Tips Menjaga Data Privasi di Internet Dari Ancaman Hacker

 

TIPS MENJAGA DATA PRIVASI – Informasi pribadi penting untuk dilindungi, terlebih di era internet dimana pertukaran informasi sangat cepat. Untuk itu diperlukan pemahaman dasar tentang keamanan akun agar data pribadi tidak bocor ke pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tips Menjaga Data Pribadi di Internet

Bagi Anda yang ingin mengetahui dasar-dasar mendapatkan informasi pribadi di internet, berikut 5 tipsnya.

Gunakan Security Checkout

Google memiliki layanan Security Checkout yang dapat menjadi langkah pertama untuk mendapatkan informasi pribadi Anda di internet. Hanya perlu dua menit untuk mengamankan data Anda di tautan ini.

Pemeriksaan Keamanan dari Google ini bertindak sebagai penasihat keamanan pribadi, yang memandu Anda melalui sejumlah langkah untuk menjaga keamanan akun Google Anda. Jika setelah test anda berubah menjadi hijau berarti akun anda cukup aman, sedangkan kuning atau merah berarti ada beberapa hal yang perlu diperbaiki yang akan ditampilkan pada hasil analisa Security Checkout ini.

Berhati-hati Dengan Situs Web Yang Dilarang

Mencegah suntikan phishing dan malware dari situs web berbahaya bisa jadi sulit, bahkan untuk pengguna ahli internet.

Jika Anda menggunakan browser Google Chrome, deteksi otomatis akan muncul yang akan memberi tahu Anda tentang situs web yang memiliki malware, atau kemungkinan penipuan phishing yang dapat mencuri data akun pribadi Anda.

Gunakan Two Sep Verification

Amankan semua konten di kotak masuk email Anda dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah. Dengan mengaktifkan fitur ini, Google akan mengirimkan kode verifikasi yang dikirimkan ke smartphone sebelum akhirnya bisa masuk.

Download Aplikasi Dari Sumber Resmi

Jika Anda pengguna Android, tempat teraman untuk mendownload aplikasi adalah Google Play Store. Ini karena perlindungan Google Play Protect, yang merupakan bagian dari Google Play Store, yang memeriksa aplikasi dan perangkat yang Anda gunakan untuk mencegah malware dan memastikan Anda selalu mencarinya.

Sebagai catatan, sepanjang tahun 2017 Google mencatat lebih dari 700.000 aplikasi yang melanggar kebijakan Google Play, dimana ini meningkat 70 persen dari aplikasi yang dirilis pada tahun 2016. Google Play Protect merupakan lapisan keamanan yang sempurna untuk disesuaikan dengan smartphone Anda.

Gunakan Password Yang Rumit dan Ganti Secara Rutin

Pastikan Anda memiliki kata sandi yang terdiri dari kombinasi angka, simbol dan huruf besar, bukan huruf besar, untuk menyulitkan yang ingin Anda retas, serta membuat kata sandi yang berbeda untuk setiap akun online.

Itu dia beberapa tips menjaga data privasi di internet yang bisa Anda lakukan. Sampai bertemu di artikel Tekno Mania berikutnya, semoga bermanfaat!

Baca juga:

Mengenal Situs Deep Web Penjelasan dan Faktanya

Iklan