3 Tips Merawat Komputer Agar Tetap Awet

 

TIPS MERAWAT KOMPUTER – Komputer merupakan alat yang sering kita gunakan dalam segala aktivitas kantor dan oleh karena itu siswa dapat mengoperasikan komputer dengan baik. Dan menjadi tanggung jawab kita sebagai pengguna komputer dan juga sebagai pemilik komputer untuk menjaga dan membersihkannya dengan baik agar hasilnya juga benar.

Hal ini agar perangkat komputer tidak rusak dan tidak hang saat digunakan. Lagi-lagi kemunculan jenis-jenis perangkat komputer terbaru yang menjadi basis masyarakat saat ini seperti tablet, laptop dan ipads sangatlah keren dan lebih praktis.

Anda yang pasti seseorang yang memiliki PC (personal computer) atau laptop berharap perangkat ini dalam keadaan baik dan juga bisa bertahan lama.

Tips Cerdas Merawat Komputer Dengan Benar merupakan topik pembahasan saya kali ini yang akan dibahas secara mendalam Efek positifnya jika anda merawat komputer dengan baik adalah komputer akan lebih awet dan terhindar dari gangguan yang dapat merusak komputer.

Komputer memang seperti favorit kita dan wajar saja jika kita sebagai pemilik komputer harus menjaga dan selalu membersihkannya, tidak hanya menggunakannya tetapi perawatannya sangat penting, bertujuan agar komputer tetap beroperasi secara optimal.

Namun sebelumnya saya akan membagikan beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja komputer sebagai berikut.

Pertama, kualitas barang itu sendiri, kualitas komputer merupakan faktor utama yang mempengaruhi kinerja komputer.

Biasanya harga komputer mahal dan merk ternama cenderung lebih baik, tetapi tidak selalu yang mahal itu bagus dan tidak selalu yang murah itu jelek, tapi disini yang utama efeknya adalah kualitas.

Kedua, cara perawatan, bagi pemilik komputer hal yang harus diperhatikan adalah pemeliharaan komputer.

Perawatan komputer itu sendiri sangat penting dalam fungsi dan pengaruhnya, semakin rajin kita membersihkan dan merawat komputer, maka semakin baik pula kinerja komputer itu sendiri.

Tips Merawat Komputer Agar Tetap Awet

Dari dua faktor di atas, kita semua tahu bahwa kualitas dan perawatan mempengaruhi kinerja PC. Baiklah, saya akan membagikan tips untuk menjaga dan membersihkan komputer atau laptop dengan baik, jadi simaklah pembahasan di bawah ini.

1. Menutup program yang tidak digunakan

Dalam mengoperasikan komputer, kita harus mematikan program atau aplikasi yang tidak digunakan.

Artinya ketika program yang tidak perlu dijalankan membutuhkan memori (RAM), ini menyebabkan lebih banyak program yang dijalankan, dan lebih banyak memori yang digunakan.

Efek negatifnya jika kita tidak menutup program yang tidak terpakai dapat berakibat buruk bagi komputer Anda, yaitu komputer akan berjalan lebih lambat (lambat) dan komputer akan semakin terbebani.

2. Perhatikan suhu komputer

Dari sudut pandang saya, ini tentang mengontrol suhu di dalam ruangan, suhu tidak boleh terlalu panas dan lebih baik jika ruangan dengan komputer memiliki ventilasi yang memadai, semakin baik.

Jangan lupa juga pasang kipas angin di dekat CPU dan monitor agar tidak cepat panas. Ini akan mencegah komputer dari overheat dan overheat akan menyebabkan kerusakan.

3. Selalu update dan pasang antivirus

Jika ada komputer atau perangkat, termasuk smartphone, kita juga perlu menginstal program antivirus, antivirus akan menghapus dan menghindarkan komputer Anda dari virus yang mempengaruhi komputer Anda.

Untuk mencegah virus baru, kita perlu terus memperbarui antivirus kita. Jika komputer telah terinfeksi virus berbahaya dan tidak dapat disembuhkan oleh antivirus, maka kita dapat menginstalnya kembali.

Menginstal ulang juga merupakan hal yang buruk, yaitu hard drive akan rusak lebih cepat dan bahkan jika Anda menginstalnya ke service worker, itu juga akan menambah biaya.

Nah itu dia tiga tips merawat komputer agar tetap awet. Sampai bertemu di artikel Tekno Mania berikutnya, semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tips Menjaga Data Privasi di Internet Dari Ancaman Hacker

Iklan