Apa Arti Nihongo Wakaranai?


Indonesian people confused learning Japanese

Banyak orang di Indonesia merasa kesulitan jika ingin belajar bahasa Jepang. Bahkan, beberapa di antaranya merasa frustasi karena tidak mengerti arti dari frasa “nihongo wakaranai”. Istilah “nihongo wakaranai” menjadi terkenal, terutama ketika film atau anime asal Jepang diputar tanpa dubbing atau subtitle. Orang-orang Indonesia terkadang merasa sulit memahami artinya.

Apa arti dari frasa ini sebenarnya? Secara harfiah, “nihongo wakaranai” berarti “tidak mengerti bahasa Jepang.” Maka tak heran jika orang-orang yang belum terbiasa dengan bahasa Jepang sering mengucapkannya. Frasa ini selalu muncul ketika mereka tidak mengerti apa yang dikatakan karakter Jepang dalam film atau anime. Namun, ada rasa keterpisahan yang terjadi ketika kita tak mampu memahami apa yang kita tonton.

Adapun alasan mengapa orang Indonesia merasa kesulitan memahami bahasa Jepang salah satunya karena struktur bahasanya yang berbeda atau sejahtera yang berbeda. Pada awalnya, berbicara dalam bahasa Jepang terdengar sangat sulit dan rumit untuk dipahami. Namun, dengan tekad, usaha, dan motivasi yang kuat, belajar bahasa Jepang dapat menjadi mudah dan menyenangkan.

Untuk mempelajari bahasa Jepang dengan lebih baik, ada baiknya untuk memulai dengan belajar kosakata. Kemudian dilanjutkan dengan mempelajari hiragana, katakana, dan kanji. Dengan mengetahui kosakata dan karakter tersebut, kamu sudah bisa memahami konsep dasar bahasa Jepang. Setelah itu, belajarlah untuk memahami struktur tata bahasa yang lebih kompleks.

Selain itu, bisa juga mencari sumber belajar bahasa Jepang secara online atau offline, seperti dengan mengikuti kursus atau membeli buku panduan berbahasa Indonesia. Tak hanya itu, teknologi yang semakin canggih juga dapat membantu kita belajar bahasa Jepang dengan mudah. Ada aplikasi mobile atau website yang menyediakan teks dalam bahasa Jepang yang bisa diunduh atau diakses secara gratis.

Kamu juga bisa mengikuti program pertukaran pelajar ke Jepang. Selain mendapatkan pengalaman berharga dalam budaya dan kehidupan sehari-hari orang Jepang, kamu juga bisa memaksimalkan pengetahuan bahasa Jepang secara langsung. Dengan bertemu langsung dan berbicara dengan orang-orang Jepang, kamu dapat melatih kemampuanmu dalam berbahasa Jepang.

Dalam belajar bahasa Jepang, perlu diingat bahwa kunci keberhasilan adalah ketekunan dan kegigihan dalam latihan. Bahasa Jepang memang memiliki struktur dan tata bahasa yang berbeda dari bahasa Indonesia, namun tak perlu khawatir karena dengan usaha yang besar, kamu bisa menjajaki dunia bahasa Jepang.

Kenapa Banyak Orang Kesulitan Belajar Bahasa Jepang?


orang-kesulitan-belajar-bahasa-jepang

Bahasa Jepang seringkali dianggap sulit untuk dipelajari oleh banyak orang. Padahal sebagian besar orang yang berbicara Jepang adalah warga negara Jepang sendiri sehingga terkesan sangat privasi. Sebenarnya kenapa sih banyak orang yang masih kesulitan belajar bahasa Jepang? Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang membuat orang kesulitan belajar bahasa Jepang. Berikut beberapa hal yang membuat orang kesulitan belajar bahasa Jepang:

1. Perbedaan Alfabet dan Kosakata

alfabet-jepang

Bahasa Jepang memiliki tiga macam tulisan yaitu Hiragana, Katakana, dan Kanji. Hiragana dan Katakana adalah alfabet fonetik, sedangkan Kanji adalah karakter yang memiliki arti tertentu dan diambil dari tulisan Mandarin. Tiga jenis tulisan tersebut seringkali membingungkan banyak orang, selain itu kosakata bahasa Jepang juga sangat banyak dan terkadang memiliki arti yang mirip-mirip. Hal ini tentunya mempersulit proses mempelajari bahasa Jepang terutama bagi pemula.

2. Tatabahasa yang Berbeda

tatabahasa-jepang

Tatabahasa bahasa Jepang memang sangat berbeda dengan bahasa Indonesia. Bahasa Jepang tidak mengenal konsep subjek dan predikat, yang artinya jika kita ingin mengekspresikan kata kerja tidak perlu menggunakan kata kerja tersebut, cukup menampilkan objek yang bersangkutan saja. Selain itu, tata bahasa bahasa Jepang juga terkenal sangat kompleks terutama dalam penggunaan partikel, bahasa hormat, dan struktur kalimat yang kadang-kadang terlihat sangat rumit.

3. Kebudayaan yang Berbeda

kebudayaan-negeri-jepang

Bahasa Jepang sangat erat kaitannya dengan budaya Jepang. Terdapat banyak bagian dari bahasa Jepang yang tidak dapat dipahami tanpa mengetahui budaya Jepang. Sebagai contoh, cara mengucapkan kata sapaan dalam bahasa Jepang sangat dipengaruhi oleh dan mengindikasikan status sosial dan hubungan antar individu. Hal tersebut memerlukan pemahaman yang mendalam terhadap kebudayaan Jepang agar dapat menggunakan bahasa Jepang dengan benar dan sesuai.

4. Metode Pembelajaran

pembelajaran-bahasa-jepang

Terakhir, metode pembelajaran juga merupakan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar bahasa Jepang. Secara umum, metode pembelajaran bahasa Jepang masih menggunakan metode konvensional seperti pembelajaran di dalam kelas dengan buku-buku panduan. Padahal, dengan kemajuan teknologi pembelajaran bahasa Jepang juga banyak tersedia di aplikasi handphone, cd interaktif, dan website. Untuk dapat menguasai bahasa Jepang, orang harus memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dirinya sendiri.

Secara keseluruhan, beberapa faktor di atas menjadi penyebab utama mengapa banyak orang kesulitan belajar bahasa Jepang. Namun, jangan khawatir karena dengan usaha yang sama dan tidak mudah menyerah dapat melewatinya. Selalu diperlukan usaha, kemauan, dan kesabaran dalam menguasai bahasa Jepang.

Kiat Mengatasi Kesulitan Memahami Nihongo Wakaranai


Kiat Mengatasi Kesulitan Memahami Nihongo Wakaranai

Belajar bahasa Jepang memang tidak mudah. Menjadi satu dari bahasa dunia yang kompleks, budaya Jepang juga memiliki cara berbeda dalam menggunakan bahasa. Salah satu kesulitan adalah nihongo wakaranai atau sulit memahami bahasa Jepang. Meskipun begitu, jangan khawatir. Inilah beberapa kiat yang dapat membantu kamu mengatasi kesulitan memahami nihongo wakaranai.

1. Meningkatkan Kemampuan Mendengar

Meningkatkan Kemampuan Mendengar bahasa Jepang

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah meningkatkan kemampuan mendengar kamu. Kamu dapat melakukan hal ini dengan mengikuti kelas tata bahasa Jepang dan memperbanyak mendengarkan lagu dan film Jepang secara teratur. Jangan khawatir jika kamu belum sepenuhnya mengerti apa yang mereka bicarakan. Proses ini akan membantu kamu lebih memahami intonasi, penggunaan kata, dan struktur bahasa Jepang. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah memahami nihongo wakaranai.

2. Terjun Langsung ke Budaya Jepang

Terjun Langsung ke Budaya Jepang

Budaya sangat mempengaruhi cara seseorang berbicara dan menulis. Oleh karena itu, terjun langsung ke budaya Jepang dapat membantumu memahami bahasa Jepang secara umum. Kamu bisa bergabung dengan kelompok bahasa atau komunitas bahasa Jepang. Mengunjungi tempat wisata dan mengikuti acara budaya Jepang juga dapat membantumu lebih memahami budaya Jepang secara langsung dan mempercepat proses pembelajaran nihongo wakaranai.

3. Memperdalam Pengetahuan Kosakata

Kosakata bahasa Jepang

Pelajari kosakata bahasa Jepang secara teratur dan terus-menerus. Mempelajari bahasa Jepang membutuhkan banyak waktu dan usaha. Kamu bisa memperdalam pengetahuan kosakata dengan sering membaca dan mendengarkan materi dalam bahasa Jepang. Dengan memperkaya kosakata, kamu akan lebih mudah memahami nihongo wakaranai. Ada banyak aplikasi pelajar bahasa Jepang yang menawarkan kosakata rutin dalam bahasa Jepang.

4. Menggunakan Kamus Bahasa Jepang

Kamus Bahasa Jepang

Kamus bahasa Jepang sangat membantu kamu memahami arti kata yang belum kamu ketahui. Kamu bisa menggunakan kamus online atau offline dalam mempelajari bahasa Jepang. Ketika kamu menemukan kata atau frasa yang tidak kamu ketahui, kamu bisa mencarinya di kamus. Jangan pernah takut untuk menanyakan kepada sesama bahasa Jepang atau pengajar kamu mengenai arti kata atau kalimat sulit dalam nihongo wakaranai.

5. Berlatih Terus-Menerus

Berlatih Terus-Menerus

Terakhir, berlatih terus-menerus adalah hal yang sangat penting dalam mempelajari bahasa Jepang. Lakukan berbagai latihan dan praktik yang kamu bisa tahu, sampai kamu benar-benar merasa nyaman dengan bahasa Jepang. Jangan pernah merasa minder atau takut salahdalam berbicara atau menulis bahasa Jepang. Pastinya, semakin sering kamu berlatih, semakin cepat kamu memahami nihongo wakaranai.

Demi mempelajari bahasa Jepang dengan baik, kamu harus punya komitmen dan konsistensi. Walaupun kadang sulit dan menyita waktu, namun mempelajari bahasa Jepang akan membuka banyak peluang dalam kehidupanmu ke depannya. Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Sekarang, yuk mulai pelajaranmu dan jangan lupa untuk terus berlatih.

Biasakan Mendengar dan Mempraktikan Bahasa Jepang Setiap Hari


Biasakan Mendengar dan Mempraktikan Bahasa Jepang Setiap Hari

Bahasa Jepang, salah satu bahasa asing yang mulai populer di tengah masyarakat Indonesia. Selain digunakan sebagai bahasa komunikasi antara dua negara, belajar bahasa Jepang juga bisa membuka peluang karir di berbagai bidang. Salah satu kegiatan yang condong menarik banyak orang untuk mempelajari Bahasa Jepang adalah hiburan melalui anime, drama televisi, manga dan musik. Akan tetapi, tak sedikit pula yang merasa kesulitan dalam mempelajari Bahasa Jepang, kemudian menjadi terbiasa mengucapkan kalimat nihongo wakaranai.

Jangan khawatir! Terbiasa dengan Bahasa Jepang bisa dilakukan dengan cara mendengarkan dan mempraktikkannya setiap hari. Berikut ini tips untuk menjadikan Bahasa Jepang sebagai bagian rutinitas harian.

1. Menonton anime atau drama televisi dengan subtitle Bahasa Jepang

anime

Cobalah menonton anime atau drama televisi dengan subtitle Bahasa Jepang. Dengan memperhatikan cara berbicara dan melihat tulisan Bahasa Jepang sekaligus. Langkah ini bisa membantu untuk memperkaya kosakata dan memahami tata bahasa Jepang. Pastikan tulisan Bahasa Jepang ada saat menonton film dengan audio Bahasa Jepang. Anda bisa mengikuti perkataan dengan membaca tulisan pada subtitle hingga menjadikan Bahasa Jepang semakin mudah dipahami.

2. Melakukan Kosa Kata Setiap Hari

Kosa Kata

Terbiasa dengan kosakata Bahasa Jepang juga penting dilakukan. Usahakan untuk belajar 10-15 kata baru Bahasa Jepang setiap hari dan mencoba menggunakan kosakata yang telah dipelajari. Belajarlah kosakata Bahasa Jepang dengan asal mendalam, selain mampu memperkaya kosakata Bahasa Jepang juga membantu untuk memahami konteks penggunaannya.

3. Melihat Ulangi Pengucapan Bahasa Jepang

Melihat ulangi pengucapan bahasa jepang

Praktik terbaik Bahasa Jepang adalah dengan melihat ulang, mempraktikkannya. Hafalkan kosakata Bahasa Jepang dan giat-giatlah mengulangi kata-kata tersebut. Cobalah bagi mengulangi kata-kata dengan berbagai macam vokal dan ketukan yang berbeda-beda. Hal ini bakal meningkatkan kemampuan berbicara dan keterampilan Bahasa Jepang.

4. Membuat Kalimat Bahasa Jepang Setiap Hari

Membuat Kalimat Bahasa Jepang Setiap Hari

Terbiasa membuat kalimat Bahasa Jepang setiap hari bakal membantu mempermudah dalam berbicara, menulis dan mengenal bacaan Bahasa Jepang. Anda dapat memulainya dengan cara membuat kalimat sederhana terlebih dahulu. Kemudian, cobalah mengembangkan dan mengosongkannya dengan kata-kata yang telah dipelajari sebelumnya

Demikianlah tips untuk terbiasa mendengar dan mempraktikkan Bahasa Jepang setiap hari. Dengan rutinitas yang tepat, kini nihongo wakaranai bisa menjadi momok masa lalu, bahkan membuka peluang karir di berbagai bidang. Selamat mencoba!

Menggunakan Aplikasi dan Teknologi untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Jepang


teknologi bahasa jepang

Bahasa Jepang merupakan bahasa yang sulit dipelajari, namun dalam era digital seperti sekarang ini belajar bahasa Jepang menjadi lebih mudah dengan bantuan teknologi. Dengan adanya berbagai aplikasi dan teknologi yang diperuntukkan untuk belajar bahasa Jepang, keterampilan bahasa Jepang dapat ditingkatkan secara signifikan. Berikut adalah beberapa contoh pimpinan teknologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang:

1. Aplikasi Kamus Bahasa Jepang


kamus bahasa jepang

Satu hal yang paling penting untuk belajar bahasa Jepang adalah menghafal kosakata baru, dan aplikasi kamus bahasa Jepang dapat membantu untuk mengatasi kendala ini. Aplikasi kamus bahasa Jepang seperti Hanping Jepang, Pons, dan Google Translate dapat membantu Anda dalam mencari kata-kata baru dan juga memperkaya kosakata bahasa Jepang. Fitur yang terdapat pada aplikasi kamus bahasa Jepang adalah pronunciations audio dan juga contoh-contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang bisa membantu Anda dalam memahami konteks penggunaan kata-kata tersebut.

2. Aplikasi Belajar Kosakata dan Grammar Bahasa Jepang


aplikasi belajar bahasa jepang

Aplikasi belajar kosakata dan grammar bahasa Jepang seperti Duolingo, Memrise, dan Lingodeer bisa digunakan untuk mempelajari bahasa Jepang dengan cara yang menyenangkan. Dengan aplikasi ini, Anda bisa belajar dari tingkat dasar hingga tingkat lanjutan dalam bahasa Jepang. Fitur yang ada pada aplikasi seperti pengucapan dan pemeriksaan keterampilan bahasa Jepang dapat membantu Anda dalam memperbaiki dan meningkatkan kemampuan bahasa Jepang secara singkat.

3. Media Sosial dan Situs Web Jepang


situs web jepang

Selain itu, media sosial dan situs web Jepang juga bisa menjadi sumber pengalaman belajar bahasa Jepang yang menyenangkan. Media sosial seperti Twitter, Instagram, dan Facebook memiliki penggunaan kata-kata yang unik dalam bahasa Jepang, dan dengan mengikuti akun-akun yang berbahasa Jepang, Anda dapat terbiasa dengan penggunaan kata-kata tersebut. Sementara itu, situs web Jepang seperti NHK dan Japan Times menyediakan berita dan artikel dalam bahasa Jepang yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam membaca dan memahami bahasa Jepang.

4. Aplikasi Chit Chat dalam Bahasa Jepang


chit chat bahasa jepang

Belajar bahasa Jepang tak lengkap tanpa latihan berbicara, aplikasi chit chat dalam bahasa Jepang seperti HiNative, Tandem, dan HelloTalk bisa digunakan untuk berpraktik berbicara dalam bahasa Jepang dengan penutur asli bahasa Jepang. Dalam aplikasi ini, Anda dapat menemukan penutur asli bahasa Jepang yang ingin berlatih bahasa Inggris, dan Anda berdua dapat saling membantu dalam meningkatkan keterampilan bahasa masing-masing.

5. Aplikasi Flashcard untuk Belajar Kanji


belajar kanji

Kanji merupakan aksara Jepang yang cukup sulit dipelajari, namun dengan bantuan aplikasi flashcard seperti Kanji Study, Obenkyo, dan Tangoristo, belajar kanji bisa menjadi lebih mudah. Aplikasi ini menawarkan pelajaran dan kuis yang dapat membantu Anda menghafal dan memahami serta membaca kanji. Dengan menggunakan aplikasi flashcard ini, belajar kanji menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

Dalam era digital ini, pilihan media belajar bahasa Jepang sudah sangat beragam dan mudah ditemukan. Selain aplikasi dan teknologi yang disebutkan di atas, ada banyak juga alat pembelajaran bahasa Jepang lainnya seperti buku dan akses online. Namun untuk memaksimalkan hasil dari belajar dengan bantuan teknologi tersebut, Anda harus memiliki komitmen dan tekad yang kuat, karena hanya dengan semangat dan keberanian untuk berbicara bahasa Jepang, kemampuan bahasa Jepang Anda akan terus meningkat menjadi lebih baik di masa depan.

Iklan