Kebudayaan Selamat Siang di Jepang


Selamat Siang Jepang

Selamat siang merupakan salah satu ucapan selamat di siang hari paling umum digunakan di Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa di Jepang, ada kebudayaan yang mirip dengan ucapan ini? Di Jepang, ada dua kata yang sering digunakan untuk menyapa orang di siang hari: “konnichiwa” dan “ohayou gozaimasu”. Konnichiwa digunakan pada siang hari di setiap kesempatan, sementara ohayou gozaimasu digunakan lebih pada waktu pagi dan siang hari sebelum pukul 10 pagi.

Pada umumnya, orang Jepang sangat memperhatikan etiket dalam penyampaian sapaan, terutama ketika bertemu dengan seseorang yang tidak mereka kenal. Greeting yang baik dianggap sebagai tanda penting dari sopan santun di Jepang, dan merupakan cara yang bagus untuk menunjukkan penghormatan pada orang lain.

Salah satu kultur dari selamat siang di Jepang adalah memberi salam kepada orang lain dengan menundukkan kepala dan mengucapkan selamat siang dengan merendahkan suara. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan rasa hormat dan sopan santun saat berinteraksi dengan orang lain. Cara ini juga memperlihatkan kesopanan khas Jepang yang tercermin dari cara berbicara dan sikap yang menggunakan bahasa halus dan sopan.

Menariknya, tidak hanya melalui ucapan lisan saja, tapi selamat siang di Jepang juga dapat dilakukan dengan melakukan gerakan tangan tertentu. Gerakan tangan ini biasanya dilakukan ketika ingin menyapa seseorang yang berada jauh dari kita seperti teman, kolega, atau kenalan.

Gerakan tangan selamat siang Jepang adalah dengan mengangkat telapak tangan kiri di bawah dagu dan tangan kanan di bawah dagu bagian bawah. Gerakan ini adalah cara yang bagus untuk memberi tahu orang lain bahwa Anda sedang menyapa mereka dengan sopan, tanpa harus membuat keributan. Namun, gerakan ini bukanlah gerakan resmi atau dipakai saat berbisnis seperti seorang eksportir atau importer dengan pembeli dari luar negeri.

Selain itu, di Jepang juga terdapat budaya untuk menatap mata orang ketika memberikan sapaan. Berbicara dengan jelas dan berbicara dengan suara yang jelas juga memainkan peran penting dalam memberikan kesan positif saat berinteraksi dengan orang lain. Sebagai pengunjung, memberikan sapaan kepada orang Jepang dengan benar dapat menjadi kunci kesuksesan Anda dalam berinteraksi dengan orang-orang di Jepang.

Dalam kehidupan sehari-hari, pengetahuan tentang selamat siang Jepang mungkin sangat membantu ketika berinteraksi dengan rekan kerja, retainer atau tamu asing. Orang Jepang sendiri juga senang ketika orang asing mencoba menggunakan ucapan yang baik seperti mereka lakukan, karena menurut mereka, itu menunjukkan kesediaan untuk mempelajari dan memahami budaya leluhurnya yang kuno.

Dalam kesimpulannya, selamat siang Jepang sangat penting bagi orang Jepang. Mereka sangat memperhatikan etiket dalam penyampaian sapaan, terutama ketika bertemu dengan seseorang yang tidak mereka kenal. Gerakan tangan tertentu dan menatap mata saat berbicara menjadi salah satu budaya yang harus diketahui bagi orang yang ingin berinteraksi dengan orang Jepang.

Ucapan Selamat Siang yang Populer di Jepang


ucapan selamat siang jepang

Selamat siang adalah ucapan yang sangat umum dijumpai dalam bahasa Jepang, terutama dalam percakapan sehari-hari. Ucapan ini juga menjadi penyemangat bagi orang yang menerima ucapan tersebut. Namun, selamat siang dalam bahasa Jepang memiliki beberapa varian dan biasanya digunakan berdasarkan wilayah di Jepang itu sendiri. Berikut adalah beberapa ucapan selamat siang populer di Jepang yang wajib kamu ketahui.

1. Konnichiwa


konnichiwa

Konnichiwa adalah ucapan selamat siang yang paling umum digunakan oleh orang Jepang dalam percakapan sehari-hari. Ucapan ini biasanya digunakan dari pukul 10.00 hingga pukul 16.00. Konnichiwa bisa diartikan sebagai selamat siang atau selamat tengah hari.

2. Kombanwa


kombanwa

Kombanwa adalah ucapan selamat malam dalam bahasa Jepang, namun di wilayah tertentu di Jepang, Kombanwa juga digunakan untuk menyapa seseorang pada saat siang hari. Biasanya ucapan ini digunakan setelah pukul 16.00 dan akan terus digunakan hingga menjelang malam hari.

Di daerah-daerah Jepang seperti Kyoto, Osaka, dan sekitarnya, Kombanwa digunakan sebagai pengganti Konnichiwa pada sore hari. Jadi jika kamu berada di daerah tersebut, jangan heran jika mendengar orang Jepang menyapa kamu dengan Kombanwa pada sore hari.

3. Hiru desu


hiru desu

Hiru desu adalah ucapan selamat siang dalam bahasa Jepang yang digunakan ketika waktu menunjukkan pukul 12.00 atau tengah hari. Ucapan ini digunakan ketika kamu bertemu dengan seseorang pada siang hari dan tidak berada di wilayah yang menggunakan Konnichiwa atau Kombanwa. Hiru desu diartikan sebagai “Ini adalah siang hari” dan cocok digunakan di wilayah yang tidak memiliki tradisi penggunaan ucapan selamat siang lainnya.

4. Ohiru desu


ohiru desu

Ohiru desu adalah ucapan selamat siang dalam bahasa Jepang yang digunakan ketika waktu menunjukkan pukul 12.00 hingga pukul 13.00. Ucapan ini dapat diterjemahkan sebagai “Ini siang hari yang tepat”. Ohiru desu juga cocok digunakan sebagai selamat siang alternatif di wilayah yang tidak menggunakan Konnichiwa atau Kombanwa.

Ucapan selamat siang adalah bentuk sapaan yang sangat penting dalam budaya Jepang. Selain menunjukkan bahwa kita peduli dengan orang yang kita sapa, ucapan selamat siang juga dapat menjalin hubungan sosial yang baik antara orang-orang Jepang. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui ucapan-ucapan selamat siang yang populer di Jepang untuk terhubung dengan orang-orang Jepang.

Signifikasi Etika Sapa Selamat Siang di Jepang


Selamat Siang di Jepang

Selamat siang merupakan bahasa yang seringkali digunakan sebagai sebuah salam di Jepang. Walaupun terlihat sepele, namun sikap ini menunjukkan rasa hormat dan kesopanan terhadap lingkungan sekitar. Bukan hanya itu, salam selamat siang ini juga menjadi salah satu bentuk etika yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Jepang.

Berbeda dengan bahasa sopan lain yang identik dengan semua orang di dunia seperti halo atau hai, Jepang memiliki aturan sendiri dalam melakukan sapaan. Sehingga, tak jarang wisatawan yang berkunjung ke Jepang disarankan untuk belajar etika yang baik dalam berbahasa sehari-hari di lingkungan sekitar.

1. Menghindari Kata Sapaan yang Terlalu Informal

Hajimemashite

Dalam melakukan sapaan di Jepang, terdapat beberapa etika yang harus diperhatikan jika tidak ingin dianggap tidak sopan. Sebagai contoh, sapaan Hai yang diartikan sebagai Ya dalam Bahasa Jepang, sebenarnya sangat tidak cocok jika digunakan secara terus menerus. Karena Hai dalam Bahasa Jepang memiliki kecenderungan yang lebih informal jika digunakan dalam sapaan sehari-hari.

Pilihan terbaiknya adalah dengan menggunakan konjungsi seperti ​​sumimasen atau arigatou gozaimasu. Dua kata tersebut biasanya digunakan saat berbicara dengan orang yang lebih tua atau di lingkungan formal lainnya. Terdapat juga sapaan yang lebih formal seperti hajimemashite, yang memiliki arti “pertama kali bertemu” dan cocok diucapkan saat bertemu dengan seseorang yang baru dikenal.

2. Menaikkan Suara pada Kata Terakhir

Selamat Siang Jepang

Etika yang harus dijaga dalam berbahasa di Jepang adalah memperhatikan intonasi saat berbicara. Saat mengucapkan selamat siang (konnichiwa) atau terima kasih (arigatou gozaimasu), penting untuk menaikkan suara pada kata terakhir. Ini menunjukkan rasa sopan dan bisa menghindari salah pengertian dalam komunikasi sehari-hari.

Hal ini juga terlihat saat menggunakan kata-kata yang memiliki akhiran -desu. Misalnya, saat bertanya tentang kondisi cuaca, maka disarankan untuk mengucapkan “Tenki wa dou desu ka? ” (Bagaimana kabar cuacanya?) Dengan mengucapkan desu pada akhir kalimat, menandakan sikap yang sopan dalam berbicara.

3. Selalu Menggunakan Bahasa Tepat Waktu

Metro Tokyo Selamat Siang

Orang Jepang memiliki pengelompokan kata-kata dalam bahasa Jepang yang terkait dengan waktu secara detail. Sebagai contoh, konnichiwa yang berarti ‘selamat siang’ diucapkan pada waktu siang hari, sementara ohayou gozaimasu yang berarti ‘selamat pagi’ diucapkan pada waktu pagi hari.

Selain itu, saat bertemu seseorang, sebaiknya periksa waktu terlebih dahulu. Jika waktu sudah lewat siang, maka sapaan “konnichiwa” diubah menjadi “konbanwa” yang berarti “selamat malam”. Bahkan, di Mie Prefecture, di Jepang tengah, sapaan salam diubah lagi saat matahari benar-benar telah terbenam dengan UCCHII !

Dalam kebudayaan Jepang, gaya bahasa yang digunakan sehari-hari sangat dihargai. Saat menggunakan bahasa yang sopan, ada perasaan bahwa orang tersebut memang benar-benar menghormati lawan bicaranya. Bahkan para wisatawan juga dianjurkan untuk mempraktekkan etika ini sehingga bisa membangun hubungan yang baik dengan masyarakat Jepang.

Perbedaan Selamat Siang Jepang dan Negara Lain


Selamat Siang Jepang

Selamat siang adalah sebuah ucapan yang seringkali kita dengar dan ucapkan dalam pergaulan sehari-hari. Namun, setiap negara memiliki cara tersendiri dalam menyampaikan ucapan selamat siang. Selamat siang di Jepang nggak sama dengan yang kita ucapkan di Indonesia, loh! Lalu, apa perbedaannya? Berikut penjelasannya.

Selamat Siang Jepang vs Indonesia

Selamat Siang Indonesia

Di Indonesia, ucapan selamat siang sangat mudah untuk diucapkan. Kita hanya perlu mengucapkan “selamat siang” dengan intonasi yang sopan dan ramah. Tetapi, berbeda dengan Jepang, ucapan selamat siang memiliki variasi yang berbeda tergantung pada situasinya.

Selamat Siang Jepang dalam Situasi Formal

Selamat Siang Jepang Formal

Di Jepang, selamat siang yang digunakan dalam situasi formal adalah “Konnichiwa” (こんにちは). Konnichiwa merupakan ucapan selamat siang yang lazim digunakan di tengah-tengah meeting dengan orang-orang yang lebih senior, rekan kerja, atau kolega. Kata “Konnichiwa” biasanya digunakan pada waktu siang hari, antara pukul 11.30 – 14.00 waktu setempat.

Selamat Siang Jepang dalam Situasi Informal

Selamat Siang Jepang Informal

Di situasi informal, orang Jepang akan menggunakan ucapan selamat siang yang sangat tidak formal, yaitu “Chou ne” (チョウネエ). Istilah Chou ne memiliki arti yang kurang lebih sama seperti “Hallo”. Chou ne biasanya digunakan oleh lingkungan muda-mudi atau orang yang saling akrab satu sama lain di kantor.

Selamat Siang di Negara Lain

Perbedaan ucapan selamat siang juga bisa kita temukan di negara-negara lain. Berikut ini beberapa ucapan selamat siang di negara lain:

1. Selamat Siang Korea

Selamat Siang Korea

Di Korea, ucapan selamat siang yang lazim digunakan adalah “Annyeonghaseyo” (안녕하세요). Kata tersebut memiliki arti “hallo”, dan bisa digunakan di berbagai situasi.

2. Selamat Siang Belanda

Selamat Siang Belanda

Di Belanda, orang akan mengucapkan “Goedemiddag” sebagai pengganti selamat siang. Goedemiddag bisa digunakan pada siang hari ketika saling bertemu di jalan ataupun ketika berbicara melalui telepon.

3. Selamat Siang Perancis

Selamat Siang Perancis

Di Perancis, orang akan mengucapkan “Bonjour” saat bertemu orang pada siang hari. Bonjour berarti “hallo” dalam bahasa Perancis, dan biasa digunakan pada siang hari ketika saling bertemu.

4. Selamat Siang Inggris

Selamat Siang Inggris

Di Inggris, ucapan selamat siang yang lazim digunakan adalah “Good afternoon”. Kata tersebut berarti “selamat siang” dalam Bahasa Inggris. Good afternoon bisa digunakan dalam situasi resmi maupun tidak resmi.

Jadi, itulah perbedaan antara selamat siang Jepang dengan negara lain. Semoga informasi ini bisa membantu kamu saat berkunjung ke Jepang atau negara lain, ya!

Peran Penting Selamat Siang dalam Budaya dan Adat Jepang


Selamat Siang Jepang

Bagi masyarakat Jepang, ucapan salam adalah hal yang penting dalam budaya dan adat mereka. Selamat Siang atau Ohayo Gozaimasu dalam bahasa Jepang adalah salah satu ucapan salam yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ucapan ini memiliki peran penting dalam budaya dan adat Jepang yang harus dipahami oleh siapapun yang berkunjung ke negeri Sakura.

Jepang bersalaman

1. Menghargai Orang Lain

Selamat Siang adalah bentuk penghormatan kepada orang lain. Di Jepang, budaya salam adalah salah satu bentuk penting dalam berkomunikasi. Saat orang Jepang bertemu seseorang, mereka akan memberikan salam terlebih dahulu sebagai bentuk penghormatan. Ucapan Selamat Siang menunjukkan rasa hormat dan penghargaan terhadap orang yang diucapkan.

Selamat Siang di Jepang

2. Meningkatkan Keterbukaan Komunikasi

Salam merupakan awal dari hubungan komunikasi yang baik. Dengan memberikan salam, maka ada kehangatan yang terbangun dalam berkomunikasi. Selamat Siang bisa membantu meningkatkan keterbukaan dan keakraban antar sesama. Sebagai contoh, ketika Anda berkunjung ke Jepang dan Anda memberikan ucapan Selamat Siang kepada orang-orang sekitar Anda, maka Anda tidak akan dianggap sebagai tamu yang dingin dan kurang ramah.

Jepang tradisi

3. Memiliki Arti yang Berbeda pada Waktu yang Berbeda

Selamat Siang memiliki arti yang berbeda pada waktu yang berbeda. Di pagi hari ucapan ini menjadi Ohayo Gozaimasu sementara pada petang hari menjadi Konnichiwa. Bagi orang asing, hal ini terlihat membingungkan. Namun bagi orang Jepang, ini merupakan bentuk sebagai penghargaan terhadap waktu yang berbeda dan terhadap orang yang berbeda pula.

Culture Japanese

4. Memunculkan Kesan Positif

Ucapan Selamat Siang memiliki kesan positif bagi siapa saja yang mendengarnya. Di Jepang, ucapan ini menjadikan hubungan antar mereka menjadi lebih dekat dan akrab. Selain itu, ucapan ini juga memberikan kesan positif bagi orang yang mendengarnya, membuat orang yang diberi ucapan tersebut merasa dihargai dan disayangi.

Ucapan Salam di Jepang

5. Membuka Peluang Untuk Berinteraksi dengan Orang Jepang

Selamat Siang sebenarnya bukan hanya ucapan salam biasa, namun juga bisa membuka pintu bagi Anda untuk berinteraksi dengan orang-orang Jepang. Tak hanya orang tua, tapi juga Anak-anak dan remaja di Jepang menghargai ucapan salam. Kesempatan ini bisa menjadi awal untuk mempelajari banyak hal tentang budaya dan adat orang Jepang. Pastikan Anda membalas ucapan salam mereka dengan ramah dan sopan, siapa tahu You can have friends in Japanese.

Jadi, Selamat Siang bukanlah hanya sekadar ucapan salam biasa di Jepang, namun memiliki arti yang dalam dan memiliki peran penting dalam budaya dan adat Jepang. Selain salam, Jepang juga terkenal dengan budaya memberi hadiah yang juga sangat penting dalam kehidupan mereka. Jangan lupa mempelajari budaya dan adat ketika Anda berkunjung ke Jepang.

Iklan