Surga Pakaian Adat Kalimantan

Halo, Pembaca rinidesu.com! Pakaian adat selalu menarik untuk diulas mengingat setiap daerah memiliki identitas yang berbeda-beda. Di Indonesia, terdapat banyak pakaian adat yang berasal dari berbagai daerah. Kali ini kita akan membahas pakaian adat Kalimantan yang terkenal dengan keindahan dan keragaman motifnya. Pakaian adat Kalimantan disebut juga ‘busana adat Kalimantan’. Busana adat Kalimantan memiliki keragaman yang sangat tinggi, dengan beragam warna, motif, bentuk, dan material yang digunakan. Setiap daerah di Kalimantan memiliki busana adat yang berbeda dengan nama yang unik, lalu apa saja sih nama-nama pakaian adat Kalimantan yang terkenal tersebut?

Panjang Rapat Sasirangan

👗 Panjang Rapat Sasirangan adalah pakaian adat khas Kalimantan Selatan. Pakaian ini terkenal dengan motif sasirangan yang unik. Bahan yang digunakan untuk membuat pakaian ini adalah katun dan tenun, dengan warna dasar merah, hijau, dan kuning. Pakaian ini biasanya dipakai pada acara adat, seperti pernikahan, khitan, maupun sendratari.

Baju Kurung Si Banjar

👗 Baju Kurung Si Banjar adalah pakaian adat Kalimantan Selatan yang sangat terkenal. Baju kurung si Banjar ini biasanya dipakai oleh perempuan yang berada di kalangan bangsawan, istri orang kaya, atau orang kaya sendiri. Pakaian ini dibuat dari material yang bermutu tinggi, seperti sutera, katun, dan brokat. Baju kurung si Banjar biasanya dipakai pada acara-adat yang bersifat resmi, seperti upacara pernikahan, khitanan, dan lain sebagainya.

Perbedaan Baju Kurung dan Kebaya

🤔 Meskipun Baju Kurung Si Banjar mirip dengan kebaya dalam bentuknya, tetapi keduanya mempunyai beberapa perbedaan. Dalam segi kain yang digunakan untuk membuat kebaya terdapat warna yang lebih harmonis dan mudah dipakai dengan pernak-pernik yang cocok. Di samping itu cutting kain untuk kebaya pun lebih ramping dibandingkan baju kurung.

Baju Kawung

👗 Baju Kawung adalah pakaian adat khas Kalimantan Barat. Pakaian ini biasanya dipakai pada acara adat seperti pesta pernikahan dan upacara adat lainnya. Pakaian ini cukup mudah diingat, dengan motif utama kawung yang dihiasi dengan bunga-bunga kecil. Baju Kawung bisa dipakai oleh perempuan maupun laki-laki, dan terbuat dari bahan katun atau tenun ikat.

Baju Tunjung Biru

👗 Baju Tunjung Biru adalah pakaian adat khas Kalimantan Timur. Pakaian ini dipakai oleh laki-laki sebagai busana resmi. Baju Tunjung Biru terbuat dari bahan busana sutra atau tenun dan dihiasi dengan banyak ornamen keemasan yang sangat indah. Pada bagian lengan biasanya terdapat hiasan limar tumpuk dan renda berwarna emas yang memberikan kesan elegan dan mewah untuk pemakainya.

Baju Kadazan

👗 Baju Kadazan adalah pakaian adat masyarakat Suku Kadazan di Sabah, Malaysia Timur. Namun, pakaian ini juga dipakai oleh masyarakat Kalimantan Timur yang tinggal di daerah perbatasan. Baju Kadazan memiliki tampilan unik, dengan motif tradisional suku Kadazan yang dihiasi dengan manik-manik, payet, dan sulaman. Pakaian ini biasanya dipakai pada acara upacara adat, seperti pernikahan ataupun perayaan hari besar.

Baju Qasidah

👗 Baju Qasidah adalah pakaian adat masyarakat Melayu di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Pakaian ini terdiri dari baju panjang dan rok lebar berwarna gelap dengan lengan panjang yang di dalamnya terdapat membrane kancing sebagai tutup untuk kemudahan berwudhu. Baju Qasidah memiliki kesan elegan serta sopan dan sangat cocok untuk acara resmi seperti hajatan pernikahan, khitanan, maupun acara resmi lainnya.

Baju Patola

👗 Baju Patola adalah pakaian adat khas Kalimantan Barat, tepatnya di daerah Pontianak. Pakaian ini memiliki keunikan dari motifnya yang berbentuk akar kelapa yang dihiasi dengan warna-warna cerah seperti kuning dan merah. Pakaian ini dipakai oleh masyarakat Suku Melayu untuk menghormati tamu-tamu penting pada acara, seperti pernikahan atau pertemuan resmi. Pakaian ini terbuat dari bahan katun atau sutra.

Baju Kurung Kancing

👗 Baju Kurung Kancing adalah pakaian adat khas Suku Dayak di Kalimantan Barat. Pakaian ini dipakai oleh laki-laki dan perempuan dengan model yang sama. Baju ini terdiri dari kancing sebanyak 7 buah di bagian depan, dan dilengkapi dengan kain songket di bagian luar dan mayang pada bagian ujung kainnya. Baju Kurung Kancing biasanya dipakai pada acara adat, seperti pernikahan dan upacara adat lainnya.

Baju Bahau

👗 Baju Bahau adalah pakaian adat khas suku Bahau di Kalimantan Timur. Pakaian ini terkenal dengan warna yang cerah dan sangat mencolok. Pakaian ini terdiri dari celana panjang, ikat pinggang, dan jaket yang bisa dikenakan oleh laki-laki maupun perempuan. Baju Bahau biasanya dipakai pada acara adat, seperti pesta pernikahan atau acara keagamaan.

Baju Dara Jepun

👗 Baju Dara Jepun adalah pakaian adat khas Suku Bugis di Kalimantan Selatan. Pakaian ini terdiri dari bawahan atau rok yang melebar dan bagian atas terdiri dari atasan atau baju dengan motif sarung tenun dan disetiap bagian tepinya dihiasi dengan warna-warna cerah seperti hijau, merah, kuning, atau biru. Pakaian ini dipakai pada acara-adat seperti pernikahan atau perayaan keagamaan.

Baju Kurung Ikat Abang

👗 Baju Kurung Ikat Abang adalah pakaian adat khas suku Bugis di Kalimantan Selatan. Pakaian ini terdiri dari baju lengan panjang dan celana panjang untuk laki-laki. Bahan yang digunakan untuk membuat pakaian ini adalah sutra atau tenun. Busana ini dikenakan pada acara adat resmi, seperti upacara pernikahan atau pada perayaan keagamaan.

Baju Kembang Potong

👗 Baju Kembang Potong adalah pakaian adat khas suku Banjar di Kalimantan Selatan. Pakaian ini terdiri dari baju lengan panjang dan rok pendek yang melambai-lambaikan dan wig seperti bunga yang sering disebut dengan kembang. Baju Kembang Potong ini biasanya dipakai pada acara adat yang bersifat sakral, seperti pernikahan, khitan, atau dalam rangka menghormati orang yang sudah meninggal dunia.

Baju Telok Belanga

👗 Baju Telok Belanga adalah pakaian adat khas Suku Banjar di Kalimantan Selatan. Pada awalnya pakaian ini dibuat oleh para seniman yang tinggal di Telok Belanga, dan kemudian menjadi sangat populer di kalangan masyarakat Banjar. Pakaian adat ini terdiri dari baju lengan panjang dan celana panjang. Baju Telok Belanga biasanya dipakai pada acara adat resmi seperti khitanan atau perayaan keagamaan.

Baju Kostum Lutung

👗 Baju Kostum Lutung adalah pakaian adat Kostum Lutung yang berasal dari Sarawak, Malaysia. Meskipun demikian, busana ini juga banyak dipakai oleh masyarakat Kalimantan Timur yang tinggal di daerah perbatasan dengan Malaysia. Pakaian ini terdiri dari baju lengan pendek, kemeja, kain sarong, dan ikat pinggang. Kostum Lutung biasanya dipakai pada acara adat, seperti acara upacara adat atau pernikahan.

Baju Kebaya Labuh

👗 Baju Kebaya Labuh adalah pakaian adat masyarakat Melayu di Kalimantan Barat. Pakaian ini terdiri dari baju lengan panjang yang dipadukan dengan kain sarung sebagai panjang bawah, serta kain selempang yang melilit bagian pinggang. Baju Kebaya Labuh biasanya dipakai pada acara adat, seperti khitanan atau pernikahan, dan terbuat dari bahan katun atau sutra.

Tabel Informasi Kelengkapan Nama Pakaian Adat Kalimantan

Nama Pakaian Adat Asal Daerah Bahan Motif Waktu Digunakan
Panjang Rapat Sasirangan Kalimantan Selatan Katun dan tenun Sasirangan Pada acara adat seperti pernikahan, khitan, maupun sendratari.
Baju Kurung Si Banjar Kalimantan Selatan Sutra, katun, dan brokat Motif Tenun Pada acara-adat resmi, seperti upacara pernikahan, khitanan, dan lain sebagainya.
Baju Kawung Kalimantan Barat Katun atau tenun ikat Motif kawung dan bunga-bunga kecil Pada acara adat seperti pesta pernikahan dan upacara adat lainnya
Baju Tunjung Biru Kalimantan Timur Bahan busana sutra atau tenun dan dihiasi dengan banyak ornamen keemasan `- Sebagai busana resmi.
Baju Kadazan Sabah, Malaysia Timur `- Motif tradisional Suku Kadazan yang dihiasi dengan manik-manik, payet, dan sulaman Pada pernikahan ataupun perayaan hari besar.
Baju Qasidah Kalimantan Barat, Tengah, dan Selatan Bahan katun tebal atau kain sifon Warna gelap Pada acara resmi seperti hajatan pernikahan, khitanan, maupun acara resmi lainnya.
Baju Patola Kalimantan Barat Sutra atau katun Akar kelapa yang dihiasi dengan warna-warna cerah seperti kuning dan merah Pada acara resmi di daerah Pontianak, seperti pernikahan atau pertemuan resmi
Baju Kurung Kancing Kalimantan Barat Bahan sutra atau tenun `- Pada acara adat seperti pernikahan dan upacara adat lainnya.
Baju Bahau Kalimantan Timur `- Warna cerah dan sangat mencolok Pada acara adat seperti pesta pernikahan atau acara keagamaan.
Baju Dara Jepun Kalimantan Selatan `- Motif sarung tenun dan dihiasi dengan warna-warna cerah seperti hijau, merah, kuning, ataupun biru Pada acara-adat seperti pernikahan atau perayaan keagamaan.
Baju Kurung Ikat Abang Kalimantan Selatan Sutra atau tenun `- Pada acara adat resmi seperti upacara pernikahan atau pada perayaan keagamaan
Baju Kembang Potong

Iklan