Tempat Wisata di Solo Yang Paling Populer

Tempat Wisata di Solo-Siapa yang tidak mengenal kota Solo. Kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini mempunyai banyak sekali tempat wisata yang dapat Anda kunjungi ketika liburan tiba. Kota yang satu ini memang masih terjaga budaya serta masih mempunyai kearifan lokal yang kental kerap menjadi destinasi wisata bagi para pelancong yang hendak pergi berlibur. Di sini juga terdapat keraton yang dapat di jadikan sebagai tempat wisata untuk Anda.

Tak hanya bangunan bersejarah dan budayanya saja yang masih kental di kota ini, namun kota ini juga banyak menyimpan banyak sekali tempat wisata yang dapat Anda singgahi di sini. Keaneka ragaman wisata yang ada di kota Solo ini memang sangat menjadi daya tarik tersendiri untuk orang yang mengunjunginya. Untuk itu, jika Anda Anda ingin berkunjung ke kota ini, Anda dapat mencari tahu tempat wisata populer yang ada di sini. Dan di ulasan ini, sudah terangkum tempat yang sering di jadikan destinasi wisata.

Tempat Wisata di Solo Yang Paling Populer

  • Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu

Objek wisata yang pertama yang dapat Anda kunjungi ketika Anda berkunjung ke Solo adalah Grojogan Sewu Tawangmangu. Tempat wisata yang satu ini adalah salah satu tempat wisata alam yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga. Tempat ini adalah sebuah air terjun yang sangat indah dan dikelilingi pepohonan hijau yang rindang. Berjarak hanya 37 km dari pusat kota Solo,

Di sekitar Grojogan Sewu Tawangmangu, terdapat juga beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti Gardu Pandang Cetho dan Candi Sukuh. Gardu Pandang Cetho adalah tempat yang cocok untuk menikmati pemandangan dari ketinggian. Dari sini, pengunjung dapat melihat keindahan panorama perbukitan yang hijau dan lembah di sekitar Tawangmangu. Sedangkan Candi Sukuh merupakan sebuah candi peninggalan Kerajaan Majapahit yang letaknya tidak jauh dari Grojogan Sewu Tawangmangu.

Tak hanya itu, di sekitar Grojogan Sewu Tawangmangu juga terdapat berbagai fasilitas wisata, seperti tempat parkir, toilet, area bermain, hingga warung makan yang menyajikan makanan khas daerah setempat. Bagi Anda yang ingin bermalam di sekitar Grojogan Sewu Tawangmangu, terdapat juga beberapa penginapan yang tersedia di sekitar kawasan wisata tersebut.

tempat wisata ini sangat layak untuk Anda kunjungi.

  • Pandawa Water World Solo Baru

Pandawa Water World Solo Baru

Objek wisata yang kedua adalah Pandawa Water Workd Solo Baru. Tempat ini merupakan salah satu wisata air yang menjadi primadona bagi masyarakat kota Solo. Di sini Anda dapat mengajak keluarga serta kerabat untuk bermain air bersama. Ada juga banyak wahana yang dapat Anda coba. Hanya dengan membayar 50 ribu rupiah, Anda sudah dapat menikmati banyak sekali fasilitas yang ada di sini.

  • Taman Balekambang

Taman Balekambang

Tempat wisata selanjutnya yang dapat Anda kunjungi adalah Taman Balekambang. Taman yang satu ini berlokasi di Jl Ahmad Yani. Di sini terdapat dua bagian. Bagian pertama adalah Taman Air Partini utnuk bermain perahu dan juga ada Hutan Partinah yang menampilkan banyak sekali tanaman – tanaman langka yang sudah dilindungi oleh pemerintah.

Sedangkan bagian kedua dari Taman Balekambang adalah Pantai Balekambang yang memiliki pemandangan indah dan air laut yang jernih. Di pantai ini juga terdapat Pulau Ismoyo yang dapat diakses dengan berjalan kaki melalui jembatan kayu yang menghubungkan pantai dengan pulau tersebut.

Pulau Ismoyo sendiri memiliki keindahan alam yang tak kalah menarik, di sana terdapat pohon-pohon kelapa yang rindang dan hamparan pasir putih yang luas. Selain itu, terdapat juga kuil yang berada di puncak bukit yang dapat diakses dengan menaiki tangga. Dari atas bukit tersebut, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang luar biasa indah.

Taman Balekambang sangat cocok untuk menjadi destinasi liburan bersama keluarga atau teman-teman. Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas seperti bermain air, bermain pasir, berjalan-jalan, dan menikmati makanan khas pantai yang lezat. Jangan lupa juga untuk membeli oleh-oleh khas dari daerah ini seperti keripik pisang, kerupuk udang, dan lain-lain.

  • Keraton Surakarta

Keraton Surakarta

Nah jika yang satu ini tentunya Anda harus menjadikanya sebagai agenda wajib, yaitu mengunjungi keraton Surakarta. Wisata mengunjungi keraton Surakarta ini termasuk wisata yang cukup murah. Hanya dengan 10 ribu rupiah saja, Anda sudah dapat mengelilingi tempat ini dan juga melihat berbagai benda bersejarah yanga ada di Museum di dalamnya. Terdapat sebuah kereta Kencana yang sudah sangat terkenal di Keraton ini.

  • Tugu Lilin

Tugu Lilin

Tugu Lilin merupakan salah satu ikon kota Semarang yang menjadi objek wisata yang menarik bagi para wisatawan. Tugu ini dibangun pada tahun 1951 dan didesain oleh seorang arsitek bernama Ir. R. Soeprapto. Tinggi tugu ini mencapai 32 meter dan terdiri dari tiga tingkat.

Pada bagian bawah tugu, terdapat relief yang menceritakan sejarah berdirinya organisasi Boedi Oetomo, sementara pada bagian tengah terdapat patung Lilin yang melambangkan semangat dan tekad untuk mencapai kemerdekaan. Bagian puncak tugu dilengkapi dengan lima obor yang menyala, yang melambangkan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Tugu Lilin sering dijadikan tempat berkumpul dan berswafoto bagi wisatawan yang datang ke Semarang. Terutama pada malam hari, tugu ini terlihat sangat indah karena diterangi lampu yang berwarna-warni. Selain itu, di sekitar Tugu Lilin terdapat beberapa tempat wisata yang menarik, seperti Lawang Sewu dan Kampung Pelangi.

Lawang Sewu merupakan bekas kantor pusat Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) yang dibangun pada tahun 1904 dan menjadi tempat bersejarah selama masa penjajahan Belanda. Sementara itu, Kampung Pelangi merupakan sebuah kampung yang diubah menjadi kampung warna-warni dan menjadi objek wisata yang instagramable.

Untuk menuju Tugu Lilin, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti angkutan kota. Di sekitar tugu terdapat tempat parkir, toilet, dan pedagang kaki lima yang menjajakan makanan dan oleh-oleh khas Semarang.

Demikian beberapa tempat wisata yang dapat Anda kunjungi dikota Solo. Jangan lupa untuk mencoba kulinernya juga ketika ke tempat ini.

Baca juga

Obyek Wisata di Yogyakarta

Iklan