Pekerjaan Umum dalam Bahasa Jepang


pekerjaan jepang

Jepang merupakan negara yang dikenal sebagai produsen teknologi, pencetus tren mode, dan tempat berkembangnya makanan-makanan lezat. Terdapat banyak sekali pekerjaan dalam bahasa Jepang yang dapat dianggap sebagai pekerjaan umum, mulai dari karir di bidang teknologi, jasa keuangan, hingga seni dan budaya yang terkandung di Negeri Matahari Terbit ini.

Untuk merencanakan karir di Jepang, salah satu persyaratan penting adalah memahami kosa kata pekerjaan dalam bahasa Jepang. Berikut ini beberapa contoh pekerjaan umum dalam bahasa Jepang yang sering dijumpai:

1. ソフトウェア・エンジニア (Sofutowea Enjinia) atau Software Engineer
Sotware Engineer Japan

Pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi informasi sudah sangat berkembang di era sekarang ini. Banyak perusahaan-perusahaan teknologi yang membutuhkan karyawan dengan kemampuan di dalam dunia teknologi informasi, salah satunya sebagai Software Engineer. Nama lain dari software engineer dalam Bahasa Jepang adalah プログラマー (Puroguramaa) yang juga artinya adalah programmer. Tugas programmer biasanya adalah membuat program komputer/ software menggunakan bahasa pemrograman tertentu, membuat dokumentasi, juga melakukan debugging jika ada bug/kerusakan dalam program.

2. コンサルタント (Konsarutanto) atau Consultant
Konsultan Jepang

Pekerjaan sebagai konsultan juga sangat populer di Jepang. Seorang konsultan bertugas untuk memberikan saran dan informasi kepada perusahaan-perusahaan dalam hal strategi, pengembangan bisnis, pemilihan sumber daya manusia yang berkualitas, dan lain-lain. Biasanya perusahaan-perusahaan besar membutuhkan jasa konsultan untuk memperbaiki kinerja perusahaan ataupun mencari solusi terkait masalah-masalah yang dialami oleh perusahaan tersebut.

3. ビジネスマン (Bijinesuman) atau Businessman
Bisnis Man Jepang

Sesuai dengan namanya, pekerjaan sebagai businessman atau Pengusaha atau Pengusaha Bisnis, tentu saja terkait dengan dunia bisnis. Mereka bertanggung jawab dalam mencari peluang bisnis, membuat usulan bisnis yang baik, memutuskan investasi, serta bertindak sebagai penghubung antara perusahaan dan klien. Biasanya para businessman ini akan berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai negara, sehingga kemampuan berbahasa Inggris menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi mereka. Bahkan, saat ini persyaratan untuk bisa berbahasa Mandarin menjadi sangat penting karena negara-negara Asia, seperti China, Korea, dan tentunya Jepang, merupakan pasar yang sangat potensial dan bergengsi, sehingga para pengusaha juga harus bisa beradaptasi dengan banyak saingan bisnis dari luar negeri.

4. アナウンサー (Anaunsaa) atau Announcer
Announcer Jepang

Announcer merupakan profesi yang umumnya berkaitan dengan dunia radio, televisi, dan media massa yang lainnya. Mereka bertugas untuk menyiarkan berbagai informasi, berita, dan program lainnya kepada khalayak umum. Mereka harus memiliki kemampuan berbicara yang baik, dikombinasikan dengan pengetahuan yang luas mengenai banyak hal, sehingga bisa memberikan berita yang tidak hanya informatif, namun juga menghibur. Dalam Bahasa Jepang, Announcer juga dikenal dengan nama パーソナリティ (Paasonariti), yang artinya adalah pesona atau kepribadian yang menarik.

Itulah beberapa nama pekerjaan umum dalam bahasa Jepang. Terdapat banyak pekerjaan lainnya yang bisa kamu pelajari. Namun, yang penting sebelum memutuskan untuk merantau ke Jepang, terlebih dahulu perhatikan persyaratan dokumen dan kemampuan berbahasa Jepang yang baik. Sehingga, kamu dapat memulai karir dengan tekun dan sukses dalam berbagai pekerjaan yang kamu minati. Yakinlah bahwa langit adalah batas karirmu, maka tetapkanlah tujuanmu dan jangan menyerah. Selamat berkarya!

Pekerjaan dalam Bidang Kesehatan dalam Bahasa Jepang


Pekerjaan dalam Bidang Kesehatan dalam Bahasa Jepang

Ketika kita berbicara tentang pekerjaan, kesehatan menjadi salah satu bidang yang sangat penting untuk dibahas. Setiap orang memerlukan seseorang yang memahami kesehatan dan bisa membantu mereka mengatasi berbagai masalah kesehatan. Di Jepang, ada banyak pekerjaan dalam bidang kesehatan yang sangat diperlukan dan dibutuhkan oleh masyarakat. Berikut adalah beberapa pekerjaan dalam bidang kesehatan dalam bahasa Jepang yang perlu kamu ketahui.

Ishi


Ishi (dokter)

Ishi (意思) diartikan sebagai dokter dalam bahasa Jepang, kata ini terdengar mirip dengan kata dokter dalam bahasa Inggris. Namun, jika kamu melihat tulisan atau karakter kanji untuk ishi, kamu akan mengetahui bahwa itu berbeda dengan “doctor” dalam bahasa Inggris. Dokter yang berpraktek di rumah sakit memiliki gelar yang berbeda, mereka biasanya disebut ashi, dan telah menyelesaikan pendidikan kedokteran selama enam tahun. Dalam bahasa Jepang, mereka menyebut spesialis berdasarkan bagian tubuh yang ditangani misalnya, ‘kikansha’ untuk dokter kulit, ‘shika’ untuk dokter gigi, dan ‘shinryooshi’ untuk dokter gigi spesialis ortodonti.

Kangoshi


Kangoshi (perawat)

Kangoshi adalah perawat dalam bahasa Jepang. Mereka membantu dokter dalam memberikan perawatan medis kepada pasien. Ada tiga jenis perawat dalam bahasa Jepang yang dapat kamu temui. Yang pertama adalah perawat dalam diruangan ICU, yang kedua adalah perawat di rumah sakit, dan yang ketiga adalah perawat di fasilitas perawatan jangka panjang. Mereka biasanya menguasai teknik perawatan kesehatan dengan baik, seperti cara mengganti infus dan mengganti ban bekas, sehingga pasien mereka akan merasa aman dan nyaman selama melalui proses perawatan.

Shiatsu


Shiatsu (Terapis Refleksi)

Shiatsu adalah terapis refleksi dalam bahasa Jepang. Terapis refleksi umumnya mengkhususkan diri pada penyediaan terapi psiko-fisik, menggunakan sentuhan fisik untuk merangsang berbagai titik akupresur pada tubuh pasien, baik lewat tangan ataupun kaki, yang dipandang sebagai referensi seluruh organ tubuh. Terapis refleksi disebut sebagai Shiatsu, dan terutama dipertajam di toko-toko emas di Jepang. Mereka mengambil perawatan kesehatan ke arah mana mana, secara bertahap merelaksakan rasa sakit dan ketegangan di tubuh.

Fukuishi no Shokugyo


Fukuishi no Shokugyo (Prosthetik dan Ortotik Specialist)

Fukuishi no Shokugyo adalah spesialis prostetik dan ortotik di Jepang, dapat juga disebut sebagai penguji kaki. Prosthetik dan ortotik adalah bidang kesehatan yang mempelajari pembuatan artificial kaki, dan peralatan alat bantu lainnya untuk para penyandang disabilitas. Para spesialis dalam bidang ini, bertugas memilih dan membuat prostetik atau pengganti kaki untuk para pasien, sehingga pasien dapat menggunakan prostetik pembantu yang dipilih dengan mudah dan aman.

Byoin Kanri Gashitsu


Byoin Kanri Gashitsu (Manajer Rumah Sakit)

Byoin Kanri Gashitsu adalah manajer rumah sakit, yang bertanggung jawab mengatur dan merencanakan segala hal, seperti pembelian alat medis dan peralatan, manajemen staf, rencana strategi, dan tata letak rumah sakit. Fungsi mereka meliputi pengelolaan dokumen administrasi dan manajemen karyawan, dan melaporkan semua kegiatannya kepada kepala perusahaan. Tugas mereka sangat penting untuk menjamin bahwa pasien menerima perawatan yang tepat dan efektif dalam lingkungan yang aman dan nyaman.

Itulah beberapa pekerjaan dalam bidang kesehatan dalam bahasa Jepang yang perlu kamu ketahui. Sistem kesehatan Jepang terkenal dengan mutu pelayanannya yang tinggi, karena pekerjaan-pekerjaan ini sangat diperlukan dan esensial dalam mendukung masyarakat Jepang di berbagai aspek kesehatan.

Pejabat dalam Bahasa Jepang


Pejabat dalam Bahasa Jepang

Ketika berbicara tentang kosa kata pekerjaan dalam bahasa Jepang, kita tak bisa melupakan kata-kata yang berhubungan dengan pejabat. Sama seperti di Indonesia, pejabat bisa merujuk pada berbagai jenis pekerjaan, mulai dari tingkat rendah hingga tingkat atas. Yuk, simak kosa kata bahasa Jepang yang berhubungan dengan pejabat berikut ini!

Pekerjaan Kantor (事務所の仕事)


Pekerjaan Kantor (事務所の仕事)

Pekerjaan kantor di Jepang meliputi posisi-posisi seperti カスタマーサポート (kasutamaa sapooto) atau customer support, 秘書 (hisho) atau sekretaris, 人事 (jinji) atau HR (human resource), dan 経理 (keiri) atau akuntansi. Bagi mereka yang tertarik bekerja di bidang pemasaran, kamu bisa mencoba menjadi マーケター (maaketaa) atau marketer.

Pekerjaan di Lembaga Pemerintahan (政府機関での仕事)


Pekerjaan di Lembaga Pemerintahan (政府機関での仕事)

Bagi mereka yang memiliki minat di bidang pemerintahan, ada beberapa pekerjaan di lembaga pemerintahan yang bisa kamu pertimbangkan. Di antaranya adalah 国家公務員 (kokka koumuin) atau pegawai negeri, 警察官 (keisatsu kan) atau polisi, dan 消防士 (shouboushi) atau pemadam kebakaran. Sementara itu, bagi kamu yang tertarik di bidang hukum, kamu bisa mencoba untuk menjadi 弁護士 (bengoshi) atau pengacara.

Pekerjaan di Perusahaan Swasta (民間企業での仕事)


Pekerjaan di Perusahaan Swasta (民間企業での仕事)

Jika kamu tertarik bekerja di sektor swasta, ada pula beberapa pekerjaan yang bisa menjadi pilihanmu. Di antaranya adalah 営業職 (eigyoushoku) atau sales, 企画職 (kikaku shoku) atau planning, serta エンジニア (enjinia) atau engineer untuk mereka yang memiliki latar belakang atau keahlian di bidang teknologi.

Nah, itulah beberapa jenis pekerjaan yang umumnya dijumpai di Jepang. Bukan hanya kosa kata bahasa Jepang yang kamu perlu tahu, tapi juga istilah-istilah yang berkaitan dengan budaya kerja Jepang. Selamat mencoba untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu!

Gaya Hidup dalam Bahasa Jepang


Kosa Kata Pekerjaan dalam Bahasa Jepang

Bagi kamu yang menggemari bahasa Jepang dan ingin mengeksplorasi berbagai kosakata atau istilah dalam bahasa Jepang yang terkait dengan pekerjaan, maka artikel ini cocok untuk kamu. Di dalam bahasa Jepang, terdapat banyak istilah pekerjaan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui kosakata pekerjaan dalam bahasa Jepang sebelum memutuskan untuk bekerja di Jepang atau hanya sekedar untuk menambah kosa kata yang kamu miliki.

Kosa Kata Pekerjaan dalam Bahasa Jepang


Pekerjaan dalam Bahasa Jepang

1. 社員 (しゃいん/Shain) berarti karyawan atau pegawai tetap suatu perusahaan.
2. 先生 (せんせい/Sensei) artinya guru atau instruktor pada umumnya.
3. 医者 (いしゃ/Isha) merupakan kata yang artinya dokter atau dokter spesialis.
4. 従業員 (じゅうぎょういん/Juugyouin) berarti karyawan atau pekerja dan dapat juga berarti anggota kelompok kerja.
5. 作家 (さっか/Sakka) artinya penulis yang kerap memproduksi karya sastra seperti novel, cerpen, atau puisi.
6. 弁護士 (べんごし/Bengoshi) berarti advokat atau pengacara yang berprofesi untuk memberikan nasihat hukum atau mewakili seseorang di pengadilan.
7. 看護師 (かんごし/Kangoshi) adalah perawat atau suster yang profesional, pekerjaannya meliputi merawat pasien di rumah sakit atau di tempat praktek dokter.
8. 銀行員 (ぎんこういん/Ginkouin) berarti pegawai bank yang tugasnya adalah melayani nasabah dan melakukan berbagai transaksi perbankan.
9. プログラマー (Puroguramaa) adalah sebutan untuk programmer atau pengembang perangkat lunak.
10. 歌手 (かしゅ/Kashu) artinya penyanyi atau musisi yang mempertunjukkan bakatnya dalam bidang musik.
11. スポーツ選手 (Supootsu Senshu) berarti atlit olahraga, baik di level amatir maupun profesional, seperti sepak bola, bulutangkis, atau balap mobil.
12. 記者 (きしゃ/Kisha) adalah seorang jurnalis atau koresponden, bertugas untuk menulis berita atau meliput kejadian aktual dalam dunia politik, sosial, budaya dan lainnya.
13. デザイナー (Dezainaa) artinya seorang desainer atau pengembang desain, yang tugasnya merancang atau menciptakan produk visual seperti latar belakang aplikasi atau desain pakaian.
14. モデル (Moderu) berarti model atau pelaku fashion yang berprofesi untuk menjadi model busana, iklan, dan peragaan di televisi maupun di media online.
15. 漫画家 (まんがか/Mangaka) adalah sebutan untuk pelukis atau penulis komik atau manga, yang biasanya diterbitkan di majalah atau buku.
16. 経営者 (けいえいしゃ/Keieisha) berarti pengusaha atau pemilik perusahaan.
17. アイドル (Aidoru) artinya idola, yaitu selebritas atau artis multitalenta yang terkenal di Jepang dan memiliki banyak penggemar.
18. タレント (Tarento) berarti talent atau selebritas yang sering tampil di televisi atau di acara varietas.
19. バーテンダー (Baateendaa) artinya bartender atau tukang minuman yang berprofesi di bar atau restoran, bertugas untuk menyajikan minuman hingga mencampurnya.
20. シェフ (Shefu) berarti chef atau juru masak yang menguasai berbagai masakan dan tata cara penyajiannya.

Karir di Jepang


Karir di Jepang

Bagi para pelamar kerja yang ingin bekerja di Jepang, tak cukup hanya mengetahui kosakata pekerjaan dalam bahasa Jepang. Kamu juga perlu mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan karir atau pekerjaan di Jepang. Dalam budaya kerja Jepang terdapat beberapa, dan salah satunya adalah shuushoku katsudou (kegiatan mencari pekerjaan). Selain itu, kebijakan dan kesepakatan yang diatur di perusahaan, sering disebut dengan teikou gaikaku, wajib diketahui pula.

Selain persiapan dari sisi pengetahuan kosakata pekerjaan, kamu juga perlu mempersiapkan diri dengan mempelajari etika dan tata cara budaya kerja Jepang. Beberapa tata cara budaya kerja yang perlu kamu perhatikan, seperti:
1. Punctuality atau waktu yang tepat dan tepat waktu adalah sangat penting di Jepang.
2. Menghargai senior adalah sebuah budaya yang kuat di Jepang.
3. Kepentingan perusahaan lebih diutamakan daripada kepentingan pribadi.
4. Bersikap sopan dan merendahkan diri.

Dengan mempersiapkan diri dengan baik di segala aspek, keberhasilan untuk mewujudkan karir di Jepang pun kian terbuka lebar. Hal utama terletak pada niat, motivasi yang tinggi, dan kemauan kuat untuk belajar dan mengeksplorasi segala aspek budaya di Jepang.

Pekerjaan dalam Bidang Pendidikan dalam Bahasa Jepang


Pendidikan Jepang

Dalam bidang pendidikan, Jepang menunjukkan dedikasinya untuk memperbaiki sistem pendidikan negaranya dan hal itu tercermin dalam berbagai macam pekerjaan di bidang ini. Berikut adalah beberapa kosa kata pekerjaan dalam Bahasa Jepang yang berkaitan dengan bidang pendidikan:

1. Sensei/Sensi (先生)


Sensei

Sensei atau sensi adalah kata bahasa Jepang yang artinya adalah guru. Sensei digunakan untuk merujuk kepada guru di sekolah dasar, menengah, maupun perguruan tinggi. Di Jepang, profesor perguruan tinggi juga dipanggil dengan Sensei.

2. Kyōin (教員)


Kyōin

Kyōin adalah kata bahasa Jepang yang artinya dosen atau guru akademik. Orang yang bekerja sebagai kyōin biasanya memiliki kemampuan akademik yang tinggi di bidangnya masing-masing. Kyōin biasanya bekerja di perguruan tinggi atau universitas dan tugasnya meliputi mengajar mahasiswa, melakukan penelitian, serta mengembangkan kurikulum.

3. Chōtei-in (調整員)


Chōtei-in

Chōtei-in adalah istilah yang mengacu pada orang yang bekerja sebagai pengatur jadwal atau koordinator di sebuah institusi pendidikan. Tugas paling utama chōtei-in adalah melakukan pendataan jadwal kegiatan di seluruh kegiatan pendidikan.

4. Daigaku-in (大学院)


Daigaku-in

Daigaku-in adalah kata bahasa Jepang yang artinya mahasiswa pascasarjana. Secara harfiah, daigaku-in berarti mahasiswa universitas besar. Daigaku-in biasanya mengambil program pascasarjana selama dua tahun. Setelah menyelesaikan program, mereka akan mendapatkan gelar Master atau PhD.

5. Rōjin Hōmu Teaccher (老人ホーム・ティーチャー)


Rōjin Hōmu Teaccher

Rōjin Hōmu Teaccher adalah pekerjaan dalam bidang pendidikan yang sangat populer di Jepang. Rōjin Hōmu Teaccher adalah guru khusus yang mengajar di pusat perawatan lansia. Mereka membantu para lansia dalam belajar hal-hal baru, membuat aktivitas yang menyenangkan, serta memberikan perawatan psikologis.

Pendidikan adalah salah satu bidang yang sangat penting di Jepang. Oleh karea itu, sangat lah diperlukan para tenaga pengajar yang profesional dan berdedikasi tinggi untuk memajukan bidang pendidikan di Jepang.

Iklan