Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Yogyakarta

 

Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Yogyakarta – Secara geografis, Jogjakarta memiliki bentang alam yang terdiri dari fisiografi dataran tinggi dan dataran rendah yang sangat beragam. Hal inilah yang menjadikan kota ini sebagai pilihan menarik bagi wisatawan untuk menikmati wisata alamnya. Terlebih lagi jarak antara lokasi objek wisata juga tak terlalu jauh dengan perkotaan sehingga mudah untuk ditempuh pengunjung.

Gunungkidul merupakan salah satu tempat wisata yang terbilang cukup mencolok bagi para penggila wisata pantai. Semantara itu Kaliurang juga menjadi pilihan terbaik bagi wisatawan untuk menikmati suasana pegunungan yang sejuk. Jika Anda seorang petualang yang ingin menjadi bagian dari keindahan alam Jogjakarta. Berikut kami rekomendasikan beberapa tempat wisata alam di Yogyakarta

Hutan Wisata Kalibiru

 

wisata alam kalibiru

Adalah salah satu hutan wisata yang saat ini dikelola oleh masyarakat disekitarnya. Kalibiru kini sudah dilengkapi dengan jalur traking, homestay, camping ground, gardu padang serta fasilitas outbond. Dari ketinggian hutan ini, wisatawan dapat melihat lanskap perbukitan menoreh yang hijau dengan panorama waduk sermo. Disini Anda bisa menikmati kesejukan udara sangat segar sehingga cocok untuk dijadikan tempat berlibur.

Mulanya hutan ini dikelola oleh pemerintah, namun kini hutan tersebut di kelola oleh masyarakat yang kemudaian dikembangkan menjadi objek wisata alam sekaligus menjadi wisata edukasi. Kalibitu menawarkan jalur treking serta pemandangan alam yang menawan. Objek wisata ini begitu populer ketika ada seseorang yang mengambil foto di tempat tersebut kemudian diupload ke akun instagramnya. Foto seseorang di atas menara pandang sebuah pohon dengan latar belakang waduk sermo di kawasan menoreh. Sebenarnya menara pandang tersebut adalah tempat start dan finishnya wahana outbond yang ada di kalibiru. Kini, menara pandang tersebut justru dijadikan tempat berfoto para wisatawan yang berkunjung di hutan wisata kalibiru.

Kebun Buah Mangunan

 

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan terletak pada ketinggian 150 sampai 200 mdpl, seperti dengan namanya, keubun ini menawarkan pemandangan deretan pohon buah-buahan yang semuanya tertata dengan apik. Disini para pengunjung juga dapat menyaksikan keindahan sungai Oyo yang mengalir meliuk membelah perbukitan.Keunikan juga terlihat pada deretan pohon buah-buah yang disesuaikan dengan kontur kemiringan bukit. Beberapa pohon yang ada di tempat ini antara lain pohon mangga, durian, jeruk, sawo, matoa, durian, kelengkeng, jambu biji dan masih banyak lagi pohon yang lain.

Namun, sebagian besar wisatawan yang mengunjungi kebun buah ini, sejatinya bukan untuk pohon buah saja, melainkan sebuah spot yang sangat menarik di puncak bukit mangunan. Di puncak ini dikelilingi pagar kayu dengan keelokan sungai oyo yang meliuk membelah bukit, sepintas seperti sungai Amazon.

Kosakora

 

foto tempat wisata alam jogja

Adalah sebuah nama bukit karang yang ada di tepi pantai Gunung kidul. Disini Anda bisa melihat hamparan rumput luas serta pemandangan laut lepas yang indah. Kosakora juga menjadi salah satu spot foto terbaik yang sedang ngehits di kalangan anak-anak muda di Jogjakarta.

Di puncak ini ditumbuhi rumput layaknya permadani yang cukup luas. Ketika rumput tersebut berbunga, banyak sekali aneka kupu-kupu cantik yang beterbangan di Puncak kosakora. Namun pesonanya bukan hanya pada tanah lapang berumput, melainkan pemandangan yang begitu eksotis yang bisa Anda saksikan dari ketinggian. Terlihat birunya air laut yang berpadu dengan birunya langit dan membentuk garis horizontal yang sangat indah. Selain itu, Anda akan melihat jajaran perbukitan dan pantai-pantai cantik di sepanjang pesisir Gunungkidul.

Gunung Nglanggeran

 

wisata alam gunung api purba

Di gunung nglangeran ini terdapat gugusan bukit batu raksasa yang menjadi pemandangan utama di tempat wisata ini. Dahulu, gugusan bukit tersebut adalah puncak gunung berapi yang masih aktif. Namun seiring bertambahnya jaman, gunung tersebut menjadi tidak aktif dan menjadi bukit bebatuan dengan berbagai bentuk unik, maka mayarakat sering menyebutnya dengan gunung api purba nglanggeran. Untuk mencapai puncak bukit, pengunjung hanya butuh traking sekitar 1 sampai 2 jam saja. Bahkan jika pengunjung juga bisa beristirahat di beberapa pos-pos yang berupa gazebo dengan pemandangan yang tak kalah menarik.

Embung Nglanggeran

 

wisata embung nglanggeran

Ini adalah objek wisata terbaru yang hadir di Jogjakarta. Embung Nglanggeran dipergunakan oleh orang Jawa untuk menyebut telaga buatan. Embung ini merupakan telaga buatan yang memiliki fungsi utama untuk mengairi kebun buah yang ada disekitar gunung nglanggeran. Selain itu, Anda juga busa menukmati suguhan berupa pemandangan telaga buatan yang sangat indah ketika Anda tiba di puncak.

Baca juga Istana Air Taman Sari, Cagar Budaya yang Menyimpan Sejuta Keindahan

Iklan