Apa Itu Kanji Go dan Mengapa Penting untuk Dipelajari?


Kanji Go Indonesia

Indonesia memiliki hubungan yang erat dengan Jepang, tidak hanya dari sisi peluang bisnis tetapi juga budaya. Terlebih lagi, ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap Piala Dunia 2002 di mana Jepang menjadi tuan rumah, semakin mempererat hubungan antara kedua negara. Hal ini juga terlihat dari peningkatan minat masyarakat Indonesia belajar bahasa Jepang, salah satunya dengan mempelajari huruf Kanji Go.

Kanji Go adalah huruf kanji Jepang yang digunakan di Indonesia. Walaupun huruf kanji memiliki banyak varian, namun yang digunakan di Indonesia adalah huruf kanji versi simplified atau penyederhanaan. Secara harfiah, Kanji Go memiliki arti ‘huruf Kanji untuk pemula’. Dalam pembelajaran bahasa Jepang, kanji go merupakan hal wajib yang harus dikuasai sebelum mulai mempelajari huruf Kanji yang lebih tinggi tingkat kesulitannya. Kini, pelajar di Indonesia bisa dengan mudah mempelajari Kanji Go baik di sekolah atau melalui kursus-kursus bahasa Jepang yang tersebar di berbagai kota.

Mengapa penting bagi seseorang untuk mempelajari Kanji Go? Pertama, belajar Kanji Go akan sangat berguna bagi mereka yang memiliki rencana untuk melanjutkan studi ke Jepang atau bekerja di perusahaan dengan sistem operasional ala Jepang. Mengetahui Kanji Go akan memberikan bekal yang cukup dalam memahami dokumen-dokumen yang menggunakan huruf kanji simplified seperti yang biasanya sering digunakan dalam perusahaan Jepang.

Selain itu, pemahaman Kanji Go juga akan membantu mereka yang ingin mengeksplorasi bahasa Jepang lebih dalam lagi. Meski simpel, tapi Kanji Go memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis sederhana dalam Bahasa Jepang. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa Kanji Go digunakan dalam kosakata-kosakata dasar yang sering digunakan sehari-hari. Sebagai contoh, kanji go digunakan dalam kata dasar ‘gakkou’ (sekolah), ‘kitte’ (perangko), dan ‘shashin’ (foto).

Sekarang sudah jelas kan, kanji go sangat penting dipelajari bagi mereka yang ingin belajar bahasa Jepang dengan lebih baik, memahami budaya Jepang, atau bahkan untuk mempersiapkan diri untuk melanjutkan studi ke negeri bunga sakura. Yuk kita coba belajar kanji go satu per satu!

Sejarah dan Asal Mula Kanji Go


Kanji Go

Kanji Go adalah jenis bahasa yang popular di Indonesia. Dalam bahasa Jepang, “Kanji” bermakna “bahasa Cina” sementara “Go” bermakna “bahasa”. Oleh itu, “Kanji Go” merujuk kepada bahasa Cina yang digabungkan dengan bahasa Jepun dan dipakai di kalangan orang Indonesia. Bahasa ini digunakan untuk berkomunikasi bersama antara dua orang yang mempunyai latar belakang bahasa yang berbeza.

Sejarah penggunaan Kanji Go di Indonesia bermula pada zaman penjajahan Jepun pada tahun 1942 – 1945. Pada zaman itu, bahasa Jepun digunakan untuk komunikasi dan kehidupan seharian di Indonesia. Tidak ramai orang Indonesia yang menguasai bahasa Jepun pada masa itu, oleh itu ramai orang Indonesia terpaksa menyesuaikan diri dengan gaya hidup Jepun yang baru. Perkataan Jepun mudah dicampuradukkan dengan perkataan Indonesia dan terjadilah bahasa campuran atau bahasa pidgin. Inilah asal mula Kanji Go. Dengan begitu ramai juga orang Indonesia yang belajar mengeja bahasa Jepun menggunakan huruf Latin. Kemudian, huruf-huruf tersebut diambil dari gabungan huruf kanji dalam bahasa Jepun dan barulah Kanji Go menjadi bahasa lintas budaya yang popular.

Kini, Kanji Go terus berkembang dan menjadi bahasa yang sering digunakan oleh pencinta drama Jepun, anime Jepun, masyarakat Indonesia dan di kalangan para penggemar Jepang. Kanji Go pada hakikatnya adalah bahasa setempat atau bahasa pidgin yang cukup mudah untuk dipelajari dan dipraktikkan. Gabungan perkataan Indonesia, perkataan Jepun dan perkataan Inggeris memberikan kepada Kanji Go ciri-ciri yang menyeronokkan. Banyak kalangan muda kini belajar bahasa ini secara mandiri menggunakan media sosial dan internet yang tersedia.

Oleh itu tidak dapat dinafikan bahawa Kanji Go adalah bahasa campuran, tetapi bahasa ini mempunyai kekuatan untuk menggabungkan aspek-aspek dari budaya Jepang dan Indonesia. Jumlah pengguna bahasa ini terus meningkat dengan pesatnya pertumbuhan teknologi dan kesediaan untuk belajar bahasa lain yang baru.

Dalam pengajaran di sekolah-sekolah, Kanji Go jarang diajar secara formal dan dianggap sebagai bahasa perpaduan yang boleh dipelajari di rumah atau di media sosial. Namun, alternatif terbaru, beberapa sekolah telah menawarkan perlajaran bahasa Jepang yang menyediakan kursus tambahan untuk mempelajari Kanji Go secara formal.

Sebagai kesimpulannya, Kanji Go adalah bahasa campuran yang unik dan menarik. Keunikan serta kebermaknaan yang tertulis pada setiap aksara kanji memberikan warna tersendiri bagi sesiapa sahaja yang mempelajari bahasa ini. Bahasa ini mempunyai potensi sebagai bahasa pemersatu perpaduan budaya di kalangan sesama penutur bahasa Indonesia dan bahasa Jepun.

Bagaimana Belajar Kanji Go dengan Efektif?


Belajar Kanji Go

Setelah mengetahui pengenalan dasar tentang Kanji Go, kamu pasti ingin tahu bagaimana cara belajar Kanji Go dengan efektif, kan?

Sebagaimana halnya dengan pelajaran bahasa Jepang, mempelajari Kanji Go juga membutuhkan waktu dan keseriusan. Tak jarang banyak orang merasa kesulitan untuk menguasai Kanji Go karena harus mengingat banyak sekali karakter. Namun, jangan khawatir karena dengan beberapa tips berikut ini, kamu bisa belajar Kanji Go dengan lebih efektif:

1. Pahami Struktur Dasar Kanji

Struktur Dasar Kanji

Sebelum belajar menerjemahkan setiap Kanji, penting bagi kamu untuk memahami struktur dasarnya terlebih dahulu. Kanji terdiri dari beberapa elemen seperti stoke, radikal, dan pengucapan. Dengan memahami dasarnya terlebih dahulu, kamu bisa mengingat setiap Kanji dengan mudah.

2. Belajar Dengan Banyak Membaca

Membaca Novel

Sering-seringlah membaca berbagai literatur berbahasa Jepang seperti novel untuk memahami kanji yang sering muncul. Dengan membaca novel dan literatur Jepang, kamu tak hanya bisa berlatih membaca Kanji Go, tetapi juga menjadi paham konteks dan makna dari Kanji Go tersebut.

3. Sering Berlatih Menulis

Latihan Menulis Kanji

Mempraktikkan menulis kanji secara berkala bisa menjadi cara terbaik untuk mengingat setiap karakter kanji. Kamu bisa berlatih menulis kanji di buku latihan atau menulisnya di gadget atau komputer. Jangan lupa untuk kembali memeriksa tulisan kamu dan mencari tahu mana saja kesalahan yang sering terjadi lalu memperbaikinya. Menulis kanji juga akan semakin efektif jika kamu melakukannya dengan penuh konsentrasi dan ketelitian.

4. Gunakan Aplikasi Belajar Kanji Go

Aplikasi Belajar Kanji

Saat ini banyak tersedia aplikasi belajar Kanji Go yang bisa kamu unduh di smartphonemu. Aplikasi ini biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur dan game yang dapat membantu kamu menambah kosakata Kanji dan dilengkapi dengan contoh kalimat penggunaannya sehingga kamu bisa menghafal kanji lebih mudah.

Dengan beberapa tips tersebut, kamu bisa belajar Kanji Go dengan lebih efektif dan mudah. Jangan lupa untuk terus berlatih dan berusaha keras agar bisa menguasai seluruh karakter Kanji secara menyeluruh.

Contoh Kasus Penggunaan Kanji Go dalam Kehidupan Sehari-hari


Kanji Go

Kanji Go adalah jenis Karakter Kanji yang digunakan di dalam Permainan Kartu Masyarakat (PKM) dan digunakan oleh para pemain saat bermain game PKM. Namun, di luar game, Kanji Go juga dapat ditemukan di Indonesia, terutama di kalangan pecinta game.

Contoh Kasus Penggunaan Kanji Go dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Fashion


fashion

Penyuka Fashion dapat memakai Kaos, Kemeja, Jaket, atau aksesori dengan huruf Kanji Go pada logo atau desain. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan ketertarikan pada budaya Jepang dan PKM.

2. Media Sosial


media sosial

Saat ini pengguna media sosial sangat banyak dan banyak penggemar game PKM, sehingga banyak yang menggunakan huruf kanji go di media sosial seperti instagram, facebook, tiktok, twitter dll. biasanya mereka menambahkan huruf kanji go pada akun atau caption mereka.

3. Tattoo


tattoo

Jika dilihat dari berbagai film Jepang atau dari anime, orang Jepang sangat menyukai tattoo dan orang Indonesia pun juga mulai menggemari tattoo. Huruf Kanji Go sering dipilih sebagai desain yang baik dan menarik untuk digunakan sebagai gambar tato. Umumnya, orang-orang sering memilih desain huruf Kanji Go yang berarti kekuatan, keberanian, atau rasa kasih sayang.

4. Belajar Huruf Jepang


belajar

Banyak orang yang belajar Bahasa Jepang atau kanji mulai dengan mempelajari huruf Kanji Go. Ini biasanya terjadi karena mereka ingin bermain game PKM atau hanya sekadar mengenal budaya Jepang dan Huruf Jepang. Pada umumnya, huruf Kanji Go seringkali dihubungkan dengan game PKM sehingga banyak orang yang mulai mengenal huruf Kanji Go melalui permainan tersebut.

5. Main Game PKM


game PKM

Kanji Go sangat populer di kalangan penggemar game PKM. Karakter-karakter dalam PKM mempunyai kemampuan atau kekuatan yang berbeda-beda tergantung dari huruf Kanji Go yang mereka gunakan, dan dalam game PKM, pemain juga harus memilih huruf Kanji Go yang tepat untuk membuat karakter mereka menjadi lebih kuat. Di Indonesia, PKM memang tidak terlalu populer, akan tetapi masih ada beberapa orang yang memainkan game tersebut dan menggunakan karakter dengan huruf Kanji Go.

Itulah contoh kasus penggunaan Kanji Go dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia. Tidak hanya sebagai bentuk hobi, tetapi Kanji Go juga memberikan warna pada kehidupan sehari-hari kita.

Perbedaan Antara Kanji Go dengan Huruf Hiragana dan Katakana


Kanji Go Vs Huruf Hiragana Katakana

Kanji, Hiragana, dan Katakana adalah tiga bentuk penulisan dalam bahasa Jepang. Kanji Go merupakan salah satu bentuk penulisan yang memerlukan perhatian khusus, karena banyak bentuk huruf yang terdapat dalam bahasa Jepang. Berikut ini adalah perbedaan utama antara Kanji Go dengan Hiragana dan Katakana.

Kanji Go adalah Bentuk Penulisan Paling Sulit

Kanji Go

Bentuk penulisan Kanji Go adalah bentuk paling sulit dan rumit dalam bahasa Jepang. Bentuk penulisan ini menggunakan lebih dari 2000 karakter yang memerlukan ketelitian dan pengalaman untuk menguasainya. Kanji Go mengandung konteks dan makna dalam setiap karakternya, sehingga pertama kali belajar akan terasa sangat sulit.

Hiragana adalah Bentuk Penulisan Dasar dalam Bahasa Jepang

Huruf Hiragana

Hiragana adalah bentuk penulisan dasar dalam bahasa Jepang. Bentuk penulisan Huruf Hiragana merupakan huruf kanji yang disederhanakan dan kemudian digunakan berdasarkan suara. Hiragana digunakan dalam menjelaskan kata-kata asing, kosakata umum, kata sifat dan kata ganti, dan beberapa frasa menyatakan suara.

Katakana Digunakan untuk Menulis Kata Asing dalam Bahasa Jepang

Huruf Katakana

Katakana digunakan untuk menulis kata-kata asing dalam bahasa Jepang, seperti kata-kata dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya. Katakana juga digunakan untuk memberikan penekanan pada suara, seperti pada judul buku, majalah, atau papan reklame.

Kanji Go Mengandung Berbagai Konteks dan Makna dalam Setiap Karakternya

Kanji Go

Setiap karakter dalam Kanji Go memiliki makna dan konteks yang khusus. Di dalam Kanji Go, satu karakter bisa digunakan untuk mewakili beberapa huruf atau kata, sehingga penulisannya menjadi sangat kompleks dan sulit dipelajari. Oleh karena itu, Kanji Go biasanya diajarkan di sekolah menengah atas hingga perguruan tinggi.

Hiragana dan Katakana Lebih Mudah Dipelajari dan Dipahami

Huruf Hiragana
Huruf Katakana

Sebaliknya, Hiragana dan Katakana lebih mudah dipelajari dan dipahami. Bentuk penulisan ini digunakan untuk mengekspresikan ide, kata, atau frasa dalam bahasa Jepang. Meskipun Hiragana dan Katakana memiliki fungsi yang hampir sama, Katakana lebih sering digunakan untuk menulis kata-kata dalam bahasa asing, sementara Hiragana digunakan untuk menulis kata-kata dalam bahasa Jepang.

Dalam kesimpulannya, meskipun Hiragana dan Katakana lebih mudah dipelajari, Tetapi Kanji Go tetap memegang peranan penting dalam bahasa Jepang. Oleh karena itu, untuk mempelajari bahasa Jepang secara menyeluruh, anda perlu mempelajari dan memahami ketiga bentuk penulisan. Dengan memahami masing-masing bentuk penulisan ini, anda akan lebih mudah menguasai bahasa Jepang dan mendapatkan manfaat yang lebih dari segi akademis dan pekerjaan.

Iklan