Pengenalan Kippu Hiragana


Kippu Hiragana

Hiragana adalah satu-satunya aksara dari Jepang yang berfungsi sebagai simbol fonetik. Ini berarti, tiap simbol Hiragana mewakili satu suara vokal atau konsonan yang lebih umum, seperti suara Ra, Ri, Ru, Re, dan Ro. Jadi, bisa dibilang Hiragana merupakan dasar dari bahasa Jepang. Namun, belum banyak orang yang tahu tentang Kippu Hiragana. Apa sih Kippu Hiragana itu?

Kippu Hiragana atau yang bisa kita sebut dengan “Tiket Hiragana” adalah cara unik untuk mempelajari huruf Jepang yang berasal dari Jepang sendiri. Cara belajarnya pun cukup mudah, yaitu dengan menggunakan tiket sebagai dasar pembelajaran. Tiket yang dimaksud disini bisa berupa karcis kereta api, boarding pass, atau tiket pesawat yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari.

Trik Kippu Hiragana adalah membuat sebanyak mungkin bentuk hiragana dari detail tiket yang dimiliki. Jadi, semakin detail tiket tersebut, semakin banyak juga bentuk hiragananya yang bisa dibuat.

Contohnya, jika kita memiliki tiket kereta api Shinkansen dari Tokyo ke Osaka. Detail-detail pada tiket tersebut seperti jam keberangkatan, nama stasiun, nomor kereta, dan lain-lain bisa berguna untuk membentuk macam-macam hiragana. Seperti halnya pada kata “Sekai” yang dalam bahasa Indonesia artinya “Dunia”. Pada tiket Shinkansen yang disebutkan tadi, kita bisa melihat bahwa masing-masing huruf dapat direpresentasikan dengan detail pada tiket bersangkutan.

Selain itu, keuntungan mempelajari Kippu Hiragana adalah kita bisa belajar sambil bermain dan mencoba menghasilkan bentuk baru. Tak hanya itu, pembelajaran dengan menggunakan detail-detail tiket juga bisa memberikan pelajaran yang lebih dalam tentang kebiasaan dan budaya Jepang yang terkait dengan dunia transportasi.

Meski begitu, Kippu Hiragana ini sebenarnya tidak hanya cocok untuk dimainkan oleh anak-anak saja, karena bisa juga digunakan oleh orang dewasa untuk memperdalam kemampuan Bahasa Jepang mereka.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk belajar Kippu Hiragana, kamu bisa mencoba membuatnya secara mandiri dengan menggunakan tiket kereta api, tiket pesawat, atau boarding pass yang pernah kamu gunakan. Jika ingin mendapatkan pelajaran yang lebih menyeluruh sekaligus mencari teman belajar, kamu bisa mencari grup belajar yang secara rutin membahas tentang Kippu Hiragana lebih dalam dan lengkap. Selamat mencoba!

Asal Mula Kippu Hiragana


Kippu Hiragana

Kippu Hiragana adalah jenis hiragana yang unik dan hanya digunakan di Indonesia. Hiragana sendiri adalah huruf kana dalam bahasa Jepang yang digunakan untuk penulisan kata-kata yang tidak memiliki kanji, sebagai pengganti kanji, atau untuk menulis partikel dalam sebuah kalimat.

Kippu Hiragana dibuat oleh Yohanes Liesar Rukmi, seorang mahasiswa asal Indonesia yang belajar di Jepang. Inspirasi Kippu Hiragana ini muncul ketika Rukmi teman-temannya yang juga mahasiswa asal Indonesia ingin belajar bahasa dan menulis huruf Jepang, namun merasa kesulitan membedakan dan menghafal huruf hiragana karena bentuknya serupa.

Dari situlah Rukmi mencoba menciptakan jenis hiragana yang memiliki bentuk yang khas dan mudah diingat. Kippu sendiri diambil dari kata “tiket” dalam bahasa Jepang, karena bentuk dari Kippu Hiragana mirip sebuah tiket dengan bagian atasnya yang melengkung. Karena mudah dihafal, Kippu Hiragana cepat tenar di kalangan mahasiswa Indonesia yang belajar di Jepang.

Bentuk Kippu Hiragana memang unik dan berbeda dari bentuk dasar hiragana yang sudah ada. Dalam bahasa Jepang, hiragana dibagi menjadi lima belas pola dasar, yaitu a, i, u, e, o, ka, ki, ku, ke, ko, sa, shi, su, se, so. Pola dasar ini kemudian akan dimodifikasi menjadi konsonan dan vokal yang berbeda.

Kippu Hiragana sendiri memiliki pola dasar yang mirip dengan pola dasar huruf hiragana lainnya, namun memiliki bentuk yang lebih berbeda untuk setiap konsonan dan vokalnya. Sebagai contoh, huruf “a” pada Kippu Hiragana memiliki bentuk bulat yang melengkung ke atas, sedangkan huruf “ka” memiliki bentuk yang lebih panjang dan melengkung ke bawah.

Setelah populer di kalangan mahasiswa Indonesia di Jepang, Kippu Hiragana mulai tersebar ke Indonesia dan digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Jepang. Saat ini, Kippu Hiragana telah menjadi bagian dari pembelajaran bahasa Jepang di Indonesia dan juga digunakan oleh berbagai institusi dan penerbit untuk buku teks dan kamus-kamus bahasa Jepang.

Seiring berkembangnya teknologi, Kippu Hiragana juga semakin mudah diakses melalui internet dan aplikasi mobile. Beberapa penerbit bahkan telah meluncurkan kamus bahasa Jepang digital dengan fitur Kippu Hiragana untuk memudahkan pembelajaran bahasa Jepang.

Sekarang, Kippu Hiragana tidak hanya menjadi simbol mahasiswa Indonesia di Jepang, tetapi juga menjadi bagian dari budaya Indonesia sebagai alat pembelajaran bahasa Jepang yang khas dan mudah diingat.

Iklan