Pengenalan bahasa Jepang di supermarket


Supermarket Jepang di Indonesia

Sudah tidak bisa dihitung lagi berapa banyak penggemar budaya pop Jepang di Indonesia. Dari anime, manga, hingga kuliner Jepang. Hal ini juga ditandai dengan munculnya minat belajar bahasa Jepang. Tidak hanya itu, tetapi juga dengan semakin bervariasinya produk-produk Jepang yang tersedia di supermarket di Indonesia.

Salah satu supermarket yang menyediakan barang-barang Jepang adalah Supermarket Jepang. Supermarket ini sudah berdiri di Indonesia sejak lama dan ditemukan di kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Di supermarket ini, kita bisa menemukan lebih dari 10.000 produk-produk Jepang. Begitu banyaknya, kita akan merasa seolah kita berada di Jepang.

Tidak hanya makanan dan minuman Jepang, di supermarket Jepang, kita juga bisa menemukan barang-barang bernuansa Jepang. Mulai dari baju, tas, sandal, bahan masakan tradisional, dan lain sebagainya. Bahkan kita bisa menemukan produk-produk yang sangat unik seperti masker wajah yang ternyata terbuat dari susu kuda liar.

Namun, tidak semua orang yang mengunjungi supermarket Jepang mengerti bahasa Jepang. Oleh sebab itu, supermarket Jepang selalu menyediakan label produk yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Ini bertujuan agar para pembeli dapat memahami informasi tentang produk itu sendiri.

Namun, kadang kala terjemahan label produk tidak sesuai dengan konteks produk tersebut. Sebagai contoh kemasan produk camilan keripik kentang mentai atau makanan laut pedas, namun pada label produk tersebut tertulis rasa “resepi pedas” atau “resepi mentai”. Ada pula terjemahan yang tidak dimengerti oleh orang awam seperti kecap soja yang diterjemahkan menjadi “sapu pel”. Oleh karena itu, barisan kasir di supermarket Jepang dilengkapi dengan tenaga kerja yang mengerti Bahasa Jepang.

Kita tidak perlu takut ketika tidak memahami label produk Jepang di supermarket Jepang. Karena, kita selalu bisa menanyakan petugas kasir tentang informasi yang ada pada label tersebut. Dalam hal ini, petugas kasir akan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh konsumen dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Selain menjual produk Jepang, supermarket Jepang juga memberikan beberapa event bertemakan Jepang, seperti pertunjukan tari tradisional, demo memasak masakan Jepang, dan masih banyak lagi. Kesempatan ini sangat bermanfaat bagi para pecinta budaya Jepang. Kita bisa belajar hal-hal baru, mengetahui keunikan-keunikan budaya Jepang dan tentunya mempererat persahabatan antara Indonesia dan Jepang.

Jadi, bagi kalian yang ingin membeli produk-produk Jepang, kesempatan untuk mengenal bahasa Jepang, atau sekedar melihat-lihat produk unik bernuansa Jepang, supermarket Jepang adalah tempat yang tepat untuk mengunjungi. Buat kalian yang mencari pengalaman belajar bahasa Jepang di supermarket, jangan khawatir. Kita selalu bisa bertanya pada petugas kasir yang akan memberikan solusi terbaik untuk kita.

Kosakata Umum di Supermarket


Supermarket di Indonesia

Supermarket di Indonesia merupakan tempat belanja sehari-hari bagi kebanyakan penduduk. Mungkin bagi yang sudah sering ke Jepang, tidak akan kesulitan jika ingin berbelanja di supermarket Jepang yang ada di Indonesia. Namun, bagi yang belum terbiasa, mungkin akan merasa kesulitan karena adanya perbedaan bahasa dan kosakata yang digunakan.

Berikut ini adalah beberapa kosakata umum di supermarket bahasa Jepang:

1. 食品 / shokuhin (makanan)

Banyak makanan dari Jepang yang bisa ditemukan di supermarket Jepang di Indonesia. Salah satu contohnya adalah sushi. Berikut ini adalah beberapa kosakata yang sering digunakan di departemen makanan:

  • おにぎり / onigiri (nasi bungkus)
  • 刺身 / sashimi (irisan ikan mentah)
  • 天ぷら / tempura (makanan goreng tepung)
  • そば / soba (mi soba)
  • うどん / udon (mi udon)
  • パン / pan (roti)
  • お米 / okome (beras)
  • 缶詰 / kan-zume (makanan kaleng)

2. 日用品 / nichiyōhin (barang-barang kebutuhan sehari-hari)

Nichiyōhin industry in Indonesia

Departemen barang-barang kebutuhan sehari-hari adalah bagian yang paling sering dikunjungi oleh pelanggan. Berikut ini adalah beberapa kosakata yang sering digunakan di departemen tersebut:

  • シャンプー / shanpū (shampo)
  • リンス / rinsu (rensum)
  • ボディソープ / bodi sōpu (sabun mandi)
  • ティッシュ / tisshu (tisu)
  • トイレットペーパー / toiretto pēpā (tissue toilet/kertas toilet)
  • 洗剤 / senzai (pembersih)
  • ゴミ袋 / gomi bukuro (tas sampah)
  • 歯磨き粉 / hamigakiko (pasta gigi)
  • 洗顔フォーム / senkō fōmu (sabun wajah)

Selain itu, di departemen barang-barang kebutuhan sehari-hari, biasanya juga terdapat kosmetik dan perawatan tubuh seperti body lotion, masker wajah, dan lain-lain.

3. 飲料 / inryō (minuman)

Minuman di Indonesia

Bagi yang suka minuman dari bahan-bahan alami seperti teh, buah-buahan atau susu, tentunya departemen minuman dari supermarket Jepang akan menjadi surganya. Berikut ini adalah beberapa kosakata umum yang sering digunakan:

  • お茶 / ocha (teh)
  • コーヒー / kōhī (kopi)
  • ジュース / jūsu (jus)
  • ウーロン茶 / Ūroncha (Teh Oolong)
  • ミルク / miruku (susu)
  • 麦茶 / mugi cha (teh gandum)
  • 麦茶 / mugi cha (teh gandum)
  • 烏龍茶 / Uron cha (Teh bagi)

Tidak hanya minuman dalam kemasan, di beberapa supermarket Jepang juga terdapat departemen daging dan ikan segar yang tentunya akan membuat hidangan makanan yang kamu masak jadi lebih lezat.

Jadi, itulah beberapa kosakata umum di supermarket bahasa Jepang di Indonesia. Sedikit pengenalan kosakata akan sangat membantu kita saat berbelanja tanpa harus meraba-raba barang yang kita inginkan. Semoga bermanfaat!

Frasa dan ungkapan yang sering digunakan di supermarket


bahasa jepang supermarket in indonesia

Bagi para penggemar makanan dan minuman Jepang, supermarket bahasa Jepang di Indonesia adalah surga tersendiri. Namun, saat berbelanja di toko-toko tersebut, Anda mungkin akan merasa kesulitan dalam berkomunikasi dengan para pekerja atau bahkan rekan belanja Anda.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa frasa dan ungkapan yang sering digunakan di supermarket bahasa Jepang di Indonesia sehingga Anda dapat berbelanja dengan lebih mudah dan nyaman.

1. すみません (sumimasen) – Permisi/Maaf

Maaf bahasa jepang

Ini adalah frasa dasar yang dapat digunakan untuk meminta maaf atau meminta izin saat berbelanja di supermarket. Misalnya saat ingin melewati orang yang sedang berdiri di depan rak barang, Anda bisa mengatakannya dengan menggunakan kata ini.

2. 商品 (shouhin) – Barang

Barang bahasa jepang

Kata ini merujuk pada produk atau barang yang dijual di supermarket. Penting untuk mengenali kata ini agar Anda bisa bertanya tentang barang yang ingin dibeli atau memahami label produk di rak toko.

3. 売ります (urimasu) – Dijual

Dijual bahasa jepang

Ini adalah kata kerja yang mengindikasikan bahwa produk tersebut dijual di toko. Dalam konversasi, Anda bisa menggunakannya untuk menanyakan apakah suatu produk dijual atau tidak. Namun, untuk menggunakan kata ini dengan benar, Anda juga perlu memahami dasar-dasar bahasa Jepang terlebih dahulu.

Selain tiga ungkapan yang disebutkan di atas, Anda juga bisa mengenali ungkapan-ungkapan lain seperti harga, diskon, atau tawaran khusus yang sering dipakai di toko-toko. Beberapa contoh di antaranya adalah:

  • 値引き (nedanbiki) – Diskon
  • セール (se-ru) – Sale/Promo
  • お得 (otoku) – Hemat/Menyenangkan
  • 安売り (yasuri) – Penawaran khusus
  • 数量限定 (suryougentei) – Terbatas jumlahnya

Dalam berbelanja di supermarket bahasa Jepang, selain mengenali frasa dan ungkapan-ungkapan di atas, Anda juga perlu memperhatikan label produk di rak toko dan mengecek tanggal kadaluarsa produk yang akan dibeli. Dengan beberapa tips dan trik di atas, Anda tidak perlu khawatir lagi saat berbelanja di supermarket bahasa Jepang di Indonesia.

Menemukan produk yang diinginkan di supermarket


Menemukan produk yang diinginkan di supermarket

Supermarket bahasa Jepang di Indonesia sangat populer di kalangan masyarakat yang senang dengan makanan Jepang. Namun, kadang-kadang kita kesulitan menemukan produk yang kita inginkan saat kita berbelanja di supermarket Jepang. Berikut adalah beberapa tips untuk menemukan produk yang diinginkan di supermarket bahasa Jepang di Indonesia.

Pahami Layout Pada Supermarket

Sebelum masuk ke dalam supermarket, tanyakan pada karyawan di informasi pelanggan apakah mereka punya peta dari layanan supermarket. Setiap layanan memiliki produk dan kategori masing-masing, cobalah untuk memahami di mana produk yang Anda cari biasanya ditempatkan.

Layout Pada Supermarket

Konten pengumpan lebih sering membuat pelanggan tidak memproses produk yang ada di rak atau melewatkan produk yang mereka cari. Membuat peta sendiri juga bisa menjadi solusi, tetapi usahakan untuk memperoleh peta layanan dari karyawan.

Pahami Nama Produk dalam Bahasa Jepang

Kebanyakan produk di toko-toko Jepang dibuat dan diimpor dari Jepang. Meskipun nama produk dalam bahasa Inggris mungkin tercantum, beberapa produk mungkin hanya memiliki nama produk dalam bahasa Jepang di rak. Jadi cobalah untuk mempelajari nama produk dalam bahasa Jepang yang terkait dengan jenis produk yang Anda inginkan. Carilah informasi online atau menanyakan pada sumber yang mungkin tahu tentang bahasa Jepang.

Nama Produk dalam Bahasa Jepang

Ini akan membantu Anda dengan cepat menemukan produk yang Anda butuhkan. Juga, dengan mengetahui nama produk dalam bahasa Jepang, Anda dapat meminta bantuan dari karyawan supermarket dengan lebih mudah.

Cobalah Produk Baru

Salah satu keuntungan berbelanja di supermarket bahasa Jepang adalah Anda dapat menemukan produk baru dan unik yang tidak terdapat di supermarket lainnya. Cobalah untuk mencoba produk baru dan beranilah untuk mencoba sesuatu yang baru. Siapa tahu Anda akan menemukan produk baru favorit Anda!

Cobalah Produk Baru

Di sisi lain, Anda juga dapat menemukan produk yang lebih murah dari supermarket bahasa Jepang dalam kemasan yang lebih kecil, sehingga Anda dapat mencoba produk tersebut tanpa mengambil risiko membeli produk yang lebih besar dan akan mengambil ruang di lemari es Anda.

Berbelanja Saat Tidak Sibuk

Ketika berbelanja di supermarket bahasa Jepang di Indonesia, cobalah untuk memilih waktu yang tepat. Berbelanja saat waktu sibuk seperti akhir pekan, liburan, atau malam sebelum hari raya adalah waktu yang kurang ideal untuk mencari produk yang diinginkan. Lebih baik berkunjung ke supermarket bahasa Jepang pada saat pelanggan lain tidak terlalu banyak sehingga memudahkan Anda untuk menemukan produk yang dituju.

Berbelanja Saat Tidak Sibuk

Minta saran karyawan saat terjadi kesulitan menemukan produk yang diinginkan. Tentu saja, jangan lupa untuk selalu memperhatikan harga dan tanggal kadaluarsa produk sebelum membelinya, ya!

Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda menemukan produk yang diinginkan saat berbelanja di supermarket bahasa Jepang di Indonesia. Selamat berbelanja!

Transaksi Pembayaran di Supermarket Jepang


Bahasa Jepang Supermarket

Apabila Anda ingin berbelanja di bahasa Jepang supermarket di Indonesia, sebaiknya menyediakan uang tunai. Sebab, beberapa supermarket Jepang di Indonesia hanya menerima pembayaran tunai. Akan tetapi, beberapa juga sudah menerima pembayaran dengan kartu kredit dan kartu debit.

Adapun untuk pembayaran dengan kartu kredit, pastikan kartu kredit Anda sudah didaftarkan untuk transaksi internasional. Selain itu, pastikan juga kartu kredit Anda masih dalam masa berlaku dan tidak melebihi limit.

Bahkan, beberapa supermarket Jepang sudah bekerja sama dengan provider e-wallet untuk mempermudah pelanggan dalam pembayaran. Salah satu provider e-wallet yang sering dipakai adalah OVO. Dengan menggunakan OVO, pelanggan bisa mendapatkan diskon serta keuntungan lainnya saat berbelanja di supermarket Jepang.

OVO

Untuk penggunaan OVO, cukup dengan melakukan scan barcode yang tersedia dengan OVO payment. Setelah itu, pelanggan bisa langsung melakukan pembayaran.

Selain itu, beberapa supermarket Jepang juga sudah menerapkan sistem self-checkout. Sistem self-checkout ini memungkinkan pelanggan untuk mengurus transaksi dan pembayaran sendiri. Tentu, akan memudahkan pelanggan yang ingin berbelanja dalam jumlah yang banyak dan mempersingkat waktu awal.

Supermarket

Begitu pelanggan memasukkan barang-barang belanjaan ke dalam keranjang, maka pelanggan bisa langsung membawa barang belanjaan ke self-checkout. Di sana, pelanggan nantinya akan memindai barcode setiap barang belanjaan dan melihat jumlah yang harus dibayarkan. Setelah itu, pelanggan bisa langsung membayar dengan uang tunai atau kartu kredit.

Sistem self-checkout tentunya sangat membantu bagi pelanggan yang ingin menghemat waktu dan tidak ingin menunggu antrian yang panjang. Dalam beberapa supermarket, ada mesin self-checkout yang cukup banyak, sehingga pelanggan bisa memilih mesin yang tersedia untuk menyelesaikan pembayaran belanjaan.

Itulah beberapa cara melakukan transaksi pembayaran di bahasa Jepang supermarket di Indonesia. Mulai dari pembayaran tunai, kartu kredit, kartu debit, e-wallet, hingga self-checkout. Memilih cara yang paling sesuai tentunya bisa membuat proses pembelanjaan menjadi semakin mudah dan nyaman.

Iklan