Mengenal Situs Deep Web Penjelasan dan Faktanya

 

SITUS DEEP WEB – Istilah Deep Web tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para pegiat IT. Banyak orang yang mengatakan bahwa deep web merupakan pusat kejahatan yang sering digunakan untuk transaksi ilegal dan tindakan kriminal. Namun, tahukah Anda jika anggapan ini sebenarnya salah atau tidak benar? Mari kita lihat fakta web yang mendalam.

Nah, sebelum kita membahas lebih jauh apa itu Deep Web, alangkah baiknya jika kita bisa mengetahui arti dan informasi penting yang telah disajikan di bawah ini.

Penjelasan Apa Itu Deep Web

1. Pengertian Deep Web

Deep web atau biasa dikenal dengan invisible web, hidden web, atau DeepNet sebenarnya merupakan bagian dari world web protocol (www), keberadaannya tidak termasuk dalam indeks umum, dan tidak dapat diakses secara bebas oleh pengguna internet pada umumnya.

Istilah penamaan di atas diberikan bukan tanpa alasan, tetapi diambil berdasarkan fakta bahwa Deep web mengandung banyak sekali konten informasi tersembunyi yang sulit atau bahkan tidak terlihat oleh orang kebanyakan.

Berbagai website di web juga tidak mudah ditemukan seperti aktivitas browsing menggunakan mesin pencari seperti biasanya. Anda harus menggunakan browser web di atasnya.

Contoh situs web Deep sendiri mencakup server kampus lokal, layanan aplikasi perpesanan instan yang tidak diindeks oleh mesin telusur, dan aplikasi online yang hanya dapat diakses oleh karyawan atau karyawan tertentu.

Seperti kata pepatah, jika kita menggambarkan dunia internet sebagai sepotong es, berbagai situs web yang dapat kita temukan menggunakan Google, Bing atau Yahoo adalah bagian permukaan atau permukaan dari istilah web yang terlihat.

Sedangkan es di dasar laut merupakan gambaran dari tumpukan konten di Deep Web.

2. Perbedaan Dark Net dan Deep Web

Sebagaimana dijelaskan dalam definisi di atas, web internal sebenarnya adalah semua data (konten) di Internet tetapi umumnya tidak dapat diakses oleh pengguna.

DarkNet, sementara itu, mendukung sistem yang dibangun untuk melindungi privasi dan terkadang masih dapat diakses untuk tujuan mengeksploitasi barang ilegal.

Jadi, keduanya sangat berbeda dan tidak bisa disamakan, meski dari segi penamaan cukup rumit.

Fakta Tentang Deep Web

Internet adalah infrastruktur terbaru untuk mengekspresikan identitas dan menjadi simbol kebebasan. Oleh karena itu tidak mengherankan jika terdapat berbagai informasi absurd yang tidak dapat dicerna oleh kebanyakan orang.

Selain banyak digunakan sebagai pusat kejahatan dunia maya, riwayat web juga banyak dibicarakan karena ukurannya diklaim hingga 7,5 petabites atau dihitung secara matematis hingga 20 kali lipat kapasitas server Facebook, Google, atau Microsoft.

Tidak bisa membayangkan seberapa besar itu? Jadi di mana lokasi server Deep Web? Bagaimana cara menghemat sumber daya? Apa konsekuensi dari membuka situs web di dalamnya? Siapa pembangun situs web ini?

Perlu dicatat, pada kenyataannya akses internet yang tersedia saat ini tidak lebih dari 5 persen dari total kapasitas server, sedangkan kapasitas server perusahaan yang tersisa seperti Google, Microsoft, atau Facebook berada di belakang Deep Web untuk membentuk in- koleksi mendalam situs web.

Cara Masuk Deep Web

Bagaimana cara memasuki situs web? Adakah trik untuk membuka web di Android? Karena deep web adalah tulang punggung informasi konten yang dapat diakses melalui halaman mesin pencari, web dalam harus kaku dan tidak terbuka untuk umum.

Sedangkan untuk situs internet Dark / Dark / deep internet lebih fleksibel karena konsepnya lebih pada perlindungan privasi, yang terkadang hacker masih bisa membuka dan memanfaatkan celah ini untuk keuntungan pribadi.

Sama seperti saat kita ingin menyelam ke dasar lautan, cara masuk ke DarkNet juga sangat rumit dan tidak bisa dilakukan sembarangan. Untuk masuk ke Dark Network, Anda memerlukan alat khusus yang terdiri dari VPN, browser bernama TOR, dan ID palsu jika Anda membutuhkannya.

Itu dia beberpa penjelasan dan fakta mengenai situs Deep Web yang bisa kami bagikan. Sampai bertemu di artikel Tekno Mania berikutnya, semoga bermanfaat!

Iklan