Sejarah Bahasa Nasional Jepang


Sejarah Bahasa Nasional Jepang

Bahasa Jepang menjadi bahasa resmi Jepang pada tahun 1890 setelah berabad-abad sebagai bahasa lisan dari masyarakat Jepang yang berbeda-beda. Selama berabad-abad, Jepang memiliki bahasa paruh waktu yang digunakan sebagai bahasa lisan, dan bahasa teks yang digunakan oleh elit terdidik. Setelah Restorasi Meiji pada 1868, bahasa Jepang mengalami banyak perubahan dan reformasi.

Pada era Meiji, orang Jepang diharapkan untuk meninggalkan cara hidup tradisional mereka dan mengadopsi budaya barat, termasuk di dalamnya bahasa – banyak kosakata bahasa Jepang sendiri yang tenggelam dan diganti dengan kata-kata yang diambil dari bahasa Inggris. Bahasa Jepang yang saat itu digunakan oleh masyarakan bawah dan kaum terpelajar sama sekali berbeda.

Pada tahun 1886, Komisi Penetapan Teks Bahasa Jepang didirikan dan mengeluarkan beberapa aturan gramatikal standar untuk bahasa Jepang. Kemudian, pada tahun 1890, resolusi resmi dimasukkan ke dalam undang-undang bahwa bahasa Jepang baru telah diciptakan. Bahasa Jepang kini digunakan di seluruh Jepang – sebagai bahasa resmi di sekolah dan universitas, di pengadilan dan di parlemen.

Bahkan ketika bahasa Jepang menjadi bahasa resmi, beberapa daerah di Jepang masih menggunakan dialek mereka sendiri. Namun demikian, bahasa nasional Jepang telah diakui oleh seluruh masyarakat Jepang sebagai bahasa yang dapat mengungkapkan seluruh budaya, tradisi, dan pandangan mereka. Bahasa Jepang bahkan disebut-sebut sebagai bahasa yang luar biasa karena dapat mengungkapkan nuansa dan perasaan yang sulit diekspresikan dalam bahasa lain.

Saat ini, bahasa Jepang menjadi agar yang bergengsi dan banyak orang dari seluruh dunia mempelajari bahasa ini. Bahasa Jepang sudah dapat diakses di beberapa negara selain Jepang sendiri. Karena kemodiafikasian yang sangat cepat, beberapa bagian dari bahasa Jepang menjadi sangat mudah diperoleh di luar negeri, dan komunitas pemakai bahasa Jepang pun berkembang pesat.

Meskipun pernah mengalami perubahan radikal dalam sejarahnya, bahasa Jepang tetap menjadi bahasa kebanggaan masyarakat Jepang yang unik dan menarik. Pengaruh bahasa Jepang di banyak negara semakin kuat, dan bahasa Jepang diyakini akan terus menjadi bahasa internasional yang relevan pada masa mendatang.

Iklan