Asal-usul Takoyaki Jepang


Takoyaki Jepang

Takoyaki adalah bola makanan yang terbuat dari tepung terigu dengan isian gurita dan bahan-bahan lainnya yang biasa disajikan dalam sekumpulan bola kecil. Kuliner ini sangat populer di Jepang dan masuk dalam daftar makanan khas Jepang. Takoyaki ternyata sudah ada sejak zaman dahulu dan memiliki sejarah yang cukup panjang. Takoyaki pertama kali dibuat di Osaka, Jepang pada tahun 1935 oleh seorang chef bernama Tomekichi Endo.

Takoyaki awalnya dibuat dengan cara yang tidak sama seperti saat ini. Endo membuatnya sebagai bagian dari hidangan pada acara festival. Dia menggabungkan tepung terigu dan rempah-rempah dengan campuran garam, air, dan telur. Isian utama dari takoyaki adalah gurita, dimasak dan juga disajikan dengan saus takoyaki, mayones, keju parut dan nori.

Perlu diketahui takoyaki awalnya disajikan sebagai hidangan yang unik, dan biasanya dijual di tempat yang terdapat pameran tahunan di Jepang. Salah satu tempat pameran yang terkenal di Jepang saat itu adalah tempat bernama tempat Matsuri. Seiring berjalannya waktu, takoyaki dipopulerkan di seluruh dunia melalui resto Jepang di luar negeri, khususnya di negara-negara Asia. Bahkan sekarang, telah ada banyak varian takoyaki yang berbeda-beda yang dibuat di seluruh dunia.

Takoyaki menjadi lebih populer dan terkenal di seluruh dunia setelah acara televisi Jepang yang bernama “Dotch Cooking Show” menayangkan segmen tentang pembuatan dan penjualan takoyaki pada tahun 1970-an. Segmen acara ini menunjukkan cara pembuatan dan menyajikan takoyaki kepada penonton dalam bahasa Inggris. Acara televisi ini memperkenalkan takoyaki ke seluruh dunia dan menjadikan kuliner ini semakin terkenal dan dicicipi oleh masyarakat dari berbagai negara.

Takoyaki hadir di Indonesia di abad ke-20 melalui budaya makan Jepang yang berkembang di Indonesia. Kuliner ini mendapat banyak perhatian dari orang Indonesia karena teksturnya yang unik dan ciri khasnya yang sulit dijumpai pada kuliner lainnya pada umumnya. Kini, takoyaki bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tempat kuliner, mulai dari kaki lima, foodcourt sampai kafe yang menyajikan kelezatan kuliner khas Jepang ini.

Resep dan Proses Pembuatan Takoyaki


Takoyaki

Takoyaki adalah makanan ringan asal Jepang yang mulai populer di Indonesia. Kuliner yang satu ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur, katsuobushi, bawang daun, dan gurita. Makanan yang bertekstur kenyal dan lembut ini disajikan dengan saus takoyaki, mayonaise, kecap inggris, dan taburan nori. Bagi pecinta kuliner khas Jepang, takoyaki pasti sudah tidak asing lagi. Namun, untuk kamu yang belum pernah mencoba takoyaki, yuk ikuti resep dan proses pembuatannya berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh kaldu ayam
  • 2 butir telur
  • 700 ml air
  • 100 gram gurita potong kotak kecil
  • 2 batang daun bawang cincang halus
  • Katsuobushi, secukupnya
  • Minyak goreng, secukupnya
  • Saus takoyaki, secukupnya
  • Mayonaise, secukupnya
  • Kecap Inggris, secukupnya
  • Nori, secukupnya

Cara Membuat:

Pertama-tama, siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Untuk alat, kamu perlu membeli cetakan takoyaki spesial yang biasa dijual di toko peralatan dapur. Jangan lupa untuk mengoleskan sedikit minyak pada cetakan agar adonan tidak lengket.

  1. Masukkan tepung terigu, gula pasir, garam, dan kaldu ayam ke dalam mangkuk, aduk rata. Selanjutnya, pecahkan telur dan masukkan ke dalam adonan tepung, aduk kembali hingga merata.
  2. Lalu, tuang air sedikit-sedikit sambil diaduk. Pastikan tidak ada adonan yang bergerindil. Aduk hingga adonan menjadi lembut dan agak cair.
  3. Panaskan cetakan takoyaki di atas kompor dengan api sedang. Tunggu hingga cetakan panas. Setelah itu, tuang adonan takoyaki ke dalam cetakan hingga penuh. Beri potongan gurita dan daun bawang cincang ke dalam adonan takoyaki.
  4. Tunggu hingga adonan agak mengeras dan kulitnya sedikit kecoklatan. Gunakan tusuk gigi atau sumpit untuk memutar balik takoyaki agar bulat. Masak hingga terlihat kecoklatan dan bulat merata.
  5. Ambil takoyaki dari cetakan, dan letakkan di piring saji. Siram dengan saus takoyaki, tambahkan mayonaise, kecap inggris, dan taburan nori. Takoyaki pun siap dinikmati.

Demikian resep dan proses pembuatan takoyaki yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba!

Jenis-Jenis Takoyaki


Takoyaki Lebihan Bahan

Para penikmat kuliner Jepang pasti sudah tidak asing dengan salah satu street food khas Jepang yang satu ini, yaitu Takoyaki. Makanan yang bentuknya bulat seperti bola-bola kecil ini terbuat dari adonan tepung, telur, ikan atau dashi yang berisi irisan gurita dan berbagai bahan pelengkap seperti katsuobushi, mayones, saus okonomiyaki, keju, atau sayuran seperti daun bawang dan wortel.

Untuk Anda yang ingin mencoba Takoyaki, ada tiga jenis Takoyaki yang bisa Anda temukan di Indonesia, yaitu:

Takoyaki Reguler

Takoyaki Reguler

Takoyaki reguler adalah Takoyaki yang paling umum dan mudah ditemukan di berbagai kota besar di Indonesia. Keistimewaan Takoyaki reguler adalah kulitnya yang crispy dan kenyal dengan isian gurita yang cukup banyak. Selain itu, Takoyaki reguler biasanya selalu disajikan dengan saus takoyaki yang khas dan mayones. Jadi, bagi Anda yang mencoba Takoyaki pertama kali, Takoyaki reguler bisa menjadi pilihan yang tepat.

Takoyaki Lebihan Bahan

Takoyaki Lebihan Bahan

Takoyaki lebihan bahan adalah Takoyaki yang memiliki tambahan bahan pelengkap seperti keju, katsuobushi, dan sayuran. Takoyaki jenis ini memiliki rasa yang lebih bervariasi dan cocok untuk Anda yang ingin mencoba sesuatu yang berbeda dari Takoyaki reguler. Takoyaki ini juga dapat menjadi alternatif bagi Anda yang tidak suka rasa gurita karena pilihan bahan pelengkapnya yang bervariasi.

Takoyaki Isi Daging

Takoyaki Isi Daging

Bagi Anda yang tidak suka dengan rasa gurita, Takoyaki isi daging bisa menjadi pilihan. Takoyaki jenis ini berisi daging ayam atau daging sapi, yang diolah dengan bumbu khas Jepang. Takoyaki isi daging memberikan sensasi rasa yang lebih gurih dan unik dibandingkan dengan Takoyaki reguler.

Itulah tiga jenis Takoyaki yang bisa Anda temukan di Indonesia. Meskipun berbeda jenis, Takoyaki tetaplah makanan yang nikmat dan cocok dijadikan sebagai teman ngobrol atau camilan di kala senggang. Jangan ragu untuk mencobanya!

Takoyaki di Indonesia dan Dunia


Takoyaki di Indonesia dan Dunia

Takoyaki, makanan khas Jepang yang terkenal di Indonesia maupun di seluruh dunia. Takoyaki merupakan bola-bola adonan tepung yang berisi potongan-potongan gurita atau produk laut lainnya, dengan tambahan bahan-bahan lain seperti irisan bawang dan mayones. Takoyaki biasanya disajikan dengan saus Okonomiyaki, mayones dan serpihan bonito yang sangat lezat. Makanan ini sangat cocok untuk mengisi perut saat sedang merantau, travelling ataupun untuk mengganjal perut saat berbelanja sembari menikmati kota yang menjadi tujuan.

Di Indonesia sendiri Takoyaki sudah sangat populer, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Bali. Penyedia Takoyaki di Indonesia biasanya berupa gerobak kecil di pinggir jalan, atau di tempat makanan maupun di event-event kuliner seperti Pasar Malam atau Festival Makanan. Selain itu banyak kafe atau restoran menyediakan Takoyaki di menu masakannya, oleh sebab itu Takoyaki lebih mudah di temukan di Indonesia daripada di negara asalnya, Jepang.

Takoyaki juga berkembang di seluruh dunia dan menjadi makanan populer sebagaimana makanan lainnya seperti sushi atau ramen. Takoyaki telah menyebar ke beberapa negara seperti Amerika Serikat, Australia, Vietnam, dan Korea Selatan. Hal ini terlihat dengan banyaknya restoran Jepang yang memasukkan Takoyaki di menu masakan mereka.

Berbagai varian Takoyaki-sama seperti Takoyaki dengan saus kemasan, Takoyaki dengan toping keju, dan Takoyaki dengan bahan pengisi lainnya seperti daging sapi atau ayam. Selain itu, ada juga Takoyaki dengan jenis adonan yang berbeda, seperti Takoyaki Mini dan Takoyaki Gaya Osaka yang terbuat dari adonan Hashi-To-Tane, yang melembutkan tekstur kulit Takoyaki.

Meskipun andalannya adalah gurita, Takoyaki bisa di-kreasikan dengan bahan pengisi apapun yang sesuai dengan selera. Terdapat banyak variasi Takoyaki yang disesuaikan dengan selera pasar lokalnya. Sebagai contoh, di Amerika Serikat, Takoyaki diisi dengan sosis ayam atau daging sapi. Di Thailand, ada Takoyaki dengan bahan pengisi durian dan coklat, dan di Korea Selatan, ada Takoyaki dengan bahan pengisi kimchi.

Kesimpulannya, Takoyaki adalah makanan yang lezat dan sangat mudah dijumpai di Indonesia maupun di seluruh dunia. Pengaruhnya pun dengan mudah bisa disesuaikan dengan selera pasar lokalnya. Jadi, saat Anda dalam perjalanan ke Jepang dan mencicipi Takoyaki di negara asalnya, jangan lupa untuk menciptakan sendiri varian Takoyaki dengan bahan pengisi yang Anda sukai.

Uniknya Konsumsi Takoyaki di Jepang


Tulisan Jepang Takoyaki di Indonesia

Takoyaki adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung terigu dan dicampur dengan irisan gurita, bawang putih, dan bahan lainnya. Serupa dengan bola kecil, Takoyaki biasanya disajikan dalam piring dengan saus khusus dan bubuk rumput laut untuk memberikan rasa yang kenyal dan lezat. Makanan ini menjadi populer karena keunikan cara penyajiannya, khususnya di Jepang.

Takoyaki dengan Bentuk yang Unik


Uniknya Konsumsi Takoyaki di Jepang

Salah satu hal yang unik dari Takoyaki di Jepang adalah bentuk bola kecilnya. Ketika disajikan di atas piring, Takoyaki biasanya disusun dalam bentuk piramida dengan jumlah yang sama. Dalam proses penyajiannya, Takoyaki akan terus dibolak-balik hingga merata. Hal ini dilakukan agar Takoyaki matang merata pada setiap sisi dan teksturnya kenyal.

Takoyaki dengan Saus Khas


Saus Khas Tulisan Jepang Takoyaki

Saus khusus yang biasanya disajikan dengan Takoyaki di Jepang memiliki rasa yang unik dan nikmat. Saus ini terbuat dari kecap manis, saus tomat, dan bahan-bahan lainnya yang dicampurkan bersama-sama. Saus khusus ini biasanya disajikan dengan olesan di atas Takoyaki atau digunakan sebagai bahan utama saat membuat Takoyaki. Penyebaran saus khusus ini menjadikan Takoyaki semakin lezat dan kaya rasa.

Tempat Produksi Takoyaki yang Beragam


Tempat Produksi Takoyaki di Jepang

Ternyata, Takoyaki juga memiliki tempat produksi yang berbeda-beda di Jepang. Beberapa kota yang terkenal akan Takoyaki di antaranya adalah Osaka, Kobe, dan Tokyo. Setiap daerah memiliki cara memasak dan bahan yang berbeda-beda, menjadikan Takoyaki lebih unik. Dalam perjalanan wisata kuliner ke Jepang, seringkali muncul pertanyaan setiap turis atau wisatawan, “Dari mana Takoyaki yang paling enak?” Namun, jawabannya bermacam-macam, tergantung selera masing-masing.

Takoyaki yang Bisa Disantap dengan Beragam Topping


Topping Takoyaki

Terakhir, Takoyaki di Jepang dapat dikonsumsi dengan berbagai macam topping seperti keju, mayones, bawang goreng, atau saus pedas. Topping ini ditambahkan pada saat Anda Sedang memilih Takoyaki yang Anda suka dan biasanya tersedia di beberapa pusat pembuatannya. Beberapa tempat menjual Takoyaki dengan berbagai topping. Jadi, pilihlah takoyaki dengan topping yang paling disukai.

Kesimpulan


Takoyaki Di Jepang

Takoyaki memang terkenal di Jepang dan sekarang sudah menjadi trend dan menjadi makanan ringan populer di Indonesia. Ada banyak hal yang membuat Takoyaki menjadi makanan yang unik, seperti bentuk, saus, tempat produksi, dan toppingnya. Jika Anda adalah pecinta kuliner, Takoyaki pantas menjadi salah satu makanan yang harus dicoba jika anda berkunjung ke Jepang atau mencari di toko makanan Jepang di sekitar tempat Anda tinggal. Nikmati sensasi lezat dari makanan khas Jepang ini dan tetap memperhatikan kesehatan dan pola makan yang seimbang.

Iklan