Pengenalan Huruf Hiragana


huruf hiragana

Jepang terkenal dengan tempat wisatanya seperti bunga sakura, Mount Fuji, dan juga anime. Seiring dengan meningkatnya ketertarikan masyarakat Indonesia dengan Jepang, belajar bahasa Jepang juga menjadi salah satu pilihan yang banyak diminati. Salah satu hal penting dalam belajar bahasa Jepang adalah mengenal huruf Hiragana. Bahasa Jepang memiliki tiga jenis tulisan yang wajib dipelajari, yaitu Hiragana, Katakana, dan Kanji.

Yang menjadi topik pembahasan kali ini adalah huruf Hiragana, huruf Hiragana merupakan huruf yang digunakan dalam menulis kata-kata bahasa Jepang secara lebih lengkap. Huruf Hiragana memiliki 46 karakter yang terdiri dari 5 vokal dan 41 konsonan. Untuk lebih memahami tentang huruf Hiragana, mari kita bahas satu per satu karakter Hiragana.

1. Karakter Vokal dalam Hiragana

Karakter vokal (huruf vocal) dalam Hiragana terdiri dari 5 karakter, yaitu あ, い, う, え, お. Kelima karakter vokal ini penting dalam bahasa Jepang karena setiap kata dalam bahasa Jepang harus menggunakan salah satu karakter vokal.

karaker vokal

2. Karakter Konsonan dalam Hiragana

Karakter konsonan (huruf konsonan) dalam Hiragana terdiri dari 41 karakter, yaitu か, き, く, け, こ, が, ぎ, ぐ, げ, ご, さ, し, す, せ, そ, ざ, じ, ず, ぜ, ぞ, た, ち, つ, て, と, だ, ぢ, づ, で, ど, な, に, ぬ, ね, の, は, ひ, ふ, へ, ほ, ば, び, ぶ, べ, ぼ, ぱ, ぴ, ぷ, ぺ, ぽ.

karakter konsonan

Setelah kita mengenal karakter vokal dan karater konsonan dalam huruf Hiragana, sekarang kita bisa mulai latihan menulis huruf Hiragana. Kamu bisa mencari contoh font huruf Hiragana di website atau aplikasi untuk memudahkan proses belajar. Jangan lupa untuk terus berlatih dan mengulang setiap karakter huruf sehingga kamu dapat menghapal huruf Hiragana dengan baik.

Belajar huruf Hiragana bisa dilakukan dengan mudah bersama dengan teman atau melalui video tutorial. Tapi, jika kamu memiliki kesulitan dalam menulis huruf Hiragana, kamu bisa mencoba belajar dari aplikasi khusus belajar bahasa Jepang yang tersedia di google Play Store atau App Store. Percayalah, dengan rajin belajar dan berlatih, kamu dapat menguasai huruf Hiragana dengan mudah.

Sejarah dan Asal Mula Huruf Hiragana


sejarah hiragana

Hiragana merupakan salah satu huruf dasar yang digunakan dalam bahasa Jepang. Seperti yang kita ketahui, bahasa Jepang memiliki banyak huruf yang tergolong rumit dan sulit untuk dipelajari. Oleh karena itu, para ahli bahasa Jepang merancang huruf hiragana. Hiragana memiliki bentuk huruf yang lebih sederhana dan mudah dipelajari, sehingga cocok untuk penggunaan dalam kehidupan sehari-hari.

Sejarah hiragana dimulai pada abad ke-5, saat para pemuka agama yang berasal dari Tiongkok, membawa aksara Cina ke Jepang. Pada awalnya, aksara Cina hanya digunakan untuk kepentingan resmi dan sastra, sehingga hanya orang yang terpelajar yang bisa membaca dan menulis menggunakan aksara tersebut.

Akan tetapi, pada abad ke-9, wanita Jepang mulai menggunakan huruf-huruf yang lebih mudah dipelajari agar mereka bisa menulis huruf-huruf dan kata-kata yang lebih mudah tanpa perlu menggunakan aksara Cina yang sangat rumit. Huruf-huruf tersebut merupakan bentuk awal dari apa yang kita kenal sebagai hiragana. Pada awalnya, huruf-huruf tersebut disebut sebagai onnade (huruf wanita), karena hanya digunakan oleh kaum wanita dan anak-anak.

Bentuk awal dari hiragana terdiri dari 88 huruf dasar, yang pada awalnya hanya terdiri dari beberapa karakter kanji yang disederhanakan. Pada saat itu, hanya sedikit orang yang bisa membaca dan menulis huruf-huruf tersebut.

Namun, seiring berjalannya waktu, huruf-huruf hiragana semakin berkembang dan menjadi lebih populer di kalangan masyarakat Jepang. Pada abad ke-10, huruf-huruf hiragana semakin banyak digunakan dalam sastra klasik dan puisi.

Hiragana menjadi lebih populer lagi pada periode Heian (794-1185) di mana wanita di istana memainkan peran penting dalam budaya dan kesenian Jepang. Sehingga salah satu cara untuk mencerminkan status sosial yang tinggi adalah dengan menulis dengan huruf hiragana. Pada saat itu, para penulis komik juga mulai menggunakan hiragana untuk menciptakan cerita-cerita yang lebih mudah dipahami dan menyenangkan untuk dibaca.

Seiring dengan perkembangan zaman dan munculnya teknologi seperti mesin cetak, huruf hiragana menjadi lebih mudah diproduksi dan menjadi lebih terjangkau bagi masyarakat Jepang. Saat ini, hiragana adalah salah satu huruf dasar yang digunakan dalam bahasa Jepang dan menjadi salah satu usaha dalam pelestarian budaya Jepang.

Sekarang, hiragana pun diajarkan di negara-negara lain yang juga mempelajari bahasa Jepang. Selain itu, huruf hiragana juga sering digunakan dalam desain grafis dan ilustrasi.

Cara Penulisan Huruf Hiragana


Cara Penulisan Huruf Hiragana

Huruf Hiragana adalah huruf dalam bahasa Jepang yang digunakan untuk membuat kata-kata yang berbunyi Jepang asli. Meski terlihat seperti simbol-simbol yang rumit dan tidak terbaca, ternyata menulis huruf Hiragana sangat mudah untuk dipelajari, bahkan oleh pemula sekalipun. Berikut ini adalah cara penulisan huruf Hiragana yang benar.

1. Pelajari struktur huruf Hiragana

Sebelum memulai menulis huruf Hiragana, Anda perlu memahami strukturnya terlebih dahulu. Huruf Hiragana terdiri dari suatu pola yang berbentuk kotak dengan garis vertikal di tengahnya, dan beberapa garis kecil di sekelilingnya. Setiap garis pada pola ini mewakili bentuk dasar dari setiap huruf Hiragana.

2. Mulai dengan huruf dasar

Setiap huruf Hiragana terdiri dari satu atau beberapa garis yang mewakili bagian dasarnya. Garis-garis tersebut dapat dikombinasikan dengan huruf lain untuk membentuk kata-kata baru. Anda bisa memulai dengan huruf dasar seperti “a”, “i”, “u”, “e”, dan “o” untuk mempelajari cara menulis huruf Hiragana.

3. Praktekkan menggambar garis

Setelah Anda memahami struktur dan huruf dasar, selanjutnya Anda harus mempraktikkan menggambar garis-garis Huruf Hiragana. Ada beberapa jenis garis yang harus dipahami dalam menulis huruf Hiragana, meliputi:

  • Garis horizontal (―)
  • Garis vertikal (丨)
  • Garis miring ke kiri (/), dan
  • Garis miring ke kanan (\)

Anda dapat mempraktikkannya dengan menggambar garis pada kertas kosong atau menggunakan lembar praktek khusus menulis huruf Hiragana yang tersedia di toko-toko buku.

4. Perhatikan arah dan urutan penulisan

Selain memahami jenis garis, Anda juga perlu memperhatikan arah dan urutan penulisannya. Huruf Hiragana ditulis dari kiri ke kanan, dan dari atas ke bawah. Anda harus memulai dari bagian atas pola huruf, kemudian menggambar garis di sekitarnya dengan mengikuti pola yang benar. Setelah itu, lengkapi huruf dengan menambahkan strip atau titik di tempat yang benar. Perhatikan urutan penulisan setiap garis sebagai contoh:

  • Mulailah dengan garis horisontal di bagian atas
  • Lanjutkan dengan garis vertikal di tengah
  • Setelah itu, tambahkan garis miring ke kanan dari atas
  • Lalu garis miring ke kiri pada bagian bawah, dan
  • Tambahkan strip vertikal pada bagian akhir.

5. Pelajari kombinasi huruf Hiragana

Huruf Hiragana dapat digabungkan satu dengan yang lainnya untuk membentuk kata-kata yang panjang dengan variasi pengucapan yang berbeda. Oleh karena itu, untuk mempelajari bahasa Jepang secara efektif, Anda perlu memperhatikan kombinasi huruf Hiragana. Contohnya adalah huruf “ka” dengan “ki” menjadi kata “kaki” yang artinya “kaki”, dan huruf “ta” dengan “ko” menjadi kata “tako” yang berarti “gurita” atau “kite”. Anda juga bisa mempraktikkan menulis kombinasi huruf Hiragana dalam salah satu materi pelajaran bahasa Jepang.

Dengan memahami cara penulisan huruf Hiragana, Anda dapat dengan mudah mempelajari bahasa Jepang dan mengungkapkan pikiran atau ide dengan lebih baik. Selain itu, pembelajaran menulis Huruf Hiragana juga dapat membantu Anda untuk memahami tulisan Jepang secara umum. Yuk mulai sekarang, belajar menulis Huruf Hiragana dengan cara yang benar!

Kegunaan Huruf Hiragana dalam Bahasa Jepang


Hiragana

Huruf Hiragana adalah salah satu huruf yang digunakan dalam penulisan bahasa Jepang. Hiragana adalah bentuk huruf kana, sistem penulisan bahasa Jepang dengan penggunaan huruf. Setiap huruf Hiragana merepresentasikan suara yang berbeda dan dikombinasikan dengan huruf lain untuk membentuk kata-kata dan frasa-frasa.

1. Membaca dan Menulis Nama Kendaraan dan Tempat

Huruf Hiragana

Kegunaan pertama dari huruf Hiragana adalah untuk membantu membaca dan menulis nama kendaraan dan tempat. Seperti sebuah angka, nama kendaraan dan tempat di Jepang bisa menjadi sangat sulit untuk dipahami bahkan oleh penutur asli bahasa Jepang. Namun, dengan huruf Hiragana, semua orang bisa membaca dan menulis nama yang rumit itu.

2. Menggambarkan Suara Dalam Bahasa Jepang

Hiragana Suara

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap karakter Hiragana merepresentasikan suara yang menandakan konsonan dan vokal dalam bahasa Jepang. Karakter tersebut membantu orang Jepang untuk membedakan satu suara dengan suara yang lain dan dengan begitu membantu dalam pengucapan kata dengan benar. Hiragana juga membantu dalam penulisan kata-kata yang sulit dieja dalam bahasa Jepang.

3. Mengidentifikasi Jenis Kelamin

Hiragana Jepang

Huruf Hiragana kadang membantu dalam mengidentifikasi jenis kelamin dari orang Jepang yang memiliki nama yang sama. Misalnya, karakter “あ” (a) membantu mengidentifikasi bahwa seseorang adalah wanita. Karakter “う” (u) menunjukkan bahwa seseorang adalah laki-laki. Mengetahui jenis kelamin seseorang sangat penting dalam bahasa Jepang karena jenis kelamin tersebut mempengaruhi cara cara menggunakan kata ganti dan kata lain dalam bahasa Jepang.

4. Menggambarkan Karakteristik Seseorang

Huruf Hiragana Jepang

Karakter Hiragana juga digunakan dalam membentuk kata-kata yang menggambarkan karakteristik seseorang dalam bahasa Jepang. Misalnya, karakter “い”(i) digunakan dalam kata-kata seperti “かわいい”(kawaii) yang berarti “lucu” atau “manis”. Karakter “け”, “い” dan “け”, digunakan dalam kata-kata seperti “けじめあり” (kejimearri) yang berarti ‘disiplin’ atau ‘bertanggung jawab’. Ini membuat Bahasa Jepang lebih ekspresif dan memudahkan orang untuk menggambarkan diri, orang lain dan lingkungannya.

5. Menggambarkan Ekspresi Wajah

Hiragana Senyum

Terakhir, huruf Hiragana digunakan untuk membentuk karakter ekspresi wajah dalam bahasa Jepang. Misalnya, karakter “わ” digunakan untuk menunjukkan senyum, sedangkan karakter “ぷ” menggambarkan karakteristik tertawa di manga atau buku komik Jepang.

Demikianlah beberapa kegunaan huruf Hiragana dalam bahasa Jepang. Hiragana sangat penting untuk dipelajari oleh orang yang ingin belajar bahasa Jepang, karena huruf Hiragana sangat membantu proses belajar dan mengembangkan kemampuan bahasa Jepang.

Belajar dan Menghapal Huruf Hiragana dengan Mudah


su hiragana

Belajar bahasa Jepang merupakan kegiatan yang menarik untuk dilakukan apalagi jika kita mempelajari huruf Hiragana, salah satu aksara yang penting dalam bahasa Jepang. Salah satu Huruf Hiragana yang menjadi perhatian banyak orang adalah su Hiragana. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara belajar dan menghapal Huruf Hiragana dengan mudah, termasuk huruf su Hiragana.

1. Pelajari Dasar Hiragana Terlebih Dahulu


hiragana dasar

Belajar bahasa Jepang memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Namun, untuk menguasai bahasa ini dengan baik, Anda memerlukan dasar-dasar yang kuat. Oleh karena itu, sebelum mempelajari Huruf Hiragana, pastikan Anda sudah memahami dasar-dasar Hiragana terlebih dahulu.

2. Belajar Mengenal Bunyi Huruf Hiragana


huruf hiragana

Setelah memahami dasar-dasar Hiragana, tahap selanjutnya adalah belajar mengenal bunyi-bunyi yang ada di setiap Huruf Hiragana. Anda bisa memanfaatkan situs belajar bahasa Jepang seperti Duolingo atau aplikasi Genki untuk membantumu memahami setiap bunyi dari huruf Hiragana secara lebih mudah dan menyenangkan.

3. Mempelajari Pola Dasar Su Hiragana


su hiragana

Setiap Huruf Hiragana memiliki pola yang berbeda dalam menulis maupun membacanya. Begitu juga dengan Huruf Hiragana su, di mana kita memerlukan latihan pada pola dasar dari Huruf Hiragana ini. Usahakan untuk menghapal setiap pola dasar Huruf Hiragana dengan seksama agar Anda bisa dengan mudah menulis su Hiragana dengan benar.

4. Menulis dan Membaca Huruf Hiragana dengan Rutin


menulis huruf hiragana

Mencoba menulis dan membaca Huruf Hiragana secara rutin sangat diperlukan agar Anda semakin terbiasa dan semakin cepat menguasai Huruf Hiragana, termasuk su Hiragana. Luangkan waktu minimal 30 menit setiap hari untuk berlatih menulis dan membaca Huruf Hiragana. Usahakan untuk fokus pada satu huruf Hiragana terlebih dahulu sebelum beralih ke huruf Hiragana yang lain.

5. Bermain Game Hiragana


game belajar huruf hiragana

Selain dengan cara belajar dari buku, aplikasi, atau website belajar, cara yang lebih menyenangkan adalah dengan bermain game hiragana. Terdapat game-game yang dapat membantu Anda menghapal Huruf Hiragana. Salah satu game populer di Jepang adalah game “My Japanese Coach” yang dapat Anda mainkan di Nintendo DS dan PSP. Selain itu, Anda juga dapat bermain game belajar Huruf Hiragana online seperti “Hiragana Shooter”.

Dalam proses belajar dan menghapal Huruf Hiragana dengan mudah, diperlukan konsistensi dan kesabaran. Usahakan untuk belajar dengan perlahan tetapi pasti, dan jangan lupa untuk sering berlatih agar semakin terbiasa. Selamat belajar dan semoga sukses.

Iklan