Sejarah Nasi Goreng di Jepang


Nasi Goreng di Jepang

Indonesia merupakan negara dengan beragam makanan khas yang sangat terkenal di dunia internasional. Salah satu makanan khas Indonesia yang mendunia adalah nasi goreng. Makanan yang disajikan dengan nasi dan bumbu yang khas ini mampu membuat perut kenyang dan lidah bergoyang. Tidak hanya di Indonesia, nasi goreng juga menjadi favorit di beberapa negara, termasuk Jepang. Nasi goreng yang disajikan di Jepang disebut sebagai “Chahan” dan memiliki cita rasa yang sangat berbeda dengan nasi goreng asli Indonesia.

Sejarah nasi goreng di Jepang bermula pada era Meiji ketika orang-orang Indonesia berdatangan ke Jepang untuk bekerja. Mereka membawa budaya dan kuliner Indonesia ke Jepang termasuk nasi goreng. Ketika itu, nasi goreng disebut dengan nama “Mie Goreng” yang kemudian berkembang menjadi “Chahan”. Berbeda dengan nasi goreng asli Indonesia yang banyak menggunakan bumbu rempah, nasi goreng di Jepang lebih bercita rasa gurih karena banyak menggunakan mentega dan kecap inggris.

Awalnya, nasi goreng hanya bisa dinikmati oleh mereka yang bekerja di restoran Indonesia atau orang Indonesia yang tinggal di Jepang. Namun, seiring berjalannya waktu, nasi goreng semakin populer di kalangan masyarakat Jepang. Bahkan, saat ini nasi goreng tidak hanya bisa ditemukan di restoran Indonesia atau restoran yang menyajikan makanan internasional, tapi juga di restoran tradisional Jepang.

Tak heran jika saat ini nasi goreng menjadi salah satu makanan yang populer di Jepang. Hal ini terlihat dari banyaknya restoran yang menyajikan menu nasi goreng dan juga adanya variasi menu nasi goreng di kafe-kafe yang ada di Jepang. Seiring perkembangan yang semakin pesat, nasi goreng di Jepang pun menjadi semakin beragam. Ada nasi goreng seafood, nasi goreng teriyaki, dan bahkan nasi goreng wagyu.

Nasi goreng juga menjadi menu masakan yang sering dihidangkan dalam acara-acara yang digelar di Jepang, seperti acara seminar, acara pernikahan, dan bahkan di kedutaan besar Indonesia di Jepang.

Nasi Goreng vs. Yakimeshi: Perbedaan di Jepang


Nasi Goreng vs. Yakimeshi

Nasi goreng adalah hidangan nasi yang dibuat dengan cara menggoreng nasi yang telah matang dengan bumbu-bumbu tertentu. Hidangan ini berasal dari Indonesia dan sudah tersebar ke seluruh dunia. Nasi goreng juga menjadi makanan favorit di Jepang. Namun, di Jepang, hidangan yang serupa dengan nasi goreng adalah yakimeshi.

Yakimeshi

Yakimeshi adalah hidangan nasi yang dibuat dengan menggoreng nasi yang telah matang dengan bumbu-bumbu tertentu. Yakimeshi merupakan hidangan yang cukup populer di Jepang dan biasa disajikan di restoran-restoran Jepang. Yakimeshi memiliki cita rasa yang mirip dengan nasi goreng, namun ada beberapa perbedaan antara keduanya.

Perbedaan utama antara nasi goreng dan yakimeshi adalah bumbu dan cara memasaknya. Nasi goreng biasanya dibuat dengan bumbu-bumbu tradisional Indonesia seperti bawang putih, bawang merah, kecap manis, dan cabe. Sedangkan yakimeshi dibuat dengan bumbu-bumbu Jepang seperti dashi, soy sauce, dan mirin. Bumbu-bumbu ini memberikan rasa gurih yang khas pada hidangan.

Selain itu, cara memasak nasi goreng dan yakimeshi juga berbeda. Nasi goreng biasanya dibuat dengan menggoreng bumbu-bumbu terlebih dahulu kemudian ditambahkan nasi dan diaduk hingga merata. Sedangkan yakimeshi dibuat dengan cara menggoreng bumbu-bumbu dan bahan lainnya terlebih dahulu kemudian baru ditambahkan nasi dan diaduk merata. Cara memasak yakimeshi membuat nasi meresap bumbu dan cita rasa menjadi lebih gurih dan kaya.

Secara visual, nasi goreng dan yakimeshi juga berbeda. Nasi goreng biasanya memiliki warna yang lebih gelap karena penggunaan kecap manis dalam bumbu. Sedangkan yakimeshi memiliki warna yang lebih terang karena penggunaan soy sauce dalam bumbu. Yakimeshi juga sering dihidangkan dengan potongan nori dan biji wijen sebagai hiasan.

Walaupun ada perbedaan antara nasi goreng dan yakimeshi, kedua hidangan ini sama-sama lezat dan dapat dinikmati oleh semua orang. Karena itu, jika Anda berada di Jepang, jangan ragu untuk mencoba yakimeshi sebagai alternatif dari nasi goreng yang biasa Anda makan di Indonesia.

Resep Nasi Goreng versi Jepang


Nasi Goreng Jepang

Nasi Goreng adalah salah satu makanan yang populer di Indonesia. Sebagai negara yang memiliki beragam ragam kuliner, tidak mengherankan jika Indonesia memiliki resep nasi goreng yang sangat berbeda dari satu daerah ke daerah lainnya.

Tak hanya membuat versi Indonesia, Nasi Goreng juga bisa diracik dengan berbagai resep dari negara lain seperti resep nasi goreng Jepang yang akan kita bahas kali ini. Nasi goreng Jepang memiliki cita rasa yang berbeda dari nasi goreng Indonesia, Nasi goreng Jepang memiliki cita rasa gurih dan manis.

Bahan-bahan:

– 500 gram nasi putih (bagusnya nasi yang sudah matang)

– 3 butir telur ayam

– 200 gram daging ayam fillet, potong kotak atau dadu kecil

– 100 gr keju parut

– 3 siung bawang putih tumbuk halus

– 50 ml kecap manis

– Lada, garam dan gula secukupnya

– Sayur seperti wortel, jagung dan sebagainya kurang lebih 50gr menggunakan teknik yang sama seperti Japanese Gomaae

Cara Membuat:

1. Panaskan minyak di wajan, dengan api sedang.

2. Sementara menunggu minyak panas, kocok lepas 3 telur ayam pada mangkok.

3. Setelah itu, masukan potongan daging ayam fillet yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam wajan dan tumis hingga matang.

4. Kemudian, masukan 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan beserta satu sendok gula pasir dan aduk rata. Aduk hingga wangi dan tercampur dengan ayam fillet.

5. Setelah wangi, masukan nasi yang sudah matang ke dalam wajan dan aduk rata dengan ayam fillet tadi.

6. Setelah itu, masukan telur yang sudah dikocok lepas ke dalam wajan. Aduk rata dengan nasi dan ayam fillet. Biarkan nasi dan telur setengah matang sekitar 3 – 5 menit dengan api sedang.

7. Kemudian, tambahkan kecap manis dan sedikit garam, lada dan merica. Masukan keju parut dan sayur yang sudah direbus seperti wortel, broccoli dan jagung.

8. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dan matang. Hidangkan nasi goreng Jepang dengan irisan seledri atau daun bawang.

Demikian resep nasi goreng versi Jepang yang bisa kamu coba dirumah. Semoga bermanfaat dan kamu bisa membuat nasi goreng yang enak dan lezat. Selamat mencoba!

Restoran Nasi Goreng Terkenal di Jepang


restoran nasi goreng jepang

Tidak hanya di Indonesia, masakan nasi goreng juga menjadi favorit di Jepang. Bahkan, banyak restoran di Jepang yang menjual nasi goreng dengan berbagai variasi dan rasa yang bervariasi. Nah, di bawah ini kamu bisa temukan informasi mengenai beberapa restoran nasi goreng yang wajib kamu coba saat berada di Jepang.

1. Nasi Goreng Ketchup, Yumean


Nasi Goreng Ketchup, Yumean

Restoran Yumean sudah ada sejak lama dan sempat terkenal sebagai restoran nasi goreng terbaik di Jepang. Nasi goreng yang terkenal dari restoran ini adalah Nasi Goreng Ketchup. Dengan campuran telur orak-arik, daging cincang, dan sayuran, rasanya sangat lezat dengan rasa ketchup yang kental.

2. Nasi Goreng Ala Thailand, Kaisen Makhan


Nasi Goreng Ala Thailand, Kaisen Makhan

Restoran Kaisen Makhan menawarkan beragam masakan seafood, namun nasi goreng menjadi salah satu menu andalan. Salah satu jenis nasi goreng yang disajikan adalah Nasi Goreng Ala Thailand dengan aroma kemangi yang khas serta potongan seafood yang sangat lembut.

3. Nasi Goreng Spesial, Tenya


Nasi Goreng Spesial, Tenya

Tenya adalah restoran terkenal di Jepang yang dikenal karena tempura mereka, namun restoran ini juga menyajikan Nasi Goreng Spesial dengan campuran katsuobushi (daging keju), saus worcestershire, dan seporsi telur orak-arik yang sempurna.

4. Nasi Goreng Seaport, Master KOB


Nasi Goreng Seaport, Master KOB

Restoran Master KOB menawarkan menu nasi goreng yang unik bernama Nasi Goreng Seaport. Beda dari nasi goreng pada umumnya, nasi disajikan di piring kayu bersamaan dengan seafood seperti cumi, udang, dan kerang. Rasanya sangat gurih dan tentunya cocok untuk pencinta makanan laut serta nasi goreng.

5. Nasi Goreng Seafood, Kura Sushi


Nasi Goreng Seafood, Kura Sushi

Kura Sushi mungkin merupakan restoran sushi terkenal di Jepang, namun mereka juga menawarkan Nasi Goreng Seafood yang sangat lezat. Rasanya sangat gurih karena dikombinasikan dengan seafood seperti cumi, udang, dan kepiting.

Itu tadi beberapa restoran yang wajib kamu kunjungi untuk mencicipi nasi goreng yang lezat di Jepang. Jangan lupa cobain ya!

Nasi Goreng Jepang: Pengaruh Budaya Indonesia vs. Jepang


nasi goreng jepang

Makanan nasi goreng merupakan salah satu dari sekian banyaknya makanan khas dari Indonesia yang sangat populer di dunia internasional. Tak hanya di Indonesia, nasi goreng juga dikenal di luar negeri seperti di Jepang. Nasi goreng yang diadaptasi oleh negara Sakura tersebut memiliki rasa yang berbeda dari nasi goreng asli Indonesia. Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang Nasi Goreng Jepang: Pengaruh Budaya Indonesia vs. Jepang.

1. Asal Usul Nasi Goreng


asal usul nasi goreng

Nasi goreng merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia. Terlebih lagi, makanan tersebut sudah menjadi makanan sehari-hari di Indonesia bahkan ada restoran yang menyediakan nasi goreng sebagai menu andalan mereka. Menurut sejarah, asal usul nasi goreng berasal dari Tionghoa, tepatnya di provinsi Fujian yang kemudian diadaptasi oleh orang Indonesia. Selain itu, banyak negara di Asia seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura yang juga memiliki varian dari nasi goreng.

2. Nasi Goreng di Jepang


nasi goreng di jepang

Nasi goreng di Jepang memiliki rasa yang berbeda dengan nasi goreng asli Indonesia. Hal ini disebabkan oleh perbedaan bahan-bahan dan cara memasak yang digunakan. Di Jepang, nasi goreng diberi tambahan orak arik telur dan sayuran, sehingga nasi goreng terlihat lebih colorful. Selain itu, untuk menciptakan rasa yang khas, bumbu yang digunakan adalah soy sauce dan mirin. Nasi goreng di Jepang biasanya dihidangkan dengan taburan nori dan mayones sebagai penyedap.

3. Nasi Goreng Jepang Vs. Nasi Goreng Indonesia


nasi goreng indonesia

Meskipun sama-sama disebut nasi goreng, nasi goreng di Jepang dan Indonesia memiliki perbedaan rasa yang signifikan. Dalam pembuatan nasi goreng Indonesia, bumbu yang digunakan seperti kecap manis, bawang putih, dan pala. Ada juga beberapa bahan pelengkap yang sering disajikan seperti kerupuk, acar, dan telur ceplok. Sedangkan dalam nasi goreng Jepang, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bumbu yang digunakan adalah soy sauce dan mirin serta menggunakan tambahan orak arik telur dan sayuran yang membuat nasi goreng menjadi lebih sehat.

4. Pengaruh Budaya Indonesia di Jepang


pengaruh budaya indonesia di jepang

Negara Indonesia dan Jepang memiliki hubungan yang cukup erat terutama dalam bidang ekonomi dan budaya. Dalam hal makanan, tidak sedikit makanan Indonesia yang telah diterima oleh masyarakat Jepang. Selain nasi goreng, masyarakat Jepang juga menyukai makanan Indonesia seperti rendang, sate, ayam goreng, dan masih banyak lagi. Hal ini menunjukkan bahwa makanan khas Indonesia dapat menjadi media untuk memperkenalkan budaya Indonesia di dunia internasional.

5. Nasi Goreng Jepang dan Potensi Pasar Luar Negeri


potensi pasar nasi goreng jepang

Berbicara tentang potensi pasar luar negeri, kemampuan menciptakan inovasi dengan bahan-bahan dasar makanan dapat menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat luar negeri. Seperti halnya nasi goreng Jepang yang telah disebutkan sebelumnya, dengan tambahan orak arik telur dan sayuran menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing yang berkunjung ke Jepang. Inovasi tersebut tentu saja dapat memperluas pasar luar negeri dan membuat nasi goreng semakin dikenal di seluruh dunia.

Iklan