Asal-Usul Tempat Makan di Jepang


Izakaya Jepang

Indonesia terkenal dengan berbagai macam tempat makan yang bisa ditemukan di setiap sudut kota. Mulai dari warung makan, rumah makan, kafe, restoran, hingga food court. Tetapi tahukah kamu bahwa dunia kuliner di Indonesia memperoleh pengaruh yang sangat besar dari negara tetangga, Jepang? Ya, Jepang sudah menjadi salah satu negara penghasil makanan terbaik di dunia dengan berbagai macam hidangan otentik yang mereka tawarkan. Di Jepang, masalah makanan menjadi masalah penting bagi penduduknya. Jepang memiliki tradisi yang unik dalam makanan mereka dan menyajikan makanan sebagai seni dan keindahan. Oleh karena itu, industri makanan di Jepang menawarkan berbagai macam tempat makan, baik itu tradisional maupun modern yang bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang di Indonesia. Berikut adalah penjelasan tentang asal-usul tempat makan di Jepang.

1. Izakaya Izakaya berasal dari kata “i” yang artinya “tempat” dan “sakaya” yang artinya “minuman beralkohol”. Seperti namanya, Izakaya adalah tempat di mana orang Jepang bisa menikmati minuman bersama dengan hidangan khas Izakaya. Izakaya biasanya menyajikan hidangan khas Jepang seperti Sashimi, Yakitori, dan berbagai macam jenis Ramen. Izakaya juga memiliki konsep yang nyaman, seperti tempat yang kecil, pencahayaan yang lembut, serta musik yang mengiringi santap malam. Tempat ini adalah tempat favorit bagi orang Jepang untuk berkumpul dengan teman atau rekan kerja mereka setelah bekerja sehari-hari dan merayakan hari-hari spesial mereka.

2. Sushi Bar Sushi Bar adalah tempat makan di Jepang yang menawarkan hidangan khas sushi yang merupakan salah satu hidangan khas Jepang yang paling terkenal di dunia. Biasanya, Sushi Bar menyajikan hidangan ini di atas gyotaku, selembar kain putih yang diletakkan di atas meja makan. Hidangan ini biasanya disajikan bersama dengan shōyu (kecap asin), wasabi, dan kecap pedas. Sushi juga masih menjadi hidangan perayaan di Jepang hingga saat ini karena bentuknya yang unik dan rasa yang lezat. Sushi Bar biasanya menjadi tempat pilihannya orang Jepang untuk merayakan momen penting seperti ulang tahun, kencan, dan acara penting lainnya.

3. Ramen Bar Tempat makan lainnya yang populer di Jepang adalah Ramen Bar. Ramen adalah masakan mie yang banyak ditemukan di Jepang. Biasanya mie ini disajikan dengan kuah kaldu sapi atau ayam yang lezat dan ditambahkan dengan daging, sayuran, telur, dan bawang. Mi ramen berasal dari China sebelum akhirnya diperkenalkan ke Jepang pada awal abad ke-20. Ramen bar menjadi tempat favorit untuk orang Jepang yang ingin makan dalam jumlah besar dan ingin merasakan berbagai varian mi dan kaldu yang berbeda-beda.

4. Coffee Shop Meskipun makanan Jepang terkenal dengan hidangan tradisionalnya, industri kopi di Jepang juga berkembang pesat. Coffee Shop atau Kafe Kopi, menjadi tempat makan yang populer di Jepang. Kafe kopi di Jepang biasanya memiliki konsep desain yang unik, seperti interior yang minimalis dan modern dan furniture yang nyaman. Kafe kopi di Jepang juga menyajikan berbagai macam minuman kopi yang unik, seperti kopi dengan es krim yang lezat dan kopi matcha yang nikmat. Selain itu, makanan ringan seperti kue kering dan croissant juga tersedia di Kafe Kopi Jepang.

5. Karaoke Box Karaoke sangat terkenal di Jepang, bahkan menjadi salah satu industri hiburan favorit untuk orang Jepang. Karaoke Box biasanya memilih tempat dengan ukuran yang kecil, kamar kecil dengan alat karaoke, lampu sorot, dan sofa yang cukup nyaman. Karaoke Box menyediakan layanan makanan dan minuman, terutama minuman keras yang biasanya banyak dipilih oleh generasi muda di Jepang untuk menikmati waktu bersama teman dan keluarga mereka.

Itulah beberapa di antara banyak tempat makan di Jepang. Di setiap tempat makan di Jepang, terlihat kualitas dan standar pelayanan yang sangat tinggi. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Jepang, mengeksplorasi jenis-jenis makanan yang ada adalah salah satu bentuk wawasan yang tak ternilai harganya.

Jenis-jenis Restoran di Jepang yang Harus Kamu Tahu


Restoran di Jepang

Japan is famous for its unique culinary experiences, which is why it’s essential to know about the different types of restaurants you can visit. Here are some kinds of restaurants in Japan that you must know.

1. Ramen


Ramen di Jepang

Ramen is a Japanese noodle dish that’s typically served in a meat or fish-based broth. This dish originated in China but became popular in Japan. Ramen restaurants in Japan serve a variety of ramen types, such as shoyu, miso, shio, and tonkotsu. The broth is seasoned with soy sauce, miso, salt, or pork bones. Toppings include chashu pork, menma, nori, and boiled eggs. Ramen restaurants also offer a vending machine to order your food, and you can customize your order as you like.

2. Izakaya


Izakaya di Jepang

Izakaya is a Japanese pub that serves a variety of snacks and dishes. This type of restaurant is perfect for those who want to enjoy authentic Japanese cuisine with friends in a lively atmosphere. Here you can find a wide range of Japanese dishes, such as yakitori, takoyaki, edamame, and sushi. But not only food, Izakaya’s are also famous for a variety of alcoholic drinks. They often serve beer, sake, shochu, and highballs. In some Izakaya, you can also sing karaoke while eating and drinking with your friends.

3. Shabu-shabu


Shabu shabu di Jepang

Shabu-shabu is a type of hot pot dish that’s cooked at the customer’s table. The dish consists of thinly sliced meat, vegetables, mushrooms, and tofu, which are then cooked together in a pot of boiling water. Shabu-shabu is usually served with dipping sauces such as ponzu sauce, sesame sauce, and goma sauce. The name “Shabu-Shabu” comes from the sound that the ingredients make when swished around in the boiling water. It’s a perfect meal to have during the colder months.

4. Tempura


Tempura di Jepang

Tempura is a Japanese dish that consists of battered and deep-fried seafood or vegetables. The secret to making fantastic tempura is the batter, which is often made with egg, flour, cornstarch, and ice-cold water. This mixture creates a light, crispy texture. Tempura is typically served with a dipping sauce known as tentsuyu, which is a mixture of dashi, soy sauce, and mirin. You can find many tempura restaurants in Japan that serve a variety of seafood and vegetables, such as shrimp, squid, eggplant, sweet potato, and pumpkin.

5. Sushi


Sushi di Jepang

Sushi is perhaps the most famous Japanese cuisine enjoyed around the world. It’s a dish that consists of vinegar-flavored rice and seafood, usually served with pickled ginger, wasabi, and soy sauce. You can find sushi restaurants in Japan that serve different types of sushi such as nigiri, maki, and sashimi. Nigiri sushi is a small oval-shaped ball of rice with a piece of raw seafood on top. Maki sushi is rice rolled with different fillings and wrapped with seaweed. Sashimi is a slice of raw seafood served on its own.

Those are the five types of restaurants in Japan that you must know. Each restaurant offers a unique dining experience that you can’t find elsewhere. The next time you visit Japan, don’t forget to try out these tasty restaurants.

Istilah dan Konsep Unik dalam Tempat Makan Jepang


Tempat Makan Jepang

Makanan Jepang sangat populer di Indonesia dan banyak restoran Jepang yang saat ini tersebar di seluruh Indonesia. Terdapat beberapa istilah dan konsep unik dalam tempat makan Jepang yang perlu kamu ketahui. Berikut adalah konsep dan istilah yang sering ditawarkan oleh tempat makan Jepang di Indonesia.

Izakaya


Izakaya

Izakaya biasanya adalah tempat makan yang menyajikan minuman keras dan makanan kecil. Di Indonesia, tempat makan seperti ini yang sering dijumpai biasanya adalah restoran yakitori. Restoran yakitori sendiri menyajikan berbagai macam menu makanan kecil yang cocok disantap bersama minuman keras seperti sake atau bir Jepang. Konsep ini sangat populer di Jepang dan biasanya menjadi tempat berkumpulnya para pekerja setelah seharian bekerja.

Kaitenzushi


Kaitenzushi

Kaitenzushi adalah tempat makan sushi yang mempunyai conveyor belt berjalan. Konsep ini sangat unik dan sering dijumpai di Jepang. Pelanggan bisa memilih sushi sesuai dengan selera mereka dari conveyor belt yang berjalan. Di sebagian besar restoran kaitenzushi, setiap warna piring sushi menandakan harga tertentu. Di Indonesia, tempat makan jenis ini masih jarang ditemukan tetapi mulai banyak muncul di kota-kota besar.

Tebasaki


Tebasaki

Tebasaki adalah salah satu menu makanan yang sangat populer di Jepang. Menu ini terdiri dari sayap ayam yang dipanggang dan dilumuri dengan berbagai macam saus. Di Indonesia, terdapat beberapa restoran Jepang yang menyajikan menu ini seperti Torico, Yahizushi, Sushi Tei, dan lainnya. Saat kamu ke restoran Jepang, jangan lupa untuk mencicipi menu Tebasaki ini ya.

Omurice


Omurice

Omurice adalah makanan berupa nasi yang dibalut dengan telur dadar. Berbeda dari nasi goreng, nasi dalam omurice tidak digoreng tetapi disajikan bersama saus tomat dan toppings tambahan seperti daging ayam atau sayuran. Di Indonesia, tempat makan Jepang yang menyajikan omurice semakin mudah ditemukan. Kamu bisa menemukan menu ini di restoran Hokben, Pepper Lunch, dan beberapa restoran lainnya.

Izakaya dan Karaoke


Izakaya dan Karaoke

Konsep ini mungkin sudah sangat populer di Indonesia. Izakaya dan karaoke biasanya menyediakan ruangan karaoke di dalam restoran yang disewakan dengan harga tertentu per jam. Di dalam ruangan karaoke, pelanggan bisa bersenang-senang bersama teman dan menikmati minuman atau makanan yang tersedia. Beberapa tempat makan jenis ini di Indonesia sudah menyediakan fasilitas private room agar keluarga atau teman-teman bisa menikmati waktu secara privat dan lebih menyenangkan.

Suki-Shabu


Suki-Shabu

Suki-shabu adalah satu jenis makanan yang terkenal di Jepang dan kini telah populer di Indonesia. Makanan ini terdiri dari sayuran, daging, dan mie yang dimasak di dalam panci yang berisi kaldu. Biasanya, suki-shabu disajikan dengan bermacam-macam saus yang bisa disesuaikan dengan selera. Di Indonesia, restoran suki-shabu yang cukup terkenal adalah Shaburi.

Diatas adalah beberapa istilah dan konsep unik dalam tempat makan Jepang yang perlu kamu ketahui. Tidak hanya indah secara visual, tapi juga unik dan menghibur untuk dicoba. Jangan takut untuk mencoba makanan dan konsep-konsep yang berbeda. Selamat mengeksplorasi!

Cara Berkeliling Jepang dengan Menjajal Tempat Makan dalam Jiwa Foodie


Tabelog Jepang

Bagi para foodie, mencicipi makanan lokal di suatu tempat adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati budaya dan kekayaan kuliner dari tempat tersebut. Jepang dengan segala keunikannya, tak hanya terkenal dengan teknologi, anime, atau fashion, tapi juga dengan kelezatan makanannya. Jika kamu sedang berencana untuk berkunjung ke Jepang, cobalah bekal perut dengan mencicipi makanan lokal di berbagai tempat makan yang akan kita bahas di artikel ini.

Tabelog


tabelog jepang

Tabelog adalah situs komunitas yang berisi ulasan tentang restoran, kafe, dan tempat makan lainnya di Jepang. Dengan lebih dari 3 juta ulasan, situs ini bisa menjadi panduan makanan terbaik di Jepang. Kamu juga bisa mencari tempat makan berdasarkan jenis masakan, zona, harga, dan rating. Tabelog juga menampilkan foto dan menu dari restoran yang akan membantumu memutuskan apakah tempat tersebut layak dicoba atau tidak.

Izakaya


Izakaya

Izakaya adalah jenis tempat makan tradisional Jepang di mana kamu bisa menikmati berbagai hidangan kecil seperti sashimi, tempura, atau yakitori sambil menikmati minuman seperti sake atau bir. Izakaya biasanya memiliki suasana yang ramai dan menyenangkan, sehingga cocok untuk kamu yang ingin merasakan pengalaman kuliner yang lebih casual dalam suasana yang fun.

Ramen-ya


Ramen

Ramen adalah salah satu makanan khas Jepang yang terkenal di seluruh dunia. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal membuat ramen menjadi salah satu hidangan yang digemari oleh banyak orang. Kamu bisa menemukan restoran ramen di hampir setiap sudut kota Jepang. Ada banyak varian ramen, seperti shoyu, shio, miso, atau tonkotsu, jadi pastikan untuk mencoba beberapa varian untuk menemukan yang paling disukai.

Sushi-ya


Sushi

Tidak ada yang lebih Japan daripada sushi, makanan khas Jepang yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan cuka dan disajikan dengan berbagai jenis seafood atau sayuran di atasnya. Meskipun sushi bisa ditemukan di seluruh dunia, namun mencicipi sushi di Jepang adalah pengalaman yang tentunya berbeda. Kamu bisa mencari sushi-ya yang menyajikan sushi dengan metode tradisional, atau mencoba jenis sushi yang lebih kreatif seperti fusion sushi.

Jadi, itu dia beberapa tempat makan yang harus kamu coba saat berkunjung ke Jepang. Meskipun ada banyak sekali tempat makan di Jepang yang belum kita bahas, namun kelima tempat di atas adalah salah satu yang wajib dicoba untuk memperkaya pengalaman kulinermu di negeri Sakura. Jangan lupa untuk mencatat nama dan alamat tempat makan yang kamu kunjungi agar bisa mengingatnya ketika kamu kembali ke Jepang di masa yang akan datang.

Rekomendasi Tempat Makan Terbaik di Jepang untuk Wisatawan Pelancong


Tempat Makan Jepang

Jepang terkenal dengan kuliner yang unik dan lezat, mempelajari budaya makanan di Jepang juga adalah hal yang menarik bagi para pehobi kuliner dan pelancong. Ada banyak tempat makan yang sangat direkomendasikan dan ingin dicoba oleh para wisatawan untuk mencicipi kelezatan makanan khas Jepang. Nah, berikut ini adalah rekomendasi tempat makan terbaik di Jepang yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke sana.

1. Tsukiji Fish Market, Tokyo


Tsukiji Fish Market Tokyo

Tsukiji Fish Market adalah salah satu tempat wisata gastronomi yang terkenal di Tokyo. Salah satu yang paling terkenal di sini adalah sushi. Anda dapat mencoba sushi yang dibuat dari ikan segar dan menikmati kuliner Jepang yang autentik. Meskipun pasar ikan Tsukiji sekarang telah berpindah tempat, ada banyak tempat makan sushi yang direkomendasikan di area tersebut. Anda dapat menikmati sushi di sini dengan harga yang terjangkau dan rasanya tidak kalah dengan sushi yang dijual oleh restoran mahal di Tokyo.

2. Nakamise Shopping Street, Tokyo


Nakamise Shopping Street Tokyo

Nakamise Shopping Street adalah tempat wisata yang terkenal di Asakusa, Tokyo. Di sini juga terdapat banyak toko dan restoran yang menjual camilan Jepang tradisional seperti manju dan senbei. Salah satu toko yang direkomendasikan adalah Asakusa Gegioshi, tempat menjual camilan manju. Manju ini terbuat dari beras ketan yang diisi dengan perpaduan varian kacang merah dan kacang hijau. Selain itu, Anda juga bisa mencoba melon pan, roti manis dengan lapisan potongan melon di atasnya yang terkenal enak di Nakamise Shopping Street.

3. Savor Japan, Sapporo


Savor Japan Sapporo

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Sapporo, Anda dapat mencoba makanan khas Hokkaido di Savor Japan. Di sana, Anda akan menemukan banyak restoran dan kafe di setiap lantai, mulai dari makanan laut segar, ramen, hingga racikan minuman ala barista. Savor Japan merupakan tempat makan yang cocok bagi Anda yang ingin mencicipi berbagai macam makanan di satu tempat saja.

4. Shinsaibashi-suji Shopping Street, Osaka


Shinsaibashi-suji Shopping Street Osaka

Shinsaibashi-suji Shopping Street adalah tempat wisata populer di Osaka. Di sana Anda akan menemukan berbagai macam toko hingga restoran. Salah satu restoran yang direkomendasikan adalah Daruma, tempat makan okonomiyaki. Okonomiyaki adalah pancake Jepang yang terbuat dari tepung dan telur dengan tambahan daging, seafood, dan sayuran. Di sini, Anda bisa menyaksikan okonomiyaki dibuat dan Anda juga dapat menikmatinya di atas meja panggangan batu.

5. Kuromon Market, Osaka


Kuromon Market Osaka

Kuromon Market adalah pasar makanan terbesar di Osaka. Di mana Anda bisa menemukan aneka jenis makanan laut segar, daging, sayuran hingga keripik. Salah satu yang direkomendasikan adalah tempat makan seafood segar, Sushizanmai Kuromon Ichiba ten. Di sana, selain menikmati sushi, Anda juga bisa menikmati kerang segar dan udang mentah yang dihidangkan di atas kerang.

Iklan