9 Penyebab Utama Laptop Menjadi Cepat Panas

 

Laptop Menjadi Cepat Panas – Laptop merupakan evolusi dari perangkat komputer, keunikan perangkat ini dapat dibawa kemana saja dan digunakan kapan saja. Namun, jika Anda tidak menyimpan perangkat Anda dengan aman, ini dapat menyebabkan komputer menjadi terlalu panas.

Fungsi laptop begitu serbaguna, sehingga tidak terlepas dari keseharian. Bagi Anda yang belum terbiasa dengan perangkat ini ada baiknya Anda memperhatikan masalah-masalah yang sering dialami.

Daftar Penyebab Utama Laptop Panas

Sebenarnya ada berbagai alasan mengapa laptop menjadi terlalu panas, namun ini adalah 9 faktor paling dominan yang mempengaruhinya. Faktor-faktor tersebut antara lain:

1. Charge laptop sambil dimainkan

Men-charge laptop sambil bermain disebut-sebut sebagai salah satu penyebab laptop panas. Pasalnya, baterai akan membutuhkan waktu lama untuk mengisi daya saat Anda bermain, apalagi jika Anda menggunakannya untuk bermain game saat proses pengisian.

2. Menjalankan program berat

Tidak banyak perbedaan dengan penggunaan laptop secara berlebihan, memaksa perangkat bekerja di luar kapasitas juga bisa menjadi penyebab laptop panas. Biasanya kita sering melakukan kebiasaan ini, seperti memaksa laptop menjalankan program yang berat.

3. Kipas tidak berfungsi baik

Laptop itu sendiri memiliki kipas di bagian dalam yang berfungsi untuk mengeluarkan udara panas yang terdapat pada komponennya. Jika kipas angin tidak berfungsi dengan baik pasti akan menyebabkan laptop menjadi terlalu panas.

4. Penggunaan laptop berlebihan

Penyebab pertama laptop panas selanjutnya adalah penggunaan berlebihan dan tidak istirahat. Kita bisa melihatnya dalam kehidupan sehari-hari, jadi ada baiknya mengistirahatkan laptop untuk merilekskan mesin.

5. Tidak menggunakan kipas tambahan

Alasan laptop menjadi panas selanjutnya adalah tidak menggunakan kipas ekstra di bawah perangkat. Sebenarnya kipas angin sudah ada di laptop, tapi biar tidak mudah panas, lebih baik pakai kipas tambahan.

6. Peletakan laptop saat digunakan

Terkadang kita hanya menggunakan laptop saat bepergian, terlepas dari dampak atau performa laptop kita. Menempatkan laptop pada posisi saat sedang digunakan penting diperhatikan karena dapat mempengaruhi sirkulasi udara di dalam laptop.

Misalnya kita sering menggunakan laptop dan meletakkannya di atas kasur atau bantal, hal ini dapat menghambat sirkulasi udara pada laptop yang pada akhirnya mempercepat proses peningkatan suhu komponen di dalamnya.

Cara menggunakan seperti itu secara terus menerus dapat menyebabkan penumpukan kotoran pada komponen di laptop, misal pada heatsink prosesor.

7. Thermal paste kering

Kita mengetahui bahwa salah satu komponen yang cepat panas pada sebuah laptop ada pada sisi prosesor, maka biasanya pada bagian atas prosesor diberikan sejenis gelyang yang disebut thermal paste yang bertujuan untuk mengurangi atau mengurangi panas yang dihasilkan oleh prosesor tersebut.

Jika laptop masih baru, biasanya tidak ada masalah dengan thermal paste, tetapi setelah lama digunakan, thermal paste pada akhirnya akan mengering, dan ini akan memengaruhi panas yang dihasilkan oleh prosesor itu sendiri.

8. Kipas kotor

Masih soal kipas, jika sudah mengecek cara sebelumnya, hanya sedikit udara panas yang keluar dari laptop. Anda bisa melepas laptop dan melepas kipas angin, tidak bisa dipungkiri bahwa kipas angin memiliki banyak debu yang menghalangi putarannya.

Untuk memantau voltase, kecepatan dan suhu kipas komputer Anda, silakan unduh SpeedFan. SpeedFan dapat mengakses informasi dan menampilkan suhu hard disk dengan bijak.

9. Ventilasi tersumbat

Pada umumnya setiap laptop memiliki lubang ventilasi yang berfungsi untuk menyalurkan udara dari dalam dan luar laptop. Jaring ini juga berguna untuk mengeluarkan udara panas dari laptop.

Salah satu penyebab laptop panas dan lembab adalah jaring tersumbat karena banyaknya debu dan kotoran di dalamnya. Sehingga udara panas dari dalam laptop tidak bisa dikeluarkan.

Itu dia sembilan penyebab utama laptop menjadi lebih cepat panas. Sampai bertemu di artikel Tekno Mania berikutnya, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Penjelasan Lengkap Seputar VGA Yang Ada di Laptop

Iklan