Arti “Nichi” dalam Bahasa Jepang


Arti Nichi dalam Bahasa Jepang

“Nichi” bisa diterjemahkan sebagai “hari” dalam bahasa Indonesia. Dalam bahasa Jepang, terdapat sejumlah frasa yang menggunakan kata “nichi” untuk menunjukkan hari tertentu. Sebagai contoh, “Getsuyoubi” adalah hari Senin, “Kayoubi” adalah hari Selasa, “Suiyoubi” adalah hari Rabu, “Mokuyoubi” adalah hari Kamis, “Kinyoubi” adalah hari Jumat, “Doyoubi” adalah hari Sabtu, dan “Nichiyoubi” adalah hari Minggu. Dalam bahasa Indonesia, hari-hari ini juga dikenal dengan nama yang berbeda-beda seperti Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Selain untuk menunjukkan hari-hari dalam seminggu, kata “nichi” juga digunakan dalam beberapa frasa tertentu dalam bahasa Jepang. Sebagai contoh, “Shin Nichi” (Jika dituliskan dengan menggunakan huruf Kanji: 神日) merujuk pada hari keberuntungan. Hari keberuntungan ini biasanya terjadi pada hari Jumat atau kesebelas hari dari awal bulan kalender Jepang. Terdapat juga “Man Nichi” (萬日) yang secara harfiah dapat diterjemahkan sebagai “hari kebajikan.” Hari kebajikan ini merujuk pada hari-hari khusus dalam kalender Jepang ketika seseorang seharusnya berbuat baik pada sesama dan menunjukkan kebajikan yang lebih dari biasanya.

Kata “nichi” juga digunakan untuk menyebutkan angka pada tanggal. Sebagai contoh, “Futsuka Nichi” (二日) adalah bentuk teknis untuk tanggal 2. Hal ini berbeda dengan bahasa Indonesia yang menggunakan nama-nama pada angka tersebut seperti 2 Januari atau 2 Februari sebagai pengganti bentuk teknis. Hal serupa juga terdapat pada “Mikka Nichi” (三日) yang merujuk pada tanggal 3, “Yokka Nichi” (四日) untuk tanggal 4, hingga “Juugonichi” (十五日) yang merujuk pada tanggal 15.

Kata “nichi” dalam bahasa Jepang selain digunakan untuk menunjukkan hari-hari dalam seminggu dan angka pada tanggal, juga digunakan pada kata-kata seperti “Nichiyoobi” (日曜日) yang secara harfiah berarti “hari matahari” yang merujuk pada hari Minggu, “Sakura no nichi” (さくらの日) yang artinya adalah “hari bunga sakura” dan merujuk pada tanggal 27 Maret di Jepang saat bunga sakura mulai mekar, hingga “Keisatsu no nichi” (警察の日) yang secara harfiah berarti “hari polisi” dan merujuk pada hari ulang tahun kepolisian di Jepang pada tanggal 1 Oktober tiap tahunnya.

Penggunaan “Nichi” dalam Kalimat


penggunaan nichi

“Nichi” adalah sebuah kata dalam bahasa Jepang yang memiliki arti “hari”. Kata ini sering digunakan dalam Bahasa Indonesia, khususnya di kalangan pelajar atau mahasiswa yang sedang mempelajari Bahasa Jepang. Namun, terkadang penggunaan kata “nichi” masih banyak yang salah dikarenakan tidak mengetahui tata cara penggunaannya yang benar.
Berikut adalah beberapa penggunaan “nichi” dalam kalimat.

Penggunaan “Nichi” dalam Gengo (Bahasa)


penggunaan nichi

Dalam bahasa Jepang, kata “nichi” sering digunakan sebagai pengganti kata “hari”. Berikut adalah beberapa contoh penggunaannya:

  1. Hari Senin – Getsuyoubi
  2. Hari Selasa – Kayoubi
  3. Hari Rabu – Suiyoubi
  4. Hari Kamis – Mokuyoubi
  5. Hari Jumat – Kinyoubi
  6. Hari Sabtu – Doyoubi
  7. Hari Minggu – Nichiyoubi

Penggunaan “Nichi” dalam Tanggal


penggunaan nichi

Selain sebagai pengganti kata “hari”, kata “nichi” juga sering digunakan dalam penulisan tanggal. Berikut adalah contoh penggunaannya:

  1. Tanggal 1 – Tsuitachi
  2. Tanggal 2 – Futsuka
  3. Tanggal 3 – Mikka
  4. Tanggal 4 – Yokka
  5. Tanggal 5 – Itsuka
  6. Tanggal 6 – Muika
  7. Tanggal 7 – Nanoka
  8. Tanggal 8 – Youka
  9. Tanggal 9 – Kokonoka
  10. Tanggal 10 – Touka
  11. Tanggal 20 – Hatsuka
  12. Tanggal 30 – Sanjuu-nichi

Penggunaan “Nichi” dalam Sebutan

penggunaan nichi

Selain dalam penggunaan tanggal, kata “nichi” juga sering dipakai sebagai sebutan atau panggilan. Berikut adalah beberapa contoh penggunaannya:

  1. Kochou-sensei (Guru Tinggi) -> Kochou-nichi (Tuan Tinggi)
  2. Shachou-sama (Presiden kelas) -> Shachou-nichi (Tuan Presiden)
  3. Senpai (Kakak kelas) -> Senpai-nichi (Tuan Kakak)
  4. Sempai (Senior) -> Sempai-nichi (Tuan Senior)

Penggunaan “Nichi” dalam Nama Obat

penggunaan nichi

Terakhir, kata “nichi” juga digunakan dalam penamaan obat-obatan. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut:

  1. Miracle 200-nichi (Obat untuk asam urat)
  2. Seirogan 100-nichi (Obat untuk masalah pencernaan)
  3. Wakamoto 30-nichi (Obat meredakan nyeri sendi)

Demikianlah beberapa contoh penggunaan kata “nichi” dalam kalimat. Semoga artikel ini bisa membantu memperluas pengetahuan Bahasa Jepang bagi pembaca dan meningkatkan kemampuan dalam berbahasa.

Perbandingan “Nichi” dengan Kata-kata Serupa


Nichi Artinya

Nichi artinya adalah hari dalam bahasa Jepang. Di Indonesia, istilah nichi sering digunakan dalam berbagai macam hal seperti hari, tanggal, bulan, dan tahun. Namun, terkadang orang Indonesia juga menggunakan istilah yang serupa seperti kalender, tanggalan, dan lainnya. Di bawah ini akan dibahas perbandingan antara nichi dengan kata-kata serupa.

Kalender
Kalender merupakan alat untuk menentukan hari, tanggal, bulan, dan tahun. Kalender sendiri berasal dari kata kalends yang berasal dari bahasa Latin. Di Indonesia, istilah kalender sering digunakan untuk memberikan informasi tentang hari dan tanggal. Namun, kalender tidak selalu berhubungan dengan kata nichi. Kalender Jepang misalnya, disebut sebagai tsuitachi. Jadi, bisa dikatakan kalender dan nichi adalah dua hal yang berbeda.

Tanggalan
Tanggalan merupakan buku kecil yang berisi informasi tentang tanggal, bulan, dan hari dalam satu tahun. Tanggalan biasanya digunakan untuk menentukan hari libur nasional. Di Indonesia, istilah ini sering digunakan sebagai pengganti kalender. Namun, tanggalan juga tidak selalu berhubungan dengan kata nichi.

Penanggalan
Penanggalan merupakan istilah umum untuk menentukan urutan hari, bulan, dan tahun berdasarkan sistem kalender. Di Indonesia, istilah ini jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, jika ingin mengetahui tanggal suatu kejadian, orang bisa menggunakan istilah “penanggalan”.

Tanggal
Tanggal sering diartikan sebagai penunjuk hari dalam satu bulan dan juga sebagai informasi tentang suatu kejadian. Tanggal juga sering dikaitkan dengan kata nichi. Orang Indonesia sering mengatakan “hari ini nichi senin” sebagai pengganti “hari ini tanggal 15 Januari”.

Bulan
Bulan merupakan satu dari 12 bagian dalam satu tahun. Di Indonesia, bulan sering dikaitkan dengan perayaan seperti bulan puasa dan bulan ramadhan. Namun, bulan juga berkaitan dengan kata nichi karena setiap bulan memiliki jumlah hari yang berbeda.

Tahun
Tahun merupakan satuan waktu dalam kalender yang terdiri dari 12 bulan. Tahun juga sering dikaitkan dengan perayaan seperti tahun baru. Namun, kata nichi biasanya tidak digunakan dalam pengertian tahun. Sebaliknya, kata “tahun” lebih sering digunakan sebagai pengganti kata “tahun” dalam kalender Masehi.

Nichiyōbi dan Hari-Hari dalam Seminggu


Nichiyōbi dan Hari-Hari dalam Seminggu

Di Indonesia, kita mengenal hari dalam seminggu dengan nama-nama yang berbeda. Mulai dari Senin hingga Minggu, setiap hari memiliki arti dan fungsinya masing-masing. Tapi, ada satu hari yang cukup unik, yaitu Nichiyōbi.

Nichiyōbi dalam bahasa Jepang artinya adalah hari Minggu. Namun, di Indonesia, Nichiyōbi memiliki arti yang lebih dalam bagi masyarakat Jepang yang tinggal di sini. Nichiyōbi diartikan sebagai hari libur, istirahat, dan bersantai bersama keluarga.

Masyarakat Jepang di Indonesia mempunyai tradisi untuk menikmati hari libur dalam suasana yang berbeda mengingat aktivitas mereka sehari-hari yang sangat padat. Beberapa tradisi atau kegiatan khas pada hari Nichiyobi antara lain:

1. Shumatsu-e

Shumatsu-e

Shumatsu-e merupakan perayaan hari Sabtu dan Minggu yang sering diadakan di sekolah-sekolah atau yayasan budaya Jepang di Indonesia. Dalam perayaannya, masyarakat Jepang di Indonesia biasanya melakukan kegiatan tradisional seperti pemotongan buah dan sayuran, seni origami, dan pembuatan makanan khas Jepang seperti sushi dan mochi.

2. Hanami

Hanami

Hanami merupakan kegiatan tradisional masyarakat Jepang dalam menikmati indahnya bunga sakura yang bermekaran di musim semi. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada hari libur seperti Nichiyōbi, di mana keluarga dan teman-teman bisa berkumpul bersama untuk menikmati bunga sakura sambil membawa makanan dan minuman.

3. Kotatsu

Kotatsu

Kotatsu adalah meja berbentuk kotak yang dilapisi dengan kain dan dilengkapi dengan bantalan, diletakkan di atas karpet dan dihubungkan dengan heater di bawah meja. Meja ini sangat cocok untuk bersantai dan menghangatkan tubuh di saat cuaca dingin pada musim dingin.

4. Onsen

Onsen

Onsen adalah pemandian air panas alami yang sangat populer di Jepang. Di Indonesia, beberapa hotel dan tempat wisata menawarkan fasilitas onsen sehingga masyarakat Jepang bisa menikmati kegiatan tradisional mereka tanpa harus kembali ke Jepang. Kegiatan ini sangat tepat untuk hari libur seperti Nichiyōbi.

Itulah beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Jepang di Indonesia pada hari libur Nichiyōbi. Walaupun kegiatan-kegiatan ini terlihat sederhana, namun kegiatan ini menjadi sangat penting bagi mereka sebagai bentuk relaksasi dari kehidupan sehari-hari yang padat.

Contoh Pengucapan Kata “Nichi” dalam Bahasa Jepang


Nichi Artinya di Indonesia

Kata “Nichi” termasuk dalam bahasa Jepang dan dapat diartikan sebagai hari dalam bahasa Indonesia. Kemudahan dalam penggunaannya membuat orang Indonesia yang sedang belajar bahasa Jepang kerapkali menggunakan kata “nichi” untuk berbicara mengenai hari. Untuk lebih memahami pengucapan kata “nichi” dalam bahasa Jepang, berikut adalah contoh-contohnya:

1. にちようび (nichiyoubi)
Pronounced as [nee-chee-yoh-bee], kata ini berarti hari Minggu. Dalam bahasa Indonesia, hari Minggu juga sering disebut sebagai hari libur.

2. げつようび (getsuyoubi)
Pronounced as [get-soo-yoh-bee], kata ini berarti hari Senin. Banyak pekerja kantoran di Indonesia yang merasakan kewalahan ketika menghadapi hari Senin sebagai hari awal kerja pada minggu kerja yang baru.

3. かようび (kayoubi)
Pronounced as [ka-yoh-bee], kata ini berarti hari Selasa. Pada hari Selasa biasanya disebut sebagai hari kedua dalam minggu kerja.

4. すいようび (suiyoubi)
Pronounced as [sue-ee-yoh-bee], kata ini berarti hari Rabu. Pada hari Rabu, biasanya beberapa tempat makan atau cafe menawarkan promosi-promosi tertentu.

5. もくようび (mokuyoubi)
Pronounced as [moh-koo-yoh-bee], kata ini berarti hari Kamis. Hari Kamis kerap diasosiasikan sebagai hari keberuntungan bagi sebagian kalangan. Selain itu, Kamis juga menjadi hari dimulainya perkuliahan di beberapa universitas di Indonesia.

6. きにょうび (kinyoubi)
Pronounced as [kee-nyoh-bee], kata ini berarti hari Jumat. Pada hari Jumat, dilakukan sholat Jum’at untuk umat Muslim di seluruh dunia.

7. どようび (doyoubi)
Pronounced as [doh-yoh-bee], kata ini berarti hari Sabtu. Hari Sabtu kerap dijadikan momen bersantai bagi sebagian orang untuk menikmati waktu bersama keluarga atau mengejar kegiatan hobi mereka.

Dalam bahasa Jepang, kata “nichi” memiliki banyak arti selain hari. Namun, dalam konteks pembicaraan mengenai hari-hari dalam seminggu, penggunaan kata “nichi” dapat memudahkan dalam berkomunikasi bagi orang Indonesia yang sedang belajar bahasa Jepang.

Iklan