Mengenal Hiragana dan Katakana


Hiragana dan Katakana

Belajar bahasa Jepang untuk pemula tidaklah mudah. Terlebih lagi, ketika kamu harus mengenal Huruf Jepang seperti Hiragana dan Katakana yang terdiri dari 46 karakter setiap huruf. Meski karakter Jepang terlihat sulit, namun sebenarnya Hiragana dan Katakana memiliki tata letak dan penggunaannya yang mudah dipahami. Keduanya sangat penting ketika kamu ingin membaca atau menulis di bahasa Jepang. Oleh karena itu simak penjelasan berikut ini untuk mempelajari cara belajar Hiragana dan Katakana.

1. Hiragana

Hiragana adalah salah satu huruf Jepang. Biasanya, huruf ini digunakan untuk kata-kata dalam bahasa Jepang. Hiragana terdiri dari 46 karakter. Kebanyakan dari karakter-karakter tersebut menghasilkan suara vokal ketika dibaca. Contohnya kana あ dan い sama-sama diucapkan sebagaimana bunyi “a” dan “i” ketika diucapkan secara terpisah. Dalam belajar bahasa jepang untuk pemula, sebaiknya kamu mempelajari Hiragana terlebih dahulu. Karena Hiragana sering digunakan dalam bahasa Jepang.

Hiragana memiliki perbedaan karakter dari huruf Latin. Dimana, setiap karakter memiliki satu bunyi. Dan, bukan kombinasi dari huruf lain. Maka dari itu, karakter Huruf Jepang ini sering terlihat unik dan menarik.

2. Katakana

Katakana juga tidak kalah penting dari Hiragana. Namun, karakter Katakana digunakan untuk pengucapan kata-kata yang berasal dari bahasa asing seperti kata merek, makanan, dan kegiatan lainnya. Karakter Katakana sama seperti Hiragana, terdiri dari 46 karakter. Walaupun Jepang adalah sebuah negara yang sangat terkenal dengan keunikan dan kesederhanaan dalam bahasa. Namun, kata-kata asing tentunya masih banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari, sehingga Kamu harus mempelajarinya juga.

Karakter Katakana memiliki tampilan yang lebih tajam dan tegap daripada huruf Hiragana. Hal ini menggambarkan bahwa Katakana digunakan untuk kata-kata asing.

Itulah rangkuman tentang Hiragana dan Katakana dalam bahasa Jepang. Kamu dapat mempelajari huruf-huruf ini dengan cara menulisnya berkali-kali mengikuti urutan yang tepat. Dalam bab belajar japang untuk pemula, Kamu juga bisa mengikuti kelas berbasis online ataupun mengikuti kelas tatap muka untuk belajar Hiragana dan Katakana. Semoga penjelasan singkat ini dapat memotivasi Kamu untuk belajar bahasa Jepang dengan lebih serius lagi. Semangat!

Iklan