Sejarah Damaru Doll


damaru doll Indonesia

Damaru Doll adalah salah satu kerajinan tangan khas dari Indonesia. Doll ini sangat populer dan mudah ditemukan terutama di daerah Bali. Namun, tahukah Anda bagaimana sejarah doll ini? Berikut, kami akan membahasnya secara lebih detail.

Secara historis, Damaru adalah sebuah alat musik yang biasa dimainkan oleh para biksu Buddhist di Tibet. Alat musik ini dibuat dengan bekas kerang yang ditutupi oleh dua kanvas yang terikat di ujung-ujungnya. Damaru terdiri dari dua wilayah yang terpisah, satu dari kayu dan satu lagi dari kulit kerang. Kayunya menghasilkan nada tinggi dan kulit kerang menghasilkan nada rendah. Maka, ketika dipukul, Damaru mengeluarkan suara harmonis.

Nama Damaru sendiri berasal dari bahasa Sanskerta, Damah yang artinya suara dan Roo yang berarti rudal atau kerang. Dalam kepercayaan Buddhisme, Damaru dipercayai sebagai alat penghubung antara alam semesta dan manusia. Oleh karena itu, Damaru banyak digunakan sebagai alat meditasi.

Damaru Doll kemudian diadopsi dari alat musik Damaru tersebut. Dalam versi Doll, Damaru tidak lagi terdiri dari kayu dan kulit kerang, melainkan terbuat dari bahan brokat, benang dan bulu burung. Penjelasannya mungkin karena bahannya yang mudah ditemukan di Indonesia.

Selanjutnya, Damaru Doll sering dijumpai dipajang sebagai dekorasi rumah ataupun sebagai oleh-oleh khas dari Bali. Bentuk Doll ini bermacam-macam, mulai dari bentuk Biksu hingga bentuk hewan seperti burung dan ikan. Hingga saat ini, Doll ini tetap menjadi kerajinan tangan yang sangat populer di Indonesia.

Pengrajin Damaru Doll di Bali juga memperkenalkan inovasi pada jenis kernajinan tangan ini agar menjawab permintaan lebih banyak lagi. Damaru Doll yang awalnya menggunakan bahan dasar brokat, benang, dan bulu burung kini dijadikan patung boneka menggunakan bahan kayu dengan warna cat yang diaplikasikan sedemikian rupa agar menampilkan kesan asli dari bebentuk dari patung tersebut.

Pada umumnya, Damaru Doll dijual dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat Indonesia. Namun, jika Doll ini dihasilkan dengan bentuk asli serta bahan berkualitas, tentunya harganya akan lebih tinggi.

Bagaimana, setelah membaca artikel ini sudah paham kan tentang sejarah serta perkembangan Damaru Doll di Indonesia? Selain sebagai dekorasi rumah, Doll ini juga sangat baik sebagai benda oleh-oleh khas dari Bali untuk keluarga dan sahabat terdekat.

Bahan dan Cara Pembuatan Damaru Doll


Damaru Doll Indonesia

Boneka Damaru adalah salah satu mainan tradisional Indonesia yang sangat digemari, terutama di Jawa. Bentuknya yang unik dan terbuat dari bahan alami membuat boneka Damaru memiliki keunikan tersendiri. Mainan ini dibuat dari bahan-bahan sederhana seperti kulit terbuat dari kain flanel, sabut kelapa sebagai pengisi boneka, dan benang untuk menjahit.

Proses pembuatan boneka Damaru dimulai dari memilih bahan yang akan digunakan. Pertama-tama, kain flanel dipotong sesuai dengan pola yang telah dibuat terlebih dahulu. Kemudian, sabut kelapa dimasukkan ke dalam kain flanel hingga terisi penuh, dan kemudian dikukus agar sabut kelapa mengembang dan pengisi boneka menjadi lebih padat.

Setelah itu, pola boneka mulai dijahit dengan penggunaan benang yang kuat. Proses ini membutuhkan ketelitian yang tinggi karena setiap bagian boneka harus sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan. Bagian yang paling sulit adalah membuat tangan, kaki, dan kepala, karena memerlukan bentuk dan detail yang tepat agar hasil akhir terlihat seimbang dan harmonis.

Umumnya, boneka Damaru memiliki ukuran sekitar 15-25 cm, dan dapat dilengkapi dengan aksesoris seperti topi atau selendang yang terbuat dari bahan sisa. Setelah selesai dijahit, boneka Damaru biasanya dihias dengan bordiran atau sulaman sebagai tambahan keindahan, dan diberi sentuhan akhir seperti riasan wajah agar lebih menarik dan sesuai dengan karakteristik masing-masing boneka.

Proses pembuatan Damaru Doll memerlukan keahlian khusus dalam menjahit dan merakit, sehingga tidak sembarang orang dapat membuatnya. Setiap boneka Damaru dijual dengan harga bervariasi tergantung pada tingkat kesulitan dan waktu yang dibutuhkan untuk pembuatannya. Harga Damaru Doll yang dibuat secara handmade dapat mencapai ratusan ribu rupiah, tergantung pada kualitas bahan dan tingkat kesulitan dalam pembuatannya.

Boneka Damaru menjadi salah satu cendera mata yang populer di Indonesia, terutama di kalangan pelancong asing. Selain sebagai mainan anak-anak, boneka Damaru juga menjadi salah satu elemen budaya Indonesia yang penting yang harus dijaga keberadaannya. Boneka Damaru dapat dijadikan sebagai hadiah atau hiasan di rumah, kantor, atau toko yang dapat menambah kesan khas Indonesia.

Iklan