahasa Jepang memiliki unsur budaya yang sangat dekat dengan masyarakat Jepang. Masyarakat Jepang sangat menghargai rasa terimakasih sebagai bentuk penghormatan kepada orang lain. Konsep rasa terimakasih dalam budaya Jepang ini dikenal dengan istilah “On”.

Selain itu, konsep suatu tindakan yang tidak material tetapi memiliki arti dalam budaya Jepang juga tercermin dalam ucapan “Arigatou”. Pada umumnya, orang di Jepang bertujuan untuk mempertahankan piagam dan nilai moral budaya yang mereka anut dengan menunjukkan rasa terimakasih kepada sesama manusia.

4. Momen-momen yang tepat untuk mengucapkan “Arigatou”


moments of saying arigatou

Ada banyak momen yang tepat untuk mengucapkan “Arigatou” dalam keseharian di Jepang. Beberapa saat yang paling umum antara lain saat menerima hadiah atau hadiah kecil, saat di mana seseorang berpikir bahwa sesuatu yang dilakukan orang lain adalah baik dan membantu, atau bahkan ketika satu orang bertemu kembali dengan teman yang sudah lama tidak disapa. Selain itu, “Arigatou” juga sering digunakan dalam situasi yang lebih formal seperti atas bantuan para direksi atau pejabat.

5. Bahasa Tubuh saat Mengucapkan “Arigatou”


bahasa tubuh

Tidak hanya ucapan “Arigatou” yang memiliki makna di Jepang, namun bahasa tubuh juga mengandung pesan dalam budaya Jepang. Ada beberapa gerakan yang biasanya dilakukan saat mengucapkan “Arigatou” atau “Arigatou Gozaimasu”. Gerakan tersebut antara lain

1. Menunduk sebagai simbol penghormatan
2. Merapatkan kedua tangan di depan dada
3. Menyilangkan kedua tangan di depan dada

Gerakan-gerakan tersebut bertujuan untuk menunjukkan rasa terimakasih dan hormat kepada yang lain.

6. Anda dianjurkan untuk Berbicara dengan Bahasa Jepang yang Baik dan Benar


bahasa jepang yang baik dan benar

Jika anda berbicara dengan orang yang lebih tua atau di lingkungan yang lebih formal, sebaiknya menggunakan bahasa Jepang yang baik dan benar. Misalnya, mengucapkan “Arigatou Gozaimasu”, “Arigatou Gozaimashita” ataupun “Domo Arigatou Gozaimasu”. Bahasa Jepang sangat menghargai nilai-nilai sopan santun dan etika keperibadian dalam berbicara.

7. Kebiasaan Mengatakan “Arigatou” pada waktu yang Tepat


kebiasaan mengucapkan arigatou

Orang Jepang sangat terbiasa mengucapkan “Arigatou” kepada siapa saja yang memberikan bantuan dan kebaikan kepada mereka. Misal, saat memesan makanan di restoran, pelayan biasanya akan mengucapkan “Arigatou Gozaimasu”, dalam situasi ini ucapan “Arigatou” adalah cara terbaik untuk mengekspresikan terima kasih secara sopan.

8. Bahasa Jepang yang Bisa Digunakan untuk Situasi yang Berbeda


bahasa dalam bahasa jepang

Ada beberapa variasi “Arigatou” dalam bahasa Jepang untuk penggunaan yang lebih spesifik dalam situasi tertentu. Beberapa contoh penggunaan yaitu:
1. Arigatou Gozaimashita : Digunakan untuk situasi yang lebih formal, misalnya ketika anda menerima hadiah dari atasanmu atau di waktu mengundurkan diri dari perusahaan.
2. Domo Arigatou Gozaimasu : lebih sopan daripada “Arigatou Gozaimasu”.
3. Arigatou Gozaimashita : Terlalu formal untuk digunakan dalam situasi tidak resmi.
4. Arigatou Gozaimasen : Digunakan untuk menolak hadiah.

9. Penggunaan Bahasa Inggris di Era Modern


pengaruh bahasa inggris di jepang

Seiring berkembangnya teknologi dan globalisasi, penggunaan bahasa Inggris dalam keseharian orang Jepang juga semakin meningkat. Beberapa kalimat dalam Bahasa Inggris seperti “Thank You”, “Good Job”, “Excuse Me”, atau “Sorry” sudah menjadi bagian dari kosakata harian orang Jepang, terutama bagi orang-orang muda.

Meskipun pengaruh bahasa Inggris semakin besar, namun orang Jepang tidak melupakan pentingnya fungsinya mengekspresikan rasa terimakasih dan menghargai suatu tindakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagian besar orang Jepang masih menganggap bahwa bahasa Jepang menyampaikan pesan lebih baik dan memiliki kekuatan emosional yang lebih tinggi.

Iklan