Bahasa Jepang sehari-hari dan “Arigatou”


Arigatou artinya apa

Bahasa Jepang adalah salah satu bahasa yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Kealamian dan keindahan bahasa Jepang mampu membuat orang jatuh hati untuk mempelajarinya. Namun, tidak dipungkiri, banyak orang yang merasa kesulitan saat ingin mempelajari bahasa Jepang. Karena sebenarnya, pelajaran bahasa Jepang tidak hanya menjurus kepada tata bahasa atau kosakata semata, tapi juga ke penggunaan sehari-hari.

Salah satu kata yang sangat umum diucapkan oleh masyarakat Jepang adalah “Arigatou”. Kata ini adalah bentuk rasa terima kasih dalam bahasa Jepang. Namun, sebenarnya kata “Arigatou” ini memiliki varian dalam penggunaannya. Ada empat varian yang paling umum, yaitu Arigatou (ありがとう), Arigatou gozaimasu ( ありがとうございます), Domo arigatou gozaimasu (どうもありがとうございます), dan Arigatou gozaimashita (ありがとうございました).

Varian pertama, “Arigatou” biasanya digunakan dalam situasi tidak terlalu formal. Seperti saat seseorang memberi kamu permen atau buah pada waktu yang santai. Penggunaan ini juga sangat umum digunakan saat seseorang meninggalkan pesan di aplikasi chat atau mengucapkan terima kasih saat perkenalan.

Kemudian, varian kedua yaitu “Arigatou gozaimasu”. Varian ini merupakan bentuk pengucapan terima kasih yang lebih formal daripada varian pertama. Misalnya, kamu pergi ke dokter dan mereka memberikan obat. Saat kamu menyerahkan biaya, dokter akan mengucapkan “Arigatou gozaimasu”. Penggunaan ini sangat umum dalam situasi formal, seperti saat kamu berkunjung ke kantor pemerintahan atau saat berbicara dengan guru mu.

Selanjutnya, varian ketiga yaitu “Domo arigatou gozaimasu”. Varian ini juga lebih formal daripada varian kedua. Secara harfiah, “Domo” artinya “sangat”. Artinya, kamu mengucapkan terima kasih dengan rasa sangat terharu dan berterima kasih. Dalam situasi formal, biasanya kamu akan mengucapkannya saat kamu mendapat hadiah atau sewaktu kamu diberi never-bergantungan pada suatu kegiatan.

Varian keempat yaitu “Arigatou gozaimashita”. Varian ini merupakan bentuk pengucapan terima kasih yang diucapkan setelah suatu peristiwa terjadi. Misalnya saat kamu berbelanja di toko online, saat kamu menerima paket, kamu bisa mengucapkan “Arigatou gozaimashita”. Penggunaan ini juga pas digunakan saat kamu pamit dan menjelang waktu untuk meninggalkan suatu tempat.

Secara keseluruhan, kamu bisa mengucapkan “Arigatou” sebagai ungkapan terima kasih yang relatif universal dalam bahasa Jepang. Namun, ketahuilah dengan baik bahwa penggunaan kata ini sebaiknya disesuaikan dengan situasi yang ada. Selain itu, dengan memahami penggunaan kata ini, kamu bisa menjadi lebih akrab dengan bahasa dan budaya Jepang.

Iklan