Pengenalan Angka dalam Bahasa Jepang


Angka dalam Bahasa Jepang

Bahasa Jepang memiliki sistem angka yang unik dan membutuhkan latihan untuk menghafalnya. Ada dua jenis sistem angka dalam bahasa Jepang yaitu Sino dan Native. Sistem Sino berasal dari China dan digunakan untuk angka besar serta untuk keperluan formal. Sedangkan sistem Native (Wago) digunakan untuk angka-angka kecil dan dalam percakapan sehari-hari. Dalam artikel ini, kita akan membahas angka dari 1 sampai 100 dalam bahasa Jepang.

Sistem Native

1 dalam bahasa Jepang adalah ひとつ (hitotsu) dan bisa diucapkan dengan mudah. Anda bisa mengingat dengan menghubungkannya dengan kata “he toast” atau “he toe”, sesuai dengan suara “hi” dalam “hitotsu”. Sistem Native terus berlanjut dengan 2 -> ふたつ (futatsu), 3 -> みっつ (mittsu), 4 -> よっつ (yottsu), 5 -> いつつ (itsutsu) dan seterusnya.

Sistem Sino

Sistem Sino dimulai dengan kata 一 (ichi) yang mendapatkan arti sebagai ‘satu’. Lalu dilanjutkan dengan angka 2 -> 二 (ni), 3 -> 三 (san), 4 -> 四 (yon atau shi), 5 -> 五 (go), 6 -> 六 (roku), 7 -> 七 (nana atau shichi), 8 -> 八 (hachi), 9 -> 九 (kyuu) serta 10 -> 十 (juu). Untuk membentuk angka 11 sampai 19, Anda bisa menggabungkan 十 (juu) + angka tersebut. Misalnya, 11 -> 十一 (juuichi), 12 -> 十二 (juuni) dan 19 -> 十九 (juukyuu).

Bacaan Khusus

Untuk angka 20 sampai 90 dalam Sino, Anda bisa menggabungkan (sebutkan angka puluhan) + 十 (juu) + (sebutkan angka satuan). Misalnya 23 dengan cara menggabungkan 20 -> 二十 (nijuu) dengan angka 3 -> 三 (san) sehingga menjadi 二十三 (nijuu san). Untuk mencapai angka 100, gunakan 一 (ichi) + 百 (hyaku). Oleh karena itu, 100 dalam bahasa Jepang adalah 百 (hyaku).

Latihan Membaca

Berikut adalah latihan membaca untuk membantu Anda mempelajari angka dalam bahasa Jepang:

  • 37 -> 三十七 (san juu shichi)
  • 56 -> 五十六 (go juu roku)
  • 73 -> 七十三 (nana juu san)
  • 88 -> 八十八 (hachi juu hachi)
  • 99 -> 九十九 (kyuu juu kyuu)

Akhir Kata

Dengan mempelajari angka dalam bahasa Jepang, Anda akan lebih mudah menghitung serta lebih lancar dalam berbicara dengan orang Jepang. Tetapi, jangan terlalu khawatir jika Anda merasa kesulitan menghafalnya. Teruslah berlatih dan tunjukkan apresiasi Anda kepada orang Jepang dengan berusaha mempelajari bahasa Jepang. Semoga bermanfaat!

Cara Membaca Angka 11-40 dalam Bahasa Jepang


angka jepang 11-40

Jepang memiliki sistem angka yang berbeda dari bahasa-bahasa lainnya di dunia. Jumlahnya hanya sampai 10 ribu. Kurang lebih, angka ini memiliki perbedaan pelafalan atau sebutan pada belasan dan puluhan seperti angka 11-40.

11 – Juuichi

angka 11 jepang

Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, Juu berarti “sepuluh” dan ichi adalah “satu”. Oleh karena itu, angka satu belas dalam bahasa Jepang disebut dengan Juuichi.
Tentunya ada beberapa aturan jika kita ingin membaca angka dalam Bahasa Jepang ini. Saat kita scrolling timeline media sosial atau pun belajar bahasa Jepang, tentunya pernah mendapati karakter Juu dan Ichi. Jika dibaca bersamaan, maka akan terdengar seperti “Juuichi”. Untuk puluhan pertama, dilakukan dengan memanggil dahulu angka satunya, kemudian diikuti dengan kata “juu”

12 – Juuni

angka 12 jepang

Angka kedua belas dalam bahasa Jepang disebut dengan Juuni. “Ju” menunjukkan angka sepuluh, sedangkan “ni” artinya dua. Jadi bisa disimpulkan bahwa Juuni merupakan penggabungan antara sepuluh dua atau misalnya kita sebut dengan duabelas.

13 – Juusan

angka 13 jepang

Angka ketiga belas dalam bahasa Jepang disebut dengan Juusan. “Ju” dan “San” merupakan gabungan angka sepuluh dan tiga. Sehingga, jika dibaca bersamaan, akan terdengar seperti “Juusan”.

14 – Juuyon

angka 14 jepang

Angka keempat belas dalam Bahasa Jepang disebut dengan Juuyon. “Ju” dan “yon” merupakan penggabungan dari angka sepuluh dan empat. Namun, harus diingat bahwa angka empat disebut dalam bahasa Jepang dengan kata “yon” karena konotasinya yang kurang baik atau dianggap membawa sial.

15 – Juugo

angka 15 jepang

Angka lima belas dalam bahasa Jepang disebut dengan Juugo. “Ju” dan “go” menunjukkan gabungan antara angka sepuluh dan lima. Ketika dibaca bersamaan, akan terdengar seperti “Juugo”.

16 – Juuroku

angka 16 jepang

Angka keenam belas dalam bahasa Jepang disebut dengan Juuroku. Sesuai dengan kata yang terdiri dari “Ju” yang artinya sepuluh dan “Roku” artinya enam. Gabungan kata ini berarti enam belas.

17 – Juushichi

angka 17 jepang

Angka ketujuh belas dalam bahasa Jepang disebut dengan Juushichi. Angka “Ju” menandakan pangkat sepuluh dan “Nana” bermakna tujuh. Jadi, ketika disebutkan bersama-sama akan menunjukkan Juushichi sebagai angka tujuh belas

18 – Juuhachi

angka 18 jepang

Angka ke delapan belas dalam bahasa Jepang disebut dengan Juuhachi. Gabungan kata “Ju” yang berarti sepuluh dan “Hachi” yang berarti delapan akan membentuk Juuhachi. Angka ini selalu dibaca sesuai dengan aturan penggabungan angka seperti halnya angka lainnya.

19 – Juukyu

Jepang 19

Angka sembilan belas dalam bahasa Jepang disebut dengan Juukyu. “Ju” adalah sepuluh dan “Kyu” memiliki arti sembilan. Ketika disatukan menjadi Juukyu, maka akan terdengar seperti “Juu-kyuu”.

20 – Nijuu

Jepang 20

Nijuu merupakan angka dua puluh dalam bahasa Jepang. Serupa dengan sebelas hingga sembilan belas, pengucapannya diawali dengan memanggil angka dasarnya sebelum diikuti oleh kata “Ju”, yang berarti sepuluh. Sehingga, “Ni” artinya dua dan “Ju” artinya sepuluh. Gabungannya sesuai, maka akan berhasil menghasilkan perkataan “Nijuu”.

30 – Sanjuu

Jepang 30

Angka tiga puluh dalam bahasa Jepang disebut dengan Sanjuu. “San” adalah tiga dan “Ju” tetap berarti sepuluh. Jadi ketika diucapkan bersama-sama, akan menghasilkan “Sanjuu” yang artinya tiga puluh.

40 – Yonjuu

Jepang 40

Tidak jauh berbeda dari angka lainnya, yaitu “yonjuu” untuk menjadi “empat puluh”. “Yon” di sini adalah “empat” dan “Ju” berarti “sepuluh”. Berpadukan kata tersebut akan menghasilkan perbendaharaan kata baru yaitu “yonjuu”.

Nah, itulah tadi cara membaca angka 11-40 dalam Bahasa Jepang untuk pemula. Biasakan untuk mengulang sebanyak mungkin guna mempercepat proses pembelajaran. Semoga artikel ini dapat membantu para pembaca untuk menguasai Bahasa Jepang dengan lebih mudah dan lebih cepat.

Latihan pengucapan angka dalam bahasa Jepang


Latihan Pengucapan Angka Dalam Bahasa Jepang

Bahasa Jepang merupakan bahasa yang kaya dengan kosakata-kosakata unik termasuk angka-angka. Saat belajar bahasa Jepang, satu hal yang perlu dikuasai adalah menghafalkan cara mengucapkan angka. Tidak seperti bahasa Indonesia, dalam bahasa Jepang angka-angka mempunyai banyak cara penyebutan yang berbeda-beda tergantung dari jumlah angka yang akan diucapkan.

Berikut ini kita akan membahas latihan pengucapan angka dalam bahasa Jepang dari 1 – 100, agar sobat dapat lebih mudah memahaminya:

1 – 5


Angka 1-5 dalam Bahasa Jepang

Untuk angka 1-5 terdapat cukup banyak variasi pengucapannya, berikut ini contohnya:

1 – ICHI
Ichi merupakan penyebutan standar pada angka 1 dalam bahasa Jepang, untuk bahasa formal digunakan anata.
Contoh kalimat:
Anata wa ichi-nen gurai Nihongo wo benkyou shiteimasu ka?
Artinya: Sudah berapa tahun kamu belajar bahasa Jepang?

2 – NI
Ni juga merupakan penyebutan standar pada angka 2 dalam bahasa Jepang.
Contoh kalimat:
Kaban no naka ni wa ni-tsu no hon ga arimasu.
Artinya: Di dalam tas ada dua buku.

3 – SAN
San merupakan penyebutan standar pada angka 3 dalam bahasa Jepang.
Contoh kalimat:
Mata san-nen mo iidesu ka?
Artinya: Apakah tiga tahun lagi juga oke?

4 – YON/SHI
Yon dan shi keduanya dapat digunakan untuk penyebutan angka 4 dalam bahasa Jepang, namun perlu diperhatikan karena penyebutan shi juga dipakai untuk kata “kematian”, sehingga dianggap kurang baik jika kita menggunakan shi.
Contoh kalimat:
Kono eki kara ni-ban sen yon-hyaku gojuu-yon nichi de Tsukuba ni tsukimasu.
Artinya: Dari stasiun ini kami sampai di Tsukuba dalam 454 hari.

5 – GO
Go merupakan penyebutan standar pada angka 5 dalam bahasa Jepang.
Contoh kalimat:
Kare wa go-juu-mai no bijinesu kaado wo te ni ireta.
Artinya: Dia mendapatkan 50 kartu nama bisnis.

Itulah beberapa latihan pengucapan angka dalam bahasa Jepang dari 1 – 5 yang dapat dibahas, untuk angka-angka lainnya juga tersedia di artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat!

Iklan