Ads - After Header

Apa yang Kamu Ketahui tentang Rumah Adat Joglo?

Semesta

🏠 Pengenalan

Halo Pembaca rinidesu.com, selamat datang di artikel kami tentang rumah adat joglo. Rumah adat joglo adalah salah satu bentuk rumah adat yang berasal dari Pulau Jawa dan berkembang sejak masa kerajaan. Banyak orang tertarik dengan rumah adat joglo karena desainnya yang khas dan memiliki nilai artistik serta budaya yang tinggi. Artikel ini akan membahas tentang pengertian, sejarah, kelebihan, kekurangan, dan informasi lengkap tentang rumah adat joglo.

1. Pengertian Joglo

Rumah adat joglo merupakan bentuk rumah adat yang berasal dari Jawa Tengah dan merupakan rumah adat yang paling terkenal di Indonesia. Joglo berasal dari kata “jokolo” yang artinya “atap” dalam bahasa Jawa. Rumah adat joglo biasanya terdiri dari tiga bagian yaitu atap, dinding, dan lantai yang dilengkapi dengan kandang, tempat tidur, dan dapur. Atap joglo memiliki bentuk unik yang menyerupai pelana kuda.

2. Sejarah Joglo

Rumah adat joglo pada awalnya digunakan oleh kerajaan Majapahit. Saat itu, joglo hanya digunakan untuk ruang ibadah bagi kerajaan dan sebagai tempat tinggal para pemimpin Kerajaan Majapahit. Pada masa selanjutnya, joglo dijadikan sebagai rumah adat oleh masyarakat Jawa. Joglo menjadi sangat populer dan banyak digunakan pada masa pemerintahan Mataram.

3. Kelebihan dari Rumah Adat Joglo

Rumah adat joglo memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer