13 Cara Mudah dan Ekonomis Menjaga Kesehatan Jantung

 

Kesehatan jantunginformasi tentang kesehatan sangatlah penting dan harus selalu kita upgrade. Memiliki cukup informasi seputar kesehatan berarti Anda telah siap mempraktikkannya setiap hari demi memiliki hidup sehat. Salah satu wawasan kesehatan yang penting dan harus Anda miliki adalah informasi kesehatan jantung yang merupakan bagian penting tubuh dan harus selalu dijaga.

Jantung merupakan salah satu bagian penting tubuh. Anda mungkin pernah merasakan dada tiba-tiba berdetak lebih kencang setelah konsumsi jenis makanan tertentu. Ketidakstabilan fungsi jantung tersebut harus kita kontrol dengan baik agar kesehatan tubuh secara keseluruhan terjaga.

Jantung merupakan organ penting yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Darah yang dipompa berperan dalam mengedarkan sari makanan dan oksigen yang di serap oleh darah. Jantung menjadi alat transportasi yang memompa darah ke seluruh bagian tubuh dan membentuk system kardiovaskular.

Jantung yang sehat mampu memompa 14.000 liter darah setiap harinya atau setidaknya 70 kali setiap menitnya. Jantung yang sehat memiliki otot yang kuat dan setiap bagiannya mampu beroperasi dengan baik. Jantung terdiri dari empat bagian, serambi kanan dan kiri, serta bilik kanan dan kiri.

Masing-masing bagiannya dipisahkan oleh septum atau katup yang berfungsi menjaga agar aliran darah sesuai dengan polanya. Secara fisik, jantung memiliki ukuran kurang lebih sebesar genggaman tangan yang harus kita jaga dengan baik. Beberapa cara menjaga kesehatan jantung antara lain adalah:

1. Deteksi sumber lemak jahat

Kesehatan jantung tidak lepas dari makanan apa yang dikonsumsi setiap harinya. Lemak jahat berpotensi tingkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang berpengaruh pada kesehatan jantung. Lemak jahat banyak terdapat pada makanan instan, makanan cepat saji, pada roti, dsb.

Hindari sumber makanan yang kaya akan lemak jahat untuk menghindari peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh. Kolesterol jahat yang tinggi kadarnya menyebabkan plak pada pembuluh darah sehingga berpengaruh pada lancar tidaknya aliran darah ke seluruh tubuh karena tersumbat oleh plak tersebut.

Lemak jahat/ lemak tak jenuh/ lemak trans berbeda dengan lemak tak jenuh. Terkadang tubuh memerlukan lemak tak jenuh seperti yang terkandung dalam kacang almond, dan alpokat yang merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Seleksi mana sumber lemak tak jenuh dan konsumsilah dalam kadar yang cukup.

2. Hindari aktivitas duduk dalam waktu yang lama

Anda pekerja yang setiap harinya berada di belakang layar monitor? Jika iya, sebisa munkin control durasi waktu duduk agar tidak terlalu lama. Terlalu lama duduk di depan layar monitor bukanlah kebiasaan yang bagus untuk kesehatan jantung.

Riset membuktikan bahwa, mereka yang memiliki kebiasaan duduk terlalu lama berpotensi alami penyakit jantung hingga 150 persen, dan potensi kematian pun meningkat hingga 100 persen. Jaga kesehatan jantung dengan melakukan aktivitas yang bervariasi. Jika di rasa waktu duduk sudah terlalu lama, Anda bisa berjalan-jalan sebentar, melakukan peregangan, dan break melakukan aktivitas yang lain untuk sementara waktu.

3. Hindari asap rokok

Bicara kebiasaan yang satu ini memang selalu identik dengan kebiasaan negatif yang harus dihindari. Sebisa mungkin hindari kebiasaan merokok karena kandungan nikotin yang ada di dalamnya tidak baik untuk jantung, termasuk asap yang kita hirup setiap harinya.

Hindari kebiasaan merokok, atau menghirup asap rokok (bagi perokok pasif) yang berpengaruh pada kesehatan jantung. Mereka para perokok aktif maupun pasif berpotensi lebih besar alami penyakit jantung jika dibandingkan dengan mereka yang tidak berinteraksi dengan sumber asap itu.

4. Istirahat yang cukup

Semakin banyak pekerjaan yang kita selesaikan, semakin tenang perasaan kita. Itu memang benar, dan merupakan wujud tanggung jawab kita kepada pekerjaan yang diberikan. Namun ini tidak berarti kita harus bekerja terus menerus tanpa jeda. Tubuh yang merupakan media kita untuk beraktivitas perlu waktu istirahat yang cukup agar kesehatan tubuh terjaga.

Istirahat yang cukup efektif turunkan risiko serangan jantung dan melancarkan aliran darah. Kurang tidur menyebabkan masalah serius pada jantung, dan tingkatkan kemungkinan alami penyakit stroke. Tidur setidaknya 8 jam dalam sehari agar siklus kinerja tubuh tetap terjaga dengan baik.

5. Cek Tensi Darah Secara Rutin

Hipertensi atau tekanan darah tinggi lebih berpotensi mengalami penyakit jantung. Mereka yang memiliki riwayat hipertensi baik itu karena factor genetic maupun karena pola hidup tidak sehat, wajib melakukan cek up tekanan darah secara rutin jika tidak ingin terlambat mencegah datangnya penyakit jantung.

Bagi Anda yang berusia di bawah 30 tahun, disarankan untuk melakukan cek up secara rutin setiap 5 tahun sekali, sedangkan bagi Anda yang sudah berusia lebih dari itu, lebih baik cek up dilakukan lebih rutin lagi, yaitu setiap setahun sekali.

Anda mungkin mengalami rasa takut berlebihan ketika akan cek up. Perasaan tersebut harus kita kendalikan sendiri untuk mengantisipasi masalah pada kesehatan jantung.

6. Dengarkan musik-musik yang melo

Riset membuktikan bahwa jenis music dengan ritme yang keras dan menghentak-hentak berpengaruh pada kesehatan jantung. Apalagi jika music tersebut dibunyikan dengan volume yang besar sehingga detak jantung pun terpacu lebih cepat lagi. Lain halnya saat Anda mendengarkan music yang slow, atau musik-musik yang kalem, Anda akan merasakan dampak yang lebih tenang pada kesehatan terutama organ jantung.

7. Kontrol Pemakaian Gadget

Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, bisa dikata tiada menit tanpa gadget. Fungsi mobile phone tidak semata untuk media komunikasi, tetapi untuk kepentingan yang cukup banyak dan bervariasi. Gadget dimanfaatkan untuk media bisnis, media mencari informasi, media hiburan, dan sebagainya. Fungsi tersebut yang menjadikan gadget semakin lekat dengan masyarakat saat ini.

Meksi gadget secara fungsi memberikan banyak manfaat, namun kita tidak bisa menegasikan kesehatan yang sedikit banyak terganggu karena penggunaan gadget yang intens. Pakai gadget seperlunya saja.  Usahakan untuk tidak menggunakannya saat sedang tiduran, apalagi pada cahaya yang redup. Radiasi yang dipancarkan meningkatkan kemungkinan terjangkitnya kanker, sakit mata, dan mengganggu kesehatan jantung.

Faktanya, siapa saja yang aktif menggunakan gadget hingga berjam-jam, berpengaruh pada aktivitas harian yang dilakukan. Mereka lebih banyak duduk diam sambil melihat layar hape sehingga minim gerak dan menghambat metabolisme dalam tubuh. Besar kemungkinan kebiasaan tersebut akan mengakibatkan obesitas dan mempercepat terjadinya permasalahan jantung.

8. Selektif dalam Memilih Makanan

Makanan yang kita konsumsi setiap harinya berpengaruh pada kesehatan tubuh, termasuk juga kesehatan jantung. Beberapa jenis makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi adalah makanan yang tinggi lemak, tinggi kadar gula, seperti makanan cepat saji, gorengan, jus kemasan, minuman yang banyak mengandung gula, roti-rotian, dan sebagainya. Hindari jenis makanan yang tinggi kadar gulanya dan perbanyak mengkonsumsi buah segar kaya serat, sayur-mayur, biji-bijian dan kacang-kacangan yang bantu menjaga kesehatan jantung.

9. Rajin olahraga

Konsumsi makanan sehat dan banyak olahraga adalah dua kebiasaan yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Setidaknya, dalam setiap harinya kita harus berolahraga selama 30 menit dan rutin dilakukan selama satu minggu. Olahraga tidak harus berat dan mahal.

Olahraga yang sederhana pun bisa Anda lakukan yaitu dengan berjalan, berlari, menari, bersepeda, menari, dan sebagainya. Rajin olahraga bantu kontrol kadar lemak jahat dalam tubuh dan mempercepat metabolism tubuh sehingga kesehatan tubuh tetap dalam kondisi sebagaimana yang diinginkan. Bagi Anda yang memasuki usia 18 tahun hingga 64 tahun, sangat disarankan untuk rajin olahraga setiap pagi.

Setiap minggunya, setidaknya Anda berjalan kaki selama 2,5 jam untuk menekan risiko penyakit jantung. Lakukan ini sebelum beraktivitas di pagi hari bersama keluarga. Udara sejuk pagi hari memberikan efek yang lebih fresh dan menjadi sumber pernafasan yang bersih untuk jantung yang sehat.

10. Berjemur

Cara ekonomis menjaga kesehatan jantung adalah dengan berjemur setiap pagi sebelum pukul 10 siang. Berjemur melibatkan paparan sinar matahari secara langsung yang di dalamnya mengandung vitamin D dalam jumlah yang tidak sedikit. Salah satu manfaat vitamin D adalah mengatasi penumpukan plak pada pembuluh darah yang disebabkan oleh minimnya olahraga dan konsumsi makanan yang mengandung kolesterol jahat. Luangkan waktu setidaknya 30 menit setiap hari untuk berjemur. Mereka yang rutin berjemur setiap hari menekan risiko penyakit jantung sejak dini.

11. Cukupi Konsumsi Makanan Laut

Makanan laut adalah jenis makanan yang disarankan bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan jantung. Tentunya cara konsumsinya haruslah sesuai takaran yang direkomendasikan oleh pihak medis. Makanan laut kaya akan omega 3. Beberapa manfaat penting omega 3 antara lain adalah untuk menurunkan risiko plak pada pembuluh darah, ritme jantung yang tidak seimbang, menurunkan kolesterol jahat, dan untuk mengatasi hipertensi. Cukupi konsumsi makanan laut setiap hari dengan menu yang lebih bervariasi lagi.

12. Perhatikan Kesehatan Gigi

Setidak-tidaknya, gosok gigi dua kali dalam sehari untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Gigi yang sehat mencegah masuknya bakteri ke pembuluh darah. Bakteri tersebut masuk dalam pembuluh darah dan menyebabkan peradangan. Gosok gigi secara teratur dan lakukan cek up rutin ke dokter gigi untuk menghindari masalah serius pada gigi yang berdampak pada kesehatan jantung.

13. Keep Smile

Yup, jangan lupa tertawa ya. Keep smile selalu. Tertawa bantu turunkan hormon penyebab stres yang berpengaruh pada kondisi lapisan pembuluh darah yang rusak. Irama jantung meningkat lebih tajam dan tidak stabil karena stres. Jantung pun menerima hormone adrenalin dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.

Trombosit akhirnya lengket sehingga arteri menjadi lebih sempit. Tentunya ini akan berpengaruh pada lancar tidaknya pembuluh darah. Hindari stres dan depresi, letakkan masalah sesuai porsinya jangan sampai Anda mengalami masalah serius pada jantung karena stres dan jarang tersenyum.

Selalu jaga kesehatan jantung dengan cara di atas. Pada dasarnya menjaga kesehatan jantung tidaklah sulit. Anda cukup melakukan cara sederhana di atas agar aliran darah dalam pembuluh darah tetap lancar dan tidak menyebabkan masalah pada kesehatan jantung. Jantung memiliki peran yang vital dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Darah yang mengalir lancar bantu distribusi oksigen dengan cukup, menghindari potensi kolesterol, dan membuat tubuh lebih sehat. Yuk, jaga kesehatan jantung dengan mempraktikkan tips di atas.

Baca juga

19 Tips Makanan Sehat yang Harus Dipilih Seiring Bertambahnya Usia

Iklan