Cara Menggunakan VPN

 

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network, merupakan sebuah koneksi antar jaringan secara private atau pribadi menggunakan jaringan internet public, untuk lebih jelasnya kalian bisa baca artikel  mengenai VPN artikel bostekno Pengertian VPN . VPN ini bisa kalian gunakan untuk berbagai macam hal, salah satu fungsi dari VPN yang paling sering digunakan adalah untuk mengunjungi situs-situs yang diblokir oleh pemerintah. Cara Menggunakan VPN pun tidak terlalu sulit jika dengan menggunakan bantuan aplikasi.

Dengan menggunakan VPN ini kalian bisa mengakses situs yang telah diblokir oleh pemerintah. Seperti yang kalian ketahui bahwa internet merupakan media yang didalamnya banyak sekali informasi-informasi yang memudahkan para penggunanya. Namun tak jarang kita menjumpai konten-konten negatif di dalamnya. Nah biasanya, pemerintah akan memblokir laman atau situs web yang memuat konten-konten negatif ini.

Bahkan tak jarang situs yang memberikan informasi yang sangat baik dan lengkap ikut terblokir karena tersisip konten negatif. Contohnya saja salah satu situs blogging yang cukup terkenal yaitu Tumblr, sebenarnya situs ini sangat bermanfaat namun sekarang telah diblokir oleh pemerintah indonesia. Tentunya banyak orang yang dirugikan dengan diblokirnya situs-situs seperti ini.

Namun kalian tidak perlu khawatir, sebenarnya situs yang terblokir ini masih bisa kalian buka. Situs-situs ini hanya terblokir jika kalian mengaksesnya menggunakan ISP Indonesa. Jika kalian menggunakann VPN dan memilih server luar negeri kemudian mengakses situs ini maka akan lancar-lancar saja. Dengan menggunakan VPN kita bisa mendapatkan alamat ip dari luar negri sehingga bisa mengakses situs-situs yang diblokir oleh pemerintah Indonesia.

Cara Menggunakan VPN di Android dengan Mudah Tanpa Root

Untuk cara menggunakan VPN di Android sangatlah mudah, dengan menggunakan bantuan dari aplikasi VPN seperti Turbo VPN, KPN Tunnel, HTTP Injector dan sebagainya. Banyak sekali aplikasi VPN yang tersedia di Google Play Store, kalian bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut. Sebagai contoh disini saya akan menggunakan KPN Tunnel Rev untuk menghubungkan ke jaringan VPN, berikut adalah tutorialnya.

#1. Menggunakan KPN Tunnel

1.) Pertama silahkan kalian download terlebih dahulu Aplikasi KPN Tunnel Rev [disini].

 

2.) Kemudian setelah itu, install dan buka aplikasi tersebut.

3.) Silahkan kalian ganti tipe proksi menjadi SSL/TLS Direct, dan isi Server Spoof dengan bug (terserah kalian). Contohnya disini saya menggunakan bug joox.com karena saya mempunyai paket Enterteiment jadi jika menggunakan bug ini kuota regular yang saya miliki tidak akan terpakai.

 

4.) Kemudian setelah itu masuk ke pengaturan, caranya tekan pada garis tiga yang ada di sebelah kanan atas.

5.) Masuk ke SSH Tunnel, jangan lupa untuk centang kotak pada SSH Tunnel.

6.) Kemudian setelah itu silahkan kalian isi Pada Server SSH dan Akun Pengguna dengan ketentuan sbb:

  • IP / Host: Isi dengan Host SSH kalian atau IP SSH yang kalian gunakan.
  • Port: 443
  • Port Udpgw: Biarkan default saja.
  • Nama Pengguna: Isi nama pengguna SSH yang sudah kalian buat sebelumnya.
  • Kata Sandi: Isi dengan kata sandi dari SSH yang sudah kalian buat sebelumnya.
  • Waktu Habis: Isi dengan angka 1 supaya lebih cepat konek.
  • Ping Url: bing.com
  • Kostumisasi DNS: ceklis

 

7.) Jika sudah silahkan kalian kembali ke tampilan utama dari Aplikasi KPN Tunnel Rev. Kemudian setelah itu silahkan kalian klik  Mulai untuk menghubungkan ke server VPN.

8.) Tunggu sampai terhubung, apabila sudah terhubung akan ada tamilan SSH Tunnel terhubung.

9.) Selesai, sekarang kalian sudah bisa berselancar di Internet dengan bebas tanpa harus terblokir oleh internet positif.

Baca Juga: Cara Menggunakan Lucky Patcher dengan Mudah Tanpa Root

#2. Menggunakan Turbo VPN

Gimana mudah kan? Mungkin bagi kalian yang belum pernah menggunakan aplikasi ini akan terasa sulit. Untuk menggunakan cara ini kalian harus membuat akun SSH terlebih dahulu. Nah, untuk kalian yang tidak suka ribet dan lebih suka yang praktis langsung konek, maka kalian bisa menggunakan aplikasi Turbo VPN. Berikut adalah tutorialnya.

1.) Pertama silahkan kalian download terlebih dahulu aplikasi Turbo VPN [disini].

2.) Install dan buka aplikasi Turbo VPN nya.

3.) Pilih server VPN yang ingin kalian gunakan dengan cara klik pada gambar bumi yang ada di sebelah kanan atas.

 

4.) Kemudian setelah itu silahkan kalian kembali dan tekan gambar Wortel untuk menghubungkan ke server VPN. Silahkan kalian tunggu sampai Terhubung.

 

5.) Jika sudah terhubung akan ada notifikasinya di taskbar dan kalian sudah bisa berselancar di internet dengan bebas.

 

Demikianlah tutorial yang bisa saya berikan kepada kalian tentang cara menggunakan vpn di android dengan mudah tanpa root. Selain menggunakan dua aplikasi di atas tadi, masih banyak aplikasi lain yang bisa kalian gunakan untuk terhubung ke server VPN. Oiya, silahkan kalian gunakan cara ini sebijak mungkin, jangaan gunakan cara ini cuma untuk membuka situs-situs yang memang didalamnya menyediakan konten-konten negatif seperti p*rn*grafi dan sebagainya, selamat mencoba.

baca juga Cara mudah membuat akun PayPal untuk pemula

Iklan