Sejarah Nama dalam Bahasa Jepang


Nama dalam Bahasa Jepang

Nama dalam bahasa Jepang memiliki keunikan dan sedikit berbeda dengan bahasa-bahasa lainnya. Setiap nama memiliki arti yang dalam dan biasanya juga terkait dengan kebudayaan atau tradisi dari Jepang itu sendiri. Namun, seperti apa sejarah dari nama dalam bahasa Jepang itu sendiri?

Pada masa lampau, Jepang memiliki sistem penamaan yang berbeda dibandingkan dengan saat ini. Pada zaman dulu, penamaan ditentukan dari garis keturunan dan kebangsawanan. Tidak seperti saat ini dimana orang tua dapat memberikan nama apapun yang mereka suka untuk bayi mereka.

Setelah pengaruh Cina masuk ke Jepang maka kebiasaan penamaan pun ikut berubah. Sistem baru akhirnya di mulai di zaman Nara yakni abad ke-8. Pada zaman ini, nama-nama Cina banyak digunakan dan bahkan ada kebiasaan inisiasi nama ketika seseorang mencapai usia dewasa.

Tidak hanya menerima pengaruh dari bahasa Cina, namun Jepang juga mempunyai kekayaan bahasa lokal yang kaya karena beranekaragamnya daerah dan bentangan wilayahnya. Bahasa Jepang sendiri terdiri dari tiga jenis logat yaitu Honshū, Hokkaidō, dan Ryukyu. Setiap daerah di Jepang mempunyai dialek bahasa yang berbeda beda.

Agar mudah dipahami oleh masyarakat, maka telah dibuatlah bahasa Jepang baku atau standar yang tersusun atas huruf Kanji, Hiragana, dan Katakana sehingga terdapat keseragaman pada bahasa Jepang.

Terkait dengan penamaan saat ini, orang tua dapat memberikan nama sesuai keinginan mereka untuk anak mereka. Namun, tidak jarang juga mereka yang memberikan nama mengikuti petunjuk dari nama pada tahun itu atau nama yang sedang populer.

Selain itu, dalam budaya Jepang juga terdapat tradisi memberikan gelar kepada seseorang ketika ia mencapai usia tertentu atau dalam situasi tertentu seperti pernikahan, karier, atau dalam pengalaman spiritual. Gelar seperti “san”, “sama”, atau “kun” sering ditambahkan setelah nama seseorang.

Maka dari itu, dapat kita simpulkan bahwa nama dalam bahasa Jepang telah mengalami perubahan dari masa ke masa sesuai dengan pengaruh budaya yang datang. Namun, tetap mempertahankan keunikan dan keseragaman dalam penamaan. Dalam memberikan nama pada anak, orang tua merenungkan arti dari nama tersebut karena dinilai penting untuk menentukan karakter yang akan dimiliki anak kelak.

Cara Menulis Nama dalam Huruf Jepang


Cara Menulis Nama dalam Huruf Jepang

Bagi kamu yang mulai tertarik dengan bahasa Jepang, tentu saja hal yang paling utama ini adalah membuat nama dalam huruf Jepang. Banyak orang yang berpikiran tidak mungkin untuk membuat nama dalam huruf Jepang. Padahal, menulis nama dalam huruf Jepang itu sangat mudah. Kita bahkan hanya memerlukan beberapa keterampilan dasar untuk melakukannya. Nah, dalam artikel ini akan membahas cara menulis nama dalam huruf Jepang secara detail.

Pertama: Pilihlah Huruf Jepang untuk Nama Anda

Di huruf Jepang, kita harus memilih tiga jenis huruf yang terdapat dalam bahasa Jepang yaitu :

  1. Hiragana : Ini adalah bentuk huruf terbaca paling halus di Jepang. Biasanya digunakan untuk ejaan kata-kata Jepang.
  2. Katakana : Ini adalah huruf paling sering digunakan dalam bahasa Jepang. Biasanya digunakan untuk kata-kata yang berasal dari bahasa lain.
  3. Kanji : Ini adalah huruf yang digunakan untuk penyebutan nama Jepang. Merupakan bentuk penulisan Jepang paling unik.

Jadi, pertama-tama Anda akan memilih jenis huruf mana yang Anda inginkan untuk nama Anda.

Kedua: Pilihlah Nama Anda dalam Karakter Jepang

Setelah memilih jenis huruf atau karakter Jepang yang kamu inginkan, lanjutkan untuk memilih nama sendiri dalam bentuk karakter Jepang. Sebagai contoh, jika namamu “Rina”, maka kamu bisa memilih huruf “リナ” atau “りな”. Selain itu, kamu bisa juga memilih nama dalam bentuk huruf kanji. Misalnya “理奈” atau “梨奈”.

Untuk memilih nama sendiri dalam kaitannya dengan huruf kanji, Anda harus mempelajari arti dari huruf tersebut. Sebagai contoh, Kanji di atas memiliki arti yang merupakan penggabungan dari beberapa huruf. “理” artinya bisa diartikan sebagai logis atau berfikir, sedangkan “奈” berarti nenek moyang. Jadi, nama yang dipilih akan memiliki arti yang sangat dalam.

Ketiga: Gunakan Konverter untuk Membuat Huruf Jepang

Setelah mengetahui karakter Jepang dari nama Anda, Anda bisa menggunakan berbagai macam situs konverter online untuk membuat nama Anda dalam bentuk huruf Jepang. Kami melakukan pencarian dan menemukan beberapa situs yang sangat bagus untuk penggunaan:

Namun, sebelum menggunakan konverter, pastikan situs tersebut bagus dan sesuai sehingga menghasilkan penulisan huruf Jepang yang bagus dan benar. Karena menjadi dasar dalam penulisan ‘nama’ dalam bahasa Jepang merupakan hal yang wajib.

Keempat: Mulailah Menulis Nama Anda dalam Huruf Jepang di Kanji atau Katakana

Jika Anda ingin menulis nama Anda dalam kanji atau katakana, mulailah dengan mempelajari huruf dasarnya terlebih dahulu. Setelah mengetahui huruf dasarnya, kamu bisa mengeja namamu dalam bentuk huruf japang. Untuk data lanjutan dalam penulisan nama dalam huruf Jepang, lebih baik kamu mencari guru Jepang atau mempelajarinya secara otodidak.

Saat menulis nama sendiri dalam bentuk huruf Jepang, kamu juga harus mengingatkan diri sendiri tentang benar dan tidaknya penulisan nama tersebut. Karena selain menulis nama sendiri dalam huruf jepang yang terlihat lebih menarik pastikan penulisan juga benar dan sesuai dengan Kebahkan Jepangannya.

Jadi, itulah beberapa hal yang perlu Kamu ketahui untuk menulis nama dalam huruf Jepang. Kamu bisa membuat nama dalam bentuk huruf Jepang untuk memberikan kesan baru pada penulisan nama sendiri. Selain itu, Anda juga bisa berbagi dengan teman tentang bagaimana penulisan nama dalam huruf Jepang diawali.

Contoh Nama Jepang dan Artinya


Contoh Nama Jepang dalam bahasa Indonesia

Nama Jepang memiliki arti yang dalam, bahkan beberapa nama memiliki makna mendalam dari segi sejarah, budaya, bahkan agama. Namun, terdapat beberapa orang yang penasaran tentang arti nama dalam bahasa Jepang. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa contoh nama Jepang beserta artinya.

1. Akira

Akira

Akira berasal dari kata “aki” yang berarti “terang” dan “ra” yang berarti “batin”, jadi arti dari nama Akira adalah “terang batin”.

2. Yumi

Yumi

Yumi berasal dari kata “yu” yang berarti “mutiara” dan “mi” yang berarti “keindahan”, sehingga arti dari nama Yumi adalah “keindahan mutiara yang bersinar”.

3. Kenji

Kenji

Kenji berasal dari kata “ken” yang berarti “pedang” dan “ji” yang berarti “cerdas”, sehingga arti dari nama Kenji adalah “pedang yang cerdas”.

4. Sakura

Sakura

Sakura adalah nama bunga populer di Jepang yang bermakna “bunga ceri”. Nama Sakura sering dipakai sebagai nama perempuan di Jepang.

5. Haru

Haru

Haru berasal dari kata “ha” yang berarti “musim semi” dan “ru” yang berarti “orang yang baik”. Maka arti dari nama Haru adalah “orang baik di musim semi”.

6. Aiko

Aiko

Aiko berasal dari kata “ai” yang berarti “cinta” dan “ko” yang berarti “anak”, maka arti dari nama Aiko adalah “anak yang dicintai”.

7. Kenzo

Kenzo

Kenzo berasal dari kata “ken” yang berarti “sehat” dan “zo” yang berarti “anak” atau “generasi”, jadi arti dari nama Kenzo adalah “anak yang sehat” atau “generasi yang sehat”.

8. Emi

Emi

Emi berasal dari kata “e” yang berarti “anak perempuan” dan “mi” yang berarti “keindahan”, jadi arti dari nama Emi adalah “keindahan seorang anak perempuan”.

9. Yuto

Yuto

Yuto berasal dari kata “yu” yang berarti “keserakahan” dan “to” yang berarti “orang bijak”, jadi arti dari nama Yuto adalah “orang bijak yang tidak keserakahan”.

10. Yuuki

Yuuki

Yuuki berasal dari kata “yu” yang berarti “berani” dan “ki” yang berarti “energi”, jadi arti dari nama Yuuki adalah “energi yang berani” atau “keberanian yang membara”.

Nah, itulah beberapa contoh nama Jepang beserta artinya. Pilihlah nama yang memiliki makna yang bagus serta sesuai dengan karakter anak atau bayi yang akan diberikan nama tersebut. Semoga bermanfaat.

Kebiasaan Unik dalam Memilih Nama Jepang


Nama Jepang

Memilih nama dalam budaya Jepang bukanlah hal yang mudah dan simpel. Saking banyaknya variasi nama yang bisa diambil dalam bahasa Jepang, maka sebagian masyarakat Jepang sendiri memiliki kebiasaan unik dalam memilih nama anak mereka. Bahkan, seringkali mereka sampai harus mengonsultasikan astrologi, serta tren nama populer di daerah mereka saat itu.

Nah, berikut adalah kebiasaan unik dalam memilih nama Jepang dan konsep yang harus diingat jika memutuskan untuk menamai anak dengan nama Jepang.

1. Makna Nama


Makna Nama

Salah satu aspek paling penting dalam memilih nama Jepang adalah maknanya. Orang Jepang secara umum percaya bahwa nama dapat mempengaruhi hidup seseorang, mereka akan memperhatikan makna nama tersebut dengan seksama. Biasanya, orang tua akan memilih nama mempertimbangkan sifat unik sang bayi, kebajikan, dan impian yang ingin mereka satukan dengan nasib yang mereka rancang untuk anak mereka.

2. Shinkoku Sahou


Shinkoku Sahou

Shinkoku Sahou merupakan tradisi yang mempertimbangkan unsur-unsur alami dunia sekitar saat bayi dilahirkan. Unsur-unsur alami ini tidak hanya mencakup planet atau benda kosmik lain, tetapi juga waktu kelahiran dan cuaca. Dari sini, orang tua akan menentukan ‘bintang’ bagi bayi, atau zodiac, sebagai petunjuk karakteristik personal dan individual mereka. Nama Jepang biasanya mencakup unsur-unsur ini sebagai cara untuk menghormati keterkaitan alami mereka dengan dunia sekitar.

3. Tren Nama Populer


Tren Nama Populer

Tren nama populer juga memegang peranan penting di Jepang. Biasanya, ada tren populer dalam penamaan yang biasanya berubah dari waktu ke waktu. Beberapa tahun yang lalu, nama bayi laki-laki yang populer di Jepang adalah Sota dan Riku, sedangkan yang populer untuk bayi perempuan adalah Hina dan Sakura. Seiring berjalannya waktu, tren unik lain yang konon menarik perhatian yaitu nama-nama yang berisi huruf ‘rei’ dan ‘rui’.

4. Pengaruh Ilmu Astrologi


Ilmu Astrologi

Di Jepang, astrologi mencakup banyak aspek kehidupan, termasuk memilih nama. Misalnya, ada sistem kalender kuno 12 binatang atau Junishi, yang Jepang yakini dapat mempengaruhi karakteristik personal seseorang. Salah satu contoh yang umum adalah jika anak lahir pada tahun monyet, orang tua dapat memberikan nama yang mengekspresikan keceriaan, kecerdasan, keaktifan, dan kelincahan binatang itu. Dalam hal ini, nama bayi yang lebih umum digunakan oleh keluarga Jepang adalah Yumi yang memiliki arti yang indah, lembut, dan bersahabat.

5. Nama Keluarga


Nama Keluarga

Nama keluarga di Jepang sangat penting, karena umumnya tidak hanya digunakan oleh anggota keluarga tetapi juga pemilik toko, rumah sakit, dan sebagainya. Saat memilih nama Jepang untuk anak, orang tua harus memilih nama yang tidak bertentangan dengan nama keluarga mereka sendiri. Selain itu, orang Jepang juga memilih nama yang tidak biasa atau menyimpang dari norma sebagai bentuk ekspresi kreatif atau pernyataan individualitas, sementara nama konvensional masih merupakan preferensi dominan.

Itulah kebiasaan unik dalam memilih nama Jepang yang dapat dijadikan referensi. Namun, sebaiknya namanya memiliki makna yang memperkuat karakter, memberikan semangat hidup, serta menarik pertolongan dari manusia dan Tuhan.

Nama Jepang Populer untuk Anak Laki-laki dan Perempuan


Nama Jepang Populer untuk Anak Laki-laki dan Perempuan

Japan memiliki budaya yang sangat kaya dan unik, mulai dari lagu, tari, makanan, hingga bahasa. Bahasa Jepang sendiri memiliki susunan aksara yang berbeda dengan bahasa lainnya, sehingga nama Jepang memiliki arti yang unik dan menarik tiap kara-karanya. Bagi orang tua yang menunggu kelahiran anak, memberikan nama Jepang menjadi pilihan yang menarik. Berikut adalah beberapa nama Jepang populer untuk anak laki-laki dan perempuan.

Nama Jepang Populer untuk Anak Laki-laki


Nama Jepang Populer untuk Anak Laki-laki

Berikut adalah beberapa nama Jepang populer untuk anak laki-laki:

  • Haruto, yang berarti “hari terang”.
  • Ryota, yang berarti “seorang pemimpin spiritual yang baik”.
  • Kei, yang berarti “cerdas” atau “mulia”.
  • Takumi, yang berarti “pembangun” atau “pengrajin”.
  • Sora, yang berarti “langit”.

Nama Jepang Populer untuk Anak Perempuan


Nama Jepang Populer untuk Anak Perempuan

Berikut adalah beberapa nama Jepang populer untuk anak perempuan:

  • Miho, yang berarti “kecantikan yang harum”.
  • Sakura, yang berarti bunga sakura, simbolis khas Jepang.
  • Ayumi, yang berarti “bergerak maju”.
  • Emi, yang berarti “kecantikan hati” atau “anak Tuhan”.
  • Yumi, yang berarti “busur panah”.

Nama yang Dapat Digunakan untuk Anak Laki-laki dan Perempuan


Nama yang Dapat Digunakan untuk Anak Laki-laki dan Perempuan

Berikut adalah beberapa nama Jepang yang dapat digunakan baik untuk anak laki-laki maupun perempuan:

  • Akira, yang berarti “terang” atau “pintar”.
  • Haruka, yang berarti “jauh” atau “reruntuhan”.
  • Kai, yang berarti “laut” atau “menjaga”.
  • Rin, yang berarti “dalam” atau “ternama”.
  • Saki, yang berarti “cerdas” atau “harum”.

Itulah beberapa rekomendasi nama Jepang populer yang dapat Anda gunakan untuk memberikan nama pada anak Anda. Namun, seperti halnya dalam memberikan nama pada anak, sangat penting bagi orang tua untuk memperhatikan arti dari nama tersebut sebelum memutuskan untuk memberikan nama tersebut pada anak mereka. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Iklan