Apa itu 20 kata kerja tidak beraturan?


Kata Kerja Tidak Beraturan

Kata kerja tidak beraturan adalah kata kerja yang bentuknya tidak mengikuti aturan dengan penambahan –d atau –ed pada akhiran kata untuk membentuk bentuk lampau dan bentuk lainnya. Perubahan yang terjadi pada kata kerja tidak beraturan sangat berbeda satu sama lainnya. Biasanya, ini adalah kata kerja yang sering digunakan dalam percakapan dan membentuk kalimat bahasa Inggris. Baik dalam bahasa Inggris maupun dalam bahasa Indonesia, kata kerja tidak beraturan sangat penting untuk dipelajari.

Kata kerja tidak beraturan adalah kata kerja yang tidak mengikuti aturan atau tidak beraturan dalam membentuk bentuk lampau, kedua, dan ketiga. Contohnya: kata kerja “eat” yang dalam bentuk lampau dan bentuk kedua adalah “ate”, sedangkan dalam bentuk ketiga adalah “eaten”.

Di Indonesia, ada juga 20 kata kerja tidak beraturan yang menjadi bagian dari bahasa Inggris yang sering diucapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia.

Berikut adalah 20 kata kerja tidak beraturan dalam bahasa Inggris dan ARTInya dalam bahasa Indonesia:

Kata Kerja ARTInya
arise muncul
awake bangun
be menjadi
bear menanggung
beat memukul
become menjadi
begin mulai
bend melengkung
bet bertaruh
bid menawar
bind mengikat
bite gigit
blow meniup
break memecahkan
bring menyebabkan
burst meledak
buy membeli
can bisa
cast membuang
catch menangkap

Banyak dari 20 kata kerja tidak beraturan ini yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Jadi, penting untuk memahami dan menguasai kata-kata tersebut agar Anda bisa lebih lancar saat menggunakannya dalam kalimat bahasa Inggris. Selain itu, juga belajar kata kerja tidak beraturan bisa membantu Anda memahami tata bahasa dan perbedaan antara bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Kenapa penting untuk belajar kata kerja tidak beraturan?


grammar

Bahasa Indonesia yang kita gunakan sehari-hari memiliki banyak kata kerja tidak beraturan yang perlu dipelajari. Kata kerja tidak beraturan adalah kata kerja yang bentuk lampau, bentuk participles dan bentuk ketiga tak beraturan atau berbeda dengan bentuk-bentuk biasanya.

Sebagai contoh, kata kerja ‘makan’ memiliki pola beraturan: makan-makanan-memakan. Namun, kata kerja ‘pergi’ bentuk lampau dan partisip akan berubah menjadi ‘pergi-perginya-pergi’.

Belajar kata kerja tidak beraturan penting karena:

Meningkatkan Kemampuan Berbicara dan Menulis

writing

Dalam percakapan sehari-hari, kita akan sering menggunakan kata kerja tidak beraturan. Tanpa memahami kata kerja ini, kita akan sering salah bentuk ketika berbicara. Hal ini dapat memengaruhi kemampuan komunikasi kita dan menurunkan kepercayaan diri kita dalam berbicara. Selain itu, ketika menulis, kita perlu memperhatikan bentuk yang tepat agar tulisan yang kita hasilkan terlihat lebih jelas dan mudah dipahami.

Memudahkan Proses Belajar Bahasa Asing

foreign language

Ketika belajar bahasa asing, kita akan dituntut secara konsisten untuk memperhatikan bentuk kata kerja yang berbeda dan sering tidak beraturan. Dalam bahasa Inggris misalnya, kata kerja ‘go’ bentuk lampau dan bentuk partisip akan tidak beraturan menjadi ‘went-gone’. Karena itu, memahami kata kerja tidak beraturan dalam bahasa Indonesia secara otomatis akan memudahkan kita saat belajar bahasa asing.

Memperkaya Kosakata

vocabulary

Belajar kata kerja tidak beraturan juga dapat membantu kita memperkaya kosakata dalam bahasa Indonesia kita. Dengan memahami kata kerja tersebut, kita dapat menggunakan kata kerja yang lebih variatif dan menarik dalam percakapan sehari-hari atau dalam tulisan kita. Ini akan membantu kita menjadi lebih fasih dan informal dalam berbicara dan menulis.

Belajar kata kerja tidak beraturan dapat membantu meningkatkan kemampuan berbicara dan menulis kita, memudahkan proses belajar bahasa asing, dan memperkaya kosakata kita dalam bahasa Indonesia. Jangan lupa untuk mempraktikkan dan menghidupkan kata kerja yang telah dipelajari agar dapat membantu mengingat dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh 20 kata kerja tidak beraturan dalam bahasa Inggris


Contoh 20 kata kerja tidak beraturan dalam bahasa Inggris

Dalam belajar bahasa Inggris, kata kerja (verb) merupakan salah satu tenses yang harus dikuasai. Ada beberapa jenis kata kerja, salah satunya adalah kata kerja tidak beraturan (irregular verb). Dalam kata kerja tidak beraturan, terdapat beberapa perubahan pada kata dasar ketika digunakan pada bentuk lainnya. Jika kamu ingin belajar lebih dalam mengenai kata kerja tidak beraturan, simak contoh 20 kata kerja tidak beraturan dalam bahasa Inggris berikut ini:

  1. Be (was/were) – menjadi, berada
  2. Become (became) – menjadi
  3. Begin (began) – mulai
  4. Break (broke) – memecah
  5. Bring (brought) – membawa
  6. Build (built) – membangun
  7. Choose (chose) – memilih
  8. Come (came) – datang
  9. Do (did) – melakukan
  10. Drink (drank) – minum
  11. Eat (ate) – makan
  12. Feel (felt) – merasa
  13. Find (found) – menemukan
  14. Get (got) – mendapatkan
  15. Give (gave) – memberikan
  16. Go (went) – pergi
  17. Have (had) – memiliki, memakan/memakai
  18. Know (knew) – tahu
  19. Read (read) – membaca
  20. Say (said) – berkata

Belajar kata kerja tidak beraturan tidak semudah menghafal daftar kata, karena kamu juga harus memahami bentuk kata kerja pada setiap tensenya. Oleh sebab itu, latihan yang kontinu akan membantumu memahami penggunaan kata kerja tidak beraturan dengan baik.

Tips menghafal dan menggunakan kata kerja tidak beraturan dengan baik


Tips menghafal dan menggunakan kata kerja tidak beraturan dengan baik

Kata kerja tidak beraturan seringkali menjadi momok bagi banyak pelajar bahasa Inggris. Bagaimana tidak, tumpukan kata-kata yang tidak mengikuti pola baku membuat orang kesulitan untuk menghapalkannya. Tapi jangan khawatir, sebenarnya ada cara mudah untuk menghafal kata-kata tersebut. Berikut ini Tips menghafal dan menggunakan kata kerja tidak beraturan dengan baik.

1. Belajar dengan cara yang tepat


Belajar dengan cara yang tepat

Cara termudah untuk menghafal kata kerja tidak beraturan adalah dengan belajar cara yang tepat. Beberapa orang terbiasa dengan pembelajaran melalui buku, namun ada juga yang lebih suka dengan metode belajar online atau bimbingan guru. Tidak ada metode yang pasti ampuh untuk semua orang, oleh karenanya carilah metode apa yang cocok untuk Anda dan gunakanlah itu. Yang terpenting, teruslah belajar dan tanyakanlah pada guru atau mentor jika Anda menemui kesulitan.

2. Berlatih dengan berbicara


Berlatih dengan berbicara

Latihan berbicara sangat membantu dalam mengingat kata kerja tidak beraturan. Banyak pelajar bahasa Inggris terkadang merasa sulit ketika harus mengungkapkan ide atau pikiran mereka dalam bahasa Inggris. Salah satu cara efektif untuk memperbaiki hal ini adalah dengan berbicara dalam bahasa Inggris setiap kali ada kesempatan, baik itu dengan teman sekelas ataupun dengan sesorang yang fasih berbahasa Inggris. Dengan begitu, Anda akan terasa lebih mudah dalam mengingat kata kerja tak beraturan dan dapat menggunakannya dengan lebih lancar.

3. Tuliskan kata kerja tak beraturan dalam bentuk table


Tuliskan kata kerja tak beraturan dalam bentuk table

Tuliskan kata kerja tak beraturan dalam bentuk tabel (table). Dengan cara ini, Anda dapat melihat daftar kata kerja tidak beraturan beserta dengan bentuk lampau dan participle-nya. Buat tabel sederhana dengan tiga kolom dan baris sebanyak jumlah kata kerja yang ingin Anda pelajari, dan tuliskan dalam urutan ABC.

4. Manfaatkan flashcard untuk menghafal kata-kata tersebut


Manfaatkan flashcard untuk menghafal kata-kata tersebut

Flashcard sangat membantu dalam menghafal kata kerja tidak beraturan. Cukup dengan mencetak daftar kata-kata tersebut, lalu tuliskan kata kerja tak beraturan pada salah satu sisi kartu, dan tuliskan artinya pada sisi lain. Anda bisa memperbesar daftar bahasa Inggris Anda dengan menambahkan bahwa bentuk lampau dan participle dari setiap kata kerja tak beraturan pada sisi yang sama sebagai kata dasarnya. Cetaklah daftar tersebut, lalu potong menjadi kartu-kartu terpisah yang dapat digunakan sebagai flashcard.

5. Gunakan kata kerja tidak beraturan saat menulis kalimat


Gunakan kata kerja tidak beraturan saat menulis kalimat

Saat Anda belajar bahasa Inggris, gunakan kata kerja tidak beraturan dengan frekuensi yang tinggi. Buatlah kalimat-kalimat baru yang mencakup kata-kata yang sedang Anda pelajari dan tuliskan di buku catatan anda.

Contoh kalimat menggunakan kata kerja tak beraturan untuk dijadikan contoh saat latihan:

Bentuk yang tepat | Kata

cry | wept | wept

bite | bit | bitten

break | broke | broken

bring | brought | brought

Menerapkan tips yang telah disampaikan di atas sangat membantu dalam menghafal kata kerja tak beraturan dengan baik. Jika memungkinkan, berlatihlah verbal dan tulislah kata-kata pada sebuah daftar. Namun semua itu membutuhkan waktu dan kesabaran, maka dari itu bersabarlah dan jangan terburu-buru. Teruslah belajar dan ingat bahwa pengulangan merupakan kunci dari keberhasilan.

Latihan soal dan jawaban tentang kata kerja tidak beraturan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris


latihan soal dan jawaban kata kerja tidak beraturan

Nah, setelah kita tahu apa itu kata kerja tidak beraturan, dan macam-macamnya, sekarang saatnya kita melakukan latihan soal untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita. Berikut ini adalah beberapa soal latihan beserta jawabannya:

  1. She _________ (write) a letter to her boss yesterday.
    1. wrote
    2. write
    3. written

    Jawaban: a

    Penjelasan: Write [present] – Wrote [past] – Written [past participle]

  2. The students _________ (take) a test last week.
    1. taked
    2. taken
    3. take

    Jawaban: b

    Penjelasan: Take [present] – Took [past] – Taken [past participle]

  3. We _________ (go) to Bali for vacation last month.
    1. went
    2. go
    3. goes

    Jawaban: a

    Penjelasan: Go [present] – Went [past] – Gone [past participle]

  4. The baby _________ (sleep) soundly during the night.
    1. slept
    2. sleep
    3. slepted

    Jawaban: a

    Penjelasan: Sleep [present] – Slept [past] – Slept [past participle]

  5. They _________ (eat) sushi for dinner last night.
    1. eat
    2. ate
    3. eaten

    Jawaban: b

    Penjelasan: Eat [present] – Ate [past] – Eaten [past participle]

Dengan melakukan latihan soal dan jawaban tentang kata kerja tidak beraturan ini secara rutin, diharapkan bisa memperkuat pemahaman dan kefasihan dalam menggunakan bahasa Inggris, khususnya dalam membentuk bentuk kata kerja tidak beraturan. Selamat mencoba!

Iklan