Penggunaan karakter kanji Jepang dalam kehidupan sehari-hari


bahasa kanji jepang indonesia

Di Indonesia, karakter kanji Jepang mulai dikenal dan digunakan di kehidupan sehari-hari. Namun, meskipun karakter bahasa Jepang ini terlihat agak rumit, mereka sangat membantu dalam memudahkan kommunikasi antara orang-orang Indonesia yang tertarik pada budaya Jepang atau bekerja dengan perusahaan Jepang.

1) Menulis dan membaca kanji pada buku dan media cetak Jepang. Mengikuti perkembangan anime dan manga yang terus booming, tidak sedikit orang yang membaca manga dan menonton anime secara online atau menggunakan buku-buku cetak yang terbit di Jepang. Dalam hal ini, penggunaan kanji sangat berguna untuk memahami isinya. Ada banya karakter kanji yang digunakan dalam judul anime atau manga, sehingga memahami kanji dapat membantu pembaca dan penonton memahami cerita dengan baik.

2) Media sosial. Bahasa Jepang yang sering muncul di media sosial tidak hanya terbatas pada kata-kata biasa, namun juga karakter kanji. Jika Anda seorang penggemar Jepang, paling tidak Anda pasti pernah melihat orang lain menggunakan karakter kanji untuk menulis tweet atau menampilkan status di Facebook. Umumnya, ini mengacu pada kata-kata pendek yang mudah dipahami, seperti nama seseorang atau nama acara tertentu.

3) Menulis dan membaca karakter Kanji Jepang pada karangan atau karya tulis. Dalam hal ini, penggunaan karakter kanji jepang berguna bagi orang yang belajar bahasa Jepang atau seseorang yang sedang menulis karya tulis dalam bahasa Jepang. Saat mempelajari bahasa Jepang, penting untuk mempraktikkan cara menulis dan mengingat karakter kanji yang ada dalam ejaan kata. Ini membantu seseorang untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Jepang. Tak lupa juga, agar memaksimalkan kemampuan membaca kanji jepang, penggunaan kamus, baik online dan offline, bisa mempercepat proses pembelajaran menulis dan membaca kanji Jepang.

4) Menulis nama tempat wisata dan kuliner Jepang. Di Indonesia, bisnis kuliner Jepang sedang berkembang pesat. Selain itu, banyak tempat wisata di Jepang yang menjadi tujuan wisatawan Indonesia. Untuk menulis nama-nama lokasi ini secara akurat, penggunaan karakter kanji sangat penting. Tanpa pengetahuan dasar karakter kanji jepang, nama tempat bisa salah tulis dan penggunaan kanji jepang akan sangat membantu.

Baik itu untuk membaca manga, mengetahui kata-kata Jepang pada media sosial, menulis karya tulis, atau menulis nama tempat wisata dan kuliner Jepang, penggunaan karakter kanji Jepang sangat membantu dan menambah keunikan dalam mengenal budaya Jepang di Indonesia.

Kesulitan dan tips untuk mempelajari karakter kanji Jepang


belajar kanji jepang

Bahasa Jepang mengandung tiga jenis huruf, yaitu hiragana, katakana, dan kanji. Dari ketiga jenis huruf tersebut, kanji yang cukup membingungkan bagi para pemula yang ingin mempelajari bahasa Jepang. Apa itu kanji? Kanji merupakan simbol atau karakter asal Tiongkok yang digunakan dalam bahasa Jepang untuk menulis kata-kata. Karakter kanji bisa sangat sulit dipahami dan diingat, bahkan oleh orang Jepang sendiri. Tidak heran jika banyak orang yang merasa kesulitan saat harus mempelajari karakter kanji dalam bahasa Jepang. Berikut akan dijelaskan beberapa kesulitan dan tips untuk mempelajari karakter kanji Jepang.

Kesulitan dalam mempelajari Kanji

kanji jepang

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, karakter kanji memang sulit untuk dikuasai, baik bagi orang Jepang sendiri maupun bagi pemula yang mempelajarinya. Salah satu kesulitan terbesar dalam mempelajari kanji adalah banyaknya karakter kanji yang harus diingat. Saat belajar kanji, kita akan menemukan karakter kanji yang memiliki arti yang sama tapi ditulis dengan cara yang berbeda. Selain itu, tanda baca dan penulisan gramatikal yang berbeda seringkali menyulitkan pemahaman kita terhadap kalimat dengan karakter kanji sebagai penulisan utamanya.

Tips untuk mempelajari Kanji

kamus kanji indonesia

Agar bisa mempelajari karakter kanji dalam bahasa Jepang dengan lebih mudah, ada beberapa tips yang dapat dipraktikkan. Pertama-tama, gunakanlah kamus untuk mempermudah pencarian arti dari karakter kanji yang sedang dipelajari. Kamus bahasa Jepang-Indonesia dan Indonesia-Jepang sangat membantu dalam mempelajari karakter kanji.

Hal kedua yang perlu dilakukan adalah dengan belajar huruf hiragana dan katakana terlebih dahulu. Sebab, dengan mengenal huruf hiragana dan katakana, kita bisa memahami cara pelafalan setiap karakter kanji. Sehingga, memudahkan kita dalam memahami karakter kanji yang sedang dipelajari.

Tidak hanya itu, carilah materi pelajaran yang cocok untuk jenjang kemampuan Anda. Jangan memaksa diri untuk belajar materi pelajaran yang di luar kemampuan Anda sebab itu justru akan membuat Anda merasa bingung dan mengalami frustasi.

Tips tambahan adalah kenali 20 karakter kanji yang paling sering digunakan. Pada awal mempelajari karakter kanji, belajarlah karakter kanji yang sering muncul pada percakapan sehari-hari. Sebagai contoh, karakter kanji untuk “orang” (人), “kata” (方), atau “saya” (私) sangat sering muncul pada bahasa sehari-hari Jepang.

Tak jangan lupa untuk membaca artikel atau buku mengenai kanji Jepang agar suatu saat Anda bisa membaca buku-buku, manga, atau skrip drama dari Jepang. Kunjungi website ataupun forum yang membahas kanji Jepang, bisa dengan cara bertanya atau berdiskusi langsung dengan penutur asli bahasa Jepang. Sehingga, kamampuan Anda untuk memahami karakter kanji Jepang akan semakin meningkat.

Kesimpulannya, mempelajari kanji Jepang memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin untuk dikuasai. Kesulitan dalam mempelajari kanji bisa diatasi dengan tips-tips yang sudah dijabarkan di atas. Belajarlah dengan tekun dan konsisten, pelajari karakter kanji yang sering muncul dalam bahasa sehari-hari Jepang, dan terakhir jangan lupa untuk memperbanyak praktek membaca dan menulis karakter kanji.

Iklan